Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Flipchart Peta Singkap Penyuluhan Pertanian

Flipchart atau Peta singkap adalah media berupa beberapa lembaran yang isinya informasi gambar dan tulisan yang telah disusun berurutan dan bagian atasnya disatukan agar mudah untuk dibuka. Dan salah satu media penyuluhan yang paling sering dipakai oleh penyuluh pertanian di lapangan adalah dengan menggunakan flipchart ini. Karena memiliki kelebihan yaitu mudah dibawa ke mana saja, lebih simpel, serta tidak membutuhkan listrik.

Sebagai penyuluh, kalian wajib menggunaka media informasi yang menarik bagi petani. Hal ini diperlukan supaya transfer ilmu dan komunikasi pertanian bisa dilakukan dengan baik dan benar. Sehingga didapatkan feedback yang diharapkan. 

Oleh karena itu, kosngosan akan memberikan beberapa contoh desain flipchart dan bagaimana cara mendesain peta singkap penyuluhan yang keren dan informatif.

Untuk ukuran kertas yang digunakan sebenarnya tidak ada standar baku. Akan tetapi pilihlah ukuran kertas yang lebih besar dan luas, sehingga memudahkan petani membaca setiap teks dan informasi yang disampaikan. 

Biasanya terdiri dari 3 Ukuran, yaitu kecil (30 X 50 cm), sedang  (60 X 80 cm) dan besar (80 X 100 cm) masing masing disesuaikan dengan jumlah pesertanya. Semakin banyak peserta penyuluhan, maka pilihlah ukuran kertas yang semakin besar.


Desain Flipchart Peta Singkap Materi Penyuluhan

Secara umum, peta singkap adalah satu unit materi pembelajaran penyuluhan pertanian. Misalnya tentang pupuk berimbang pada sawit, penanganan hama pada sayur bayam, dll. 

Sehingga setiap lembar hanya berisi pokok-pokok penting dari materi yang akan dibahas saja. Berikut adalah beberapa contoh yang sudah kosngosan rangkum untuk kalian :

Peta Singkap Materi Penyuluhan

Peta Singkap Materi Penyuluhan

Peta Singkap Materi Penyuluhan

Peta Singkap Materi Penyuluhan


Contoh lainnya

Flipchart Peta Singkap Materi Penyuluhan

Flipchart Peta Singkap Materi Penyuluhan

Peta Singkap Materi Penyuluhan Pertanian

Flipchart Materi Penyuluhan

Flipchart Peta Singkap Materi Penyuluhan

Flipchart Peta Singkap Materi Penyuluhan

Flipchart Peta Singkap Materi Penyuluhan


Download Flipchart Penyuluhan Pertanian

Kamu bisa unduh materi flipchart dibawah ini dan sesuaikan dengan kebutuhan mu. Semoga bermanfaaat, cukup klik link unduh flipchart penyuluhan pertanian disini. Nanti kamu akan dialihkan ke halaman safelink, kemudian klik tombol download.


Cara Membuat Peta Singkap Penyuluhan

Bagaimana cara membuat dan mendesain flipchart untuk materi penyuluhan pertanian? Sebenarnya tidak ada aturan standar. 

Hanya saja kamu bisa membuat manual dengan spidol pada kertas atau memanfaatkan aplikasi pengolah gambar untuk membantu menghasilkan flipchart yang lebih bagus. Berikut panduannya :


Langkah 1 :

Siapkan lah bahan yang diperlukan. Ingat, untuk lembar pertama adalah cover, judul materi penyuluhan dan juga ilustrasi yang mewakili topik yang akan dibahas. 

Kemudian diikuti oleh lembar selanjutnya yang hanya berisi sub judul materi dan penjelasan ringkas. Usahakan informasi nya tidak padat dan jelas dibaca dari jarak jauh. 


Langkah 2 :

Tulis tangan atau tempel menggunakan sistem kliping bisa jadi pilihan. Atau sobat kosngosan juga bisa menggunakan metode penjiplakan yang dapat dilakukan dengan mengunakan kertas tipis transparan (kertas kalkir). 

Intinya, materi penyuluhan pertanian yang akan disajikan sebaiknya berupa kombinasi antara tulisan dan gambar atau ilustrasi lainnya. Jangan teks saja, atau gambar saja. Harus ada kombinasi yang pas dan enak dilihat.


Langkah 3 :

Buatlah peta singkap dengan dengan menggunakan kata-kata kunci dan ungkapan yang pendek, sederhana dan mudah dimengerti oleh petani. 

Hindari penggunaan bahasa asing atau bahasa daerah yang tidak dimengerti oleh banyak orang. Jangan juga menggunakan kata kiasan yang bermakna ganda dan bisa membingungkan petani. Tampilkan secara berurutan dan sistematis.


Langkah 4 :

Kamu bisa menggunakan alat penunjuk untuk membantu menunjuk materi yang diterangkan. Sambil memberikan cukup waktu kepada petani untuk melihat dan membaca pesan yang dituliskan di dalam peta singkap.


Kesimpulan

Peta singkap atau flipchart memang menjadi salah satu favorit penyuluh dalam memberikan penyuluhan kepada para petani. Oleh karena itu, sobat kosngosan harus tahu cara membuat dan mendesain peta singkap ini. 

Pastikan kalian meletakkan flipchart ini pada ketinggian ideal, dan jelas terlihat dari setiap penjuru audiens. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat. Jangan lupa share, bookmart dan klik bagikan di bawah supaya teman mu lainnya juga bisa membaca postingan ini!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya