Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa

Bahasa inggris atau english, merupakan salah satu bahasa internasional yang keberadaannya sangat dibutuhkan saat ini. Tidak hanya untuk mendukung proses pembelajaran dan mata kuliah bahasa inggris saja, akan tetapi sebagai modal utama untuk dapat bersaing dalam menghadapi era pasar bebas seperti saat sekarang ini.

Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris

Namun banyak yang mengeluh, merasa kesulitan belajar dan menguasai bahasa inggris tersebut. Sobat kosngosan sekalian, mimin kali ini membahas mengenai cara yang bisa kita lakukan untuk menguasai bahasa asing ini lebih cepat, serta alasan yang mengharuskan kita sebagi pelajar dan anak kuliahan untuk dapat menguasai bahasa ini.

Baca juga : Motivasi Belajar Bahasa Inggris untuk yang Malas Membaca

Seperti AFTA yang mengharuskan negara-negara ASEAN bersaing baik secara produk hingga sumber daya manusianya. Salah satunya adalah kemampuan kaum pelajar dan mahasiswanya untuk menguasai bahasa inggris.

Mengapa Kita Perlu Mempelajari English?


Kini kita dituntut supaya bisa menguasai bahasa asing. Peranan Bahasa Inggris sangat berpengaruh besar dalam karir seorang mahasiswa dan pelajar. Terlebih lagi jika kita yang sudah bekerja dan dituntut untuk dapat berbahasa Inggris dengan baik dan benar . Sebetulnya mimin membuat postingan ini untuk kita belajar bersama-sama.

Berikut adalah beberapa tips dan Cara Mudah Untuk Belajar Bahasa Inggris bagi kalian yang berstatus mahasiswa dan pelajar yang ingin belajar berbahasa Inggris secara cepat dan mudah :

Learn from Internet


Internet akan menjadi teman terbaik kamu. Hal ini dikarenakan oleh Internet kemas dengan penuh daya, bahan bacaan, rekaman suara, dan banyak lagi yang dapat membantu kamu  belajar tentang arti dari kata-kata sehingga kamu dapat membacanya sekaligus mengucapkannya.

Rekaman adalah guru terbaik


Rekamlah sendiri ketika kamu berbicara bahasa Inggris. Setelah kamu selesai merekam, putar kembali dan dengar apa yang telah kamu ucapkan. Jika ucapan kamu pada rekaman tersebut tidak jelas, maka kamu dapat mencobanya lagi. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat bagaimana orang lain mendengarkan kamu.

Film Berbahasa Inggris


Datangi dan beli atau sewa film-film berbahasa Inggris di toko video yang terdekat ditempat tinggal kamu. Jangan khawatir tentang nilai hiburannya.

Kamu hanya perlu menonton sehingga kamu dapat menghentikannya dan memutar ulang video tersebut dalam rangka untuk memfokuskan pada keterampilan bicara bahasa Inggris kamu.

Perpustakaan terkesan kolot, tapi ampuh


Datanglah ke perpustakaan dan pilih buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris. Cobalah mulai dari membaca judulnya. kamu hanya perlu sedikit berhati-hati pada tingkat kesulitan dalam berlatih menulis beberapa kalimat.

Membaca Setiap Tulisan


Cobalah untuk membiasakan dengan bahasa Inggris dalam setiap aktivitas kamu. Bukan hanya dengan buku, film, dan CD, namun banyak majalah dan produk-produk lain yang dapat kamu temukan di toko-toko yang mungkin menjual produk-produk berbahasa Inggris. Di beberapa negara banyak produk yang ditulis dalam bahasa Inggris dalam kemasan.

Lagu Bahasa Inggris


Cari dan beli CD lagu-lagu berbahasa Inggris dan dengarkan. Disini Kamu dapat berlatih menguraikan kata-kata dan bahkan mencoba untuk bernyanyi bersama.

Hal ini akan sangat menyenangkan. Dan jika Kamu ingin, Kamu dapat merekam diri kamu sendiri untuk dapat di dengar apa yang masih kurang dan apa yang perlu diperbaiki dari cara penuturan Kamu dalam berbahasa Inggris.

Berlatih dengan Teman


Berlatih dengan seorang teman. Teman Kamu mungkin tidak mengerti betul bahasa Inggris, namun mereka akan terkesan dengan keahlian Kamu. Kamu bahkan dapat mencoba untuk mengajarkan apa yang telah Kamu pelajari karena Kamu akan cenderung lupa dengan mengulangi informasi yang lain.

Kursus Online


Dan yang paling penting untuk belajar bahasa Inggris adalah mempertimbangkan pemanfaatan kursus-kursus bahasa Inggris secara online yang saat ini banyak ditawarkan di media-media internet. Kursus online ini akan dapat membantu Kamu belajar dengan cepat dan Kamu akan memperoleh bahan-bahan yang akan pelajari untuk belajar. Sehingga akan membuat Kamu mahir dalam bahasa Inggris.

Cari Arti Kata (Vocabulary)


Jika Kamu mendengar kata dan Kamu tidak tahu apa itu, segera tulis dan melakukan penelitian tentang apa maksud dan artinya. Dalam penelitian Kamu, Kamu akan menemukan lebih banyak lagi kata-kata dalam bahasa Inggris yang bisa membuat bahan refensi untuk dipelajari.

Aktifkan Kegiatan BerBahasa Inggris


Tulislah semua kegiatan sehari-hari Kamu dalam buku harian dengan menggunakan bahasa Inggris. Kamu dapat memulai menulisnya dengan cara sederhana sesuai yang Kamu inginkan. Kamu bisa belajar dengan media bahasa inggris ini.

Gigih, Ulet, Pantang Menyerah bin Rutinitas


Terakhir, kamu bisa menguasahii suatu bahasa, apabila dipelajari secara rutin dan terus menerus dipelajari. Intinya bila kamu merasa bete dan mulai bosan untuk mempelajari bahasa inggris, mka ingat kembali tekad awalmu untuk bisa menguasainya. Semangat dan ulet mmang benar-benar dibutuhkan disini.

Baca juga : Cara Unik Belajar Vocabulary Bahasa Inggris dengan Mudah

Oke, demikian artikel mengenai Tips Sukses Cepat Mudah Ampuh Go Internasional Global dengan Menguasai Bahasa Asing Inggris bagi mahasiswa dan anak sekolah. Semoga dapat berguna bagi kalian yang sedang mempelajari bahasa inggris yang dikenal sebagai bahasa internasional itu.
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru