Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Buku Pemberdayaan Masyarakat Kesetaraan Gender

Apakah kamu sedang mencari contoh buku pdf tentang pemberdayaan kaum wanita? Kamu bisa mengunduh Ebook Buku Elektronik Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Kesetaraan Gender PDF dari Kosngosan berikut ini. Sebelum memberikan buku elektronik berupa kesetaraan gender, yang termasuk dalam pembahasan pemberdayaan masyarakat, kita akan belajar singkat mengenai apa sih Pemberdayaan Masyarakat itu? Dan bagaimana isu kesetaraan gender begitu sering kita dengar belakangan ini. Apakah gender bisa disamakan dengan jenis kelamin? Yuks, kepoin selanjutnya.

Pemberdayaan Masyarakat atau bahasa bekennya, Empowerment menurut mimin adalah merupakan bidang ilmu yang membahas implementasi pengembangan sumberdaya manusia, khususnya masyarakat dengan aktifitas ekonomi dan sosialnya.

Nah, menurut om Suhendra (2006:74-75) adalah suatu aktifitas yang berkesinambungan, dinamis, dan secara sinergis mendorong keterlibatan semua potensi yang ada secara evolutif dengan keterlibatan semua potensi.

Beda lagi menurut om Widjaja (2003:169) Pemberdayaan masyarakat merupakan usaha meningkatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki masyarakat, sehingga masyarakat dapat mewujudkan jati diri, harkat dan martabatnya secara maksimal untuk bertahan dan mengembangkan diri secara mandiri baik di bidang ekonomi, sosial, agama dan budaya.

Baca juga : Implementasi Sistem, Contoh dan Tujuan


Pemberdayaan Masyarakat


ebook pemberdayaan wanita

Jadi, apa variabel keberhasilan dari suatu program pemberdayaan masyarakat? Jawabannya adalah keberdayaan masyarakat terletak pada proses pengambilan keputusan sendiri untuk mengembangkan pilihan-pilihan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan sosial.

Setelah kita membahas defenisi pemberdayaan masyarakat, seterusnya kita akan membahas mengenai kesetaraan gender. Gender menurut Women’s Studies Encyclopedia bisa dikatakan merupakan konsep kultural yang berupaya membuat pembedaan dalam hal peran, perilaku, mentalitas, dan karakteristik emosional antara laki-laki dan perempuan yang berkembang dalam tatanan hidup bermasyarakat.

Beda menurut Om Nazarudin Umar, Gender digunakan untuk memberi identifikasi perbedaan dalam hal peran, perilaku dan lain-lain antara laki-laki dan perempuan yang berkembang di dalam masyarakat yang didasarkan pada rekayasa sosial.

Nah, apakah perbedaan antara gender dengan sex atau jenis kelamin? Jelas berbeda sekali. Berikut perbedaannya yang dirangkam dalam tabel.

Jenis Kelamin atau sex
Gender
Perbedaan jenis kelamin sama diseluruh dunia bahwa perempuan bisa hamil sementara laki-laki tidak, sifatnya Universal
Perbedaan jenis kelamin tidak berubah dari waktu ke waktu. Dari dulu hingga sekarang dan masa datang , laki-laki tidak mengalami menstruasi dan tidak dapat hamil
Jenis kelamin jelas, merupakan perbedaan biologis antara laki-laki dan perempuan
Gender tidak sama di seluruh dunia, tergantung dari budaya dan perkembangan masyarakat di satu wilayah, sifatnya lokal.
Gender berubah dari waktu ke waktu. Setiap peristiwa dapat merubah hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat
Merupakan perbedaan peran, hak, dan kewajiban, kuasa dan kesempatan antara laki-laki dan perempuan dalam kehidupan masyarakat

Bagaimana isu kesetaraan gender sangat sering terdengar? Ini dikarenakan kesetaraan gender akan dipermasalahkan bila terdapat diskriminasi perlakuan terhadap partisipasi, kontrol dalam menikmati hasil antara laki-laki dan perempuan, tidak adanya kesetaraan dan keadilan antara laki-laki dan perempuan didalam pembagian peran, tanggung jawab, hak, kewajiban serta fungsi sebagai anggota keluarga maupun masyarakat yang akhirnya tidak menguntungkan kedua belah pihak. Baca juga : Contoh Konsumsi Rumah Tangga

Apa yang akan terjadi kepada mereka yang mengalami ketidak setaraan gender? paling tidak mereka akan mengalami penomorduaan (subordination), peminggiran (marginalisation), mendapat beban ganda (double burden), kekerasan (violence) dan pelabelan negatif (stereotype).

Kata Penutup


Nah, memang isu kesetaraan gender ini sangat luas dan cukup klasik. Karena memang pada hakikatnya, agama juga melakukan pembatasan peran dan tanggung jawab seseorang dalam melakukan interaksi dengan Tuhan dan sesama masyarakat berdasarkan jenis kelaminnya. Kesetaraan gender hanya akan menjadi semakin rumit apabila kedua belah pihak, laki laki dan perempuan masing masing tidak mau menerima kodratnya sejak lahir.

Oke, setelah mengikuti penjelasan mengenai Pemberdayaan Masyarakat dan Kesetaraan Gender tadi, mimin sekarang akan memberikan file ebook buku elektroniknya dibawah ini. Ebook ini dibuat oleh Bappenas bekerja sama dengan Development Planning Assistance (DPA) Canadian International Development Agency (CIDA)

Analisis Gender Dalam Pembangunan Lingkungan Hidup Aplikasi Gender Analysis Pathway (GAP) Disini

Analisis Gender dalam Pembangunan Pertanian Aplikasi Gender Analysis Pathway Disini

Dari Desa ke Desa Dinamika Gender dan Pengelolaan Kekayaan Alam Disini
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya