Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Link Sesuai Keinginan Sendiri

Untuk mengubah nama link, kita butuh platform url shortener yang fungsinya mengganti struktur link menjadi lebih pendek dan sesuai dengan keinginan. URL (Uniform Resource Identifier) adalah alamat berupa karakter untuk mempermudah dalam mengakses www ke pranala yang dituju.

Sedangkan Link adalah teks atau gambar yang berisi URL yang jika diklik, maka akan menuju ke halaman tertentu sesuai dengan yang diatur oleh si pembuat.

Bagi orang awam, cara custom link ini memang tidak banyak yang tahu. Mereka biasanya menyalin tautan yang panjang sampai memenuhi area, seperti pada penulisan daftar pustaka dan referensi.

Padahal kita bisa mengganti tautan yang panjang itu menjadi link yang lebih ringkas untuk dilihat dan diingat.

Permasalahan lain mengapa rename link ini perlu adalah, karena biasanya tautan yang kita punya itu terlalu panjang, dan juga melebihi kuota dari karakter yang seharusnya sesuai dengan tulisan yang sedang kita buat.

Konsep dari pengubah link ini adalah, melakukan redirect atau mengalihkan tautan yang sudah diedit tadi ke link aslinya dengan waktu yang sangat cepat.

Misalnya, kamu punya link panjang seperti "https://www.kosngosan.com/ blabalabalablabalbalablabalablabal" dan ingin membuatnya menjadi lebih singkat tanpa perlu mengetik terlalu panjang seperti itu

Maka kamu bisa menggunakan beberapa penyedia layanan short url secara gratis maupun berbayar (premium). Kamu bisa membuat link google drive tugas menjadi aestetic. Bedanya antara gratisan dengan premium, biasanya ada pada fitur yang diberikan.

Kalau gratisan, kamu tidak bisa dapat fitur secara lengkap. Tapi kalau yang berbayar, kamu bebas menggunakan berbagia fitur sesuai keinginan kamu.


Cara Custom Link

Ada beberapa pilihan penyedia shortener yang bisa kamu pilih, kosngosan akan jelasin beberapa platform yang cukup terkenal dan banyak dipakai oleh penggiat imers, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :


BitLy

Ini adalah pemendek link paling populer yang bisa dinikmasi secara gratis. Tools ini bisa kita gunakan untuk kostum nama link yang sesuai dengan brand kita, asalkan sudah terdaftar sebagai member premium.

Misalnya kita ingin buat bit.ly/namabrandsukasuka dengan menggunakan tautan pendek yang powerfull juga. Bagaimana cara menggunakannya?


Langkah 1 :

Langkah pertama untuk mengubah link menggunakan platform ini tentu saja buka dulu browser mu (bisa chrome, firefox, opera, dll) kemudian ketik di address bar "bit.ly",

dan buka situs Bitly. Kamu juga bisa membuka bitly lewat aplikasi yang kamu install di google play store. Nanti akan terlihat tampilan awal website ini

Cara Mengubah Link Sesuai Keinginan

Langkah 2 :

Disarankan kamu sign up atau register dulu atau jika sudah ada akun, kamu tinggal login pakai akun gmail atau email baru. (pilih paket free aja, yang 50 bit.ly links per month)


Langkah 3 :

Baru kemudian cari Kolom "Shorten Link" pada Laman depannya. Kamu bisa scroll laman ke bawah sampai menemukan tampilan kolom "Shorten your Link"


Langkah 4 :

Copy url Link yang akan sobat kosngosan perpendek, kemudian paste kan link yang ingin diperpendek tersebut pada kolom "Shorten your Link" lalu klik tombol "Shorten" atau kalau sudah login, klik tombol "Create"


Langkah 5 :

Secara otomatis, bitly akan menampilkan url pendek yang siap untuk disalin. Kemudian tinggal klik ‘Copy’ setelah selesai, sobat sudah berhasil memperpendek URL dengan menggunakan Bitly.


Langkah 6 :

Pada kolom "Title" kamu bisa masukkan judul link supaya lebih mudah dicari, kemudian pada kolom "Customize BackHalf" kamu bisa edit kata kata dibelakang struktur "Bit.ly/xxx" nya sesuai keinginan mu.

Terkadang kalau yang kamu masukkan sudah ada, maka dia tidak akan bisa. Jadi tinggal masukkan yang lain hingga sukses, seperti ini "https://bit.ly/UbahLinkk"

Cara mengubah link bitly

Langkah 7 :

Kelebihan jika kamu registrasi di bitly, kamu bisa memonitor berapa jumlah klik dan view link yang telah kamu perpendek pada halaman utama dashboard bitly mu.

Selain itu, kamu bisa edit akhiran link nya, seperti bit.ly/sukague. Kalau kamu tidak login, maka kamu hanya bisa dapatkan url bitly secara random, misal bit.ly/skakskajasajsj seperti itu, jadi tidak aestetic


TinyURL

Platform ini menyediakan pemendek URL secara gratis (full) tanpa membayar. Tool ini bisa mengubah link panjang milik sobat koꜱngosan menjadi lebih singkat dan mudah diingat.

Mereka juga menawarkan fitur pratinjau dan juga tombol alat untuk mempersingkat URL dengan cepat tanpa perlu melakukan registrasi. Berikut cara menggunakannya :


Langkah 1 :

Hampir sama dengan bitly, pertama kamu buka dulu browser di perangkatmu (bisa pakai chrome, firefox, opera, dll) kemudian ketik di address bar "tinyurl.com", dan buka situsnya.

Kamu juga bisa membuka tinyurl lewat aplikasi yang kamu install di google play store. Nanti akan terlihat tampilan awal website dan aplikasinya


Langkah 2 :

Kamu create account dulu, kalau belum ada akun. Daftar pakai email, atau bisa juga daftar pakai akun facebook, gmail, twitter dan microsoft.


Langkah 3 :

Setelah itu, kamu bisa menikmati fitur pemendek url nya dengan cara copy url asli yang akan dipendekkan

Cara custom link tinyurlLangkah 4 :

Pastekan link dikolom yang dibawahnya berisi teks "Enter a long URL to make a TinyURL" kemudian kamu bisa pilih menggunakan tinyurl, tiny.one, rotfl.lol atau domain tambahan (premium)


Langkah 5 :

Kemudian pada kolom disebelahnya ada "alias", kamu bisa isi dengan karakter yang sesuai dengan keinginan mu sendiri.


Langkah 6 :

Kemudian klik tombol "Make TinyURL!" , selesai, link nya sudah berubah jadi yang sesuai kita inginkan, seperti contoh "https://tinyurl.com/ubahlinkk" kamu bisa copy, atau share ke berbagai media sosial mu

Cara custom link tinyurl

Membuat URL Shortener Sendiri

Bagaimana kalau sobat kosngoꜱan membuat layanan Shorten URL sendiri? Tentunya bisa saja, tapi kamu butuh sedikit modal dan kemampuan dalam programing.

Dalam membuat layanan pemendek url seperti itu, tidaklah terlalu sulit. Kamu bisa menggunakan PHP, MySQL dan Htaccess. Berikut gambaran besar nya mulai dari step awal hingga akhir


Langkah pertama :

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat database dan tabel database untuk menyimpan data url yang telah dimasukkan


Langkah kedua :

Kemudian kamu membuat Koneksi Database, dengan membuat sebuah file config.php yang fungsinya adalah untuk menghubungkan website dengan database kita


Langkah ketiga :

Kemudian kamu membuat website untuk front end nya, atau tampilan depannya, Untuk ini, kamu bisa gunakan cms wordpress saja dan sewa hosting serta domain yang sesuai kebutuhan mu


Langkah keempat :

Kemudian kamu membuat File Redirect, yaitu membuat file dengan nama redirect.php dimana file ini gunanaya dalah mengalihkan URL pendek ke URL asli.


Langkah kelima :

Membuat Style CSS Pada Website sesuai dengan keinginan mu sendiri. Kamu bisa pakai theme worpress kalau tidak ingin repot


Langkah keenam :

Selesai, untuk source code nya, kamu bisa googling saja ya. Pada tahap akhir nanti kamu bisa melakukan uji coba pada situs shorten yang baru dibuat ini.

aplikasi url shortener

Daftar Penyedia URL Shortener lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai referensi :

  • Rebrandly
  • Tiny.cc
  • BL.INK
  • T2M
  • Polr
  • YourIs
  • EazyLink
  • Shorturl.gg
  • Short URL
  • Cuttly
  • Short.io
  • Linkly
  • PixelMe
  • Smart URL

Kamu juga bisa baca artikel kita tentang Cara Buat Link Google Formulir untuk berbagai keperluan pendataan lho.


Kata Penutup

Pada akhirnya kamu bisa mengetahui cara membuat link dengan nama sendiri. Jadi sobat kosngosan bisa tenang dalam melakukan short URL ini, karena tidak ada yang berubah dari alamat tujuan yang kamu miliki.

Yang berubah itu hanya jumlah karakter URL yang ada pada link. Sehingga kamu bisa merasa lebih ringkas dalam bekerja.

Semoga beberapa informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian ya, jangan lupa untuk share dan bookmart halaman ini, adios!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya