Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lolos Tes IELTS dan TOEFL untuk Mahasiswa Baru

Bagaimana caranya supaya kamu bisa lulus dalam tes TOEFL dan IELTS? Kali ini kosngosan akan membahas mengenai tips supaya kamu bisa sukses mendapatkan score tinggi untuk tes bahasa inggris ini. Karena tes ini merupakan syarat mutlak kamu supaya bisa kuliah ke luar negeri, maka kelulusannya merupakan hal yang paling diharapkan. Simak terus pembahasan kita ini.

cara lulus tes toefl ielts

Bila kamu adalah seorang yang memiliki mimpi untuk menuntut ilmu di Eropa atau luar negeri yang bahasa nasional-nya menggunakan bahasa inggris, maka mulai sekarang kamu harus fokus dengan yang namanya tes IELTS (International English Language Testing System) dan TOEFL (Test Of English as a Foreign Language)

Sebagai syarat utama, nilai IELTS dan skor TOEFL memang menjadi berkas penting untuk mendaftar kuliah di luar negeri, di samping ijazah, transkrip nilai, esai motivasi kuliah, surat rekomendasi, dan beberapa hal lainnya.

Pelajar yang ingin melanjutkan studi di wilayah Eropa, Inggris, Australia, dan Selandia Baru biasanya akan menerima syarat tes IELTS. Fungsinya untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris dalam mendengar, membaca, berbicara, dan menulis.

Sementara Tes TOEFL merupakan ujian kemampuan berbahasa Inggris dengan logat Amerika. Ujian ini diselengarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh di dunia. Pada umumnya tes TOEFL diminta oleh universitas di Amerika Serikat dan Kanada.

Baca juga : Soal Jawaban UNBK/USBN Bahasa Inggris SMA

Pada tahap awal seleksi kuliah di luar negeri, institusi pendidikan akan melihat apakah nilai IELTS dan TOEFL calon mahasiswa mencapai passing grade.

Sebenarnya tak perlu les untuk bisa mencapai skor IELTS dan TOEFL yang tinggi. Kamu cukup Beli buku latihannya, dengarkan (CD) recording-nya, baca-baca jurnal internasional (untuk menambah kosa kata), (pokoknya) rajin latihan.

Biasanya banyak yang kesulitan di bagian writing test. Misalnya dalam menjabarkan grafik, proses, ataupun menuangkan pendapat dalam tes IELTS . Oleh karenanya, rutin latihan membaca dan menulis menjadi hal yang penting.

Sementara itu, ada juga kelebihannya dalam mengambil les IELTS ataupun TOEFL. Sebenarnya bisa (lebih) tahu tips dan memahami cara penilaian skor IELTS dan TOEFL, serta trik-triknya. Namun, harus belajar mandiri juga untuk mencapai skor yang diinginkan.

Bila sudah les, ada bagusnya memasang target skor IELTS dan TOEFL yang lebih tinggi. Sebab, berdasarkan pengalamannya, sayang bila sudah mengeluarkan uang, tetapi tak mau menggapai target lebih dari yang dibutuhkan.

Karenanya, penting bagi pelajar yang mau lanjut kuliah di luar negeri untuk “lolos” tahap awal melalui skor IELTS dan TOEFL ini. Untuk itu, disiplin dalam belajar dan latihan soal-soal IELTS dan TOEFL adalah kuncinya.

Saat ini, latihan tes IELTS dan TOEFL secara online pun sudah tersedia. Selain itu, ketika sedang dalam waktu luang atau istirahat, usahakan pula cari hiburan yang masih terkait bahasa Inggris, seperti menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle bahasa Indonesia atau membaca novel berbahasa Inggris.

Tips Cepat Lulus IELTS dan TOEFL



tips toefl ielts

Langkah 1 : 

Setelah menetapkan hati untuk ikut tes, maka kamu sudah harus mengambil beberapa program les private atua bimbingan belajar khusus untuk mempersiapkan tes ini. Carilah lembaga kursus yang memiliki reputasi baik dalam menangani hal ini. Karena salah mengambil kursus akan merugikan kamu sendiri nantinya.

Langkah 2 : 

Tingkatkan motivasi belajar. Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan. Semua harus dilalui dengan proses, yang artinya kamu harus belajar untuk mendapatkan lulus TOEFL dan IELTS ini. Setidaknya kamu harus bisa meluangkan waktu satu jam untuk melatih kemampuan bahasa Inggrismu

Langkah 3 :

Listening Exercise. Kamu harus berlatih mendengarkan audio conversation dalam bahasa inggris. Berbeda dengan Ujian nasional yang ada pengulangan untuk setiap soal nya, dalam tes ini kamu hanya diperdengarkan satu kali saja untuk setiap soalnya. Oleh karena itu, kemampuan mendengarkan bahasa inggrismu harus benar benar dilatih.

Langkah 4 :

Kerjakan soal yang menurutmu mudah terlebih dahulu. Ini memang terlihat klise, namun percayalah, kamu tidak harus fokus untuk mengerjakan satu soal saja, terutama untuk soal yang bersifat narasi.

Karena soal ini membutuhkan pemahaman singkat dari banyak paragraf berita, maka kamu harus bisa menentukan topik utama dari masing masing paragraf yang kamu baca.

Langkah 5 :

Belajar skimming (membaca cepat, dan tepat). Seperti sebelumnya yang mimin katakan, untuk soal yang bersifat narasi, kamu harus benar benar mampu mencari inti pembahasan hanya dengan membaca cepat. Jangan terpaku pada masalah yang tidak penting.

Bila perlu, latihlah kemampuan mu ini dengan menggunakan timer agar kamu tahu seberapa hebat kemampuan mu dalam membaca cepat. Lakukan dengan serius seperti saat kamu sedang menghadapi ujian pada keadaan yang sesungguhnya.

Langkah 6 :

Be a confident. Jangan gagap, apalagi ragu dalam menjawab setiap soal yang ada di depanmu. Kerjakan sebisamu dan jangan ragu dengan kemampuan mu sendiri. Jangan terpancing untuk melakukan hal hal kotor yang bisa menodai nilai skor mu. Lakukanlah sebaik mungkin dengan cara yang jujur dan bermartabat.

Langkah 7 :


Supaya mengetahui hasil belajar, ada bagusnya pula mengikuti IELTS dan TOEFL Prediction Test. Biasanya, tes ini kerap diselenggarakan di dalam acara-acara pendidikan. Pada pameran pendidikan ini, para peserta pun bisa memperoleh informasi mengenai berbagai beasiswa untuk studi di luar negeri dan mengikuti seminar menulis esai motivasi kuliah atau motivation statement.

Ada pula one-on-one session, tempat pengunjung dapat bertatap muka langsung dengan perwakilan universitas di Belanda, dengan perjanjian terlebih dahulu. Nah, setelah habis-habisan belajar untuk IELTS dan TOEFL, tentu berani ikuti prediction test-nya dulu, bukan?

Langkah 8 :

Berdoa sebelum tes. Kamu perlu menyerahkan semua keputusan akhir kepada Tuhan, agar kamu bisa lebih rileks dan nyaman dalam menghadapi hari H. Selain itu mintalah restu kedua orang tuamu sebelum berangkat tes.

Update terbaru!

Langkah 9 :


Adakalanya apa yang kamu bayangkan dengan sepenuh hati, tidak seperti apa yang kita harapkan. Andaikan kamu gagal dalam tes kali ini maka jangan menyerah dan berputus asa. Kamu tetap bisa belajar bahasa Inggris dan mencobanya di beberapa kesempatan yang lain.

Untuk itu mimin sarankan, kamu bisa langsung belajar praktek kamu Inggrisnya kota tempat kamu tinggal. Dengan demikian ini akan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara langsung karena akan berbicara dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara lebih mendalam

Kesimpulan


Apa yang bisa kamu ambil dari tips dan kiat belajar TOEFL dan IELTS di atas? Tentunya segala hasil dan skor yang kamu raih sangat tergantung dari seberapa besar usahamu untuk belajar dan mempersiapkan diri. Oleh karena itu, perhatikan betul tips-tips yang sudah kosngosan berikan, jangan sampai ada yang terlewatkan ya!

Baca juga : Trik Cepat Menguasai Bahasa Inggris

Demikian artikel mengenai Cara Mahasiswa Lulus dan Dapat Skor Tinggi Untuk Tes IELTS dan TOEFL kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kamu. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan menekan tombol share di bawah dan berikan juga komentar kalian yang relevan
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya