Contoh Website yang Menyediakan Makalah dan Kumpulan Tugas

Contoh Website yang Menyediakan Makalah dan Kumpulan Tugas

contoh website

Berikut kosngosan kasih info buat kalian mengenai Contoh Website yang Memberikan Makalah dan Kumpulan Tugas yang berguna sebagai referensi tugas baik itu kuliah maupun sekolah. Keberadaan berbagai website ini menjadi angin segar bagi kalian yang memang membutuhkan inspirasi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen atau guru.

Contoh makalah dan tugas memang dirasa sangat penting bila sedang mendapatkan tugas kuliah dan sekolah. Kalau kamu butuh referensi, apa yang pertama kali kalian lakukan? Yups, benar. Membuka internet dan mulai mencari dengan kata kunci tertentu.

Dan disinilah ada banyak kumpulan contoh website yang menyajikan berbagai materi tentang apa yang kalian cari. Dari banyak web dan blog tersebut, mimin merangkum ada beberapa web yang memang khusus dalam membahas dan berbagi informasi pendidikan.

Sudah bisa dipastikan bahwa setiap postingan dan artikelnya pasti menduduki posisi halaman pertama dalam pencarian. Dan kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan keberadaan web ini. Atau bahkan kalian sudah punya akun dan sering juga membukanya langsung tanpa melalui mesin pencari.

Website seperti apa sih yang dengan berbaik hati membagikan makalah dan materi tugas kepada kalian? well, sebenarnya kosngosan juga memberikan hal yang sama. Tetapi website ini lebih besar dan fokus dalam berbagi data pendidikan. Doakan saja kosngosan supaya bisa menjadi besar dan bisa menjadi media berbagai file penting dibidang pendidikan seperti contoh web dibawah ini.

Google Schoolar


Google Scholar atau Google Cendekia diciptakan sejak tahun 2004 silam. Produk google ini merupakan portal atau pengindeks format publikasi yang berguna sebagai alternatif kalian untuk mencari materi maupun referensi pendidikan dan penelitian ilmiah dengan berbagai kepentingan akademik. 

Referensi yang bisa kalian cari di produk pendidikannya google ini dapat berupa jurnal ilmiah yang merupakan hasil-hasil penelitian/riset atau kajian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Google Scholar dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Google Cendekia.

Google cendekia ini sangat lengkap, menyediakan berbagai fitur antara lain berbagai jurnal online dan penelitian ilmiah seperti makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel, dari penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, dan kepentingan organisasi akademis lainnya.

Untuk cara teknis penggunaan dan pemanfaatan google cendekia, bisa kalian cari di google sendiri. ada banyak tutorial dan panduan cara penggunaannya. Yang penting kalian sudah punya akun google. Kita lanjut pada contoh website berikutnya.

Scribd



Siapa yang tidak kenal Scribd ? Bagi mahasiswa dan anak sekolah mungkin sudah akrab dengan portal website yang satu ini.

Scribd merupakan sebuah website yang berisikan kumpulan dokumen dan data yang menyatu dalam sebuah halaman website dengan menggunakan iPaper format. Scribd dibuat oleh Trip Adler (Tikhon Bernstam and Jared Friedman pada tahun 2006).

Media website Scribd ini pada dasarnya dirancang untuk membantu kita dalam mempublikasikan dan menyebarkan konten untuk keperluan web dan mobile dengan mudah. Scribd  mendistribusikannya ke khalayak maya secara global. Konten ini akan berpotensi menghasilkan dengan menjual konten tersebut.

Ada banyak format yang didukung oleh Scribd, diantaranya adalah Format Portable Document Format (.pdf), PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc, .docx), Microsoft PowerPoint (.ppt, .pps, .pptx)Microsoft Excel (.xls, xlsx), OpenOffice Text Document (.odt, .sxw), OpenOffice Presentation Document (.odp, .sxi), OpenOffice Spreadsheet (.ods, .sxc), Semua format OpenDocument, Plain text (.txt) dan format Rich Text Format (.rtf). Lengkap bukan?

Jadi kamu bisa memanfaatkannya untuk kepentingan makalah dan tugas sehari harimu tanpa takut lagi kekurangan referensi.

Academia


Jejaring sosial (social network) khas pendidikan ini didirikan oleh Om Richard Price yang belamatkan academia.edu. Academia ini diluncurkan pada bulan September tahun 2008 silam. Hingga sekarang, Academia sudah memiliki lebih dari 2 juta pengguna terdaftar.

Platform Academia sendiri dapat dimanfaatkan untuk share berbagai jenis dokumen dan mengikuti penelitian dalam bidang tertentu.

Academia menjadijejaring sosial terbesar dimana kita bisa mengakses ilmu dan pengetahuan secara terbuka. Ini menjadi jawaban dari kebutuhan kita selama ini dalam mendapatkan ilmu dan berbagi pengetahuan dengan kalangan akamik diseluruh dunia. 

Kita dapat menemukan hasil penelitian dalam berbagai disiplin ilmu secara luas hanya dengan memilki akun Academia ini.

Tertarik dengan academia? Kamu bisa mendaftar menjadi membernya secara gratis. dengan menjadi member, ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya kita bisa bebas mencari dan men-dowload berbagai materi yang disediakan. 

Ada juga sistem follow-nya seperti twitter dan instagram. Kita bisa follow akademisi tertentu agar setiap kali di mengupload hasil penelitian, jurnal ilmiah ataupun materi pendidikannya yang terbaru, kita akan mendapatkan notifikasi pada dashboard academia kita. Keren bukan?

Slideshare


Website Slideshare dengan alamat Slideshare.net merupakan situs yang memberikan berbagai informasi seputar pendidikan dengan format PPT atau power point yang bisa memenuhi kebutuhan presentasi mu di kampus atau sekolah. 

Tapi bukan hanya file format ppt saja, kamu juga bisa menyimpan, berbagi dan mengunduh file format seperti word dan pdf.  Berbagai jenis file khas akademis ini bisa kita dimanfaatkan secara gratis untuk menambah referensi tugas kita.

Kita bisa belajar dari berbagai presentasi untuk berbagai topik seperti manajemen, pendidikan, motivasi, bisnis, pertanian, psikologi, olahraga, kewirausahaan dan berbagai hal lainnya sesuai kebutuhan kita. Lengkap dan komplit.

Kalau kamu adalah tipe yang malas atau tidak punya keahlian dalam mendesign presentasi, kamu bisa mendownload file di slideshare ini. Tapi ingat, jangan cuman copy mentah mentah ya. Ada etika yang harus diterapkan sebagai seorang akademisi.

Cukup gunakan slide yang diberikan sebagai referensi semata ya. Karena selain untuk menghargai si pembuat, ada baiknya kita berlatih membuat slide atau powerpoint yang berkualitas sesuai kemampuan kita sendiri.

Kosngosan


Siapa yang tidak kenal dengan kosngosan? Muehehe, ini dia blog kesayangan kita yang menyediakan berbagai materi dan contoh makalah buat dijadikan sumber referensi tugas kuliah dan sekolahmu. Blog dari mimin ini memang masih kurang layak bila dikatakan sebagai blog khusus pendidikan. Tapi mimin berusaha dan memberikan yang terbaik buat mendukung dan mewujudkan itu.

Kosngosan sudah genap 1 tahun. Kedepannya mimin berharap kosngosan ini lebih banyak menyediakan materi dan makalah langsung dari kalian. Karena mimin terus terang sering kekurangan bahan untuk di share di blog ini.

Kalau kalian tertarik, punya makalah, paper, skripsi, kliping, atau pun segala jenis karya ilmiah hasil buatan kalian sendiri, bisa hubungi mimin untuk di publikasiakan di kosngosan. Selain hasil karya kalian diterbitkan dan digunakan banyak orang, kalian juga dapat banyak pahala amal jariyah karena berbagi ilmu kepada khalayak ramai.

So, jangan ragu untuk berbagi bersama kosngosan!

Demikian pembahasan kita mengenai Daftar dan Contoh Website yang Menyediakan Makalah dan Kumpulan Tugas. Mari kita menggunakan materi dan contoh makalah yang diberikan oleh berbagai website tersebut dengan bijak. Karena seorang mahasiswa dan pelajar yang baik tentu tidak menggunakan makalah orang sebagai jiplakan atau salinan untuk hasil karyanya. Jadikanlah sebagai referensi yang akan mengembangkan kemampuan mu dalam menulis dan berkarya.