Download Materi Bahasa Inggris Englis Tingkat SMA Terbaru

Apakah kamu sedang mencari contoh bahan pelajaran untuk bahasa inggris di tingkat sekolah menengah atas? Jika iya, maka postingan kali ini mungkin bermanfaat buat kalian. Bagi kamu anak sekolah maupun kalangan yang hendak belajar bahasa inggris, kamu bisa dapatkan ebook dan file yang mimin aplot di bawah ini. Sebelumnya, kita membahas sejarah bahasa inggris dulu yuk!

Download Materi Bahasa Inggris Tingkat SMA SMK MA


materi pelajaran bahasa inggris

Bahasa Inggris di Indonesia secara umum diajarkan sebagai bahasa asing. Istilah ‘bahasa asing’ dalam bidang pengajaran bahasa berbeda dengan ‘bahasa kedua’. Bahasa asing english adalah bahasa yang yang tidak digunakan sebagai alat komunikasi di negara tertentu di mana bahasa tersebut diajarkan.

Sementara bahasa kedua adalah bahasa yang bukan bahasa utama namun menjadi salah satu bahasa yang digunakan secara umum di suatu negara. Di Indonesia, kebijakan pengajaran Bahasa Inggris (english) sebagai bahasa asing berubah seiring waktu dan pergantian kebijakan yang kebanyakan dipengaruhi ekonomi dan politik. Baca juga : Tips Belajar Supaya Lulus IELTS dan TOEFL


Era Belanda


materi pelajaran bahasa inggris

Pada masa peperangan dengan Belanda, Bahasa Inggris (english) diajarkan di MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) yang setara dengan SMP dan AMS (Algemeene Middlebare School) yang setara dengan SMA sekarang.


Era Jepang


Pada masa peperangan dengan Jepang, kondisi sebaliknya terjadi. Bahasa Belanda, Inggris (english) dan bahasa Eropa lainnya dilarang total digunakan di Indonesia. Semua buku yang berbahasa tersebut dimusnahkan dan dibakar. Sedihnya, keputusan pembakaran buku ini berdampak hingga saat ini, di mana sangat sedikit referensi sejarah yang bangsa Indonesia miliki tentang negerinya sendiri.


Pasca Kemerdekaan


materi pelajaran bahasa inggris

Bahasa Inggris (english) secara resmi diajarkan sebagai bahasa asing di sekolah-sekolah Indonesia seiring dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1967. Sejak saat itu, perubahan menteri, kurikulum, keadaan politik, ekonomi dan perkembangan ilmu pendidikan, terus mewarnai perkembangan pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia. (Sumber : manusiasuper.wordpress.com)

Sebagian pihak berpendapat mengajarkan bahasa Inggris (english) pada siswa SMA, SMK dan MA akan sangat bagus bagi meningkatkan skiil dan nilai tambah kedepannya. Namun di sisi lain, perbedaan kondisi sosial, ekonomi dan geo-politik daerah-daerah di Indonesia, menciptakan perbedaan kualitas sekolah dan latar belakang siswa, sehingga ada siswa-siswa yang jangankan berbahasa Inggris, bahasa Indonesia dasar saja mereka belum menguasai secara baik.

Nah, yang penting adalah, tujuan belajar bahasa inggris (english) itu sebenarnya. Bila tujuan kita positif adn hendak ingin bersaing dengan negara lain yang notabene lebih mampu dalam berbahasa inggris, maka seharusnya memang kurikulum di indonesia lebih meningkatkan bahasa inggris, khususnya bagi anak SMA, SMK atau MA yang hendak memasuki dunia kerja.

Baca juga : Motivasi Belajar Bahasa Inggris


Download Materi


Nah demikian artikel mengenail Download Materi Pembelajaran Bahasa Inggris (English) Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Terbaru Gratis Semoga bermanfaat dan berguna untuk mendukung belajar bahasa inggrismu di sekolah. Kosngosan.

DONWLOAD BAHASA INGGRIS (ENGLISH) KELAS 1

DONWLOAD BAHASA INGGRIS (ENGLISH) KELAS 2

DONWLOAD BAHASA INGGRIS (ENGLISH) KELAS 3


Kata Penutup


Kamu, anak sma, smk atau ma, bisa mendapatkan ebook buku bahasa inggris English ini. di dalamnya kamu akan mendapatkan materi pembelajaran mengenai Kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi informational, Kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog dan esay berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, report, newsitem, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking.

Ditambah lagi tentang gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika, Kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan serta tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads