5+ Contoh File dan Cara Mengamankan Tugas Kuliah

5+ Contoh File dan Cara Mengamankan Tugas Kuliah

Baca juga :

Kali ini kosngosan akan membahas mengenai Contoh dan Cara Mengamankan File Tugas Kuliah. Karena file seperti makalah, power point dan aplikasi kampus sangatlah penting. Oleh karena itu kamu tidak bisa sembarangan menyimpan file di perangkat yang tidak aman. Di zaman milenial dan teknologi informasi seperti sekarang ini, kebutuhan akan laptop dan internet telah menjadi salah satu sarana untuk membantu mahasiswa dalam menempuh pendidikan.
contoh cara file tugas

Melalui media keduanya, mahasiswa milenial kini dapat mencari bahan kuliah hingga membuat tugas dengan lebih mudah.

Namun di balik kemudahan tersebut, penggunaan internet ternyata juga menyimpan bahaya. Apabila kamu tak hati-hati, informasi pribadi dan data di perangkat dapat dengan mudah berpindah tangan.

Terlebih, di era digital sekarang ini penyebaran malware kian masif, sehingga diperlukan pencegahan untuk memastikan data seperti skripsi, bahan kuliah, termasuk informasi personal tetap berada di tempat yang aman.

Baca juga : Contoh Website yang Menyediakan Makalah dan Kumpulan Tugas

Contoh File Tugas Kuliah


Beberapa contoh file tugas kuliah yang sering dosen berikan kepada mahasiswa adalah makalah dan presentasi. Namun beberapa tugas lain yang bersifat Hard File atau Soft File, akan kita uraikan dibawah ini :

1. Tugas Presentasi


Tugas ini biasanya berisi power point dalam format PPT yang bisa dibuat menggunakan microsoft power point. Berisi rangkuman dan poin poin mengenai materi apa saja yang dipelajari pada mata kuliah yang sudah diajarkan. Presentasi ini bisa dilakukan secara individual atau pun secara kelompok.

2. Tugas Makalah


Makalah adalah sejenis karya tulis yang bersifat pembahasan mengenai suatu bidang. Sebelum di cetak, biasanya makalah di kerjakan terlebih dahulu dalam microsorf word dan dikerjakan oleh individu atau kelompok. Pembahasan makalah dibagi menjadi bab per bab, dengan pembahasan per bidang dari suatu mata kuliah.

3. Tugas Laporan Praktikum


Laporan berbeda dengan makalah. Laporan berdasarkan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa baik didalam laboratorium atau di lapangan. Praktikum atau kegiatan langsung tersebut menggunakan berbagai metode pengambilan data, kemudian di kumpulan dan dianalisis dan jadilah suatu karya tulis berupa laporan praktikum.

4. Tugas Film Dokumenter


Tugas jenis pembuatan video ini memang cenderung lebih banyak di lakukan oleh mahasiswa komunikasi dan multimedia. Namun tidak menutup kemungkinan tugas jenis ini juga bisa kamu kerjakan. Karena semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi, membuat mahasiswa harus bisa menghasilkan dokumentasi dalam bentuk video terhadap kegiatan praktikum atau pembelajaran.

5. Tugas Akhir Skripsi, Disertasi atau Tesis


Dari sekian tugas kuliah yang ada, ini adalah tugas yag paling penting dan paling akhir. Kuliah mu tidak akan selesai apabila tidak menyelesaikan tugas karya tulis ilmiah ini. Terdiri dari beberapa bab, dilakukan penelitian, sebelumnya harus mempresentasikan proposal penelitian dan turun lapangan menggunakan alat penelitian dan setelah itu data yang diperolah dianalisis dan didapatkan kesimpulan yang akan berguna bagi beberapa pihak yang terkait. Ini juga menjadi syarat utama untuk mendapatkan gelar sarjana, magister dan doktoral.

Cara Melindungi file tugas kuliah agar aman


tugas kuliah

Untuk itu, mengutip dari laman Make Use Of, berikut ini ada lima cara untuk menjaga keamanan data di perangkat dan informasi pribadi untuk para mahasiswa selama beraktivitas.

Mengunci Aplikasi Smartphone


Teliti memilih smartphone yang bisa memberikan rasa aman dalam berkomunikasi dan keamanan dalam penyimpanan data menjadi hal wajib.

Kini, smartphone telah menjadi salah satu perangkat andalan para mahasiswa. Melalui smartphone, kamu dapat mengunduh bahan kuliah atau sekadar mengedit tugas sebelum dikirim ke dosen.

Mengingat banyaknya informasi berharga, tak ada salahnya kamu selalu mengunci smartphone. Dengan cara ini, kamu dapat mencegah orang lain mencuri informasi dari perangkat tersebut.

Tak lupa, aktifkan pula fitur pencari perangkat agar memudahkanmu mencari perangkat yang mungkin tertinggal di perpustakaan atau dicuri oleh orang tak bertanggung jawab.

Melakukan Backup secara rutin


Cara ini paling mujarab untuk mencegah hal tak diinginkan terjadi pada data milikmu. Salah satu yang cukup efisien dan tak membutuhkan biaya adalah mendaftar layanan komputasi awan milik sejumlah perusahaan, seperti Google atau Microsoft.

Dengan cara ini, kamu dapat memastikan tugas atau bahan kuliah tetap aman. Tak hanya itu, kamu juga dapat mengakses data tersebut melalui perangkat lain, seperti tablet atau smartphone.

Untuk menghemat kuota internet, kamu dapat memanfaatkan jaringan internet di kampus. Apabila membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar, hard disk eksternal juga dapat menjadi opsi tersendiri.

Menghindari berbagi informasi akun


Berbagi akun Neflix atau Spotify dengan teman memang menyenangkan karena membuatmu dapat menghemat pengeluaran. Akan tetapi, pastikan akun tersebut bukanlah akun pribadimu.

Alasannya, akun tersebut dapat disalahgunakan mengingat mengandung informasi pribadi di dalamnya. Apabila tertarik, kamu dapat memanfaatkan layanan berlangganan kelompok yang sudah hadir di beberapa penyedia.

Menggunakan Antivirus


Mengingat saat di kampus kamu terhubung dengan jaringan umum, ada baiknya bekali laptopmu dengan antivirus. Hal ini penting untuk menjaga keamanan perangkat dan data di dalamnya.

Apabila kamu masih enggan membeli antivirus berbayar, pengguna Windows sebenarnya dapat memanfaatkan Windows Defender untuk perlindungan. Namun perlu dicatat, kamu tetap harus memperbarui data software tersebut untuk membuatnya tetap mumpuni.

Tidak menggunakan sandi yang sama pada berbagai akun


Kebiasaan untuk menggunakan password yang sama untuk beberapa layanan memang memudahkan. Namun di balik kemudahan itu tersimpan bahaya karena memungkinkan pihak lain masuk ke beberapa layanan sekaligus, saat berhasil membongkar password.

Karenanya, selalu gunakan password berbeda untuk layanan yang berbeda pula. Tak hanya itu, selalu perbarui password tersebut secara berkala untuk mencegah kemungkinan pencurian data.Untuk memudahkan menyimpan beragam kata kunci tersebut, kamu dapat memanfaatkan aplikasi seperti password manager sehingga tak perlu repot lagi mengingat kata kunci yang dibuat.

Semoga artikel mengenai Tips Melindungi Data Penting Tugas Kuliah ini bisa berguna untuk kamu. Jangan lupa share tulisan ini agar teman yang lain bisa membacanya. Berikan juga komentar mu dibawah ini.
Buka Komentar