Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Pekerja Lepas Online yang Wajib Dicoba

Contoh pekerja lepas adalah mereka yang bekerja tanpa terikat dengan perusahaan. Memiliki waktu kerja fleksibel, tempat kerja dimana saja dan deadline yang sudah ditentukan untuk setiap project. Misalnya para creator NFT, Designer Logo di Fiverr, Penulis Artikel di website dan lainnya. Kita akan bahas selengkapnya pada postingan kali ini

Bagi joob seeker, kalian ternyata bisa bekerja dari dalam rumah saja dengan mengandalkan teknologi internet saat ini. Pekerja lepas punya waktu kerja yang santai dan fleksibel. Kamu mungkin sedang membutuhkan inspirasi buat menjadi pekerja lepas yang sukses. Tapi jenis pekerjaan seperti apa yang cocok dengan kamu?

Ada banyak sekali pekerjaan lepas di internet. Contoh Pekerja Lepas adalah yang memberikan jasa nya di berbagai platform freelance, seperti Fiverr, projects.co.id, sribulancer dan situs lain yang bertugas untuk mempertemukan freelancer dengan klien pemberi project.

Apa itu Pekerja Lepas? Freelance adalah jenis pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan lepas yang biasanya ditujukan kepada seseorang yang bekerja sendiri serta tidak harus berkomitmen dalam jangka panjang terhadap suatu perusahaan atau bos.

Banyak yang mengatakan bahwa Freelance adalah pengangguran. Walaupun pekerjaan online ini identik dengan pengangguran, tapi menghasilkan duit toh? Produktif di dalam rumah dan didepan laptop tidak bisa dibilang sebagai pengangguran. Kalau pun iya, maka mereka adalah Pengangguran premium yang punya duit berlimpah.

Selain keahlian dan pengalaman, kemampuan dalam manajemen waktu pun sangat diperlukan. Karena tetap saja aturan bisnis dalam freelance adalah terikat kontrak. Jadi kita harus menyelesaikan pekerjaan paruh waktu tersebut sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakai.


Contoh Pekerjaan Lepas Terbaru

contoh pekerjaan lepas

Kebanyakan Pekerja Lepas berasal dari internet. Oleh karena itu mau tidak mau kamu harus mengerti dan menguasai yang namanya internet. 

Kerja online untuk pengangguran lebih sering dipublikasikan di internet seperti website dan media sosial. Jadi selain memiliki faktor diatas, kamu juga harus aktif di dunia internet

Setelah mengetahui seputar Pekerja Lepas, maka kali ini kosngosan akan memberikan beberapa contoh pekerjaan yang sering dikerjakan oleh seorang frelancer, karena termasuk usaha yang menghasilkan uang setiap hari :


1. Pekerja Lepas bidang Teknologi Informasi

Bagi sobat kosngosan yang saat ini berstatus sebagai pengangguran, yang ingin mencari freelance dibidang teknologi, harus memiliki pengalaman dibidang teknologi, minimal biasa melakukan kegiatan yang bersinggungan dengan teknologi. Semisal programing, pengerjaan menggunakan komputer atau servis barang barang elektronik, misalnya.

Ada banyak sekali pekerja lepas dibidang teknologi, seperti menjadi penulis konten lepas, web developer, startup, seo consultan, toko online, jasa desain grafis lepas, software developer, youtuber, blogger, dan segala jenis pekerjaan paruh lepas yang berkaitan dengan teknologi dan informasi.


2. Pekerja Lepas bidang Pendidikan

Dibidang pendidikan, sebenarnya kamu bisa menjadi fulltime worker seperti guru, karyawan TU dan sebagainya. Namun khusus di bidang pendidikan, sobat kosngosan juga bisa mencari jenis pekerjaan paruh waktu yang tidak membutuhkan waktu fulltime.

Seperti misalnya kamu bisa menjadi seorang tentor atau guru private pada berbagai bidang pendidikan atau olahraga, menjadi penulis lepas, editor buku pendidikan, menjadi agen toko perlengkapan sekolah, jasa pembimbing skripsi dan yang berkaitan dengan dunia pendidikan dan perguruan tinggi


3. Pekerja Lepas untuk Event

Event besar memang membutuhkan tenaga lepas yang banyak. Jenis pekerjaan freelance yang terbukti sangat luas bisa berperan aktif dalam pengerjaan event tersebut. Seperti misalnya kamu bisa menjadi designer baju pernikahan, Fotografer prewedding

Atau kamu bisa menjadi pramuniaga pada acara car freeday, pameran mobil, jadi pembawa acara, penyanyi pada event tertentu, jadi volunter asean games, penerjemah pada rapat atau pertemuan perusahaan, dan banyak lagi jenis pekerjaan freelance yang bisa dilakukan pada event event tertentu.


4. Pekerja Lepas bidang Marketing

Pada bidang marketing atau pemasaran, tentu saja banyak membutuhkan para pekerja lepas untuk memaksimalkan penjualan suatu produk, baik itu barang atau jasa. Sebenarnya ada banyak jenis freelance yang bisa dicoba.

Seperti menjadi agen asuransi freelance, agen pemasaran properti perumahan, multi level marketing, freelancer barang elektronik, otomotif dan lainnya. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga freelance marketing. Sobat kosngosan tinggal memilih jenisnya yang sesuai dengan passion atau kemampuan kamu.


5. Pekerja Lepas bidang Content Creative

Saat ini banyak sekali profesi sebagai pencipta konten dengan memanfaatkan berbagai platfrom yang ada. Baik itu sebagai konten kreator artikel, video, gambar atau slide yang bisa dinikmati di berbagai media sosial

Seperti misalnya kamu seorang youtuber yang menjadi video creator, blogger yang menghasilkan tulisan atau artikel, atau selebgram yang menghasilkan gambar dan klip kreatif lainnya. Ini bisa dikategorikan sebagai pekerja lepas atau freelance juga

Sayangnya sebagian orang tidak memiliki waktu yang cukup untuk menghandle platform mereka, oleh karena itu ada yang membutuhkan jasa untuk memproduksi video atau artikel untuk konten mereka. Kamu bisa berperan sebagai pekerja lepas untuk itu, seperti penulis artikel di situs besar, atau perekam video vlog untuk youtuber terkenal dan sebagainya.


6. Pekerja Lepas bidang Editing

Hampir sama dengan pekerja lepas yang bekerja di industri kreatif, atau content creator. Untuk bisa menjadi pekerja lepas di bidang editing lebih mengedepankan proses produksi akhir yang bisa dinikmati oleh audiens atau konsumen

Seperti misalnya seorang youtube yang membutuhkan jasa pekerja lepas untuk editing video yang sudah dia rekam sebelumnya, karena tidak sempat. Atau seorang jurnalis yang membutuhkan editing untuk tulisan yang dia buat supaya enak dibaca dan sesuai dengan konsep copy writing yang menarik.


7. Pekerja Lepas bidang Buzzer

Nah bagi sobat kosngosan yang tertarik dengan lowongan freelance ini, bisa mencari informasinya di kantor institusi pemerintah daerah tempa dimana kamu tinggal. Apalagi di tahun tahun pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah, yang merupakan tahun politik. Banyak pemilihan umum diadakan.

Jenis lowongan pekerjaan lepas yang bisa kamu kerjakan diantaranya menjadi tim sukses calon kepala daerah atau wakil rakyat, menjadi saksi di Tempat Pemilihan Suara, menjadi pembicara kunci pada pertemuan kampanye, menjadi event organizer saat kampanye dan lainnya.


8. Pekerja Lepas bidang Statistika

Bidang statistika berhubungan dengan perhitungan dan pencatatan data statistik yang memamng membutuhkan tenaga lepas, seperti misalnya Badan Pusat Statistik Indonesia yang membutuhkan tenaga lepas kontrak untuk para surveyor dalam mengadakan Sensus Penduduk setiap 5 tahun sekali.

Atau kamu bisa mencoba pekerja lepas untuk mengisi survei berbayar secara online yang banyak diadakan oleh berbagai situs. Tentu saja kamu harus banyak mengisi survery tersebut, nantinya kamu akan dibayar per survey yang telah kamu selesaikan dengan baik secara online.


9. Pekerja Lepas bidang Sosial Agama

Pekerja lepas bidang sosial dan agama tentu bisa menjadi alternatif untuk kamu. Banyak pekerjaan yang terbuka dibidang ini

Misalnya kamu bisa menjadi seorang Muadzin Masjid, Khotbah jumat, bekerja sebagai tenaga bantu ketika bencana alam terjadi, dan sebagainya. Pekerjaan ini walaupun tidak selalu ada setiap hari, namun cukup untuk menjadi alternatif disaat kamu menganggur.


10. Pekerja Lepas bidang Kuliner

Semua orang tentu saja membutuhkan makan. Bidang masakan atau kuliner adalah salah satu yang bisa kamu coba. Misalnya kamu bisa bekerja sebagai koki panggilan untuk keluarga, membuat konten di youtube tentang masakan, jadi kontent kreator food vlogger, menjual makanan pre order skala rumahan, dan sebagainya.

Beberapa contoh pekerja lepas lainnya yang mungkin bisa kamu terapkan :

11. Menjadi Content Creator

12. Menjadi Influencer TikTok

13. Menjadi Creator NFT

14. Trading Crypto atau Saham

15. Developer App, Games atau Web


Baca juga : Tips dapat Kerja dari Telegram


Kata Penutup

Apa syarat diterima seseorang menjadi Pekerja Lepas? Sebenarnya tidak ada persyaratan khusus atau standar supaya kamu bisa bekerja sebagai freelancer. 

Hal yang dibutuhkan oleh seorang yang memberikan tugas freelance adalah hasil. Jadi biasanya mereka tidak terlalu memperdulikan latar belakang mu, tetapi lebih kepada hasil yang telah kamu lakukan serta pengalaman mu terkait pengerjaan pekerjaan freelance ini.

Sekian pembahasan kita mengenai Lowongan Job Freelance yang Wajib dicoba Pengangguran kali ini, semoga kalian yang masih belum diberikan kesempatan untuk bekerja bisa mencoba beberapa alternatif pekerjaan paruh waktu diatas. Salam sukses dari mimin, dan jangan lupa untuk memberikan komentar anda dibawah ini.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya