Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Peran dan Fungsi Perguruan Tinggi dalam Pembangunan

Apa saja peran dan fungsi perguruan tinggi terhadap pembangunan di Indonesia? Universitas atau dalam cakupan yang lebih luas yaitu Perguruan Tinggi memiliki peran penting dalam mendukung program pembangunan Sumber Daya Manusia atau SDM yang berkualitas. Seperti pada negara maju, kampus selalu berperan dalam pembangunan ekonomi yang kompetitif secara global dengan menghasilkan lulusan yang berkemampuan dan produktif serta mewujudkan, mengaplikasikan dan menyebarkan gagasan dan penemuan yang solutif dan baru.

Di Indonesia, para mahasiswa yang baru saja menyelesaikan studi di kampus sering terbentur dengan pembekalan ilmu yang tak berimbang dengan permintaan dari industri/perusahaan, dengan adanya hal itu, sudah menjadi suatu keharusan untuk semua pimpinan perguruan tinggi agar memberikan semacam pembekalan skill atau keahlian yang cukup pada mahasiswa didikannya.

Perguruan tinggi wajib mampu membekali lulusannya dengan keahlian yang terstandar, gigih dalam bekerja, penuh integritas dan pantang menyerah serta pantas dengan kebutuhan dan fleksibel, begitu kita kita pesan Menristekdikti.

Tugas dari pimpinan perguruan tinggi ini adalah untuk mengembangkan potensi yang terdapat di masing-masing daerahnya agar menjadi sebuah penemuan kreatif yang dapat meningkatkan potensi Indonesia supaya lebih dikenal lagi di dikancah internasional.

Baca juga : Tata Cara Chat Dosen yang Sopan


Peran dan Fungsi Perguruan Tinggi


peran fungsi perguruan tinggi

1. Sebagai Inovator Kearifan Lokal


Agar perguruan tinggi mampu meningkatkan inovasinya dalam memanfaatkan kearifan lokal sampai menjadi produk unggul yang hanya ada, untuk pemerintah setempat agar dapat bekerja sama dengan perguruan tinggi sehingga menjadi lokomotif dalam bidang iptek dan penemuan kreatif.

Adanya harapannya agar kampus dapat mempublikasikan hasil penelitian yang mereka lakukan, dan mengkomersialisasikan hasil riset dan penemuan kreatif untuk didistribusikan ke masyarakat Indonesia. Sebab suatu penelitian akan menjadi hal yang sia-sia jika masyarakat tak dapat merasakan manfaatnya.


2. Memberikan Solusi terhadap Masalah yang terjadi di Masyarakat


Tingkat refleksitas terhadap problematika daerah harus mulai digalakkan. Seperti misalnya pihak perguruan tinggi bisa merekomendasi penyelesaian masalah terhadap kemacetan atau penumpukan sampah secara berlebihan. Perguruan tinggi di Indonesia harus mampu menghasilkan riset berkualitas yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

Gerakan pengabdian dan penelitian kampus, dengan cara melaksanakan penemuan kreatif yang berguna untuk masyarakat, bangsa, dan negara, sehingga kerjasama yang telah kita lakukan dalam membangun bangsa ini dapat dinikmati oleh masyarakat dan bangsa Indonesia tercinta.


3. Sebagai Wadah dalam Mengembangkan Bakat


Kamu yang masih bingung memilih jurusan atau program studi di perguruan tinggi favoritmu, mulailah menentukan yang terbaik menurut bakat, minat dan cita citamu. Selain jurusan, ada faktor lain yang harus kamu perhatikan seperti jenis perguruan tinggi apakah berbentuk vokasi atau akademik, bentuk perguruan tinggi seperti universitas, insititut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi.

Perguruan tinggi juga harus dilihat dari seberapa besar prospek kerja yang diberikan kepada lulusannya, apakah lebih condong kepada studi lanjut atau berwirausaha. Untuk itu perguruan tinggi harus memberikan penambahan materi bisnis wirausaha bagi setiap mahasiswanya, supaya dapat mengubah mindset "menjadi karyawan" kepada "wirausaha" dan menciptakan lapangan kerja baru


4. Menciptakan SDM yang Unggul


Perguruan tinggi yang memiliki SDM berkualitas jangan hanya menjadi tempat belajar yang cuma menghasilkan para akademisi yang kurang berkontribusi terhadap perubahan lingkungan. Tetapi turut andil dalam mengembangkan wilayahnya masing masing sehingga menciptakan efek domino dalam pembangunan sumber daya manusia di Indonesia.

Para lulusannya bisa berkontribusi dalam penanganan masalah yang terjadi di tengah masyarakat. Misalnya saja ketika mengadakan program KKN atau kuliah kerja nyata, mahasiswa berbaur dengan masyarakat dan mengadakan berbagai program kerja untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi disekitar mereka


5. Tempat Berdiskusi dan Bertukar Pikiran


Kampus menjadi sarana yang tepat dalam mengajukan berbagai program dan ide ide kreatif. Fasilitas yang dimiliki oleh kampus mulai dari perpustakaan, gedung aula pertemuan, tenaga pengajar yang kompeten dibidangnya, dan para civitas akademi menjadikan lingkungan kampus menjadi sarana yang tepat untuk saling bertukar pikiran.

Dari hasil tukar pikiran, pelatihan, seminar, loka karya, workshop dan sebagainya inilah akan menghasilkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas, aktif dan memiliki pemikiran yang terbuka dan berwawasan luas.

Baca juga : Tips Membagi Waktu antara Kuliah, Bekerja dan Berorganisasi


6. Kerjasama Terhadap Korporasi


Kampus sebagai lembaga pendidikan, juga bisa bekerjasama dengan pihak korporasi atau perusahaan dalam menciptakan penemuan atau mengembangkan suatu projek yang bersifat komersial. Harus kamu sadari ketika sudah kuliah, maka banyak perusahaan yang sangat membutuhkan seseorang yang memiliki keterampilan organisasi

Nah ketika seroang lulusan telah memiliki kemampuan berpikir kritis, dan menyelesaikan suatu masalah. Hal ini juga manfaat kuliah yang akan kamu dapatkan karena kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah membutuhkan syarat lulusan dan keterampilan spesifik yang Anda dapatkan di perguruan tinggi.


7. Sebagai Pembentuk Lulusan Siap Kerja


Perguruan tinggi sebagai wadah dalam membentuk tenaga kerja yang berkualitas. Tentu saja selama kuliah, para mahasiswa telah ditempa dengan berbagai materi teori dan praktek langsung mengenai bidang keilmuan mereka masing masing. Maka peluang kerja yang akan didapatkan oleh seorang lulusan perguruan tinggi akan lebih baik daripada mereka yang tidak kuliah.

Jadi Perguran tinggi berfungsi sebagai media untuk memberikan kamu Peluang kerja yang lebih baik, yang nantinya akan memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan penghasilan dan karir yang lebih baik di masa depan. Ini merupakan manfaat kuliah yang dapat anda rasakan ketika kamu lulus dan bersiap menghadapi dunia kerja.

Baca juga : Peluang Usaha Sampingan Dosen


Kata Penutup


Dengan begitu, perguruan tinggi semestinya memiliki kredibilitas institusional. Beberapa diantaranya harus memiliki akuntabilitas, efisiensi dalam setiap kegiatan operasionalnya, menghasilkan lulusan berkualitas, memiliki manajemen internal yang transparan serta memenuhi standar.

Demikian artikel mengenai Peran dan Fungsi Perguruan Tinggi dalam Pembangunan SDM kali ini, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk memberikan komentar di bawah ini.
Oleh rezaharahap