Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Scan Barcode untuk Melamar Kerja

Bagaimana cara scan barcode dan qrcode banner lowongan kerja? Melamar kerja secara online memang sudah banyak dilakukan oleh fresh graduate. Para HRD perusahaan juga lebih banyak membuka loker secara online. Melalui instagram, website penyedia loker, bahkan dari tiktok. Dan terkadang di dalam banner tersebut terkandung informasi barcode yang menyuruh kita untuk scan. 

Sebenarnya apa pengertian barcode? Barcode adalah sistem identifikasi yang dibuat dari gabungan garis horizontal dan vertical yang memiliki. Garis garis ini memiliki spasi, panjang dan jarak yang berbeda satu sama lain. Barcode bisa dibaca oleh device scanner atau bawaan kamera dari smartphone. Oleh karena itu, penggunannya bisa dengan mudah tersebar seiring bertambahnya pengguna gadget.

Banyak yang belum tahu, barcode bisa di scan secara internal tanpa pakai perangkat kedua. Misalnya kamu hanya punya 1 HP, dan menemukan informasi lowongan kerja yang didalamnya ada barcode. Biasanya orang akan berpikir, tampilkan barcode kemudian scan pakai kamera hp kedua. Tapi, dengan aplikasi scanner yang banyak ditemukan di google play store dan apple store, kamu bisa dengan mudah scan barcode tersebut.

Apa yang terkandung di dalam barcode bisa ditambahkan. Kamu bisa buat barcode mu sendiri dengan mencari di google. Ketik saja keyword barcode generator. Ada banyak website yang menampilkan fitur pembuatan barcode. Kamu bisa masukkan link apa pun dan membuat barcode baru. Berikut akan kosngosan berikan tutor nya dibawah. Lets check these out!


Cara Scan Barcode Lamaran Kerja 

Cara Scan Barcode Lamaran Kerja

Cara scan atau memindai barcode yang isinya link menuju lowongan kerja bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini akan kami jelaskan satu persatu untuk sobat kosngosan sekalian : 

Baca juga : Daftar Pertanyaan Interview Alfamart dan Alfamidi


1. Pakai Aplikasi Google Lens

Google Lens adalah fitur bawaan dari HP Android yang bisa sobat kosngosan gunakan untuk pindai barcode. Fitur ini bisa kamu temukan pada Google Assistant di HP Android, sehingga kalian bisa scan barcode apa pun, termasuk informasi lowongan kerja.

Langkah langkahnya antara lain : 

Masuk ke Google Assistant dengan menekan tombol "Home" pada HP android mu.

Tap fitur "Google Lens" dan arahkan kamera HP mu ke barcode atau QR code.

Akan muncul sebuah lingkaran kecil di barcode atau QR kode.

Kamu bisa tap ikon lingkaran itu dan informasinya akan muncul.


2. Aplikasi QR and Barcode Scanner

Cara Scan Barcode pakai aplikasi QR dan Barcode Scanner ini lebi kosngosan sukai, karena bisa scan gambar yang sudah di download dan tersimpan di galeri hp kalian. 

Ini adalah salah satu aplikasi di HP Android yang cukup populer dan digunakan untuk pindai QR dan barcode pada aplikasi. Aplikasi ini juga tergolong cukup ringan dengan ukuran yang kecil. Berikut langkah penggunaannya :

Dowload dan instal terlebih dahulu aplikasi QR and Barcode Scanner di google playstore.

Buka aplikasi tersebut. Izinkan aplikasi untuk  mengakses galeri dan camera.

Pada menu "Pindai", arahkan kamera ke kode QR atau barcode.

Aplikasi ini bisa langsung melakukan scanning banner lowongan kerja.

Kalau kamu ingin scan banner yang sudah tersimpan di galeri hp, tinggal pilih setting, dan scan open from galeri. Pilih gambar atau banner loker nya dan informasi akan segera ditampilkan


3. Aplikasi QR Code Reader

Scan barcode dan qr code banner lowongan kerja selanjutnya adalah bernama QR Code Reader. Aplikasi ini juga digunakan untuk scan dan juga membuat kode QR dan barcode sendiri pakai HP Android. 

Sangat cocok jika anda ingin scan aplikasi pada Play Store menggunakan aplikasi yang satu ini. Berikut beberapa langkah cara scan barcode dan kode QR untuk aplikasi ini:

Instal aplikasi QR Code Reader

Kalau sudah terpasang, buka aplikasi nya, kamu hanya perlu mengarahkan kamera HP ke barcode atau QR.

Akan muncul hasil dari scan barcode atau QR loker nya. lesai.


4. Scan Barcode tanpa Kamera

Sebenarnya kamu bisa juga scan code barcode lowongan kerja tanpa akses kamera dari hp lho. Jadi kamu bisa pakai web online, tinggal kamu ketik saja di google "onlinebarcodereader" nanti ada banyak website yang menyediakan fitur scan barcode gratis tanpa harus buat akun dan berbayar. 

Keuntungan lainnya sobat kosngosan tidak membutuhkan aplikasi harus di instal di HP. Berikut langkah-langkahnya:

Silahkan kamu buka web browser (lebih disarankan pakai Google Chrome)

Kunjungi website onlinebarcodereader.com atau bisa juga website lain

Klik "Upload file" dan pilih banner barcode atau QR lowongan kerja yang kamu dapatkan.

Klik tombol "Start".

Tunggu websitenya memproses sampai selesai.

Nantinya kamu akan diarahkan ke hasil scan barcode atau QR code. Selesai.


Video Panduan Scan Barcode Melamar Kerja

Untuk mengikuti pembahasan kali ini lebih lengkapnya, kamu bisa menonton video yang sudah kosngosan upload di channel  youtube milik kosngosan dibawah ini. Tinggal klik tombol play saja :


Penutup

Bagaimana, apakah kamu sudah bisa scan barcode di banner lowongan kerja? Semoga saja dengan postingan dari kosngosan ini bisa membantu kalian para joob seeker ya!

Perlu kalian ketahui, barcode tidak hanya ditemukan pada produk yang dijual di toko online, tetapi juga banner loker yang tertera di instagram, facebook, twitter x, tiktok dan juga website portal karier. Terakhir, jangan lupa share dan bookmart halaman ini ya, trims!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya