14 Cara Menabung Uang ala Anak KOS Supaya Kaya

Bagaimana TIPS supaya bisa menabung dan mengumpulkan uang dengan cepat bagi anak kost? Bila kamu seorang mahasiswa, pelajar atau bahkan pekerja yang hidup perantauan dan jauh dari keluarga, sering bertanya demikian, maka kali ini kosngosan akan membahas beberapa trik apa saja yang perlu kamu lakukan demi mengumpulkan duit untuk kepentingan masa depan. Karena berhemat adalah ciri orang sukses, maka kamu perlu membiasakan diri untuk menyisihkan beberapa persen dari anggaran bulananmu.

Mengekos atau menjadi anak kost menjadi pilihan bagi si lajang yang ingin hidup mandiri dan jauh dari orang tua. Masalahnya biaya mengekos sering menjadi kendala kamu untuk dapat menabung. Perkara finansial ini menjadi ‘tantangan’ sendiri bagimu.

Sebenarnya tidak ada trik khusus tentang bagaimana cara menabung untuk mahasiswa atau pelajar yang berstatus anak kost. Semua dimulai dari hal sepele seperti berhemat dan memiliki kalkulasi yang matang mengenai finansial

Asalkan sobat kosngosan untuk tetap konsisten menabung selama hidup mengekos, maka kamu akan dapat mengumpulkan duit untuk berbagai keperluan jangka panjang. Hanya perlu kreatif menjalankan beberapa trik berikut yang mimin rangkum untuk kalian


Tips Menabung Anak Kos


tips menabung uang anak kost

1. Buat Prioritas Utama


Buatlah prioritas untuk dana setiap bulan. Jadikan membayar sewa kontrakan dan menabung sebagai dua prioritas utama setelah kamu mendapat gaji. Minta pada pemilik kontrakan agar penagihan uang sewa disesuaikan dengan tanggal gajianmu . Sementara untuk menabung gunakan fasilitas auto debit dari bank.

Mintalah untuk menyesuaikan sistem autodebit sesuai tanggal gajian mu. Dengan begitu otomatis kamu bisa konsiten menabung setiap bulan dengan besaran yang sama. Ingat, besarnya dana untuk menabung harus disesuaikan sebelumnya dengan perhitungan kebutuhan setiap bulan.

Baca juga : Terapkan 20 Contoh Perilaku Hidup Sederhana Berikut ini


2. Pilih Jenis kamar yang Tepat


Untuk kamu yang masih single, tak perlu mengekos di ruangan yang terlalu besar. Yang penting, utamakan ada kamar mandi di dalam. Tak perlu mencari kosan dengan fasilitas ‘wah’ seperti balkon, AC, dan pemanas air. Tanpa fasilitas tersebut, kamu bisa menghemat biaya kos Rp500 ribu hingga Rp1 juta per bulan.

Jika memang kosan kamu tak terlalu panas, sebaiknya tidak memasang AC. Kamu bisa memasang teralis dan kasa nyamuk di jendela agar bisa tetap aman dan nyaman membuka jendela kamar saat malam hari. Tambahkan kipas angin agar ruangan tetap sejuk. Yang terpenting saat mencari kosan adalah lingkungan yang bersih serta sirkulasi udara yang baik.


3. Pilih Lokasi yang dekat dan Terjangkau


Pilih tempat kos yang lokasinya dekat dengan tempat kerja Anda sehingga kamu tak perlu lagi mengeluarkan ongkos transportasi. Nantinya kamu dapat mengalokasikan ongkos transportasi untuk dana tambahan menabung.

Namun, sebelumnya pertimbangkan juga hal lain. Saat mengekos hal terpenting adalah terpenuhinya kebutuhan akan fasilitas air bersih dan keamanan.


4. Memasak Sendiri, Lebih Hemat


Cari tempat kos yang memiliki dapur yang dapat digunakan bersama oleh para penyewa kamar. Dibanding mengeluarkan uang untuk membeli makanan jadi, lebih baik memasak sendiri untuk makan sehari-hari.

Dana untuk memasak cenderung lebih murah dibanding jajan. Apalagi satu kali masak dapat untuk konsumsi tiga kali sehari tentu lebih murah dibanding jajan Rp 50.000 untuk satu kali makan.

Masaklah makanan-makanan sederhana yang juga tak membutuhkan dana banyak untuk membeli bahan-bahan mentahnya. Penting, nih, bagi si lajang untuk latihan memasak.


5. Kontrol Pengeluaran


Buat rencana keuangan setiap bulan. Tentukan bujet yang harus kamu keluarkan setiap bulan. Dengan menentukan bujet akan lebih mudah bagimu untuk memonitoring pengeluaran setiap bulan.

Jika pengeluaran bulan ini lebih dari bujet yang ditetapkan, maka kamu harus memotong bujet pengeluaran di bulan depan. Kuncinya, menahan diri untuk terlalu konsumtif dan cerdas menentukan prioritas.


6. Jalan Kaki Lebih Sehat (Hemat)


Tentu saja orang-orang banyak sekali yang menggunakan sepeda motor dalam hal mode transportasinya. Kalau dipikir-pikir apabila tempat kos mu tidak terlalu jauh dari tempat kerja, kampus atau sekolah, maka kamu bisa hanya berjalan kaki atau sekedar nebeng sama teman yang satu arah. Ini akan sangat menghemat pengeluaran mu terutama untuk keperluan transportasi seperti membeli BBM dan biaya servis motor


7. Hindari Hang-Out Setiap Hari


Ini adalah penyakit kaum milenial saat ini yaitu banyak sekali yang yang mendapatkan teman Toxic serta bersifat hedon yang mengajak berhura-hura setiap hari. Seperti kamu selalu hang out atau nongkrong di mall atau Cafe dan menghabiskan banyak uang untuk sekali kegiatan tersebut. Tentunya ini sangat tidak ramah dengan program menemu dan kamu harus mengurangi dan kalau bisa menghindari hal tersebut


8. Bawa Bekal dari Kos


Jangan malu untuk membawa bekal dari rumah. Orang-orang di negara maju lebih memilih untuk memakan bekal dari rumah ketimbang membeli di luar.

Selain karena hemat dan lebih praktis juga untuk keamanan dan kesehatan makanan lebih terjamin karena kamu sudah mengetahui kandungan dan bahan makanan yang akan kamu lakukan tersebut. Mungkin sesekali kamu tetap bisa untuk makan di luar tetapi biasakan untuk membawa bekal sebagai kebiasaan yang rutin untuk dilakukan


9. Hindari Belanja dengan Nafsu


Kamu pernah mendengar istilah belilah sesuatu berdasarkan kebutuhan bukan keinginan? Nah hal ini sangat perlu untuk diterapkan dalam kehidupanmu. Ketika kamu membuka aplikasi marketplace atau ingin belanja ke mall maka Buatlah list atau daftar belanjaan yang benar-benar kamu butuhkan untuk dibeli bukan hanya sekedar keinginan atau nafsu belanja semata


10.Buat Tabungan Khusus


Mungkin menabung menggunakan celengan sangat tidak mungkin lagi saat ini. Kamu bisa menabung dengan mengkhususkan membuka rekening tabungan yang khusus untuk kamu isi dalamnya bukan untuk diambil lagi. Hal ini akan lebih memfokuskan kamu dalam menambah isi saldo di dalamnya bukan justru menguranginya.Pilihlah jenis rekening yang memiliki biaya bulanan rendah


11. Berinvestasi


Orang-orang kaya dan orang-orang pintar selalu menginvestasikan duit mereka ke dalam instrumen yang sangat perspektif. Sehingga mereka tidak perlu bekerja lagi untuk menghasilkan uang tetapi uanglah yang bekerja untuk mereka. Ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa kamu pilih seperti saham dan reksadana. Ingat, belajarlah terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia investasi!


12. Mulai Bisnis Sampingan


Orang-orang yang ingin mendapatkan uang lebih banyak Haji Mereka cenderung untuk membuka bisnis sampingan. Bahkan ketika bisnis sampingan mereka menjadi besar mereka menjadi lebih fokus untuk mengembangkan bisnis tersebut menjadi bisnis utama. Kamu bisa memilih jenis bisnis apa saja yang cocok denganmu dan bisa bekerja sama dengan teman-temanmu yang lain.

Baca : 23 Peluang Bisnis Anak Milenial


13. Kumpulkan Uang Recehmu


Untuk jenis uang receh kamu bisa menggunakan media celengan untuk mengumpulkannya. Atau mungkin bisa membuat satu botol minuman Aqua untuk tempat menampung uang receh tersebut. Jangan menyepelekan uang receh karena apabila kamu bisa mengumpulkannya ini bisa membantumu untuk keperluan yang terdesak


14. Bersikap Dermawan


Terakhir dan yang paling utama adalah ketika kamu berniat untuk menghemat bukan berarti kamu menjadi orang yang pelit dan kikir. Karena dua hal ini sangat berbeda jauh.

Tetaplah bersifat dermawan dan apabila perlu memberikan sumbangan kepada pihak yang membutuhkan, rasakanlah pengaruhnya lebih positif terhadap bagaimana kamu bisa dengan mudah mengumpulkan uang dari setiap sifat kedermawanan mu tersebut

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis


Kata Penutup


Menabung adalah proses sepanjang hidup. Bukan berarti bila kamu sudah memiliki duit atau materi yang cukup, lantas membuatmu menjadi tidak menyukai kegiatan menyimpan duit ini. Ada banyak sekali manfaat yang dirasakan bila kita memiliki pola hidup yang sederhana, apa adanya. Dibanding dengan para kaum hedon yang memang selalu hidup berhamburan duit. Bukankah ketika sekolah kita sering diberikan petuah legend yang berbunyi :

"Hemat Pangkal Kaya"

Yakinlah suatu saat kamu akan merasakan manfaat yang luar biasa dari kebiasaan menabungmu ini. Nah bila memang dirasa kamu tidak mampu menyisihkan duit untuk ditabung, ada baiknya kamu instropeksi diri dan keungan terlebih dahulu. Setelah mengetahui apa yang salah, kamu bisa memperbaikinya kemudian mulailah menyimpan beberapa persen penghasilan atau jajanmu setiap harinya.

Demikian artikel mengenai Tips Anak Kost Menabung dengan cepat di kosngosan kali ini, mimin harap bisa bermanfaat bagi kamu anak kos yang punya mimpi untuk memiliki rumah sesegera mungkin, sebelum menikah. Jangan lupa berikan pendapat kalian mengenai tips diatas, bila ada yang mau ditambahkan, mimin akan dengan senang hati menambahkannya pada postingan ini.
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads