Motivasi Belajar Bahasa Inggris untuk yang Malas Membaca

Ketika kamu memutuskan untuk belajar bahasa Inggris tentunya kamu harus memiliki motivasi yang kuat untuk bisa belajar secara konsisten dan memahami setiap materi yang diajarkan. Lalu bagaimana cara memotivasi diri sendiri untuk bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan? Kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips motivasi untuk kalian yang selama ini malas membaca dan hendak belajar bahasa Inggris

motivasi belajar bahasa inggris

Mengapa bahasa Inggris sangat penting? english sudah menjadi bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi dengan berbagai tujuan salah satunya adalah hubungan diplomatik dan kerjasama bisnis.

Setiap orang termasuk pelajar, mahasiswa dan angkatan kerja, diwajibkan untuk menguasai bahasa Inggris setidaknya dalam pengucapan secara pasif. Meskipun demikian kamu harus memahami dan menghafal beberapa vocabullary, yang akan mempermudah kamu memahami setiap kata yang diucapkan dalam bahasa Inggris

Mimin payah dalam basa-basi tapi dalam beberapa paragraf ini, mimin akan bercerita tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris, dan bagaimana itu mungkin berhasil bagi Kamu. Mimin ingat belum lama ini menonton sebuah video TedTalks di YouTube, judulnya The Happy Secret To Better Work oleh Shawn Anchor. Kalian harus menonton itu, beneran. Apa yang menarik?

Baca juga : Cara Unik Belajar Vocabulary Bahasa Inggris dengan Mudah

Selama ini kita berpikir bahwa untuk mencapai kebahagiaan, kita harus bekerja keras. Dengan bekerja keras, kita akan mendapat kesuksesan, dan dari itu, kita lantas akan bahagia. Video tersebut membahas sebaliknya. Bagaimana kalau ternyata, dengan menjadi lebih bahagia, kita akan lebih produktif bekerja?

Dijelaskan secara lucu oleh psikolog tersebut, suatu hari, waktu beliau dan adiknya masih anak-anak, adiknya terjatuh saat sedang bermain dan menangis. Apa yang ia lakukan adalah justru mengatakan, "Kamu adalah unicorn!" Dan ajaib, adiknya berhenti menangis. Sedikit tidak nyambung dengan judulnya tapi mimin tidak ingin kasih spoiler lebih lanjut

Apa pelajaran yang bisa kita ambil?


Ini hampir mirip dengan kenapa kita berbuat baik dengan tujuan untuk masuk surga. Kenapa kita harus melakukan itu, menurutmu? Sementara dunia ini sendiri seperti surga. Diberi kesempatan untuk hadir dan mencicipi dunia ini sudah merupakan kenikmatan yang luar biasa.

Jadi ketika kamu ditaya seperti ini, "Kenapa, sih, kamu harus belajar bahasa Inggris?" Mudah cari kerja? Karena sudah menajadi Bahasa internasional? Ingin berkomunikasi dengan semua orang dari seluruh dunia? Inign nilai A? Lulus tes masuk universitas? Bagus! Bertahanlah dengan alasanmu karena suatu hari dari sekarang, kamu akan melupakan alasan-alasan itu.

Mimin tidak bohong. Pandji Pragiwaksono pernah bilang, pendidikan yang terbaik adalah yang datang dari rasa penasaran yang genuine, yang tulus dari hati. Sekarang lihat anak-anak. Bagaimana bisa anak 5 tahun di luar negeri bisa bahasa Inggris? Ya karena simpel, yaitu mereka penasaran dan mereka butuh dengan hal tersebut.

Jadi bagaimana dengan kita yang males baca ini, mau ngapain? Berapa sih kesempatan kita berkomunikasi dengan orang asing? Untuk menjalankan bisnis internasional? Ada Banyak. Apa hal itu membuat bahagia? Jelas. Kalau iya, bagus.

Tapi kita saja malas membaca. Bagaimana dong? Well, Kamu tidak harus melulu menjadikan hal-hal tadi sebagai motivasi. Kamu tidak harus melulu merasa bahwa, nilai Kamu hanya akan bagus jika Kamu bisa bahasa Inggris. Boro-boro bahasa Inggris, nilai bahasa Indonesia saja terkadang mengulang, bukan demikian?

Cara Pertama


Jadi ini sebuah saran yang sedikit gila, tapi worth it. Daripada baca buku pelajaran, coba lihat meme. Sebab faktanya, mayoritas orang lebih tertarik lihat media gambar lucu seperti itu daripada melihat buku. Mimin tahu ada orang-orang luar biasa di luar sana yang jatuh cinta kepada buku dan bagaimana itu membantu mereka. I love books.

Truly I do. Tapi mimin tidak akan pernah nolak meme sebagai media yang "tidak mau ketinggalan zaman." Meme Indonesia itu bagus. Tapi mau yang unlimited? Mau ribuan? Jutaan? Cari yang bahasa Inggris! Cari artinya! Ketawa walau terlambat! Kamu keren!

Cara Kedua 


Untuk memotivasi kamu belajar bahasa ingggris adalah, dengan mencari film atau serial tv favoritmu yang belum sempat ditonton. Cari subtitle-nya dalam bahasa Inggris. Baca. Cari tahu mereka ngomong apa. Masa, sih Kamu mau ngelewatin film favorit hanya karena tidak tahu mereka ngomong apa? Sambil menyelam minum air. Tidak apa-apa walau Kamu harus nonton berkali-kali untuk baru paham artinya. Tidak apa-apa. Tidak ada yang salah dari menonton film.

Cara Ketiga 


Sekaligus cara terakhir, adalah kamu harus menyadari bahwa Kamu baru akan bisa belajar dengan mudah jika kamu bahagia. Tidak apa walau sepertinya Kamu tidak membuat langkah besar yang berarti. Tidak ada apabila Kamu butuh waktu lebih lama dibanding orang lain. Jika suatu hal yang baik membuat Kamu bahagia, kenapa tidak?

Baca juga : 8 Media Belajar Bahasa Inggris Efektif dan Mudah Harus di Coba

Demikian, uraian pembahasan seputar pendidikan mengenai motivasi belajar english yang efektif buat kalian yang malas membaca. Semoga bisa menginspirasi dan memotivasi kalian supaya lebih menguasai bahasa internasional ini ya. Jangan lupa share tulisan ini juga, buat membantu teman teman mu. Thanks!
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel