Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Email Sekolah sch.id Secara Gratis

Bagaimana cara membuat email sekolah secara gratis? Kamu bisa membuat electronic mail (email) untuk kebutuhan lembaga pendidikan seperti sekolah dan kampus menggunakan berbagai platform, seperti gmail atau google. 

Penggunaan email memang merupakan suatu kebutuhan di jaman sekarang ini. Pengiriman surat dan berkas secara online melalui email dinilai lebih praktis dan efisien. 

Oleh karena itu kosngosan akan memberikan panduan bagaimana cara untuk membuat akun email khusus yang bertujuan untuk surat menyurat pihak sekolah dan kampus. Kamu bisa mengikuti pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Email memang sangat erat dengan kehidupan masyarakat milenial jaman sekarang. Terlebih untuk kepentingan surat-menyurat atau untuk sekedar mengirim berkas tertentu. 

Banyak juga yang menggunakan email untuk kepentingan rekrutmen pekerjaan, pembagian dokumen ketika rapat dan lainnya. Tidak terkecuali dengan lembaga pendidikan yang bernama sekolah.

Sekolah juga membutuhkan adanya suatu akun email resmi yang mewakili identitas sekolah untuk kepentingan di atas. 

Namun banyaknya sekolah yang masih tidak terjangkau akses internet menjadikan penggunaan email sedikit terkendala. Ini juga menjadi tugas bersama untuk memperkenalkan fungsi email ke sekolah-sekolah di pelosok tanah air yang dimulai dengan perluasan jaringan internet

Baca juga: Cara Membuat IG menjadi Blog Pribadi


Cara Membuat Email Sekolah Gratis

cara membuat email sekolah di gmail

Sebelum kita membahas Bagaimana cara membuat email untuk sekolah, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian dan sejarah email di dunia.


Pengertian dan Sejarah Penggunaan Email

Email adalah kependekan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesianya berarti surat elektronik. Untuk bahasa indonesia baku dari email adalah surel. 

Email merupakan salah satu fitur dari internet dasar yang pemanfaatannya sangat luas termasuk sebagai basic identitas untuk membuat akun akun di media sosial. 

Seperti misalnya ketika kita hendak mendaftar Facebook atau Twitter, Kita sebelumnya diwajibkan untuk memiliki akun email terlebih dahulu. Untuk dapat mengaktifkan akun dan melakukan konfirmasi ulang terhadap kepemilikan akun media sosial tersebut. 

Pada dasarnya pembuatan email baru menggunakan platform penyedia jasa internet seperti Google dan Yahoo tidak dikenakan biaya sama sekali. Ada berapa jenis email yang harus kamu ketahui diantaranya adalah POP Mail, webmail, dan forward mail. 

Email bermula pada tahun 1968 akibat lahirnya jaringan arpanet yang merupakan cikal bakal internet. Memulai pengembangan SND MSG yang merupakan suatu proyek yang dapat mengirim sebuah pesan kepada komputer lain dengan menggunakan File Protocol bernama CYPNEY. 

Dan hingga sekarang ini telah berkembang dan memiliki identitas @ sebagai pemisah antara nama depan identitas pemilik email dan nama domain ada sebuah alamat email.


Cara Membuat Email Sekolah Sch.id

Selanjutnya adalah kita akan membahas Bagaimana cara membuat email sekolah secara gratis menggunakan platform gmail atau google for education, diantaranya adalah :


Menggunakan Google for Education dari Google

cara membuat email sekolah di gmail

Berbeda dengan produk Google for Work yang memang untuk penggunaan bisnis, produk ini dikhususkan untuk penggunaan pendidikan seperti di sekolah maupun perguruan tinggi. Produk ini bisa kamu dapatkan  secara gratis dengan mengunjungi halaman : edu.google.com

Pilih "Hubungi Penjualan". Kemudian kamu akan diarahkan kepada form pengajuan untuk pembuatan akun google pendidikan. 

Isikan nama, alamat surel, nomor telepon, nama sekolah, website (harus dibuat terlebih dahulu, kamu bisa cek disini cara membuat website sekolah) 

Kemudian negara, provinsi, jenis pekerjaan, tingkatan pendidikan, ketertarikan terhadap produk google, dan beberapa pilihan pertanyaan lain yang bersifat pilihan. Tekan submit dan tunggu beberapa hari untuk pengaktifan akun google education.

Google for Education memungkinkan penggunaan Google Docs, Drive, mail, kalender, dan banyak fitur lagi yang membuat guru bisa menggelar kelas secara virtual, melakukan diskusi kelas online, dan tentu saja membuat email khusus untuk sekolah.

Secara dasar, memang tidak ada yang gratis bila kamu ingin sekolahmu terlihat profesional dengan domain berbayar. Kamu bisa membeli domain dengan ekstensi khusus pendidikan seperti .SCH.ID untuk nama akhir email sekolahmu nantinya. 

Misalnya, nama sekolahmu adalah SMA Negeri 7 Padangsidimpuan, maka bisa kamu daftarkan domain dengan nama sman7padangsidimpuan.sch.id  dengan alamat email seperti admin@sman7padangsidimpuan.sch.id

Kemudian kamu bisa mengintegrasikan akun google apps for education mu dengan domain sch.id yang kamu beli di berbagai penyedia domain lokal seperti Niagahoster, Domainesia, Rumah Web dan lainnya. Cari saja yang menyediakan domain termurah per tahunnya.

Cara membuat email lembaga sekolah menggunakan layanan dari google ini memang mencakup banyak aplikasi web yang berkaitan dengan e-mail, dokumen, informasi kontak, kalender serta fitur lainnya hanya dalam satu platform yang sama. 

Ini tentunya akan menimalisir biaya hosting yang dikeluarkan oleh pihak sekolah dibanding dengan menggunakan self hosting yang menghabiskan sewa hosting per tahunnya.

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan akun email sekolah secara terjangkau namun tetap terlihat profesional. 


Menggunakan Email Gratisan dari Gmail

Kalau sekolahmu memang tidak ingin repot dan benar benar tidak punya uang untuk membuat email dan situs, kamu bisa menggunakan email dari google secara gratis yaitu gmail.

Membuat akun gmail sangat mudah, kamu cukup kunjungi gmail.com dan akan diarahkan untuk membuat akun. Atau bisa juga buat akun lewat smartphone android mu (cara ini lebih mudah dan tanpa nomor hp)

Nantinya kamu bisa membuat blogspot juga untuk kebutuhan promosi sekolahmu. Misalnya kamu buat akun gmail dengan nama smanegeri7padangsidimpuan@gmail.com kemudian membuat blog baru dengan alamat smanegeri7padangsidimpuan.blogspot.com 

Baca juga : Cara Membuat Link Email Sesuai Keinginan


Kata Penutup

Bila kamu pernah menggunakan cara lain untuk membuat email sekolah, silahkan kasih tahu mimin melalui kotak komentar dibawah ini. Mimin akan dengan senang hati menambahkannya melalui postingan kali ini.

Sekian panduan mengenai Cara Membuat Email Sekolah dan Kampus Secara Gratis kali ini. Semoga kamu bisa membuat email ini tanpa mengalami masalah yang berarti. 

Gunakan untuk kepentingan pengembangan lembaga pendidikan, sehingga secara tidak langsung dapat memajukan  pendidikan di tanah air juga. Jangan lupa berikan umpan balik di kotak kometar dibawah ini.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya