Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Menu Barbeque Sederhana ala Rumahan

Istilah BBQ dalam bahasa indonesia sudah diserap menjadi kosa kata dengan arti yang sama. Menurut laman Wikipedia, barbeque adalah teknik memasak panggang dengan peralatan khusus, yaitu memanggang dalam waktu singkat, menggunakan panas api secara langsung berkekuatan menengah hingga tinggi, dan diolesi dengan saus khusus yang disebut juga saos BBQ.

Teknik barbeku bisa juga dilakukan dengan jangka waktu yang lebih lama pakai panas api secara tidak langsung, hal ini akan mendapatkan aroma dan cita rasa makanan khas barbekyu dari proses pengasapan.

Proses memasak BBQ akan menghasilkan makanan yang punya cita rasa yang khas, smooky, tebal, dengan lapisan kulit garing atau renyah. Lapisan saos bbq yang diracik membuat daging atau makanan tersebut menjadi kaya rasa tambahan. Inilah yang menjadikan bbq disukai banyak orang

Istilah Barbeque tidak hanya merujuk pada proses memasak, tetapi juga merujuk pada kegiatannya, bisa bersifat kata benda, kata sifat dan kata kerja sesuai dengan tujuan penggunaannya.


Contoh Makanan BBQ Sederhana

Contoh Masakan Barbecuing

Teknik BBQ yang memasak makanan seperti daging, ikan, ayam, bisa juga sayuran menggunakan panas rendah dan lama.

Kita butuh bahan bakar seperti kayu atau bara arang dari batok kelapa. Berikut beberapa menu barbeque yang sering kita temui sehari-hari :


Satay

Menu Barbeque Sederhana

Siapa yang tidak kenal dengan sate? Kuliner yang hampir ada di seluruh daerah di Indonesia ini terdiri dari potongan daging, ayam, atau daleman yang ditusuk dengan lidi atau bambu kemudian dipanggang, disajikan dengan saus kacang.

Sate bisa masuk dalam kategori BBQ karena sering juga diolesi dengan saos barbeque. Sajian sate di Indonesia juga beragam.

Di berbagai daerah tertentu kamu bisa menemukan menu sate yang khas dan juga berbeda, misal sate madura, sate padang, sate lilit, sate taichan, sate maranggi, sate klatak, sate kere, sate buntal, sate ponorogo, dll

Baca juga : Contoh Makanan Smoking (Pengasapan)


Ayam Bakar Sauce BBQ

Ayam Bakar Saus BBQ merupakan salah satu resep olahan ayam yang cukup mudah dibuat. Daging ayam bisa dibumbui menggunakan saus BBQ yang memberikan rasa berbeda sekaligus mengempukkan daging. Kemudian diolah menggunakan teknik BBQ


Sosis BBQ

Dalam mengolah sosis menjadi makanan ala BBQ, kamu bisa memilih jenis sosis yang memiliki tekstur cukup tebal. Jadi sosisnya tidak mudah kering dan terbakar.

Jangan memotong atau mengerat sosis terlalu besar, sehingga bumbu dan cairan yang ada di dalam sosis tidak keluar. Sosis memang paling cocok dimasak pakai teknik barbacue.


Marshmallow BBQ

Kamu suka marshmallow? Menggunakan marshmallow dan coklat leleh adalah salah satu pilihan unik dalam bbq-an. Tusuk marshmallow menjadi beberapa tusukan, lalu bakar di atas api.

Tunggu hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Kemudian sobat kosngosan cukup mencelupkan marshmallow ke dalam cokelat yang sudah dilelehkan menggunakan teknik au bain marie.


Barbecue Beef Brisket

Irisan daging sapi yang dipanggang dan diolah dengan metode memasak BBQ khas Amerika Serikat. Potongan daging yang diambil adalah pada bagian dada sapi dan seringkali dihidangkan dengan campuran sayur dan bumbu lain yang menciptakan hidangan yang lezat dan terlihat berlemak.


Asado

Potongan besar daging sapi seperti Tira de Asado (rusuk) atau Chorizo yang dimasak di atas bara arang berasal dari negara Argentina.

Cara pengolahan dan penyajiannya juga sedikit berbeda dari barbeku di Amerika Serikat. Daging untuk asado di Argentina hanya dimasak menggunakan tambahan garam.


Yakitori

Sate Jepang yang terdiri dari potongan daging, ayam, atau sayuran yang ditusuk dan dipanggang dengan saus tare. Menu yakitori bisa dikategorikan bbq, semua bagian ayam bisa jadi semua menu, yang dibuang biasanya adalah bagian tulangnya saja. Ada menu kepala, sayap, dada sampai isiannya juga bisa


Spiedini

Spiedini adalah sate Italia yang terdiri dari daging, ikan, atau sayuran yang ditusuk dengan potongan roti yang dicelupkan dalam minyak zaitun dan rempah-rempah.

Potongan daging dan bahan lainnya yang digunakan dalam Spiedini biasanya direndam dalam bumbu atau marinade di saos bbq untuk memberikan rasa yang khas sebelum dipanggang


Bulgogi BBQ

Daging sapi marinated khas korea selatan atau samgyeopsal (daging perut babi) yang dimasak di atas panggangan meja dan disajikan dengan saus ssamjang.

