23 Channel YouTube Pendidikan Terbaik di Indonesia

Apakah kamu sedang mencari daftar saluran youtube edukasi tentang materi pelajaran dan semacamnya yang bisa menambah pengetahuan mu sebagai seorang pelajar atau mahasiswa? Kali ini kosngosan akan mencoba membahas beberapa channel YouTube yang bisa memberikan informasi tambahan kepada kalian. Walaupun video YouTube didominasi oleh hiburan, tapi kamu masih bisa menemukan banyak konten bermanfaat Seperti penjelasan sains dan pelajaran sekolah menggunakan bahasa Indonesia.

Salah satu pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan adalah menjadikan beberapa fitur sebagai media bantu belajar bagi siswa dalam memahami suatu pelajaran. saat ini platform media sosial seperti YouTube, sudah memiliki pengguna jutaan di seluruh dunia. Berbagai konten hiburan yang ada di dalam YouTube tidak pelak menjadi magnet tersendiri untuk penonton online.

Karena para pelajar sekolah saat ini sudah tidak bisa lagi menghindari internet, oleh karena itu memanfaatkannya tentunya akan memudahkan tugas seorang guru dan pelajar dalam proses pembelajaran.

Materi pembelajaran dalam bentuk video dinilai lebih efektif dan efisien dalam membantu guru mencari referensi bahan ajar, dan juga membantu para siswa untuk memahami suatu bidang pelajaran.

Beberapa kelebihan belajar dari video YouTube, selain memberikan pemahaman yang lebih mudah dan atraktif, untuk mengakses video ini relatif lebih murah dibanding dengan membeli buku secara manual. Selain itu sobat kosngosan juga bisa mengunduh videonya dan memainkan di perangkat laptop atau smartphone secara offline apabila ingin diperjelas lagi materinya.

Jadi belajar lewat video YouTube bukanlah hal yang tabu yang harus dihindari oleh orang tua. Justru sebaliknya sebagai orang tua kita harus memanfaatkan teknologi yang ada untuk memudahkan anak dalam memahami pelajaran. Jadilah orang tua milenial yang menguasai teknologi, termasuk salah satunya adalah konten di YouTube

Baca juga : Kepoin 11 Channel YouTube Tentang Remaja Milenial 

Nah ketika kita berbicara mengenai video YouTube tentu saja kamu wajib mengetahui beberapa channel YouTube yang spesial membahas materi pendidikan untuk anak sekolah. Kamu bisa menjadikan beberapa dibawah ini sebagai rekomendasi channel yang harus kamu subscribe, diantaranya :


Channel YouTube Pendidikan


channel youtube pendidikan

1. Kok Bisa?


Apabila kamu ingin menonton konten ringan mengenai berbagai hal seperti ensiklopedia yang dikemas dalam animasi yang menarik, maka sobat kósngosan bisa menonton channel ini. Segala ilmu pengetahuan dimulai dari pertanyaan.

Itu sebabnya, Kok Bisa ingin terus menciptakan pengalaman belajar sains yang inovatif dengan menjawab pertanyaan sehari-hari melalui video-video animasi edukatif. Melalui animasi, Kok Bisa percaya bahwa konsep yang rumit bisa digambarkan dengan kontekstual dan lebih mudah dipahami. Tidak ada pertanyaan yang bodoh. Tanyakan pertanyaanmu di sini dan stay curious

2. Hujan Tanda Tanya


Rangsangan pemikiran seputar sains, teknologi, dan masyarakat yang dikemas secara ringan. Channel ini mencoba membahas berbagai pertanyaan acak yang terkadang membuat kita tidak bisa tidur di malam hari.

Setiap pertanyaan yang terjawab akan menghasilkan pertanyaan baru, sehingga pikiran manusia selalu berada dalam Hujan Tanda Tanya. Channel ini dikelola oleh sekelompok pemuda diaspora yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia kepada sains dan teknologi

3. Bagi Ilmu


KHSB merupakan platform yang menyediakan konten kuliah berkualitas yang bisa diakses siapa saja, kapan saja, dan selalu GRATIS!!! Karena kuliah adalah hak segala bangsa, jadi channel ini memiliki prinsip "High-quality Education for Everyone!!". sobat kosngósan bisa mengepoin berbagai konten didalamnya dengan mengunjungi channel nya langsung

4. Televisi Edukasi


Ini adalah channel Media Pembelajaran Televisi Edukasi on Demand melalui jejaring sosial Youtube. Kamu bisa memanfaatkan media pembelajaran berbasis video yang Channel ini sajikan untuk ditayangkan kapan saja, dan dimana saja dengan fasilitas internet. Semoga sajian ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya

5. Ayo Mikir


Ayo Mikir, sebuah Channel Edukasi yang menyajikan konten tayangan inspiratif dan edukatif untuk masyarakat Indonesia yang berbasis di platform Youtube. Sesuai dengan visi misi yang diusung, Ayo Mikir mengemas tayangan edukasi yang mengedepankan kualitas namun mudah dipahami.

Konten edukasi Ayo Mikir menekankan pada pembelajaran mengenai sains modern mulai dari fisika, astronomi hingga psikologi. Tidak hanya berhenti pada program tayangan edukasi di Youtube, kami juga menjawab pertanyaan seputar sains seperti "mengapa langit malam itu gelap" pada platform sosial media lain seperti instagram dan facebook.

6. Channel Belajar


DAlam channel ini berisi tentang Tutorial, Handmade, DIY (Do It Yourself) dan berbagai proses pembuatan bahan Kerajianan dengan memanfaatkan barang bekas disekitar kita sehingga bisa meningkatkan nilai kegunaanya.

Selain belajar hal hal baru dari video tutorialnya, sobat kosngosan juga bisa mengasah kreatifitas mu untuk mencoba nya, kalau perlu memulai bisnis kerajinan tangan mu sendiri sebagia usaha sampingan. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

7. Video Pelajaran Sekolah K13


Video Pelajaran Sekolah K13 mempunyai koleksi lebih dari 1500 video pelajaran kelas berbasis kurikulum 2013. Dibawakan oleh Guru-guru sesungguhnya dari sekolah-sekolah dari seluruh Indonesia, berisi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 seperti yang diajarkan dikelas, lengkap untuk tingkat SD,SMP, SMA dan juga untuk tingkatan SMK

8. LintangKIDS


LintangKIDS adalah Brand Media Online yang memproduksi Video edukasi, kreatif dan lucu Semua video yang di upload di channel LintangKIDS adalah video karya milik sendiri dan sepenuhnya hak cipta milik LintangKIDS. Di channel youtube ini, kamu akan menemukan berbagai video menarik seputar pendidikan, tutorial, dan berbagai tips dan trik menarik seputar sekolah dan dunia pelajar secara umum.

9. Institut Teknologi Bandung


Kamu pasti bingung, kenapa channel perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini bisa dijadikan rekomendasi pelajaran sekolah? Karena channel resmi dari kampus ITB ini sering memberikan video panjang mengenai penjelasan dosen kompeten terkait beberapa mata kuliah yang sedang diajarkan di kampus tersebut.

Tentu saja sobat kosńgosan akan mendapatkan penjelasan paling mendalam, sekaligus bisa kuliah online gratis dan merasakan kuliah di ITB yang sebenarnya secara daring. Mendengarkan penjelasan dari beberapa Guru Besar alias profesor dibidangnya, sangat menyenangkan bukan?

10. Yufid Edu


Belajar Matematika itu Mudah dan Menyenangkan. Di Yufid EDU, kamu bisa belajar matematika dipandu oleh Andy Octavian Latief, seorang mentor peraih medali emas olimpiade fisika tingkat internasional di Singapura. Beliau juga lulusan S1 di Universitas Indonesia, lulusan S2 Fisika di University of Maryland, College Park, dan kemudian menempuh S3 di universitas yang sama.

Nah di channel ini, kamu akan banyak menemukan berbagai penjelesan terkait bagaimana memecahkan soal soal matematika dengan mudah. Selain belajar matematika, Yufid EDU juga akan menyajikan berbagai tutorial lainnya, seperti bahasa arab, bahasa inggris, dll. Tertarik untuk subscribe channel ini?

11. Lala dan Ciko


Channel ini banyak berfokus pada tutorial Belajar dengan tokoh nya yang bernama Lala dan kucing kecilnya, Ciko. Mereka suka sekali berpetualang dan mencari tahu apa saja yang ada di lingkungan sekitar.

Kamu bisa mengikuti terus cerita Lala dan Ciko. Berbagai video yang diberikan Dikemas dengan nuansa Islami yang cocok untuk anak usia dini, pra sekolah, hingga TK. Jadi orangtua tidak perlu khawatir untuk konten yang disajikan channel ini, karena ramah anak.

12. BERILMU


Channel ini berisi video video bermanfaat, inspirasi, motivasi, fakta menarik, kesehatan dan lain sebagainya. Yang pasti dengan channel ini sobat kosngosan akan lebih punya wawasan luas dan mendapatkan manfaat dari video video yang di channel ini. Berdasarkan dari namanya saja kita sudah mengetahui bahwa konten konten didalamnya pastilah tentang edukasi dan pelajaran sekolah.

13. Sekolah Online Teknik Otomotif


Saluran YouTube Sekolah Online Teknik Otomotif dibentuk pada pada tahun 2012, mulai dikelola lebih intens sejak tahun 2013. Berlatarbelakang diterapkannya Kurikulum 2013 yang mengedepankan pembelajaran berbasis teknologi informasi

Channel ini mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 dengan membantu ketersediaan konten materi belajar online bagi peserta didik khususnya untuk Program Keahlian Teknik Otomotif. Pembelajaran online mencakup teori berupa penjelasan komponen, fungsi komponen, dan cara kerjanya, serta praktik berupa demonstrasi perbaikan suatu komponen kendaraan, dan juga penggunaan alat dan peralatan pada pekerjaan dasar teknik otomotif.


14. Sains Bro


Sains Bro adalah channel edukasi Indonesia yang membantu menjelaskan berbagai hal tentang SAINS dengan menyenangkan dan sederhana agar mudah dipahami.

Di deskripsinya mencantumkan quotes dari Carl S yaitu yang berbunyi "Somewhere, something INCREDIBLE is waiting to be known". Pembahasan yang diterangkan terkait fenomena yang terjadi, dan sering kita tanyakan. Dijelaskan dengan cara yang ringan, mudah dipahami dan dikemas dengan animasi yang menarik anak anak kecil

15. ArsyPedia


Arsypedia adalah Chanel yang bertujuan untuk mendukung Indonesia semakin cerdas dan anti termakan hoax. Dengan semakin pesatnya tekhnologi yang sudah mulai sulit difilter, channel ini mencoba menyajikan konten interaktif yang bisa menjadi pencerahan bagi pemirsa sekalian. sobat kosngosań bisa menemukan berbagai berbagai informasi yang relevan, dan sesuai sumber yang valid

16. Nous Id


Nous ID merupakan sebuah media edukasi alternatif, yang bergerak melalui platform YouTube. Channel ini membahas berbagai macam cabang ilmu pengetahuan, dan korelasi yang ada diantara satu bidang ilmu pengetahuan dengan bidang ilmu pengetahuan lainnya.

Channel ini menamakan tim kami sebagai Nous ID. Nous sendiri adalah sebuah kata dari bahasa Yunani kuno yang berarti “kecerdasan”, sementara "ID" sendiri merupakan identitas kami sebagai insan Indonesia yang ingin memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Dua kata inilah yang mendeskripsikan keinginan Channel ini untuk menjadi sebuah media edukasi yang dapat mencerdaskan sobat kosngosan, menambah wawasan, dan menjawab pertanyaan serta rasa ingin tahu orang-orang Indonesia terhadap topik-topik sains, keruarangkasaan, teknologi, hingga berbagai kejadian sehari-hari, yang mungkin tidak bisa dijelaskan dengan menyeluruh di sekolah, atau di media-media lainnya.

17. SmarterIndo


Pemilik channel ini bernama I'm Daryl Ariawan. I believe education is important aspect for Indonesia to develop the country. Oleh karena itu channel ini dibuat untuk menge-share materi SMA dan seri-seri lainnya.

Untuk jadwal rilis Materi SMA terdiri dari 1-2 video setiap minggunya, pada hari jumat ada tema Foodie Friday (sesuai namanya tentang makanan)
Weekly video - Setiap Weekend (Sabtu atau minggu - video ini berisi hal-hal menarik di luar pelajaran SMA) dan terakhir ada Video On Request - tergantung request dan waktu luang

18. Sisi Terang


Apakah sobat kosngosan senang untuk mencari jawaban atas pertanyaan terbesar dalam hidup? Menyukai penemuan sains terbaru, penjelajahan ruang angkasa, misteri yang membuatmu berpikir, kisah nyata mengejutkan, kesehatan dan kebugaran, ujian dan teka-teki seru, atau kiat-kiat berguna untuk perkembangan diri, psikologi, hubungan, gawai, atau hanya rutinitas sehari-hari?

Semuanya ada! Channel ini hadir dengan 3-4 video berkualitas setiap hari. Jika kamu haus pengetahuan yang tak pernah berhenti, bergabunglah dengan puluhan juta orang dalam komunitas kami! Kita akan bersenang-senang. Jadi, lepas sepatumu, bersantailah, dan anggap rumahmu sendiri di Sisi Terang kehidupan. Ini adalah channel terjemahan dari "Bright Inside"

19. Mr Frestea


Channel ini membahas apa yang belum ada di channel Lain dan kalau pun ada pasti beda, kalaupun sama mungkin kebetulan saja. Logika akan membawamu pada A hingga Z

Sedangkan imajinasi akan membawamu ke semua tempat. Jadi apabila kamu menyukai menonton video penjelasan terkait berbagai fenomena yang terjadi di bumi, tonton lah video dari channel ini, sangat inspiratif dan menambah ilmu pengetahuan mu.

20. Zenius Education


Siapa yang tidak kenal zenius? salah satu dari platform bimbel online yang terkenal dan sebagian dari sobat kosngosán pastinya sudah banyak yang memakai jasa nya bukan?

Nah selain bimbel private berbayar, startup ini juga punya channel youtube lho. Ya banyak video video bermanfaat di dalamnya yang bisa kamu tonton, seputar pelajaran.

21. RuangGuru


Selain zenius, salah satu pemain bimbel online terbesar di tanah air adalah ruang guru. Brand dari startup pendidikan ini juga memiliki channel youtube nya sendiri yang bisa kamu cari dengan nama yang sama.

Didalamnya ada video interaktif dan informatif mengenai pelajaran sekolah yang dibawakan oleh mentor kompeten dibidangnya.

22. Quipper


Platform belajar online ketiga selanjutnya adalah quipper yang menjadi pesaing dari ruang guru dan zenius. Quipper ini merupakan perusahaan teknologi berbasis edukasi yang menyediakan fasilitas sistem pembelajaran online

Platform ini didirikan pada tahun 2010 di London, Inggris oleh Fumihiro Yamaguchi. sobat kosngosan bisa kepoin berbagai konten pembelajaran gratis di kanal youtube milik mereka.

23. KOSNGOSAN. COM


Terakhir siapa lagi kalau bukan channel milik kosngosan tercinta ini (hehehe). Ya walaupun belum bisa disamakan dengan channel channel youtube besar diatas (yang tentunya sudah punya subscriber melimpah). namun kamu tetap bisa mendapatkan manfaat yang cukup banyak dengan mengunjungi kanal yang satu ini

Walaupun mimin masih sendirian dalam membangunnya, mulai dari dari memikirkan konten, merekam, mengedit, mengapload, hingga menjawab berbagai komentar di video kosngosan ini. Doakan saja channel youtube ini segera di monetize, sehingga mimin lebih semangat lagi dalam menghasilkan berbagai konten video yang bermanfaat untuk kalian.

Baca juga : 10 Channel Youtube Anime dan Manga Terbaik


Kata Penutup


Berapa rekomendasi channel YouTube dari kosngosan diatas sebenarnya adalah sebagian kecil dari banyak kanal yang bermanfaat lainnya. Namun tidak bisa disebutkan satu persatu dalam postingan yang singkat ini. Apabila kalian mengetahui beberapa channel yang bermanfaat silahkan beritahu mimin lewat kolom komentar dibawah.

Akhirnya, semoga rekomendasi diatas bermanfaat dan menjadi referensi buat teman-teman sekalian. Apabila merasa ini cukup berguna untuk dibagikan, silahkan tekan tombol share dibawah dan bagikan ke teman teman media sosial mu, terimakasih
By