lomba blog traveloka

Tips Hemat Mahasiswa dan Pelajar yang sedang Cuti Akademik


Tips Hemat Buat Mahasiswa, cuti liburan hemat anak kampus
liburan hemat bin irit mahasiswa dan pelajar
Bagaimana sih Membuat Liburan Traveling atau Cuti Akademikmu lebih Hemat dan Nggak Bikin Kantong Bolong?

Bagi kalian, mahasiswa dan pelajar yang tengah mengalami fase yang satu ini, Liburan atau cuti akademik, tentu bingung hendak kemana. Atau kalian sudah menentukan spot yang bagus, namun tidak rela menghabiskan duit karena masih bisa digunakan untuk kepentingan lain, misalnya membeli buku atau gadget? 


Liburan atau traveling karena mengambil cuti akademik terkadang juga bisa sangat membosankan. Buat sobat yang sudah biasa cuti dan menghabiskan liburan ke tempat yang itu itu saja. Kenapa tidak merencakana liburan ke tempat baru? Jawabannya kembali kepada yang pertama, yaitu takut kantong bolong.



Kalau begitu mimin akan kasih tahu sedikit tips dan trik sederhana yang mungkin akan berguna bagi kalian para kaum akademik, mahasiswa maupun pelajar sekolah yang sedang cuti atau libur akademik untuk pergi ke tempat spot liburan berbeda namun tetap hemat, irit dan tidak membahayakan kantong kalian yang bergantung dengan bulanan orangtua tersebut. Check these out!

Tips Liburan Hemat
Tips Hemat Buat Mahasiswa Pelajar
tips liburan dan cuti hemat
Oke, tapi masalahnya kita bukan membahas bagaimana mengisi hari libur, tetapi anggap saja sobat telah mendapatkan jadwal kegiatan pada liburan nanti. Dan ketika sudah begitu, biasanya yang menjadi pilihan utama kita adalah jalan-jalan atau mengunjungi obyek wisata, yang tentunya banyak menguras isi dompet. Pada akhirnya, kita akan menjalani liburan yang boros, dan menghabiskan banyak duit. Wah, gawat dong?!

Tapi tenang, sebagai sumber referensi, makanya postingan Tips Liburan Hemat saat traveling ini mimin buat untuk kalian. Oke, kita langsung saja, jangan lupa simak  dengan seksama.


Perlengkapan Seperlunya

Sebagai saran, dilarang membawa barang-barang yang banyak dan yang kurang perlu. Ini bisa saja menjadikan kita susah untuk bergerak leluasa selama liburan. Jadi, bawalah barang sesuai kebutuhan sobat saja.

Alat Transportasi yang Tepat Sasaran

Memilih transportasi yang tepat sasaran maksudnya adalah menyesuaikan kebutuhan kita terhadap jenis transportasi dengan jarak dan tempat liburan yang akan dituju. Sebagai contoh, si Folan pengennya liburan ke luar negeri, tapi dia ngotot liburan pake motor bututnya (nggak mikir kali ya?)

Tapi itu hanya contoh kecil saja. Disarankan sobat lebih memilih mode transportasi umum saja. Selain murah, trasportasi umum seperti bus lebih memberikan tempat bagi barang-barang bawaan kita. Kita juga telah membantu menghemat energi dari pemakaian BBM.

Penginapan

Bagi sobat yang berlibur diluar kota atau luar negeri, penginapan menjadi hal yang mutlak perlu. Usahakan memilih penginapan yang tidak mahal (contohnya POM Bensin atau Musholla) tetapi juga harus mengedepankan aspek kenyamanan. 


Sebelum memutuskan memilih penginapan, sobat bisa survey dulu penginapan mana yang cocok dengan biaya liburan. Tapi jangan pula ketika sobat terlalu fokus menentukan tempat penginapan sehingga lupa dengan menikmati waktu liburan. 


Mungkin jika memiliki keluarga atau kenalan di tempat tujuan liburan, manfaatkanlah fasilitas tempat gratis yang mereka tawarkan. Pastikan kamu juga harus meminta ijin terlebih dahulu.

Selain menghemat biaya penginapan, sobat bisa mendapatkan rekomendasi tempat wisata yang pas dan sesuai keinginan. Jika memang tidak ada, pilih hotel dengan bangunan kecil, atau villa jika jumlah orang yang berlibur melebihi lima orang.

Jangan Travelling Saat Musim Libur

Kelihatannya aneh.  Tapi memang benar, pada musim liburan, yang namanya tarif untuk berlibur jelas naik 100 persen. mMacam-macam tarif, mulai dari tarif parkir hingga tiket masuk ke destinasi tertentu. Di tempat-tempat wisata juga bisa melonjak pengunjungnya. 


Nah, untuk menghindari itu, sobat mungkin bisa mengambil cuti ke tempat tujuan liburan pada saat dua atau tiga hari sebelumnya. Kalau memang sobat hanya punya waktu liburan pada waktu-waktu tersebut. Dengan begitu, sobat bisa menghindari arus puncak liburan, yang ditandai dengan melambungnya segala biaya lliburan.

Paket Wisata

Jika sobat merencanakan berlibur bersama keluarga, bisa mengikuti paket wisata. Cobalah untuk mencari paket liburan karena akan memangkas biaya liburan kita, termasuk ongkos perjalanan, penginapan, dan tempat wisata.

Makan

Jika sobat melakukan liburan di darat, penulis rekomendasikan untuk membawa bekal dari rumah. Jangan kaget biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat dibanding makan di pinggir jalan. Kalaupun lupa membawa bekal, sobat bisa mencari rumah makan yang harganya miring.

Lupakan Souvenir

Ada yang bilang, liburan tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh! Tapi itu bagi yang punya biaya lebih ketika berlibur.  Coba abaikan kebiasaan membeli souvenir, yang bisa menguras isi dompet sobat. Coba nikmati  saja perjalanan liburan sobat tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli souvenir.

Bila memang dianggap butuh, coba pilah-pilah souvenir yang memang dibutuhkan atau memiliki nilai mutu. Seperti sebelumnya, jangan mudah terpedaya oleh penjaja-penjaja souvenir. Coba survey semua penjual souvenir. Dengan begitu, sobat bisa membeli souvenir yang terbaik, termurah, dan cocok dihati. Silahkan sobat kasih komentar setelah ini.

Nah, sekian dulu postingan mengenai Bagaimana Membuat Liburan Hemat, Nggak Bikin Kantong Bolong. Bila sobat hendak berbagi, atau menambahkan pengalamannya, silahkan menulis dikotak komentar. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan sobat. Have a nice day! Ditunggu komentarnya ya…

G+