Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Icon Word, Excel, PowerPoint berubah jadi Icon Putih Polos

Permasalahan hilangnya icon thumbnail default untuk file yang berekstensi docx, xlsx dan pptx di laptop saya membuat bertanya tanya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa yang menyebabkan hilangnya icon tersebut? Saya menyimpulkan ada 2 penyebabnya. Pertama, karena adanya konflik antara WPS Office dengan Microsoft office. saya telah menginstal wps office dan membuka beberapa file serupa dengan aplikasi saingan ms office ini. Mungkin saja terjadinya konflik antara keduanya membuat icon word, excel dan power point di perangkat windows saya jadi terhapus.

Penyebab kedua yang mungkin saja menjadi pemicunya adalah adanya malware atau virus yang menyerang perangkat saya. Hal ini kemudian membuat antivirus langsung mem block dan menghapus beberapa file yang terkena dampak. Dan salah satu file yang terkena adalah icon untuk ketiga ekstensi tersebut. Lalu bagaimana saya mengatasinya?

Saya sudah googling banyak tutorial di youtube dan mencari beberapa artikel terkait di beberapa situs yang terpercaya. Hasilnya tetap saja nihil. Dan saya hampir putus asa mengatasi permasalahan ini.

Sebenarnya, masalah ini tidak terlalu mengganggu secara produktifitas. Akan tetapi, saya jadi tidak bisa membedakan mana file yang ekstensi word, excel dan power point secara cepat. Biasanya kita bisa lihat file tersebut dari icon nya bukan?

Tentu saja ini juga akan berdampak pada pekerjaan saya yang seorang content creator di kosngosan. Oleh karena itu, setelah saya mencari lebih dalam lagi mengenai solusi Cara Mengatasi File Docx Tidak Tampil Icon Word tapi Icon Putih Polos, saya akhirnya menemukan solusi yang cukup worth it untuk saya.

Saya menemukan pembahasan dengan masalah yang serupa pada forum microsoft. Kalian bisa cek urlnya disini : https://answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/all/docx-files-are-not-showing-word-icon-but-only/b8624393-e04e-47fd-bf0c-ab273b90faa4  

Icon Word, Excel, PowerPoint berubah jadi Icon Putih Polos

Nah pada forum itu diceritakan bahwa ada seorang user yang mengalami masalah yang serupa. Dan saya melihat ada yang menjawab dengan penjelasan yang cukup teknikal. Jadi kalian harus persiapkan diri untuk mengikuti cara-cara yang sudah saya coba translate dalam bahasa indonesia berikut ini. 


Cara Mengatasi Icon Docx, Xlsx dan Pptx jadi Putih

Cara Mengatasi Icon Docx, Xlsx dan Pptx blank

Saya mencoba semua solusi yang disarankan tapi hasilnya tetap nihil. Cache ikon dihapus, Instal ulang aplikasi ms office, perbaiki ms office tidak ada yang berfungsi.  

Jadi saya melihat pengaturan registry editor untuk ekstensi Docx, xlsx dan pptx di komputer yang berfungsi menggunakan office 2013. Saya menyalin file yang saya cantumkan di bawah ini dan ini berfungsi 100% dan sekarang file Docx, xlsx dan pptx saya memiliki ikon default yang seharusnya.

Semoga berhasil. Disini kamu bisa meng copy registri docx mu. Saya menggunakan ms office 2013 dan Menggunakan Window 10. Mungkin cara ini agak sedikit berbeda (nama folder) dengan office 2016 atau office 365 . 

Mimin kosngosan telah menemukan apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan kembali fungsi Klik kanan Dokumen Microsoft Word Baru Office 2013 pada Windows Explorer dan di Desktop.

Kamu bisa membandingkan 4 key registry yang hilang dalam registri dibandingkan dengan instalasi Microsoft Office Professional Plus 2013 pada komputer mu yang lain. Ingatlah untuk copy key registry ketiga ekstensi tersebut dengan mengekspornya ke folder aman sehingga kamu dapat memilikinya jika perlu. 

Baca juga : Mengatasi Unlicensed Product Ms Office


Langkah pertama :

Silahkan buka registri editor dengan klik tombol windows dan R secara bersamaan. Ketik "Regedit" dan akan diarahkan pada halaman registry editor

Pergi ke HKEY_CLASSES_ROOT dan pilih ekstensi .docx, .xlsx atau .pptx


Langkah kedua :

Pada bagian bawah key .docx saya membuat key pertama yang hilang dengan mengklik kanan tombol ".docx" lalu scrool ke New, lalu klik kiri pada Key dan beri nama "OpenWithList" tanpa tanda kutip.


Langkah ketiga :

Dalam kunci itu adalah String Value yang dibuat secara otomatis (default) REG_SZ (nilai tidak ditetapkan)

 dan dalam "OpenWithList" buat key kedua. Klik kanan pada tombol "OpenWithList" lalu scrool ke New, lalu klik kiri pada Key dan beri nama key baru ini "WordPad.exe" tanpa tanda kutip. Wordpad adalah nama default forlder untuk file ekstensi Word. Untuk ekstensi xlsx dan pptx nanti kamu bisa lihat pada video dibawah.


Langkah keempat :

Dalam kunci itu adalah String Value yang dibuat secara otomatis (default) REG_SZ (nilai tidak ditetapkan)

Kemudian Klik kanan pada tombol ".docx" lalu scroll ke New, lalu klik kiri pada Key untuk membuat Key ketiga dan beri nama "Word.Document.16" tanpa tanda kutip.


Langkah kelima :

Dalam key tersebut adalah String Value yang dibuat secara otomatis (default) REG_SZ (nilai tidak ditetapkan). Klik kanan pada tombol "Word.Document.13" lalu scrool ke New, lalu klik kiri pada Key untuk membuat key keempat dan beri nama "ShellNew" tanpa tanda kutip.


Langkah keenam :

Dalam key tersebut adalah String Value yang dibuat secara otomatis (default) REG_SZ (nilai tidak ditetapkan)

Hal berikutnya yang harus sobat kosngosan lakukan adalah membuat string key value "ShellNew" yang baru dibuat tetapi ini dilakukan di bagian kanan.


Langkah ketujuh :

Klik kiri pada ShellNew di jendela kiri untuk memilih key. Sekarang di jendela di sisi kanan; Klik kanan di ruang kosong, buka Baru, lalu pilih String value. Beri nama string baru "NullFile" tanpa tanda kutip, Ketik REG_SZ Biarkan data kosong.


Langkah kedelapan :

Pada jendela kiri, klik kiri pada key .docx, Di jendela sisi kanan pastikan bahwa data string (Default) adalah Word.Document.13 - Untuk mengubahnya, klik dua kali pada string bernama (Default), sebuah jendela akan terbuka dan kamu bisa mengubah nilai data menjadi Word.Document.13 (Nilai data saya sebelumnya adalah "WPS_auto_file")

Nah kini kamu sudah selesai. Tutup registri.  Uji menu konteks klik kanan sekarang. Saya harap ini akan membantu beberapa orang.  

Perlu diingat, kamu bisa mengubah key .docx ke Word.Document.16, saya mengubah kunci saya menjadi Word.Document.12 (ini bervariasi tergantung pada versi MS Office yang sobat kosngosan miliki). Folder Word.Document.12 sudah ada untuk saya, dan karenanya saya membuat pembaruan yang sesuai.

Setelah memperbarui tombol, ikon tidak akan ditampilkan secara otomatis. Saya "menyegarkannya" dengan mengklik kanan dan membuka file dengan WordPad, lalu mengubahnya kembali ke Word 2013 sebagai default.

Semoga ini dapat membantu kalian ya!


Tips Terakhir

Solusi terakhir dari saya, kamu bisa pergi ke registry editor, pergi ke alamat Computer\HKEY_USERS\S-1-5-21-3673053899-4183499339-199627742-1001_Classes\Word.Document.12\DefaultIcon 

dan ganti the default icon nya, double click dan ubah nilainya menjadi masing masing nama (tergantung jenis ms office nya). 

Lalu setelah itu, icon tidak akan langsung berubah. Sobat kosngosan bisa klik kanan file word nya terlebih dahulu, pilih open with this file, pilih aplikasi sembarang yang bisa mengubah icon untuk sementara waktu, misal buka pakai wordpad atau internet explorer. Nanti setelah icon berubah, baru ganti kembali. Klik kanan, open file with, baru pilih aplikasi word. Dan icon sudah berubah menjadi icon word secara default.


Video Mengatasi Icon Docx, Xlsx, Pptx Blank

Berikut video panduan yang sudah saya buatkan di channel youtube kosngosan untuk kalian yang mengatasi permasalahan ini. Jika ingin solusi yang lebih praktikal, ada pada video dibawah ini ya. Tinggal klik play dan ikuti step by step nya :


Kesimpulan

Jadi setelah mengikuti pembahasan mengenai Cara Mengatasi File Docx Tidak Tampil Icon Word tapi Icon Putih Polos dari kosngosan.com kali ini, semoga kalian bisa mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut ya.

Kalau kalian merasa artikel ini cukup bermanfaat untuk dibagikan, silahkan tekan tombol share dibawah ini untuk diceritakan pada platform sosial media yang tersedia. Sampai jumpa kembali pada pembahasan selanjutnya ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya