Cara Menghindari Berita Hoax Ketika Menulis Artikel Blog

Cara Menghindari Berita Hoax Ketika Menulis Artikel Blog

cara mengatasi berita hoax menulis blog
Berita hoax memang sangat merugikan semua pihak. Penyebarannya yang semakin tinggi belakangan ini turut membuat para blogger sedih. Bagi pembaca tentunya akan lebih menaruh stigma negatif terhadap konten blog yang memang banyak memuat konten abal-abal. Namun tidak sedikit pula yang memang benar-benar menulis dengan sepenuh hati. Nah kali ini kosngosan akan memberikan tips seputar bagaimana Cara Menghindari Berita Hoax Ketika Menulis Artikel Blog. Simak pembahasannya dibawah ini.

Menyebarkan hoax bisa dipidana dan dijatuhi hukuman yang cukup serius. Makanya sebagai blogger jangan sembarang dalam memosting materi didalam blog mu. Bila mana konten yang dihasilkan benar benar mengancam stabilitas bernegara, maka penebar hoax akan dipidana dengan KUHP, Undang-Undang No.11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Undang-Undang No.40 tahun 2008 mengenai Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan juga tindakan ujaran kebencian.

Baca juga : Perhatikan 6 Elemen Sebelum Menulis Artikel Blog

Ngeri ya? Oleh karena itu mari simak tips bagaimana menghasilkan konten yang terbebas dari hoax.

Cara Menghindari Berita Hoax Ketika Menulis Artikel Blog


Sebenarnya bila kamu cukup kompeten dan berusaha untuk tidak ikut2 an tren, kamu bisa lebih aman dari penyebaran hoax. Berikut ini mimin memberikan 3 tips untuk kalian supaya benar benar memberikan informasi yang valid dan memiliki nilai informasi yang tinggi.

1. Pastikan Sumber Informasi dalam Postingan di Blog-mu Terpercaya


sumber artikel blog
Apa maksud dari sumber artikel ini? Artinya kamu tidak bisa sembarangan menggunakan sumber berita. Sumber informasimu hasil datang dari yang terpercaya, seperti media-media yang sudah dikenal banyak orang, atau dari situs-situs luar negeri yang menjadi penerima informasi pertama.

Kamu juga tidak bisa memakai sumber dari media sosial seperti Instagram, Twitter atau media internet lain dengan pemakai akun anonim, Terutama untuk rumor-rumor pada smartphone atau terkait isu politik dan sosial.

2. Ciptakanlah Konten Artikel yang Memiliki Informasi Nyata sesuai Fakta


artikel sesuai fakta

Sudah pasti, karena sumber sudah benar, isi dan judul sudah sama, tapi kamu harus benar-benar pastikan informasi itu benar adanya. Namun, apabila kamu bikin konten prediksi, seperti prediksi kehadiah Xiaomi X, kamu harus menambahkan pada judul atau awal paragraf bahwa kontenmu bersifat prediksi atau masih rumor, lalu menggunakan beberapa sumber agar artikelmu lebih berbobot.

3. Judul yang Sesuai dengan Isi


judul sesuai isi artikel

Ini juga menjadi ciri khas artikel yang kredibel dan berkualitas. untuk satu ini kamu harus benar-benar memastikan apa yang ada di judul postingan dalam blogmu, muncul juga pada bagian dalam artikel.

Seperti begini sederhana, terdapat angka pada judul artikelmu. “5 Tokoh Kartun Paling Menarik Perhatian Lelaki”, dengan judul artikel seperti itu, maka sudah pasti kamu harus memberikan pembahasan mengenai ada 5 karakter sebagai penanda yang benar benar memuat informasi yang dicari pembaca.

Nah, tinggal cara mudah ini dijamin akan membuat artikelmu tidak akan dibenci oleh pengunjung dan juga google lagi karena dicap “Berita Palsu”. Tetap semangat menulis, jangan patah semangat, dapatkan visitor dan pendapatan sebanyak-banyakanya juga dengan tips sederhana tersebut.

Demikian pembahasan kita mengenai Cara Menghindari Berita Hoax Ketika Menulis Artikel Blog kali ini, semoga bisa membantu mu dalam menghasilkan konten berkualitas sekaligus juga tidak mengandung berita palsu alias hoax. Ayo blogger indonesia, perangi hoax!

Buka Komentar