Cara Menghafal Teks Bahasa Inggris Cepat dan Mudah

Bagaimana tips menghapal vocabulary bahasa Inggirs ? Seperti yang kamu ketahui ada banyak sekali kosa kata yang berbeda dalam bahasa inggris. English sendiri merupakan salah satu bahasa internasional yang wajib dipelajari dan dikuasai oleh tenaga kerja di Indonesia saat ini. Kamu yang ingin mencari kerja, wajib memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Pun demikian dengan kalian yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, telepon tidak mengambil jurusan bahasa Inggris, Namun kita wajib untuk minimal mengetahui dan bisa berbahasa Inggris secara pasif.

belajar vocabulary bahasa inggris

Kali ini blog kosngosan akan memberikan sedikit tips belajar kepada kalian yang merasa menghafal bahasa Inggris itu sulit, terlebih untuk menguasai vocabullery atau kosakatanya yang seubrek. Kalian perlu menerapkan beberapa langkah unik dibawah ini

Seperti yang kita ketahui untuk mempelajari bahasa Inggris ketawa wajib menghafal dan mengetahui kosakatanya. Dan itu tidak bisa serta-merta kita kuasai dalam satu atau dua hari saja. Sebutkan konsistensi untuk belajar setiap hari, disertai dengan praktek secara langsung untuk mempertajam kemampuan kita

Bagi sobat kosngosan yang sedang semangat semangatnya belajar bahasa(terutama inggris) ,mungkin agak kebingungan bagaimana caranya supaya kita bener" paham dan memahami kata kata baru yang sedang kita pelajari.

Baca juga : Motivasi Belajar Bahasa Inggris untuk yang Malas Membaca


Tips Belajar Bahasa Inggris


Motivasi diri dalam berusaha menghafal


Belajar bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang instan dan kamu kuasai dalam beberapa hari saja. Seperti kebanyakan dari orang yang menguasai linguistik, cepat tidaknya belajar bahasa Inggris dipengaruhi oleh faktor motivasi yang ada dalam dirimu sendiri. Ketika kamu sudah memiliki motivasi yang kuat dalam belajar bahasa Inggris maka kamu akan dengan mudah menemukan cara untuk cepat belajar bahasa Inggris

Rasa optimis yang tinggi bisa menguasai


Setelah memiliki motivasi yang kuat maka kamu juga harus memiliki rasa optimis yang tinggi untuk bisa segera menguasai bahasa asing tersebut. Hal ini penting untuk membuat dirimu merasa nyaman dalam menghafal dan mempelajari setiap teknik bahasa yang berlaku dalam bahasa Inggris

Membaca berulang teksnya sambil praktek


Untuk menghafal setiap kosakata yang ada kamu memang harus membaca secara berulang dan rutin sambil berbicara langsung. Apabila kamu tidak memiliki teman untuk berbicara, Kamu bisa menggunakan bantuan cermin, Dan lakukan pengulangan kosakata tersebut di dalam kamar.

Untuk pemilihan waktu yang paling maksimal adalah di pagi hari ketika otak masih dalam keadaan segar setelah bangun tidur. Di waktu pagi maka kamu akan bisa dengan mudah melakukan pembacaan ulang teks

Menghafalkan mengucap kembali yang sudah dibaca


Melakukan pengulangan bacaan secara berkala, maka kamu secara otomatis akan berupaya untuk menyimpan kosakata tersebut dalam memori otak mu. Di sinilah terjadi proses menghafal. Dan beberapa orang memiliki daya hafal yang tinggi, dan ada juga yang memiliki daya hafal rendah. Oleh karena itu kamu harus pintar-pintar menentukan cara yang unik dalam menghafal kosakata baru (lihat triknya setelah ini)

Menggunakan Peta Pikiran


Mind map atau peta pikiran merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghafal hal baru secara terstruktur melalui gambaran visual yang diwakili oleh setiap objek berikut penjelasannya. Ini akan memahami sesuatu secara luas dan komprehensif. Mind Map juga akan memudahkan kamu dalam memahami konsep utama suatu materi pelajaran, khususnya bahasa Inggris.

Baca disini bagaimana cara membuat peta konsep (mindmap) yang baik dan benar

Terus latihan dengan berbagai bantuan media


Saat ini kamu sebagai generasi milenial yang hidup di zaman teknologi informasi yang semakin berkembang secara pesat, akan lebih mudah dan terbentuk dengan adanya berbagai media pembelajaran yang bisa kamu manfaatkan secara maksimal dalam memahami bahasa asing, tidak hanya bahasa Inggris saja ya

Ada banyak media yang bisa kamu manfaatkan seperti aplikasi kamus yang diinstal di smartphone atau laptop, google translate, film dengan substitle bahasa inggris, mp3 latihan, membaca novel, majalah atau tulisan bahasa inggris dan berbagai media lainnya.


Cara unik Belajar Vocabulary


Nah kali ini mimin akan membagikan beberapa tips yang saya gunakan untuk memahaminya,jadi langsung saja kita simak baik baik (terjemahan kata bahasa indonesia saya ambil dari app U Dictonary).

1. Cara yang pertama ini tips nya sangat simple, dinisi saya memahami atau mengimajinasikan kata kata tersebut dengan bentuk suatu kata yang saya pahami.

Bingung? Yok simak aja caranya, seperti misalnya dibawah ini :

A. Related (adj) : yang berhubung;berkaitan

Nah, dalam huruf awal ada kata "Rel" ,kalian pasti tau kan rel kereta itu saling berhubungan dan juga berkaitan, mudah kan memahaminya kalau bertemu kata tersebut?

B. Tremendous (adj) : besar sekali; hebat sekali

Bagi sobat kosngosan yang suku jawa mungkin tau kan sama Termendil atau derbibil (kotoran wedus yang mblondo mblondo), nah saya beberapa waktu yang lalu melihat Termendil dari kambing paman saya itu benar" besar sekali dan tidak biasanya seperti ini, kambing paman saya benar" hebat !

2. Mengimajinasikan kata menggunakan bentuk kata yang ada dalam kata tersebut

Masih bingung? Begini maksud saya, ini beberapa contoh kata kata yang akan kita pelajari :

A. Persuade (v) : membujuk; meyakinkan;mengajak

Nah, dalam kata tersebut terdapat kata "ade" nah disini saya mengimajinasikan bahwa saya sedang membujuk dan meyakinkan adek saya untuk tidur .

Jadi jikalau saya dalam kalimat bertemu kata "Persuade" maka saya akan memahami arti tersebut sebagai membujuk, memahami. Bagaimana, sudah mulai tahu pola belajar nya?

B. Behave (v) : bereaksi; berkelakuan; bertingkah

Beberapa waktu lalu, teman saya sedang asik mengobrol dengan saya di jalan, dan tiba tiba dia melihat "beha" " veronika" di jemuran (veronika anak kampung sebelah), jadi dia langsung bereaksi, berkelakuan dan bertingkah aneh sampai saya melihatnya seperti orang gila.

Jadi saat saya dalam kalimat bertemu kata "behave" saya memahami arti tersebut sebagai bereaksi, berkelakuan dan bertingkah.

C. Adorable (adj) : menarik; manis; manis sekali

Jadi disini saya mengambil kata "dora" dalam kata tersebut. Kalian pasti tau kan animasi Dora The Explorer yang tayang di stasiun tv beberapa tahun yang lalu. Nah si kecil ini pastinya terlihat menarik dan manis sekali pastinya ya kan hehehe.

Baca juga : Coba 8 Media Belajar Bahasa Inggris ini, Lebih Efektif dan Mudah dipahami!


Kesimpulan


Jadi dalam dua cara diatas, kita harus benar benar mengembangkan imajinasi kita dalam membantu memahami kata kata baru yang ingin kita ingat. Sebenarnya masih ada beberapa cara lain, tapi lagi males menulisnya.

Kalian bisa saja menghubungi mimin lewat kontak, untuk memberitahu tips dan cara yang lain yang mungkin bisa ditambahkan yang sudah terbukti membantu kalian dalam mempelajari kosakata bahasa inggris yang baru. Kalian hebat, sudah berkunjung, jangan lupa share tulisan ini, di media sosial kalian dengan mengklik tombol share dibawah ini. Thanks
By

0 Response to "Cara Menghafal Teks Bahasa Inggris Cepat dan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel