8+ Kesalahan Penulisan Artikel Blog yang Dibenci Pengunjung, Harus Dihindari!

8+ Kesalahan Penulisan Artikel Blog yang Dibenci Pengunjung, Harus Dihindari!

Baca juga :

Blog memang menjadi wadah sharing informasi di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Sebagai seorang blogger yang memiliki beberapa blog, pastinya kamu diwajibkan untuk selalu rajin menulis untuk menambah konten yang ada di blog mu. Namun ternyata ada beberapa jenis artikel yang tidak disukai oleh pengunjung blog. Dan untuk menghindari konten apa saja itu, mari simak pembahasanya pada postingan kosngosan kali ini.
kesalahan menulis blog

Menulis di platform blogspot atau pun wordpress bukanlah hal yang susah, tapi disisi lain juga bukan sesuatu yang mudah, karena harus mengetahui selera pembaca, dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Terlebih lagi untuk platform blogspot, konten yang diposting blogger akan bisa dengan mudah diterima pembaca apabila sudah masuk pada pageone, yang tentunya menjadi indikator bahwa visitor dan mesin pencari senang dengan artikel tersebut.

Lihat juga : Cara Menghilangkan Permalink Bulan, Tahun dan Html di URL Blogspot

Namun sering juga konten yang sudah terbit kemudian terkena dedindeks alias penurunan rangking di mata google, yang disebabkan oleh berbagai macam hal, tapi yang pasti ketika satu konten telah terbit, dari mesin pencari akan melakukan pemeriksaan berulang untuk menjaga kualitas konten yang terbit di platform mereka.

Tips Menghindari Menulis Artikel Blog yang Tidak Disukai Pembaca


Sejumlah hal yang perlu diperhatikan guna menghindari konten yang telah terbit terkena de index atau tidak disukai pembaca antara lain :

1. Pemakaian gambar yang tidak terkait langsung


Jika gambar tidak terkait langsung dengan konten yang sedang dibahas, sebaiknya dijelaskan bahwa itu merupakan gambar ilustrasi. Karena kalau tidak akan dinilai sebagai penggunaan gambar yang tidak sesuai dan akan mendapat pesan

2. Jumlah konten kurang dari 150 Kata


Guna memudahkan para pembaca untuk memahami konten, maka blogger seharusnya memproduksi konten lebih banyak, dianjurkan untuk membuat konten yang lebih panjang namun tidak lebih panjang dari 750 kata.

Namun perlu diingat tidak ada batasan pendek panjangnya yang diperbolehkan di platform blogspot ataupun wordpress. Jadi sebenarnya tergantung materi yang akan kamu sampai kan juga kepada pembaca.

3. Komentar bernada negatif


kesalahan menulis

Di luar hal yang terkait konten, komentar yang diberikan pembaca setelah membaca konten ternyata dapat mengakibatkan karya penulis sering dianggap tidak bagus oleh mesin pencari, terutama jika komentar yang diberikan pembaca bernada negatif dan menggunakan kata-kata kasar serta sensitif. Jika blogger mendapati kontennya mendapat komentar negatif diperbolehkan untuk menghapus komentar itu melalui fitur yang ada.

4. Pemakaian kalimat yang tidak efisien


Meskipun jumlah kata sudah diperbolehkan untuk lebih lengkap, kata namun masih ditemukan juga konten yang pemakaian kalimatnya tidak efisien dan berputar-putar. Biasanya blogger beralasan memberikan pengantar, namun itu biasanya disebabkan tidak fokus pada topik yang sedang dibahas. Untuk itu disarankan terlebih dahulu membuat alur konten dan juga strukturnya, agar bisa fokus.

Baca juga : Langkah Membuat Blog Bule dengan Traffic Tinggi

"Mohon maaf, gambar sampul/thumbnail pada artikel ini tidak sesuai dengan topik/tema/isi artikel atau bersifat sensitif"
Nah seperti itu contohnya kira kira. Bahkan mimin sendiri yang membaca artikelnya bisa bikin puyeng dan menekan tombol kembali, karena tidak ingin membaca kelanjutan artikel tersebut.

5. Misleading title


Penggunaan judul yang atraktif sangat berpeluang untuk mengundang pembaca melihat konten yang telah di publish di blog kita. Namun perlu diingat jangan sampai membuat judul yang sensasional seperti "Luar biasa!" "Terkuak!" "Parah!" "Astaga!" "Ngakak abis!" "Cantik" "Mantap Gan" Baca dan Sebarkan dan lainnya yang justru bisa membuat pembaca ill feel.

6. Menyebar konten hoax yang tidak terjamin kebenarannya


Siapa yang tidak membenci berita hoax? hampir semua pembaca dan pengunjung website pasti membencinya. selain memberikan informasi yang simpang siur, hoax juga akan diancam dengan hukum pidana karena menyebar luaskan informasi yang menyesatkan. Jadi sebisa mungkin, selalu teliti dan pastikan informasi yang ada di blog mu sudah absah dan kredibel.

Baca juga : Cara Menghindari Berita Hoax Ketika Menulis Artikel Blog

7. Terlalu banyak link, style dan font yang tidak perlu


Pertama kali nge-blog, menulis artikel yang ramai dengan barbagai macam styel seperti garis bawah, huruf tebal, mewarnai huruf, memberikan efek blink dan menggunakan font yang kekecilan atau kebesaran juga adalah kesalahan blogger (mungkin bagi masih awam)

Apa pendapat mu bila menemukan tulisan yang rame akan hal tersebut? Ada banyak bold, italic, undelined, warna warni dan jenis font yang tidak sama? Apakah kamu masih lanjut membaca artikel tersebut? tentu saja tidak, dan segera kembali ke halaman google bukan?

8. Tidak menggunakan TOC


TOC atau Table Of Content belakangan ini menjadi salah satu faktor seo yang bisa meningkatkan kualitas artikel di mata SERP. TOC bisa membantu pengunjung dalam mencari informasi yang dia ingin ketahui, secara lebih efisien.

Bagi pengguna wordpres, tersedia plugin TOC, tinggal instal dan pakai pada cms wordpress. Namun bagi pengguna blogspot, kamu harus menggunakan toc secara manual. Kamu bisa cek panduan cara membuat toc di internet, ada banyak kok.

Kesimpulan


Blogger zaman now, harus mengetahui bahwa menulis artikel pada blog itu tidak hanya membutuhkan passion dan keterampilan, namun juga melihat apa yang disukai pengunjungnya. Ubah mindset mu dalam menulis artikel. Dari yang mengutamakan kuantitas, menjadi lebih mengutamakan kualitas konten.

Demikian pembahasan kosngosan kali ini mengenai Cara Menghindari Menulis Artikel Blog yang Tidak Disukai Pengunjung kali ini, semoga bisa membuat pembaca sekalian terinspirasi dalam menulis konten yang disukai oleh pembaca blog. Silahkan share tulisan ini kepada teman teman mu yang lain.
Buka Komentar