Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Permalink Bulan, Tahun dan Html di URL Blogspot

Apa itu permalink? sperti yang kita ketahui, permalink dalam blogspot memang secara default dan mutlak harus mengikuti ketentuan yang sudah diberikan, yaitu http://www.namadomain.com/bulan/tahun/judul-artikel.html. Dan bagi sebagian orang itu merupakan permalink yang cukup panjang dan tidak keren. Baiklah, pertanyaan, bisakah Merubah Permalink Blogspot?

Karena Tautan di Blogspot mengandung tanggal, bulan dan tahun. Dan jawabannya adalah bisa. Kita bisa menggunakan Javascript redirect yang akan kosngosan berikan dibawah ini.

Karena banyak permintaan dan pertanyaan di grup blogger Indonesia terkait mengubah permalink blogspot, maka diciptakanlah script redirect khusus yang ditempatkan di atas kode head dalam template blogspot. Tapi sebelumnya, kita bahas terlebih dahulu mengenai permalink.

cara menghilangkan permalink tanggal bulan blogspot

Peraturan permalink ini bukannya tanpa tujuan dibuat oleh google, sebagai pihak yang memiliki blogger. Ada berbagai kelebihan penggunaan bulan dan tahun pada permalink, salah satunya adalah untuk mempermudah pengunjung mengetahui kapan artikel tersebut dibuat pertama kalinya

Baca juga : 8 Kesalahan Penulisan Artikel Blog yang Dibenci Pengunjung, Harus Dihindari

Selain itu ada permalink yang seperit default sangat dianjurkan oleh google sendiri karena memang lebih SEO dan mudah ditemukan di mesin pencari.

Pengertian Permalink


Sebelum mempelajari mengenai mengubah permalink, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu permalink, dan seperti apa perannya dalam SEO.

Bagi seorang blogger dan ahli SEO, pasti sudah mengenal apa itu permalink. Permalink atau permanent link merupakan link permanen yang mengarah pada suatu posting di sebuah website atau blog yang kita miliki.

Sederhananya adalah link yang muncul pada alamat browser kita ketika mengakses suatu postingan. Link inilah yang menjadi ciri atau identitas yang membedakan antara satu postingan dengan postingan yang lain.

permalink default blogspot

Permalink ini lah yang akan kita hapus sebagian. Untuk setting sebenarnya pengguna blogspot sudah bisa leluasa menggunakan permalink, akan tetapi hanya bisa mengubah permalink yang mengandung judul postingan saja seperti "namadomain.com/bulan/tahun/judul-postingan.html".

Adapun untuk struktur "/bulan/tahun/" serta akhiran ".html" tidak bisa dirubah dan dihapus. Nah kali ini mimin berhasil mendapatkan script javascript khusus yang bisa menghapus kedua unsur diatas.

Jadi kalian bisa menggunakan permalink seperti pengguna CMS Wordpress dengan hanya menggunakan "domain/judul-postingan" saja. Penasaran? yuk simak dibawah ini.

Sangat Tidak dianjurkan Untuk Keperluan SEO


seo friendly

Mimin mengatakan bahwa sangat tidak merekomendasikan penggunaan permalink diatas untuk keperluan SEO di blog kalian. Mengapa?

Karena memang pada dasarnya platform Blogspot sudah ditujukan harus menggunakan permalink dengan struktur bulan dan tahun dengan akhiran html. Bila kalian merubahnya, itu berarti bertentangan dengan ketentuan google, dan Google tidak suka dengan hal tersebut.

Selain itu, menggunakan script ini bisa menghilangkan iklan pada blog kalian. Pada kebanyakan kasus, ada banyak Iklan Adsense yang tidak tampil bila menggunakan permalink buatan ini. Jadi bagaimana? Masih mau memilih menggunakan script ini?

Adapun script ini sebenarnya hanya untuk keperluan belajar saja. Atau juga bisa digunakan untuk pembuatan blog company profile yang tidak terlalu mengedepankan faktor SEO. Supaya terlihat lebih profesional dan menghilangkan kesan gratisan pada platform blogspot.

Cara Menghilangkan Permalink Bulan, Tahun dan Html di URL Blogspot


Adalah script yang bernama BloggerJS. Ini merupakan javascript yang bisa mengubah format permalink URL di blog dengan platform blogspot. Secara visual menciptakan navigasi yang lebih baik dan terlihat profesional.

Langkah nya adalah kamu cukup buka dashboard blogspot milikmu, kemudian pergi menuju template, edit template dan cari kode <head> atau  &lt;head&gt;  untuk kemudian kamu copy kode dibawah ini dan letakkan persis dibawah kode <head> atau   &lt;head&gt;  tersebut. Kodenya adalah :

<script type='text/javascript'>
// BloggerJS v0.3.1
// Copyright (c) 2017-2018 Kenny Cruz
// Licensed under the MIT License
// Configuration -----------
var postsDatePrefix = false;
var accessOnly = false;
var useApiV3 = false;
var apiKey = "AIzaSyDcPVlpXDnjoVWBOW2rOx0EAjkyufamY4c";
var blogId = "blogid";
// -------------------------
var postsOrPages=["pages","posts"],urlTotal,jsonIndex=1,secondRequest=!0,feedPriority=0,amp="&amp;"[0],nextPageToken;function urlVal(){var url=window.location.pathname;var length=url.length;var urlEnd=url.substring(length-5);if(urlEnd===".html")return 0;else if(length&gt;1)return 1;else return 2}
function urlMod(){var url=window.location.pathname;if(url.substring(1,2)==="p"){url=url.substring(url.indexOf("/",1)+1);url=url.substr(0,url.indexOf(".html"));history.replaceState(null,null,"../"+url)}
else{if(!postsDatePrefix)url=url.substring(url.indexOf("/",7)+1);else url=url.substring(1);url=url.substr(0,url.indexOf(".html"));history.replaceState(null,null,"../../"+url)}}
function urlSearch(url,database){var pathname=url+".html";database.forEach(function(element){var search=element.search(pathname);if(search!==-1)window.location=element})}
function urlManager(){var validation=urlVal();if(validation===0){if(!accessOnly)urlMod()}
else if(validation===1){getJSON(postsOrPages[feedPriority],1)}
else if(validation===2){if(!accessOnly)history.replaceState(null,null,"/")}}
function getJSON(postsOrPages,index){var script=document.createElement('script');if(useApiV3){var jsonUrl="https://www.googleapis.com/blogger/v3/blogs/"+blogId+"/"+postsOrPages+"?key="+apiKey+"#maxResults=500#fields=nextPageToken%2Citems(url)#callback=bloggerJSON";if(nextPageToken)jsonUrl+="#pageToken="+nextPageToken;nextPageToken=undefined}
else var jsonUrl=window.location.protocol+"//"+window.location.hostname+"/feeds/"+postsOrPages+"/default?start-index="+index+"#max-results=150#orderby=published#alt=json-in-script#callback=bloggerJSON";jsonUrl=jsonUrl.replace(/#/g,amp);script.type='text/javascript';script.src=jsonUrl;document.getElementsByTagName('head')[0].appendChild(script)}
function bloggerJSON(json){var database=[];if(!useApiV3)if(urlTotal===undefined)urlTotal=parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t);if(!useApiV3){try{json.feed.entry.forEach(function(element,index){var entry=json.feed.entry[index];entry.link.forEach(function(element,index){if(entry.link[index].rel==="alternate")database.push(entry.link[index].href)})})}
catch(e){}}
else{try{json.items.forEach(function(element,index){database.push(element.url)})}
catch(e){}
nextPageToken=json.nextPageToken}
urlSearch(window.location.pathname,database);if(urlTotal&gt;150){jsonIndex+=150;urlTotal-=150;getJSON(postsOrPages[feedPriority],jsonIndex)}
else if(nextPageToken){getJSON(postsOrPages[feedPriority])}
else if(secondRequest){nextPageToken=undefined;urlTotal=undefined;jsonIndex=1;secondRequest=!1;if(feedPriority===0){feedPriority=1;getJSON("posts",1)}
else if(feedPriority===1){feedPriority=0;getJSON("pages",1)}}}
function bloggerJS(priority){if(priority)feedPriority=priority;urlManager()}
bloggerJS();
</script>

Setelah itu, pada bagian yang mimin berikan warna merah, ganti dengan ID Blog yang kamu punya. Kamu bisa mendapatkannya pada URL aktif di browser pada saat membuat dashboar blogspot kepunyaanmu.

kode mengubah permalink blogspot

Simpan. Kemudian pergi menuju halaman utama blog. Bukalah satu postingan. Dan berhasil! Sekarang permalink URL postingan blog kalian sudah berubah dari yang dulunya seperti http://www.namadomain.com/bulan/tahun/judul-artikel.html menjadi http://www.namadomain.com/judul-artikel

Bagaimana sudah terlihat keren bukan? Permaling diatas akan sama dengan pengguna permalink CMS wordpress dan terlihat sangat profesional.

Kesimpulan


Jadi kesimpulan yang bisa diambil adalah kamu tetap bebas menggunakan nya pada blog milikmu. Hanya saja ada banyak kerugian yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan script ini (bila memang tujuan utamamu membangun blog adalah untuk mendapatkan traffik).

Baca juga : Cara Membuka Website dan Blog yang Error atau Terhapus

Karena menurut mimin ini adalah script redirect yang secara tidak langsung akan merusak struktur permalink utama.

Akibatnya, mungkin pagerank blog mu akan menurun, diikuti traffic yang anjlok dan blog mu menjadi tidak SEO Friendly lagi. Karenanya mimin tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada blog mu bila menggunakan script ini.

Tonton video panduan cara menghapus URL Bulan, Tahun dan HTML pada blogspot dibawah ini :


Demikian artikel mengenai Cara Menghilangkan Permalink Bulan, Tahun dan Html di URL Blogspot kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan mu sebagai seorang blogger. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada teman mu yang lain dengan share permalink tulisan ini ke media sosial atau chatting milikmu.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya