Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Jajanan Serba 1000 yang Paling Laris

usaha jajanan serba murah

Produk jajanan seribuan memang banyak peminatnya. Berbagai segmen konsumen gemar men-konsumsi jajanan murah meriah bin enak ini. Tidak heran begitu banyak penjual jajanan yang mangkal di depan sekolah, Baik itu TK, SD, SMP, sampai SMA. Mereka juga menggelar dagangannya di pusat keramaian, bahkan di perkantoran sekalipun. Bagaimana prospek bisnis kuliner seperti ini? Kosngosan akan membahas lebih detailnya dibawah ini.

Jajanan menurut Winarmo adalah jenis makanan yang bisa ditemui di kaki lima, pinggiran jalan, stasiun, pasar, atau tempat pemukiman dan juga lokasi yang sejenis. Penjual jajanan biasanya berbaris di sepanjang jalan, menjajakan dagangannya untuk menarik calon pelanggan.

Selain rasa dan aroma masakan yang menggugah selera, jajanan ini juga ramah di kantong masyarakat menengah kebawah. Dengan hanya seribuan sampai lima ribuan rupiah saja, sehingga dapat dijangkau oleh anak sekolah dan mereka yang penghasilan pas-pasan.

Bukan hanya anak sekolah namun banyak kalangan pekerja yang menjadi penggemar jajanan pinggiran murah ini. Seperti diantaranya orangtua siswa, para guru, dan remaja yang hobbi kuliner-an dan memposting street food di media sosial mereka.


Jenis Usaha Jajanan Serba 1000

Nah kalau kamu penasaran apa saja sih jenis usaha jajanan serba seribuan yang disebutkan, maka berikut sudah kosngosan rangkum untuk kalian mengenai beberapa jenis usaha jajanan kuliner sejuta umat ini, antara lain :


1. Bakso Cilok

Bakso cilok adalah salah satu jajanan terlaris di lingkungan sekolah, khususnya anak sekolah SD. Jajanan ini terbuat dari olahan tepung dan bumbu-bumbu dapur, akan tetapi ada juga yang menambahkan daging sapi atau daging ayam ke dalamnya.

Bakso yang sudah berbentuk bulat ini lalu ditusuk, biasanya 3 sampai 4 bakso dalam satu tusukan, kemudian disiram dengan kuah kacang, ada juga yang memberi saos dan kecap diatasnya.


2. Sosis Goreng

Jajanan yang satu ini sangat mudah mengolahnya, cukup digoreng, jajanan ini pun siap untuk disajikan, meski sangat banyak penjual sosis mentah, yang bisa digoreng sendiri di rumah, jajanan sosis goreng ini tetap saja laris. Ada yang mengaplikasikannya dengan kentang dan adapula menambahkan nugget.


3. Martabak Telur

Martabak telur tidak jauh beda rasanya dari telur dadar yang sering menjadi lauk kita makan. Ya, komposisinya juga sama, hanya saja martabak telur dikemas ke dalam kulit lumpia lalu kemudian digoreng.

Tentu saja bentuk martabak telur ini lebih rapi dari pada telur dadar. Martabak telur yang dijual semakin enak jika ditambahkan cabai rawit atau saos.


4. Martabak Manis Mini

Kalau ada martabak telur yang punya rasa gurih dan pedas, martabak ini justru punya rasa yang manis. Sobat kosngosan bisa memberikan berbagai macam toping sesuai selera pelanggannya.

Ada pilihan toping coklat, toping keju susu dan kacang. Bentuknya yang mini dan imut memiliki rasa yang manis dan hal ini membuat kebanyakan pelanggan menginginkannya lagi untuk dibeli dalam jumlah yang banyak.


5. Donat

Donat yang paling umum adalah donat berbentuk bulat dengan lobang ditengah. Tapi sekarang ini sudah banyak variannya seperti donat bulat dengan isian yang berbeda-beda, atau ada pula donat bulat dengan taburan tepung gula diatasnya.

Donat yang paling ramai dipasaran belakangan ini ialah donat kentang. Donat kentang juga diaplikasikan dengan berbagai toping, ada toping keju, strawberry, keju, coklat, jelly, caramel, dll. Warna-warni dari toping berbagai rasa menimbulkan pesona yang cantik.


6. Gorengan Serba Seribu

Gorengan sering sekali menjadi jajanan yang sangat mudah kita temukan dimana-mana. Selain murah, gorengan termasuk jajanan yang cukup mengenyangkan, sehingga bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama pada kelaparan.

Ada begitu banyak macam gorengan yang diperjualbelikan di setiap kota dengan ciri khas dari daerahnya masing-masing.

Ada pisang goreng, tahu isi sayur, tahu isi mie, tempe, bakwan sayur, bakwan jagung, singkong goreng, risol, lumpia, pastel, combro dan misro, combro dan misro biasanya dijual berdampingan, keduanya adalah olahan ubi, combro berisi oncom sedangkan misro berisi gula merah.

Kemudian ada perkedel yang terbagi menjadi perkedel kentang, perkedel tahu, perkedel ubi, lalu ada yang namanya gandasturi, mungkin masih ada yang belum mengenal gandasturi, gandasturi yaitu gorengan dari olahan kacang hijau.


7. Kue Basah

Kue basah menjadi salah satu kue yang mengandung zat cair sehingga tidak tahan lama disimpan. Layaknya gorengan, kue basah juga tidak kalah banyak macaman yang bisa sobat kosngoѕan pilih

Seperti nagasari, kue lapis beras, dadar gulung kelapa, onde-onde, bolu pisang, bolu kukus, kue apem, lemper, kue talam, kue pukis, kue lumpur, putu ayu, cucur, serabi, kue sarang semut/caramel, getuk singkong

Ada juga klepon, bakpia, kue lepat (lemet), lepat pisang, lepat ketan, lepat ubi, lepat jagung, ongol-ongol, dll. Semua ini pada umumnya memiliki harga seribuan. Jadi, kue mana yang kamu suka?


8. Telur Gulung

Jajanan yang sangat sederhana ini komposisinya hanya telur dan garam. Menggoreng telur gulung ini harus menggunakan minyak yang banyak agar telur tidak menempel satu sama lain

Karena setelah digoreng, telur ini cepat-cepat digulung menggunakan tusuk sate. Setelah telur terkumpul di tusuk satenya, tekan-tekan pelan dan perlahan ke pinggir wajan agar menyatu dan tidak mudah lepas.


9. Pisang Molen

Bagi penyuka pisang pasti suka dengan jajanan yang satu ini. Namanya molen, pisang yang dilapisi adonan pastry (adonan tepung terigu warna kuning) terlebih dahulu, kemudian di goreng dalam minyak panas.

Pisang molen punya bentuk yang bervariasi, ada yang sebesar satu buah pisang dan ada juga yang pisangnya dipotong kecil sebesar ibu jari. Tak Cuma isian pisang saja, kini sudah ada pedagang molen kecil-kecil berisi kacang hijau, coklat, dan nanas.

Salah satu jajanan legend ini sangat mudah kita temukan ditempat-tempat umum. Terutama di komplek sekolah, lalu di pinggir jalan, juga di pasar.

Berlomba-lomba menarik perhatian para pembeli, banyak pedagang gerobak molen ini yang memberi warna mencolok pada gerobaknya, misalnya warna pink, kuning cerah, hitam pekat dsb.

Disamping itu, sobat kosngosan juga yang membubuhi nama molen dengan nama populer dibelakangnya, seperti "moleen jameela". Nilai plusnya, hal itu justru membantu pelanggan mengingat gerobak molen langganannya.


10.Es Pisang Coklat

Pisang memang buah yang bisa diolah menjadi bermacam sajian. Bisa digoreng, dibakar, direbus dan dikukus. Nah, untuk es pisang coklat ini pisangnya dibekukan terlebih dahulu di dalam freezer, lalu di celupkan ke dalam lelehan coklat.

Tidak hanya coklat polos, kini banyak yang memadukannya dengan meses warna warni, susu atau serpihan kacang seperti yang sering kita temui pada eskrim-eskrim bungkusan yang dijual di warung-warung maupun swalayan.


11. Kue Lekker

Camilan ringan yang satu ini berbentuk bulat tipis, diatasnya dituang sedikit susu kental manis coklat, lalu dilipat menjadi dua bagian. Jajanan yang terbuat dari tepung terigu ini memiliki rasa yang manis, gurih serta garing seperti kerupuk.


12. Es Lilin

Es lilin, es mambo atau sering juga disebut es loli merupakan makanan beku yang dihasilkan dari minuman cair yang dikemas ke dalam plastik kecil memanjang kemudian ujungnya diikat dengan karet.

Es warna warni sesuai rasanya ini tetap eksis apalagi di kalangan anak-anak yang mayoritas menyukai makanan dingin dan segar.


13. Agar-Agar Jelly

Makanan kenyal ala rumahan yang memiliki bentuk unik dan mini ini hanya sekali suap tapi cukup memberi kesan nyaman di mulut.

Sama seperti es lilin, agar-agar jelly juga banyak warna biasanya sesuai rasa, warna coklat rasa coklat, warna pink rasa strawberry, warna hijau rasa melon, dan lain sebagainya.


14. Es Krim Seribuan

Di era modren ini, sudah banyak merk eskrim baru yang melejit dipasaran. Para produsen es krim bersaing menciptakan varian dan rasa baru di setiap waktunya

Namun bukan berarti mengubur cita rasa si es krim legendaris dengan wadah corong lancip berukuran kerdil ini. Harganya yang sangat terjangkau tetap bisa menjadi pilihan buat sobat koѕngosan dalam membuat eskrim corong dengan sedikit modifikasi.


15. Permen Gulali

Gulali dihasilkan dari gula pasir dan air serta pewarna makanan yang dipanaskan sampai benar-benar halus dan kenyal. Setelah itu ambil gulali dan bentuk sesuai selera.

Gulali juga siap dihidangkan dengan gagang yang sekaligus menjadi pegangannya. Semakin banyak gradasi warna gulali yang dihasilkan semakin menarik hati anak-anak untuk membelinya.

Berikut beberapa jenis usaha jajanan seribuan yang telah dirangkum, apakah kamu tertarik dengan peluang bisnis jajanan anak tersebut? Jika ya, kamu dapat memilih salah satu atau lebih.

Dengan modal awal yang relatif kecil kamu sudah bisa mengembangkan usaha sesuai keinginanmu, tapi jangan salah, karna banyak usaha yang mulanya hanya emperan namun merambah menjadi besar bahkan mempunyai cabang di setiap kota. Akhir kata, semoga bermanfaat.

Baca juga : Ide Makanan Ringan Serba Lima Ribuan


Bagian akhir

Beberapa contoh ide jajanan murah di atas bisa sobat kosngosan lakukan untuk merintis usaha jajan disekitar tempat tinggal mu.

Peluang usaha ini masih terbuka asalkan kamu memang bisa bersungguh-sungguh melakukannya. Jika informasi dari kami di atas bermanfaat, silakan klik like dan share artikel ini. Terima kasih dan jangan lupa untuk bookmart juga halaman kami ya.

Oleh rezaharahap