Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Sayuran Biji yang Banyak Manfaatnya

Sayuran biji adalah jenis sayuran dimana bagian utama yang dikonsumsi adalah bagian biji. Biasanya berasal dari tanaman kacang-kacangan, atau polong-polongan. Dan bisa juga berasal dari tanaman pangan seperti jagung (baby corn). Sayuran biji banyak mengandung serat, protein, serat, vitamin, mineral, dan kandungan lainnya.

Menurut wikipedia, Biji adalah embrio tanaman dan cadangan makanan yang dibungkus dalam lapisan pelindung luar yang disebut kulit biji. Sedangkan sayuran adalah semua bagian dari tumbuhan yang dapat dimakan, termasuk biji. (source : wikipedia.org/wiki/Seed)

Dari buku yang berjudul "Mengenal buah dan sayur" yang penulisnya adalah Adi Permana, penerbit BBP2TP (Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian), ada banyak sekali hasil penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa makan buah dan sayur setiap hari dapat memberikan segudang manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Di buku ini kamu akan mengetahui apa saja manfaat mengkonsumsi sayuran dengan infografis yang menarik bagi anak anak.

Ada beberapa contoh sayuran biji. Kebanyakan jenisnya adalah kacang-kacangan. Sayuran jenis ini tidak hanya bermanfaat sebagai sumber nutrisi penting, tetapi juga dapat berperan dalam menjaga kesehatan jantung, kontrol gula darah, serta mendukung sistem pencernaan yang sehat.


Contoh Sayuran Biji

Contoh Sayuran Biji

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sayuran yang bagian bijinya sering dikonsumsi kebanyakan adalah jenis kacang-kacangan. Berikut beberapa contoh yang bisa sobat kosngosan.com jadikan sebagai referensinya :


Kacang Polong

Kacang polong sering dijadikan sayur dan dihidangkan dengan beberapa bahan makanan lain. kacang ini sering sekali digolongkan ke dalam kelompok sayur-sayuran karena sering diolah bersama dengan berbagai sayuran lainnya. 

Sering ditumis, jadi tambahan nasi goreng, sup ayam dan sebagainya. Kacang polong memiliki kandungan serat dan protein yang bermanfaat bagi AKG kalian. Jenis sayuran kacang ini juga menyimpan banyak senyawa antioksidan yang bisa untuk menangkal radikal bebas dan penuaan dini.


Kacang Panjang

Menurut wikipedia, kacang panjang adalah salah satu contoh sayuran biji yang populer dalam masakan di daerah Asia Tenggara dan Asia Timur. Kacang polongnya dimasak sebagai sayur atau sering juga dimakan mentah sebagai lalapan. 

Kalau kamu sering makan ayam penyet di pinggir jalan, sering ada lalapan kacang panjang. Tumbuhan ini berkembang dengan cara memanjat dan melilit.


Buncis

Istilah buncis, sebenernya berasal dari bahasa Belanda yaitu "boontjes" untuk penyebutan kacang-kacangan secara umum. 

Dan biasanya biji serta daunnya sering dimanfaatkan masyarakat di Indonesia sebagai sayuran. Sobat kosngosan.com bisa mengolah sayuran biji ini seperti jadi buncis goreng krispy, oseng buncis, tumis buncis, sayur buncis kuah dan sebagainya.


Kacang lentil

Kamu pernah makan lentil? Melansir dari laman Mayo Clinic, kacang lentil banyak mengandung protein yang tinggi, tetapi rendah serat dan lemak. 

Cocok buat kamu jadikan sayuran untuk menu diet mu. Kamu bisa masak kacang ini dengan berbagai aneka olahan, seperti menjadikannya sup kacang lentil, Harira soup ala timur tengah, Turkish Red lentil soup, tempe dari lentil dan sebagainya.


Baby Corn

Jagung sebenarnya bisa diklasifikasikan sebagai tanaman pangan. Tapi untuk jagung yang masih mudah, banyak orang yang suka mengkonsumsinya dan dijadikan sebagai lauk sayuran. 

Baby corn istilahnya adalah jagung muda yang bisa dijadikan olahan menu tumisan, tambahan sup atau Barbequean. Jagung muda ini punya tekstur yang crunchy dan enak untuk dimakan bersama bonggolnya yang masih krenyes.


Petai

Melansir laman wikipedia, Petai, pete atau mlanding (Parkia speciosa) adalah salah satu contoh sayuran biji yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. 

Biji petai memiliki bau khas seperti jengkol. Bisa dikonsumsi segar atau dijadikan bahan campuran dari olahan berbagai menu. Menimbulkan bau setelah mengkonsumsinya, sama seperti jengkol. Kamu bisa mencoba sayuran biji ini seperti oseng pete, tumis pete, sambal pete balado, nasi goreng petai dan sebagainya.


Jengkol

Menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik) yang menerangkan bahwa jengkol merupakan tanaman sayuran yang berumpun dan bisa dipanen secara terus-menerus. 

Kamu bisa memasak jengkol sebagai salah satu sayuran biji dengan berbagai aneka olahan menu. Seperti semur jengkol, rendang jengkol, jengkol balado, tumis jengkol, jengkol tumbuk dan sebagainya.


Kabau

Disebut juga dengan jering antan, jengkol hutan atau jolang-jaling. Bisa dimasukkan dalam kategori sayuran biji, karena sering penyajiannya dijadikan sebagai sayuran, mirip jengkol dan petai. 

Menurut wikipedia, meskipun biji ini berbau tidak sedap seperti jengkol dan petai, tetapi biji ini yang menjadikan kabau sebagai sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia.


Edamame 

Pada dasarnya edamame adalah kacang kedelai muda yang sering dijadikan sebagai sayuran pada berbagai menu masakan di jepang. Dari laman wikipedia menyebutkan bahwa Edamame merupakan jenis kacang kedelai muda yang masih berada dalam polong. 

Sayuran biji ini sering ditemukan dalam berbagai masakan di Asia Timur. Polong ini biasanya direbus atau dikukus dan disajikan dengan garam. Atau bisa juga ditumis, tambahan bakwan, dan sayur asam.

Baca juga : Contoh Sayuran Batang yang ada di Indonesia


Kapri

Sering disebut juga kacang kapri. Ini adalah sejenis tumbuhan sayur yang mudah dijumpai di pasar tradisional di Indonesia. 

Kapri termasuk dalam golongan sayur biji juga (tapi bisa juga dikategorikan sayuran buah, karena beasal dari bunga). Kamu bisa buat makanan seperti kapri cah udang, tumis kapri, sup kembang tahu kapri, kapri manis tumis jamur dan sebagainya.


10 Contoh Sayuran Biji lainnya

10 Contoh Sayuran Biji lainnya

Beberapa contoh sayuran selain diatas yang juga bisa dikelompokkan dari biji, diantaranya sudah kosngosan rangkum yaitu :

  • Kacang merah
  • Kacang tanah (dijadikan sayuran sup)
  • Kacang fava
  • Kacang garbanzo (chickpea)
  • Lima bean
  • Kacang adzuki
  • Kacang navy
  • Kacang cannellini
  • Borlotti bean
  • Kacang mung
  • Butter bean


Kata Penutup

Demikian pembahasan kosngosan.com mengenai contoh sayuran biji yang sering dimanfaatkan dan dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Sebenarnya masih banyak contoh sayuran biji yang bisa dimanfaatkan. 

Kebanyakan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasakan selalu untuk menyediakan sayuran biji untuk jadi salah satu lauk harian di rumah, demi memenuhi Angka Kecukupan Gizi yang seimbang. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share dan bookmart halaman ini.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya