Perhatikan 6 Elemen Ini Sebelum Menulis Artikel Blog yang disukai Pembaca

Perhatikan 6 Elemen Ini Sebelum Menulis Artikel Blog yang disukai Pembaca

6 elemen menulis artikel
Menulis artikel adalah kewajiban bagi seorang blogger, tidak terlepas dari platform apa yang dipakai, seperti blogspot atau wordpress. Artikel yang berkualitas dengan optimasi SEO maka akan dapat mendatangkan traffic atau pengunjung yang banyak. Dengan demikian tentunya ini akan menguntungkan si pemilik blog. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai bagaimana cara membuat artikel yang disenangi pembaca dengan memperhatikan beberapa elemen kepenulisan, mari simak dibawah ini.

Akan tetapi, mengapa kebanyakan blogger pemula sangat malas dalam menulis artikel secara kontinyu? Ini dikarenakan kebanyakan blogger pemula terlalu berputus asa, mudah malas dan hanya ingin hasil yang instan saja.

Baca lainnya : Memilih Niche Blog CPC Tinggi dengan Target Pengunjung Indo

Saran mimin kepada teman teman blog sekalian, bila kalian ingin mendapatkan penghasilan dari blog kalian, segera lakukan planning jangka panjang, motivasi dirimu untuk selalu menulis konten secara berkala dengan konten orisinal tanpa pernah copy paste. Selain itu bila kamu memang malas menghasilkan konten yang benar benar fresh, kamu bisa menulis ulang (rewrite) dari sumber yang ada.

Cek 6 Elemen Sebelum Menulis Artikel Blog yang Berkualitas


Dan pada dasarnya terdapat 6 enam elemen penulisan artikel yang harus kamu cantumkan dalam setiap artikel di postingan blog. Elemen-elemen tersebut antara lain:

elemen menulis artikel

1. Cek Sudut Pandang penulisan


Pemilihan sudut pandang penulisan menjadi faktor yang sangat penting untuk membangun arah pikiran pembaca artikel di blog mu. Sudut pandang yang dipilih harus sesuai dengan isi artikel dan niche. Apabila artikel mu lebih ke pemahaman mendalam tentang suatu produk, gunakan sudut pandang yang ilmiah.

Dan jika artikel yang kamu gunakan adalah artikel opini, maka gunakan sudut pandang yang persuasif dan fokus kepada prediksi mu ke depannya. Semua tergantung dari sudut pandang mu sebagai penulis.

2. Perhatikan Struktur Kalimat


Perhatikan betul mengenai detail-detail kalimat yang kamu gunakan, mulai dari penggunaan kata serta kata kunci dalam artikel dalam blog mu. Jangan sampai detail kecil dalam artikel mu merusak pemahaman pembaca. Ini bisa membuat mereka kabur atau kurang nyaman.

3. Tone atau Gaya Bahasa


Elemen selanjutnya dalah Tone atau biasa disebut dengan gaya bahasa. Kamu yang menyajikan tulisan harus cocok dengan selera pembaca blog mu. Apabila pembaca blog mu adalah kalangan muda, alangkah lebih baik menggunakan gaya bahasa yang ringan dan tidak terlalu formal. Berbanding terbalik jika pembaca blog mu adalah kebanyakan kaum senior, gaya bahasa berupa gaya bahasa formal.

4. Pemilihan Kosakata yang tepat


Kamu harus bisa memilih kosakata yang sesuai dengan gaya bahasa mu. Misalnya kamu boleh menggunakan kata atau istilah gaul jika target pembaca mu adalah pembaca usia muda. Satu hal yang juga penting adalah kamu harus menghindari pengulangan kata yang sama secara berlebihan.

5. Penggunaan Frase Perumpamaan


Penggunaan perumpamaan untuk memberikan detail rinci tentang suatu istilah juga cukup penting. Patut diingat, perumpamaan yang bisa kamu gunakan setidaknya dapat diterima dan dipahami oleh target pembaca sesuai umur mereka.

6. Berikan Kesan Bercerita yang bagus


Sebagai content creator, kamu juga harus menggunakan pendekatan seperti seseorang yang sedang bercerita tentang suatu hal. Jangan terlalu kaku dan anggaplah pembaca di blog mu adalah teman seperti kamu saat curhat atau berbicara dengan teman seperti biasanya.

Demikian panduan dari kosngosan mengenai beberapa Elemen Sebelum Menulis Artikel Blog yang Berkualitas, semoga bermanfaat. Bila kamu berkenan, silahkan share tulisan ini ke teman teman yang lain dan berikan penilaianmu dengan meninggalkan komentar dibawah ini.

Buka Komentar