Cara Membuat Google Form Untuk Penelitian Kuesioner Online

Cara Membuat Google Form Untuk Penelitian Kuesioner Online

Baca juga :

Cara Membuat Google Formulir
Google formulir banyak digunakan untuk berbagai kepentingan pengisian kuisioner secara daring. Seperti riset pembeli oleh pelaku usaha, riset pemasara oleh analis marketing dan sebagainya. Penggunaan salah satu produk milik google ini juga sebenarnya bisa kamu gunakan untuk kepentingan penelitian akhir yang mengharuskan kamu untuk menyebarkan angket secara online. Berikut kosngosan akan menjelaskan beberapa prosedur pembuatan kuisioner online menggunakan google form ini. Simak terus pembahasannya.

Kita akan mengenal google formulir lebih dekat. Sebenarnya ada berbagai cara membuat google form baik itu di hp seperti android maupun di desktop melalui laptop atau PC. Namun disini kita akan lebih fokus membuat survei menggunakan dektop agar lebih mudah dalam sisi desain dan pengelolaan hasil datanya sendiri.

Membuat kuesioner di google form tidak sulit. Kamu cukup memiliki akun google untuk dapat mengakses halaman docs.google.com/forms milik google ini. Google form sendiri sudah menyediakan bahasa indonesia untuk instruksi pengaturannya.

Baca juga : Contoh Skripsi Website CMS Menggunakan Kuisioner Online

Begini kira kira alur kerjanya. Form ini digunakan untuk membantumu membuat survei online dengan mengirimkannya, memberikan kuis ataupun mengumpulkan informasi secara daring. Form ini juga bisa kamu hubungkan menggunakan spreadsheet. Kamu bisa melihat melihat hasil google form melalui tanggaanpan otomatis yang akan dikirimkan ke spreadsheet milikmu.

Ada banyak sekali kegunaan dari produk google satu ini, seperti untuk kuis, ujian, survey, penelitian, formulir registrasi, yang akan mendorong penggunaan paperless, artinya tidak lagi menggunakan kertas sebagai medianya. Bahkan untuk hasil tabulasi pun otomatis dan sudah terakumulasi dalam bentuk spreadsheet (excel). Tinggal di olah menggunakan alat analisis yang kita mau. Keren bukan?

Berikut adalah langkah membuat google formulir untuk kuisioner atau survei online :

Masuk ke halaman google formulir menggunakan akun google milikmu. Setelah itu kamu akan langsung diarahkan menuju pilihan beberapa layout form yang akan kamu gunakan nantinya. Pilih yang kosong saja.

Setelah itu kamu tinggal mengedit dan menambahkan judul, beberapa daftar pertanyaan atau pernyataan, jenis kuisionernya, serta pilihan jawabannya. Kamu juga bisa menambahkan gambar dan instruksi tambahan dibawah item pertanyaan untuk memperjelas maksud dan tujuanmu dalam mengambil data tersebut.

contoh google form

  • Jawaban singkat, yaitu jenis jawaban esai terbatas pada beberapa karakter saja
  • Paragraf, merupakan jawaban esai dengan banyak karakter (satu paragraf lebih)
  • Pilihan ganda, kamu bisa membuat beberapa pilihan jawaban untuk dimasukkan
  • Kotak centang, bedanya dengaan pilihan ganda hanya terletak pada gaya pemilihannya saja
  • Naik turun, hampir sama juga dengan pilihan berganda, hanya saja pilihannya ditampilkan secara drop down
  • Upload file, memperbolehkan partisipan mengunggah file, misalnya gambar untuk kepentingan kuisoner
  • Skala liner, pilihan jawaban berdasarkan rentang angka
  • Kisi pilihan ganda, pilihan ganda yang lebih lengkap dengan tampilan moderen
  • Petak kotak centang, hampir sama dengan kisi pilihan ganda hanya beda tampilan saja
  • Tanggal, memasukkan informasi tanggal, bulan dan tahun
  • Waktu, memasukkan informasi waktu, jam

Kamu juga bisa memilih jenis pertanyaan mana saja yang wajib diisi dan mana yang tidak dengan menggeser pilihan "wajib isi" untuk masing masing item pertanyaan.

Setelah selesai, klik kirim. Kamu akan dihadapkan atas tiga pilihan : 

Mengirim form melalui email (dari gmail) Bila kamu ingin menyebar luaskan form ini melalui email saja, maka gunakan opsi ini

Mengirim form melalui link (icon rantai) pilihan ini lebih baik apabila kamu ingin menyebarkan form melalui media sosial seperti facebook dan twitter.

Mengirim form melalui embled atau semat (icon tanda kurung), kamu bisa menampilkan form melaluui halamann atau post pada blog dan website milikmu.

Kamu juga bisa share link form nya melalui media sosial seperti facebook, twitter dan google plus. Diatas terdapat pilihan "Kumpulkan alamat email" untuk menampilkan alamat email koresponden.

Kamu bisa melihat kuisioner online milik mimin disaat melakukan penelitian online terkait studi indeks kepuasan pengunjung website kelapasawitpedia menggunakan kuisioner online ini goo.gl/forms/9ylDjWvVmVLDnIcA3

Dari form online itu mimin kumpulkan sebanyak 150 tanggapan dalam bentuk spreadsheet untuk kemudian mimin oleh dengan bantuan SPSS dan Excel. Sehingga didapatlah beberapa gambaran karakteristik pengguna, indeks kepuasan dan indeks performa dari beberapa variabel yang mimin masukkan kedalam kuisioner diatas.

Sekian yang kosngosan bahas mengenai Cara Membuat Google Form Untuk Penelitian Kuisioner Online kali ini. Semoga dapat menjelaskan pertanyaan seputar hal yang menyangkut penelitian akhir yang menggunakan kuisioner online. Bagi kamu yang memiliki pertanyaan dan hendak ditanyakan kepada admin, segera berikan komentar dibawah ini. admin akan dengan senang hati membalas setiap komentar yang masuk. Terimakasih.

Buka Komentar