Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Melamar Kerja lewat Link URL

Mengirim lamaran kerja online sudah menjadi hal yang biasa. Para HRD perusahaan biasanya memberikan informasi lowongan kerja di berbagai platform. Misalnya lewat email, whatsapp, sosial media, website karir atau link berupa formulir. Nah kali ini, kosngosan akan membahas bagaimana cara mengirim lamaran kerja melalui link atau url. 

Apa pengertian link atau url? Link adalah alamat berupa karakter teks yang menghubungkan satu halaman ke halaman lainnya di internet. Link ini punya fungsi memudahkan pengguna untuk menjelajah informasi terutama yang saling terkait. Informasi ini bisa dalam konteks halaman situs, slide ppt atau presentasi dan sebagainya.

URL atau kepanjangan dari Uniform Resource Locator adalah sejenis alamat atau link, yang mengarah ke website, halaman web, atau dokumen tertentu di internet. Alamat ini memungkinkan kita bisa mengakses informasi dari perangkat atau device mengakses dokumen atau halaman online, dan juga penyimpanan cloud.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan panduan cara mengirim lamaran kerja lewat link atau url. Sebagaimana kita tahu, kalau informasi lowongan kerja saat ini sudah sangat beragam. Kalian sebagai job seeker dan pengangguran yang ingin mencari kerja, harus tahu caranya memanfaatkan link dan url ini. 


Cara Mengirim Lamaran Kerja via Link URL

Cara Kirim Lamaran Kerja via Link URL

Untuk mengakses alamat url atau link informasi lowongan kerja, kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini. Setidaknya ada 2 contoh simulasi pengiriman lamaran kerja yang bisa kamu lakukan. Admin kosngosan sudah merangkumnya dibawah ini :

Baca juga : Cara Scan Barcode Lamaran Kerja


Ketik Manual

Mengakses website dari link yang tertera di banner lowongan kerja mungkin adalah hal yang pertama bisa sobat kosngosan lakukan. 

Seperti membuka situs pada umumnya, kalian pasti tahu bagaimana caranya. Apalagi bagi yang sudah punya smartphone seperti android dan iphone. 

Intinya, kalau ada informasi detail dari banner lowongan kerja yang menampilkan alamat situs (biasanya dimulai dari https://bllablabla), maka kalian bisa langsung membukanya dengan cara manual. 

Mengapa harus ketik manual di browser? karena link atau url nya tidak aktif, hanya berberbentuk gambar. Jadi tidak bisa diklik. Kalian harus lakukan adalah :

Langkah 1 : 

Turn on (buka) komputer/laptop/Hp kalian masing masing. Pastikan koneksi internet sudah hidup

Langkah 2 : 

Buka salah satu web browser, misalnya Mozilla Firefox, google chrome, opera atau UC browser

Langkah 3 : 

Ketik URL dari web site yang kamu dapatkan dari banner loker, dan input pada Address bar paling atas, misalnya: http://www.kosngosan.com

Langkah 4 : 

Tunggu hingga halaman web site lowongan kerja ditampilkan. Selesai.


Tinggal Klik

Cara kedua yang lebih gampang buat sobat kosngosan adalah dengan tinggal klik link lowongan kerja yang ada. Biasanya beberapa penyedia loker itu menyertakan link aktif yang bisa diklik. 

Begitu di klik atau di tab, kamu akan diarahkan pada halaman browser baru secara otomatis. Begini kira kira Cara Melamar Kerja lewat Link URL :

Pertama : 

Buka halaman yang menampilkan informasi lowongan pekerjaan, misalnya di postingan instagram, video deskripsi  youtube, postingan tiktok, story IG, story WA dan sebagainya. 

Kedua : 

Setelah itu, ketika kamu lihat ada link atau url yang dimulai dengan https://www.blablablabla (biasanya berwarna biru atau ada garis bawahnya) menandakan link tersebut aktif. 

Ketiga : 

Sobat kosngosan tinggal klik link tersebut. tunggu sampai halaman web browser otomatis terbuka. Dan kamu sudah berada di halaman informasi loker tersebut. Selesai.


Video Cara Melamar Kerja lewat Link

Kamu juga bisa menonton video Cara Mengirim lamaran kerja Kerja lewat Link dari panduan yang sudah mimin upload di channel youtube kosngosan dibawah ini. Tingga klik tombol play dan tonton sampai kalian paham ya. Semoga membantu, jangan lupa like dan subscribe channel nya :


Kelebihan Melamar Kerja lewat Link URL

Ada banyak alasan rekrutmen secara online semakin berkembang dan diminati oleh HRD perusahaan dari waktu ke waktu. Selain itu kamu sebagai pelamar juga merasakan kelebihannya berikut ini : 

  • Lebih Hemat Waktu dan Biaya
  • Lebih Mudah dalam mengakses
  • Kandidat Lebih Percaya Diri
  • Jadwal lebih Fleksibel
  • Jangkauan Audiens Lebih Luas
  • Menarik Banyak Kandidat


Kata Penutup

Semoga dengan mengikuti artikel dari kosngosan ini, yang topiknya adalah Cara Melamar Kerja lewat Link URL, sekarang kamu sudah memahami apa itu URL dan strukturnya. 

Semoga kalian bisa mendapatkan pekerjaan secepatnya ya. Intinya jangan fokus pada 1 lowongan kerja. Tapi kamu harus cari loker lain yang relavan, sehingga peluang keterima kerja bisa lebih besar. Trims sudah berkunjung, jangan lupa share dan bookmart halaman ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya