Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Liburan Semester yang Hemat bagi Mahasiswa Akhir

Bagaimana cara liburan semester yang lebih hemat dan tidak membuat kantong bolong? Bagi kalian, mahasiswa dan pelajar yang tengah mengalami liburan akhir semester yang satu ini, tentu bingung hendak kemana. Atau kalian sudah menentukan spot yang bagus, namun tidak rela menghabiskan duit karena masih bisa digunakan untuk kepentingan lain, misalnya membeli buku atau UKT?

Untungnya kali ini, mimin kosngosan akan memberikan beberapa tips sederhana untuk kalian yang sedang dan akan pergi liburan baik itu di dalam kota ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, dengan budget pas-pasan dan tanpa meninggalkan hutang di sana-sini

Karena kalian mahasiswa yang sudah ujian berhak untuk liburan dan melenturkan pikiran. Hal ini sangat penting untuk menghadapi tahun ajaran baru yang akan datang. Karena kalau kalian tidak liburan kalian bisa stress dan depresi menghadapi dosen atau nilai nilai IPK kalian

Liburan atau traveling karena mengambil cuti akademik terkadang juga bisa sangat membosankan. Buat sobat yang sudah biasa cuti dan menghabiskan liburan ke tempat yang itu itu saja. Kenapa tidak merencakana liburan ke tempat baru? Jawabannya kembali kepada yang pertama, yaitu takut kantong bolong.

Kalau begitu mimin akan kasih tahu sedikit tips dan trik sederhana yang mungkin akan berguna bagi kalian para kaum akademik, mahasiswa maupun pelajar sekolah yang sedang cuti atau libur akademik untuk pergi ke tempat spot liburan berbeda namun tetap hemat, irit dan tidak membahayakan kantong kalian yang bergantung dengan bulanan orangtua tersebut. Check these out!

Tips Liburan Hemat Akhir Semester

tips hemat mahasiswa liburan

Tapi masalahnya kita bukan membahas bagaimana mengisi hari libur, tetapi anggap saja sobat telah mendapatkan jadwal kegiatan pada liburan nanti. 

Dan ketika sudah begitu, biasanya yang menjadi pilihan utama kita adalah jalan-jalan atau mengunjungi obyek wisata, yang tentunya banyak menguras isi dompet. Pada akhirnya, kita akan menjalani liburan yang boros, dan menghabiskan banyak duit. Wah, gawat dong?!

Tapi tenang, sebagai sumber referensi, makanya postingan Tips Liburan Hemat saat akhir semester ini mimin buat untuk kalian. Oke, kita langsung saja, jangan lupa simak dengan seksama.

Baca juga : Aplikasi Pinjaman Online WA buat Liburan

Persiapkan Perlengkapan Seperlunya

Sebagai saran, dilarang membawa barang-barang yang banyak dan yang kurang perlu. Ini bisa saja menjadikan kita susah untuk bergerak leluasa selama liburan. Jadi, bawalah barang sesuai kebutuhan sobat saja.

Walaupun kamu pergi ke luar negeri misalnya, Kamu tetap tidak bisa membawa seluruh perlengkapan yang kamu punya karena akan dibatasi oleh peraturan bagasi di maskapai. Oleh karena itu penting untuk membuat daftar barang-barang apa saja yang dikira sangat penting dan tidak bisa digantikan.


Rencana yang matang

Rencanakan Liburan mu dengan Cermat dengan riset untuk menemukan destinasi dan waktu perjalanan yang paling terjangkau. 

Cari tahu tentang musim wisata, tarif penerbangan, akomodasi, dan atraksi wisata yang lebih terjangkau. Jangan liburan pada momen puncak wisata jika ingin menghemat uang.


Manfaatkan Promo dan Diskon yang ada

Pastinya ada maskapai penerbangan, hotel, dan agen perjalanan menawarkan promo khusus atau diskon. Pantau penawaran tersebut, ikuti akun media sosial atau daftar email dari penyedia perjalanan yang menarik minat mu. 

Jika kamu bersabar dan fleksibel, sobat kosngosan dapat menemukan penawaran yang menguntungkan dan bikin kantong lebih hemat

Alat Transportasi yang Tepat

Memilih transportasi yang tepat sasaran maksudnya adalah menyesuaikan kebutuhan kita terhadap jenis transportasi dengan jarak dan tempat liburan yang akan dituju. Sebagai contoh, si Folan pengennya liburan ke luar negeri, tapi dia ngotot liburan pake motor bututnya (nggak mikir kali ya?)

Tapi itu hanya contoh kecil saja. Disarankan sobat lebih memilih mode transportasi umum saja. Selain murah, trasportasi umum seperti bus lebih memberikan tempat bagi barang-barang bawaan kita. Kita juga telah membantu menghemat energi dari pemakaian BBM.

Pilih Tempat Penginapan

Bagi sobat yang berlibur diluar kota atau luar negeri, penginapan menjadi hal yang mutlak perlu. Usahakan memilih penginapan yang tidak mahal (contohnya POM Bensin atau Musholla) tetapi juga harus mengedepankan aspek kenyamanan.

Sebelum memutuskan memilih penginapan, sobat bisa survey dulu penginapan mana yang cocok dengan biaya liburan. Tapi jangan pula ketika sobat terlalu fokus menentukan tempat penginapan sehingga lupa dengan menikmati waktu liburan.

Mungkin jika memiliki keluarga atau kenalan di tempat tujuan liburan, manfaatkanlah fasilitas tempat gratis yang mereka tawarkan. Pastikan kamu juga harus meminta ijin terlebih dahulu.

Selain menghemat biaya penginapan, sobat bisa mendapatkan rekomendasi tempat wisata yang pas dan sesuai keinginan. Jika memang tidak ada, pilih hotel dengan bangunan kecil, atau villa jika jumlah orang yang berlibur melebihi lima orang.

Jangan Liburan Saat Musim Libur

Kelihatannya aneh. Tapi memang benar, pada musim liburan, yang namanya tarif untuk berlibur jelas naik 100 persen. mMacam-macam tarif, mulai dari tarif parkir hingga tiket masuk ke destinasi tertentu. Di tempat-tempat wisata juga bisa melonjak pengunjungnya.

Nah, untuk menghindari itu, sobat mungkin bisa mengambil cuti ke tempat tujuan liburan pada saat dua atau tiga hari sebelumnya

Kalau memang sobat hanya punya waktu liburan pada waktu-waktu tersebut. Dengan begitu, sobat bisa menghindari arus puncak liburan, yang ditandai dengan melambungnya segala biaya lliburan.

Paket Wisata

Jika sobat merencanakan berlibur bersama keluarga, bisa mengikuti paket wisata. Cobalah untuk mencari paket liburan karena akan memangkas biaya liburan kita, termasuk ongkos perjalanan, penginapan, dan tempat wisata.

Kamu bisa mencari paket wisata di internet atau melalui agen penyedia promo wisata di daerah. Pastikan kamu untuk mendapatkan berbagai informasi terkait promo yang sedang ditawarkan, sehingga kamu bisa membandingkan mana paket yang lebih murah dan tentunya cocok dengan destinasi yang ingin kamu kunjungi

Pilih Tempat Makan

Makan memang menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa ditawar. Akan tetapi apabila kamu memang benar-benar memiliki budget yang pas-pasan kamu bisa memilih tempat makan yang bukan berada di daerah strategis misalnya di pusat kota.

Jika sobat melakukan liburan di darat, mimin kosngosan merekomendasikan untuk membawa bekal dari rumah. Jangan kaget biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat dibanding makan di pinggir jalan. Kalaupun lupa membawa bekal, sobat bisa mencari rumah makan yang harganya miring.

Lupakan Souvenir

Ada yang bilang, liburan tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh! Tapi itu bagi yang punya biaya lebih ketika berlibur. Coba abaikan kebiasaan membeli souvenir, yang bisa menguras isi dompet sobat. Coba nikmati saja perjalanan liburan sobat tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli souvenir.

Oleh-oleh hanya bagi mereka yang memiliki budget berlebih ketika liburan. Oleh karena itu apabila kamu ingin menghindari tagihan oleh-oleh dari teman jangan memberitahu mereka bahwa kamu akan liburan. Cukup memberitahu mereka ketika kamu sudah pulang

Bila memang dianggap butuh, coba pilah-pilah souvenir yang memang dibutuhkan atau memiliki nilai mutu. Seperti sebelumnya, jangan mudah terpedaya oleh penjaja-penjaja souvenir. Coba survey semua penjual souvenir. 

Dengan begitu, sobat bisa membeli souvenir yang terbaik, termurah, dan cocok dihati. Silahkan sobat kasih komentar setelah ini.


Manfaatkan Wisata Gratis di Spot tertentu

Banyak destinasi menawarkan atraksi wisata gratis atau dengan harga diskon. Cari tahu tentang museum, galeri seni, atau taman yang dapat kalian kunjungi tanpa biaya masuk atau dengan harga yang lebih murah pada hari-hari tertentu. 

Juga, jangan lupa mengeksplorasi pemandangan alam atau jalur wisata alam yang tidak memerlukan biaya masuk.


Bersikap Fleksibel

Kalau kamu fleksibel dengan tanggal dan tujuan perjalanan, kalian dapat memanfaatkan penawaran last minute atau paket liburan murah yang muncul secara tiba-tiba. Banyak situs web atau agen perjalanan online menawarkan penawaran terbaik untuk perjalanan yang akan datang.


Batasi Pengeluaran mu

Tetapkan anggaran yang realistis untuk liburan mu dan patuhi batas tersebut. Hindari pemborosan dengan memprioritaskan pengeluaran mu Pertimbangkan apa yang paling penting bagi kalian dan fokuslah pada pengalaman yang member



Kata Penutup

Nah, sekian dulu postingan mengenai Bagaimana Membuat Liburan Hemat, Nggak Bikin Kantong Bolong. Bila sobat hendak berbagi, atau menambahkan pengalamannya, silahkan menulis dikotak komentar. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan sobat. Have a nice day! Ditunggu komentarnya ya
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru