Tips Hemat Untuk Anak SMA Membelanjakan Uang Jajannya

Bagaimana cara menghemat uang jajan untuk anak sekolah? walaupun masih muda, kamu tetap perlu melek finansial termasuk melakukan pengiritan terhadap biaya yang tidak perlu. Tujuan berhemat ada banyak sekali, namun secara umum kamu bisa mendapatkan tabungan yang lebih dan bisa dipergunakan untuk kepentingan yang lebih penting, daripada hanya dihabiskan kepada hal hal yang tidak bermanfaat.

Tips Hemat Anak SMA

Kali ini kosngosan akan membahas tips hemat untuk anak sekolah. Jika kamu anak SMA atau setingkat yang ingin berhemat dan berusaha untuk menekan pengeluaranmu perbulannya, maka disini mimin akan membuat tips hemat untukmu, anak sma.

Sebenarnya tidak ada standar khusus untuk berhemat. Bagi anak sma mungkin ini adalah langkah sederhana yang mudah diaplikasikan. Namun cukup sulit untuk tetap konsisten, dibutuhkan motivasi kuat untuk menerapkan pola hidup hemat ini. Apalagi dengan banyak aktivitasmu diluar, jangan khawatir karena tips ini memang diperuntukkan bagi kamu pelajar aktif dan memang punya tekad untuk berhemat.


Tips Hemat Anak SMA SMK dan MA


Kita tentunya membutuhkan asupan makanan untuk energi ekstra ketika menghabiskan waktu untuk belajar di sekolah. Nah, perlu suatu tips sederhana disini. Makanan ringan dalam bentuk snack kemasan dapat menguras kantongmu.

Baca juga : Cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar

Dan, jika kamu memang keseringan mengkonsumsi makanan ringan, kini kamu harus mengurangi dan menghentikan kebiasaan itu. Tapi apakah ada cara yang paling bagus untuk menyimpan uangmu dari camilan itu? Berikut adalah tips hematnya.

Sarapan adalah Hal Terpenting


Jangan lupakan sarapan. kamu akan lebih tenang dan terbebas dari biaya ngemil dan jajan yang berlebihan. Beberapa kita ingin dan punya hasrat kuat untuk jajan apabila paginya kelaparan. Jadi ketika kita lapar lebih cenderung tertarik pada makanan ringan yang dilirik oleh mata atau datang ke tempat di mana orang menjual makanan ringan.

Bagi mereka yang berniat untuk menghemat dan menjadwalkan program pemotongan anggran untuk makan, kamu dapat menjaga perutmu agar tetap kenyang dengan memulai hari dengan sarapan.


Bawa bekal untuk makan siang


Untuk menentukan jenis bekal makanan yang cocok, maka kamu bisa mencari tahu menu bekal yang mudah untuk disipakn di internet. Nah, logkanya bila kamu sudah bawa bekal dan makan siang dengan bekal tersebut, akan mudah untuk berhemat dari makanan ringan di sekitar kamu. Dari sana, tips ini akan mengurangi biaya makan siangmu dan kamu akan dapat menghemat uang dengan baik.

Namun sayangnya, kebanyakan pelajar indonesia sulit untuk melaksanakannya karena masih memiliki rasa malu dan kolot. Ada yang bilang karena usia mereka yang sudah besar dan tiadk memerlukan bekal lagi.

Uang jajan akan terus membesar bila kamu tidak melakukakn tips diatas. Juga ingat bahwa bekal disini bukan cuma makanan bahan pokok seperti nasi dan lauk, kamu juga bisa membawa makan siang berupa camilan bergizi seperti sandwich dan roti bakar.


Jaga Pola Hidup Sehat


Berbagai jenis makanan ringan mengandung sejumlah bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Hal ini tentunya akan mempengaruhi nilai hidupmu sebagai pelajar. Karena kesehatan adalah aset yang palign berharga.

Dengan adanya gaya hidup sehat, kamu tidak perlu menghabiskan sebagian besar biaya untuk pengobatan yang sebenarnya bisa dicegah. Ole karena itu selalu bawa bekal dari rumah. Mengapa demikian? Karena jika kamu menerapkan pola hidup sehat, daripada jika membeli camilan, kamu akan dipaksa untuk menerapkan pola hidup sehat.


Tidak Ada Salahnya Membuat Daftar Anggaran


Tentu saja, tidak semua makanan harus kita konsumsi. Umumnya banyak orang yang biasanya memiliki alergi pada makanan atau snack tertentu. Jadi jika kamu memiliki program diet, kamu dapat melakukannya dengan menyimpan uang sakumu secara efektif.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan membuat daftar pembatasan anggaran di notes kecilmu. Mulailah merencakanan keuangan mu dimulai dari sekarang.


Hindari Membawa Banyak Duit


Kebanyakan orang akan membeli langsung belajanaan mereka dan menghabiskan uang karena tidak sadar jika uang di dompetnya adalah uang terakhirnya untuk bulan ini.

Dengan uang cash di saku kebanyakan kita sebenarnya sangat mudah untuk membeli sesuatu, termasuk makanan ringan melalui uang cash yang cukup banyak di dompt.

Jadi lebih baik uang di dompet diminimalisr dan lebih baik disimpan di ATM (Automatic Teller Machine) bila kita membutuhkannya kelak nanti


Manfaatkan Fasilitas Gratis


Ya, jangan ragu untuk menggunakan semua fasilitas gratis. Ada banyak fasilitas gratis untuk siswa atau mahasiswa yang biasanya tersedia di kampus atau di sekolah, seperti air, Wi-Fi dan buka puasa di mesjid.

Anda juga bisa mendapatkan buku gratis di perpustakaan untuk mengerjakan pekerjaan rumah, dan sebagainya untuk membaca referensi. Alih-alih menghabiskan uang dengan pergi ke warnet mending kamu menggunakan Wi-Fi gratis.


Pisahkan Anggaranmu


Jika tidak mampu memisahkan urusan makanan ringan setiap hari, kamu dapat menggunakan cara berikut. Caranya adalah dengan memisahkan uang saku dengan uang untuk keperluan lain.

Mengapa demikian? Karena bila anggran berbeda, kamu tentunya akan menempatkan uangmu terpisah juga. otomatis kamu tidak akan menggunakan uang SPP untuk jajan dan begitu sebaliknya.

Buatlah tip ini seefisien mungkin. Berhati-hatilah untuk tidak membuat anggran atau persentase dari jajanmu secara berlebih hingga kamu mesti mengorbankan kebutuhan penting lainnya.


Buka Usaha Sampingan


Selain mengharapkan pemasukan dari pemberian orang tua sebagai pelajar yang aktif kamu harus menumbuhkan sifat entrepreneurship mu untuk membuka bisnis sampingan yang kamu sukai dan mulailah mendapatkan penghasilan tambahan selain uang jajan yang diberikan orang tua

Kamu bisa berjualan kuliner pulsa atau aksesoris atau sesuatu yang masih berkaitan erat dengan anak muda dan duniamu. Pilih bisnis yang yang menjadi solusi dari permasalahan yang sering kamu atau teman dan lingkungan mu hadapi


Konsisten dan Persisten


Jadi beberapa cara jitu untuk dapat menghemat uang dengan cara menghindari jajan secara berlebihan itu baik. Jadi jika kamu adalah pelajar yang benar benar ingin berhemat dan ingin menggunakan uangmu secara lebih efisien, maka kamu harus memegang teguh prinsip diatas.

Karena ada banyak sekali pelajar yang hanya memiliki semangat menghemat pada satu minggu atau dua minggu awal saja setelah itu dia tidak kuat lagi untuk melakukan langkah penghematan. Jadi disini memang betul-betul dibutuhkan motivasi dan konsistensi untuk terus berhemat

Baca juga : 9 Cara Mendapat Nilai Bagus Tanpa Perlu Belajar


Kesimpulan


Kemudian pada akhirnya berbagai langkah penghematan yang bisa kamu lakukan di atas haruslah di pergunakan dengan hal yang yang bermanfaat misalnya ketika kamu berniat untuk menabung demi kuliah di perguruan tinggi favorit mu atau membeli Barang yang benar-benar bermanfaat untukmu.

Lakukan dengan penuh keseriusan dan totalitas sehingga kamu akan mendapatkan manfaat secara maksimal. Salam sukses dari kosngosan untuk kamu para pelajar sekolah menengah atas.
By

0 Response to "Tips Hemat Untuk Anak SMA Membelanjakan Uang Jajannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel