Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Donat Seribuan Untung Banyak

Kamu tertarik jualan donat harga 1000 an? Donat adalah cemilan enak ini telah sejak lama disukai oleh banyak orang dari berbagai usia dan kalangan. Cemilan dengan ukuran “O” ini banyak disukai karena bisa ditambah dengan varian toping.

Bisnis ini cukup menjanjikan, terutama bagi kamu yang berdomisili di sekitar lingkungan sekolah, kantor atau tempat yang punya potensi kerumunan cukup tinggi.

Saat ini ada banyak kreasi donat dari segi bentuk maupun rasa. Donat seribuan sering dijual dengan konsep titip warung atau sistem franchise (waralaba)

Tentu saja pembelinya pun tak pernah sepi karena selain enak, donat juga cukup mengenyangkan untuk mengganjal perut.

Jika Kamu tertarik denganresep donat untuk jualan untung banyak dan bagaimana peluang bisnis donat seribuan, simaklah ulasan kosngosan berikut ini.


Cara Memulai Bisnis Donat Seribuan

Usaha Donat Seribuan Untung Banyak

Bidang kuliner memang bidang usaha yang tak pernah habis untuk berkreasi dan menghasilkan peluang bisnis. Donat memiliki peluang bisnis yang menguntungkan dan prakteknya lebih mudah dibandingkan dengan bisnis kuliner lainnya.

Bagi sobat kosngosan yang ingin mengawali bisnis donat dengan harga seribuan, selain harus mempersiapkan Desain Brosur Donat Keren, kamu juga wajib menyimak tips sukses bisnis donat seribuan berikut ini.


1. Menentukan resep

Ada banyak resep donat di internet dan tentu saja dengan rasa yang enak. Namun saat Kamu menentukan resep yang enak untuk berjualan, sebaiknya memikirkan juga dari segi modal yang Kamu miliki.

Pilihlah resep donat yang tidak menghilangkan cita rasa makanan yang dibuat. Rasa juga akan berpengaruh pada omset penjualan.

Donat yang keras dan agak hambar tentu akan menyebabkan kurangnya pembeli dan berpengaruh pada omset.

Saat ini ada banyak resep donat yang telah disederhanakan dan tetap menjaga rasa donat. Jadi perlu untuk memilah resep sesuai dengan sisi ekonomi dan menjaga stabilitas rasa donat.


2. Siapkan alat serta bahan

Mempersiapkan alat dan bahan merupakan salah satu tips terpenting dalam bisnis. Alat dan bahan yang kurang akan menyebabkan produksi tidak optimal dan efisiensi waktu berkurang. Hal ini akan berdampak pada perkembangan bisnis dan omset.

Anggaran yang jelas akan memudahkan Kamu mengatur bahan dan alat yang dibutuhkan. Alat bantu pembuatan seperti mixer dan cetakan donat dapat ditunda terlebih dahulu jika budget masih kurang.

Sobat koꜱngosan bisa memulai bisnis ada dengan peralatan seadanya terlebih dahulu. Seiring waktu dan perkembangan bisnis donat kamu, tidak ada salahnya untuk melengkapi alat-alat bantu yang dibutuhkan.


3. Beri topping beragam

Anak-anak menyukai rasa yang berbeda-beda. Toping berupa keju, coklat, meses, maupun beragam variasi rasa yang manis menjadi pilihan yang baik untuk dikreasikan.

Kamu dapat menambahkan variasi toping agar lebih beragam dan banyak pilihan yang dapat ditawarkan kepada pembeli.

Akan lebih baik jika mengaplikasikan toping warna-warni jika target penjualan adalah anak-anak umur sekolah. Karena toping warna warni dan toping coklat lebih menarik dan banyak disukai oleh anak-anak.


4. Tentukan nama unik dan buat promo

Nama gerobak atau gerai yang unik juga dapat menjadi daya tarik bagi bisnis Kamu. Meskipun terlihat sepele jika Kamu berjualan di kawasan sekolah, namun nama yang unik atau lucu akan membekas pada pembeli. Jadi pembeli tertarik untuk mencoba.

Jangan lupa adakan juga promo untuk menarik pembeli. Tentukan saja minimal pembelian untuk mendapatkan promo, atau tentukan harga promo untuk paket donat yang akan dibeli.


5. Maksimalkan promosi

Mengiklankan usaha tentu merupakan tips terpenting dalam berbisnis. Promosi akan membuat donat Kamu diketahui orang dan menggugah keingintahuan calon pembeli.

Kamu dapat memanfaatkan handphone dan media sosial. Dengan Hp, Kamu dapat mengedit foto hingga tampak menarik.

Selain secara online, promosi juga dapat Kamu lakukan secara langsung dengan memasang spanduk atau banner yang menarik. Hal ini juga dapat menarik pejalan kaki untuk mampir membeli donatmu.


6. Motivasi dalam Berbisnis

Tips yang tak kalah penting juga adalah semangat. Dalam berbisnis tak semua jalan akan mulus, jadi tetap kobarkan semangat.

Semangat dapat Kamu lakukan dengan cara melakukan evaluasi setiap minggu atau bulan untuk menganalisa kekurangan.

Selain itu, semangat juga akan ditunjukkan pada sikap ramahmu pada pembeli. Jadi pelihara semangat dan lakukan yang terbaik.


Resep Membuat Donat Seribuan

Dalam berbisnis makanan, menentukan resep adalah yang utama. Meskipun donat terbilang cemilan yang umum, ada banyak variasi menu yang dapat digunakan untuk berbisnis.

Penentuan menu tergantung dari sasaran penjualan. Jika target penjualan adalah anak-anak sekolah atau di sekitar lembaga pendidikan resep donat yang dibutuhkan tentu resep sederhana yang sehat dan enak, sehingga harga lebih murah.

Jadi berikut ditampilkan resep praktis dan sederhana dalam membuat donat seribuan. Jadi simaklah ulasan berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan

- Tepung terigu (1 kg)

- Gula pasir (5 sdm)

- Ragi (2 sdm)

- Telur (2 butir)

- Margarin 5 sdm (dilelehkan)

- Garam (1/2 sdt)

- Minyak goreng

- Air matang

- Topping

*sdm = satu sendok makan, sdt = satu sendok teh, topping = selai atau taburan tambahan pada permukaan donat.

Cara membuat donat

• Bahan berupa tepung terigu, ragi dan gula dicampur hingga rata sambil diulen. Selanjutnya ditambahkan telur ke adonan, remas perlahan sambil di aduk. Kemudian sobat kosngoꜱan bisa tambahkan sedikit demi sedikit air matang hingga adonan setengah menggumpal.

• Adonan kemudian diuleni hingga tidak lengket dan kalis. Selanjutnya, tambahkan margarin cair dan garam sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga merata, jika memungkinkan cicipi sedikit untuk mengetes rasanya sudah cukup atau belum.

• Adonan ditutup dalam wadah tertutup jika sudah kalis dan merata. Selanjutnya tunggu hingga adonan mengembang (1/2- 1 jam). Adonan yang baik mempunyai rongga dengan bentuk serat.

• Sebelum dibentuk, kempiskan adonan agar gas yang dihasilkan ragi di dalam adonan keluar. Bentuk donat sesuai keinginan dan diamkan selama 15 menit. Goreng pada minyak panas dan setelah ditiriskan, beri toping sesuai selera.

Adapun untuk pembuatan toping dibutuhkan bahan berupa mentega (100 g), gula halus (100 g), Sirup rasa stroebery (1 sdm), dan ½ sdm margarin.

Mentega, sirup, dan gula halus di cairkan dengan diaduk hingga rata. Selanjutnya margarin dimasukkan dan diaduk kembali hingga rata. Saat topping masih hangat celupkan donat.

Dalam penjualan donat sebuan, untuk bahan dan alat sama saja, hanya yang membedakan adalah penyajian. Perbedaan varian rasa dengan adanya toping dapat menjadi pilihan bisnis usaha donat. Akan tetapi, perhatikan juga nilai ekonomis dari resep dan toping yang dipilih.


Analisis Usaha Donat Seribuan

Awal memulai bisnis, perlu diketahui bagaimana cara analisis usaha. Analisa usaha penting karena dengan menganalisis sobat kosngosan dapat menentukan omset yang Kamu inginkan.

Biasanya pembukaan bisnis di awal, modal yang dibutuhkan besar karena alat pelengkap seperti gerobak, gas, wajan, dan kompor.

Secara ringkas, analisis usaha untuk donat seribuan adalah sebagai berikut:

Kebutuhan alat:

Gerobak : Rp. 1.6 juta

Mixer : Rp. 700 ribu

Peralatan masak : Rp. 500 ribu

Kompor dan gas : Rp. 900 ribu

Total : Rp. 3.7 juta

Biaya operasional:

Bahan baku : Rp. 3 juta

Peralatan umum (habis pakai) : Rp. 250 ribu

Listrik, air, dan pulsa : Rp. 350 ribu

Biaya lain : Rp. 100 ribu

Biaya penyusutan : Rp. 100 ribu

Total : Rp. 3.8 ribu

Jika harga jual 2000, maka omset per bulan adalah:

Perkiraan omset : Rp. 2000 x 100 buah x 30 hari = Rp 4.5 juta

Laba per bulan (bersih) : omset – biaya bulanan = Rp. 6 juta – Rp. 3.8 juta = Rp. 2.2 juta

Jadi per bulan kamu akan menghasilkan omset bersih sebesar 2.2 juta. Pendapatan ini tentu akan tergantung dari banyaknya pembeli dan aktivitas promosi serta strategi yang baik.


Contoh Analisis Usaha Donat lainnya

analisis Usaha Donat Seribuan

Semangat dan pantang menyerah juga menjadi faktor yang penting dalam memulai dan menjalani bisnis ini. Ayo tunggu apalagi?

Baca juga : Peluang Bisnis Jajanan Serba Seribu


Kesimpulan

Membuka bisnis donat memang cukup mudah sobat koꜱngosan jumpai dan sudah banyak yang menawarkan kue donat ini dengan berbagai varian toping.

Dengan berbagai varian rasa dan terbuat dari bahan dasar seperti donat madu, donat ubi, donat kentang dsb. Untuk itu, kreatifitas menjadi kunci jualan produk ini

Berikan juga harga yang kompetitif dengan bermacam bentuk dan rasa. Semoga pembahasan kita kali ini bermanfaat, jangan lupa share dan bookmart halaman ini ya!

Oleh rezaharahap