Hidangan ini sangat populer disajikan di restoran dan tempat makan berkonsep barbeque atau grill. Nama bulgogi dalam bahasa korea memiliki arti daging panggang


Churrasco

Potongan besar daging sapi, hidangan dari Brasil yang dimasak di atas bara arang dan dipotong saat disajikan. Hidangan Churrasco yang berarti daging panggang ini, bisa kita temukan di churrascaria atau steakhouse di seluruh penjuru daerah di Brazil.


Tandoori

Hidangan Ayam khas dari India yang dimasak dalam oven tandoor dengan yogurt dan rempah-rempah, menciptakan rasa yang unik.

Tandoori adalah kuliner bbq ala india yang dimasak dengan menggunakan oven tanah liat, dimasak dengan cara dibakar didalam tandoori nya.

Bumbu khas yang dipakai untuk memasak olahan India ini adalah yogurt, mustard oil, garam masala, garam, chili powder, cumin power, coriander powder, kasoori methi.


Shish Kebab

Hidangan dari Timur Tengah yang bahannya dari potongan daging, ikan, atau sayuran yang ditusuk dalam sate dan dipanggang, seringkali disajikan dengan pita dan saus yogurt.

Shish kebab dibuat dari potongan daging dan sayur ditusuk menjadi satu dan dibakar. Sekarang pilihan sudah bervariasi seperti daging sapi, ikan atau ayam sedang sayurannya biasanya paprika hijau dan jamur.


Cevapcici

Sosis khas Serbia bulat kecil yang terbuat dari daging cincang dan bumbu-bumbu, yang kemudian dipanggang. Sering disajikan bersamaan dengan roti pipih seperti lepinja atau somun, serta saus atau bumbu tambahan seperti ajvar


Jerk Chicken

Ayam Jamaika yang dimasak dengan saus rempah-rempah jerk yang pedas. Jerk Chicken ini adalah masakan khas dari negara Jamaika, terkenal dengan cita rasanya yang nikmat. Dagingnya yang masih menempel di tulang ayam dilumuri berbagai rempah yang nikmat dan gurih.


Picanha

Potongan daging sapi khas Portugal yang dimasak di atas bara arang dan disajikan dengan garam kasar. Disebut juga potongan sirloin cap, yang merupakan salah satu jenis potongan daging sapi yang sangat populer di Brasil dan semakin terkenal di seluruh dunia.


Adana Kebab

Sate daging cincang yang biasanya dibuat dari daging domba atau daging sapi, dan kaya akan bumbu. Jenis kebab daging cincang yang ditusuk pakai besi panjang yang dipasang dan dipanggang di atas mangal terbuka yang diisi dengan arang yang terbakar. Penyajiannya bisa juga masuk dalam kategori barbeque


Bakso Saos BBQ

Bakso tidak hanya dimakan dengan sup kuah, tetapi juga di jadikan menu bbq-an bersama teman teman. Bakso juga lezat ketika dibakar.

Kamu bisa menjadikan bakso menjadi andalan makanan BBQ. Siapkan bakso, mentah dan sajikan dengan saos sesuai selera.


Aneka Ikan BBQ

Bagaimana pun, ikan tetap enak dimakan pakai teknik memasak apapun. Bila kamu memang lagi BBQ didekat pantai, pilihan terbaik adalah menggunakan bahan baku ikan, seperti ikan kakap, bawal, kerapu, baronang, dan gurami.


Beef BBQ

Ini adalah menu utama dan pertama dalam BBQ an. Mayoritas orang mengolah daging sapi menjadi sate. Ada juga memilih untuk mengolah daging menjadi patty burger lalu dipanggang di atas api secara perlahan.


Sea Food BBQ

Bosan manggang ikan? Pilihan lain seperti cumi, scallop, udang, lobster juga bisa menjadi menu untuk BBQ. Sobat kosngosan harus memilih seafood yang berukuran agak besar dan dagingnya segar. Kemudian diberikan bumbu yang sederhana seperti perasan jeruk, garam, maupun bumbu kecap.


BBQ Jagung

Kamu suka jagung manis? Jagung sangat bisa dijadikan sebagai bahan makanan untuk BBQ karena lebih mudah dan gampang diolah.

Jadi kamu cukup mengoleskan mentega atau margarin merata ke permukaan biji jagung, sehingga aroma bakarnya menjadi lebih wangi gurih


Vegetarian BBQ

Apakah kamu pernah mencoba menu bbq dari sayuran? Ini bisa mencoba variasi berbeda yaitu menjadikan menu BBQ dari sayur sayuran sebagai salah satu menu bakaran BBQ.

Kamu bisa memilih sayuran yang pas seperti jamur, terung, wortel, kentang, asparagus, jagung, buncis dan bawang bombay.


Tempe dan Tahu BBQ

BBQ an dengan kearifan lokal? Kamu bisa menggunakan bahan dari tempe dan tahu. Keduanya punya bahan baku sama, yakni sama sama terbuat dari kacang kedelai.

Untuk proses produksinya menghasilkan produk akhir yang berbeda. Keduanya jika diolah bisa menjadi makanan yang cukup enak dan menjadi makanan mewah, seperti BBQ contohnya.


Kesimpulan

Teknik dan menu BBQ memang berbeda-beda di berbagai negara dan ada sebagian negara yang punya tradisi BBQ unik. Di Indonesia sendiri sebenarnya jarang kita temukan kuliner nusantara yang diolah pakai teknik BBQ.

Tapi sebagai bangsa yang terbuka akan budaya luar, kita juga sering mengadopsi teknik ini sesekali dalam acara tertentu. Semoga informasi dari kosngosan diatas bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share dan bookmart halaman ini ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya