Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Contoh Sayuran Buah di Indonesia

Sayuran buah adalah jenis buah yang dianggap sebagai sayur. Maksudnya, secara klasifikasi botani dianggap sebagai buah (karena berasal dari bunga dan mengandung biji). Namun pada praktik nya, sering digunakan sebagai sayuran.

Menurut Wikipedia, Buah adalah bagian dari reproduksi antara putik dan serbuk sari pada tumbuhan. Buah adalah contoh organ pada tumbuhan yang berbunga. Ini merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah atau ovarium. (Source : wikipedia.org/wiki/Buah).

Walaupun menurut ilmu botani, tumbuhan ini dianggap sebagai buah, berbeda dalam industri kuliner. Makanya sering disebut sebagai sayuran buah, karena mereka diperlakukan sebagai sayuran. Mengapa demikian? karena penggunaan dan rasa yang lebih cenderung ke arah gurih daripada manis.


Contoh Sayuran Buah

Contoh Sayuran Buah

Berbicara mengenai contoh sayuran buah yang akan kosngosan.com bahas dibawah ini, berikut adalah beberapa contoh dan penjelasan lebih detail mengenai sayuran yang berasal dari buah (sering kita konsumsi setiap harinya ) :


Paprika

Wajah cerah dapat diwujudkan dengan memasukkan paprika ke dalam menu diet. Di dalam sayuran berwarna beragam ini terkandung banyak sekali zat yang berperan dalam mencerahkan kulit. Diantaranya vitamin, zat besi, betakaroten.

Zat-zat tersebut mencegah terjadinya bintik-bintik di wajah baik yang disebabkan oleh sinar ultraviolet atau penuaan. Sebagai tambahan, produksi melanin yang menyebabkan kulit menggelap juga dibatasi oleh paprika.


Zucchini

Zucchini kaya akan karotenoid yang apabila dikonsumsi secara teratur dapat melindungi kulit dari sinar UV dan polusi. Selain itu, mengonsumsi zucchini juga dapat membantu menjaga kulit tetap terdehidrasi dan elastis.

Baca juga : Contoh Sayuran Biji


Tomat

Secara botani, tomat adalah buah karena tumbuh dari bunga tanaman dan mengandung biji. Namun, dalam kuliner, tomat sering digunakan dalam hidangan gurih seperti salad, sup, dan saus

Tomat Cherry salah satu jenis tomat yang sering dikonsumi dan memiliki ukuran lebih kecil dari tomat biasa. Jika dibandingkan dengan tomat-tomat lainnya, namun justru mengandung lebih banyak betakaroten.

Kandungan betakaroten yang tinggi dalam tomat cherry dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Sedangkan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekuatan, kelenturan, dan kelembapan kulit


Terong

Terong adalah buah kalau didefenisikan secara botani. Karena terong mengalami perkembangan dari bunga hingga menjadi buah dan mengandung biji. 

Tapi karena sering dikonsumsi masyarakat dalam masakan yang diperlakukan sebagai sayuran dan digunakan dalam berbagai hidangan seperti ratatouille, parmigiana, dan kari. Bahkan kita sering membuat terong lodeh, gulai terong dan sebagainya.


Pare

Pare atau paria masuk dalam suku Cucurbitaceae (atau labu-labuan) biasa dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan (sumber wikipedia.com). 

Jadi pare termasuk buah, tapi sering dianggap sayur dan kalau mau lebih presisi pare adalah buah, karena berasal dari biji dan memiliki bunga. Rasanya pahit, tapi sering dijadikan bahan sayuran, seperti asam lodeh, bahan siomay bandung dan sebagainya.


Gambas

contoh sayuran buah gambas

Gambas atau oyong sering disamakan dengan paria, padahal berbeda. Nama ilmiahnya adalah Luffa acutangula. Rasanya tidak pahit seperti pare. Tapi masih satu suku dengan pare, yaitu suku labu labuan.

Oyong atau gambas ini adalah contoh sayuran buah, karena berasal dari biji dan berbunga. Biasanya dibuat masakan sayur bening. Sayur gambas bening dinikmati oleh orang- orang yang tidak menyukai sayur bersantan, sayur bening juga dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit.


Nangka Muda

Nangka sudah jelas adalah buah. Tapi bagi sebagian masyarakat di daerah Indonesia, menjadikan nangka muda sebagai sayur. 

Seperti orang minang, yang menu nya sering menyajikan rendang nangka muda dengan cita rasa khas.  Nangka muda disebut gori dalam bahasa Jawa. Sayuran Buah yang perlu dimasak sampai tekstur empuk ini enak diolah dengan bumbu tradisional yang berempah dan pedas.


Mentimun

Walaupun secara ilmu biologi, mentimun adalah buah, karena berkembang dari bunga dan memiliki biji didalamnya, tapi dalam dunia kuliner mentimun sering diperlakukan sebagai sayuran.

Mentimun sering kita gunakan dalam salad, acar, dan sebagai lalapan segar di warung ayam penyet. Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan bagus untuk kesehatan usus.


Labu 

Tanaman Labu termasuk juga dalam kategori sayuran buah. Berbagai jenis labu, ada yang berbentuk lonjong, bulat dan berwarna warni. 

Labu secara botani adalah buah. Tapi bagi masyarakat indonesia dijadikan sebagai sayuran dalam berbagai menu masakan lauk sehari hari.


Okra

Sayuran ini sering juga dikenal sebagai lady's finger. Okra adalah buah yang berasal dari biji dan tumbuh dari bunga tanaman. Tapi dalam dunia kuliner, okra dipakai dalam hidangan seperti gumbo dan kari, sehingga dianggap sebagai sayuran.


Sayuran Buah lainnya

Sayuran Buah lainnya


Kesimpulan

Demikian beberapa contoh dari sayuran yang berasal dari buah. Semoga sobat kosngosan.com bisa menjadikan beberapa contoh diatas sebagai referensi. 

Sayuran yang berasal dari buah ini merupakan jenis tanaman yang secara botani diklasifikasikan sebagai buah, tapi dalam praktiknya komoditas ini sering digunakan sebagai sayuran karena rasa dan penggunaannya dalam hidangan gurih. Jangan lupa untuk share dan bookmart halaman ini ya.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya