lomba blog traveloka

Pelajar dan Mahasiswa Stop Hoax

Pelajar dan Mahasiswa Stop Hoax - Di tengah maraknya informasi palsu atau yang lebih dikenal hoax beredar di masyarakat saat ini melalui media sosial mengharuskan Pelajar dan mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan tentang jurnalistik.

Sebagian orang yang yang tidak bertanggung jawab menyebarluaskan berbagai berita atau informasi yang belum jelas kebenarannya. Atau yang disebut dengan Hoax. Informasi Hoax yang disebarluaskan memang ditujukan agar orang lain dapat dengan mudah mempercayai berita bohong atau hoax tersebut, dan tak jarang orang lain justru turut serta untuk menyebarkannya.

Oleh karena itu, kita sebagai kaum terdidik, tidak seharusnya terkena hoax yang justru menjatuhkan kredibilitas kita sendiri. Sebagai kaum terdidik dan memiliki ilmu yang ckup dalam membedakan mana yang baik dan tidak baik, kita dituntut untuk memberikan dan menyebarkan informasi yang betul valid dan bisa dipertanggung jawabkan.

Selain membentengi para siswa dan mahasiswa dari informasi hoax yang mengandung adu domba, kontroversi dan kemampuan untuk memecah belah bangsa, tujuan belajar ilmu jurnalistik juga dinilai penting sebagai wadah bagi siswa dan mahasiswa untuk menyalurkan bakatnya di bidang menulis. Diharapkan akan muncul bibit-bibit jurnalis berbakat baru atau citizen jurnalis, yang bisa menjadi kontributor berita untuk media online.

 Peran generasi muda terutama mahasiswa sangat vital dalam mengantisipasi serangan berita bohong atau hoax di media sosial.   Oleh karena itu, mahasiswa dan pelajar dituntut mampu sebagai garda terdepan dalam menghadang serbuan konten negatif di dunia maya yang sering.

Pada akhirnya kita semua dituntut untuk berkaya positif membangun bangsa ini. Hindari konten negatif pemecah belah umat. Jadikan diri kita sebagai individu berilmu yang memberikan karya terbaik untuk bangsa ini. Semangat positif untuk mahasiswa dan pelajar se Indonesia! Pelajar dan Mahasiswa Stop Hoax!

G+

0 Response to "Pelajar dan Mahasiswa Stop Hoax"

Post a Comment