Cara Freshgraduate Mendapatkan Pekerjaan Secepat Mungkin

Cara Freshgraduate Mendapatkan Pekerjaan Secepat Mungkin

Baca juga :

cara pengangguran mendapat pekerjaan
Bagaimana cara seseorang yang baru lulus dan tamat mendapatkan pekerjaan dan terbebas dari belenggu pengangguran? Kali ini kosngosan akan membahas tema pekerjaan lagi. Selamat karena kamu telah menyelesaikan fase terberat dalam dunia perkuliahan, yaitu skripsi atau thesis. Kini menjadi kewajiban kamu untuk sesegera mungkin mendapatkan pekerjaan dan menghasilkan income bulanan. Akan tetapi biasanya para penganguran ini cukup sulit mendapatkan pekerjaan yang layak karena minimnya pengalamana. Namun bukan tidak mungkin juga untuk mendapatkan pekerjaan yang besar, atau bahkan mempekerjakan orang lain. Semua tergantung seberapa besar keahliamu.

Kini Kamu telah wisuda dan menyandang status pengangguran sementara. Akan tetapi mimin lebih senang mengatakan bahwa para freshgraduate sebagai jobseeker, atau pencari kerja. Pasalnya bagi mereka yang aktif mencari lowongan kerja, mungkin terdengar sedikit menyakitkan bila dicap sebagai pengangguran.

Sepertinya memang para freshgraduate harus bekerja ekstra keras untuk bersaing dalam dunia kerja saat ini. Betapa hal ini memang secara tidak langsung diakibatkan karena kondisi perekonomian kita yang tidak mendukung untuk membuka lowongan kerja besar besaran saat ini. Tapi kamu tidak boleh menyalahkan kondisi ini sepenuhnya. Kamu harus menemukan potensi dalam dirimu yang menjadikanmu bernilai lebih bagi HRD.

Pengangguran, seperti jenis pengangguran terbuka dan macam macam pengangguran lain yang akan menganggu pertumbuhan ekonomi. Karena pengangguran di indonesia juga cukup memprihatinkan karena didominasi oleh kalangan berpendidikan tinggi. Jadi oleh karena itu sudah menjadi tugas kita dalam mengatasi, mengurangi dan memerangi angka pengangguran nasional dari tahun ke tahun.

Okeh, selanjutnya mimin membeberkan beberapa langkah kamu untuk terlepas dari aura negatif penggangguran (jobless) diantaranya adalah :

1. Ikut Berbagai Jenis Training

Training seperti magang, kkn, kp (kerja praktek) latihan, ikut lokakarya, seminar, pelatihan dan segala aktifitas dan kegiatan yang bisa meningkatkan skill dan keahlianmu adalah hal yang tepat selagi kamu seorang pengangguran. Jangan malas untuk meningkatkan pengalamanmu. Ini akan menjadi nilai lebih kamu dari pelamar kerja lainnya.

2. Memberanikan Diri Menjadi Enterprenur

Enterpreneurship atau Wiraswasta, sangat berguna untuk mengatasi pengangguran. Selama kita masih tergantung pada upaya mencari kerja diperusahaan tertentu, pengangguran akan tetap menjadi masalah pelik. Masalah menjadi agak terpecahkan apabila muncul keinginan untuk menciptakan lapangan uasaha sediri, atau berwiraswasta yang berhasil.

Coba saja, banyak pelaku wiraswasta telah sukses dalam meniti kariernya yang dimulai dari nol. Seperti Jack Ma, Khairil Tanjung dan lainnya. Mereka pertama merintis bisnis dengan modal nekad dan konsisten dalam mengelola bisnisnya. Kamu bisa lirik bisnis online yang marak belakangan ini.

3. Fokus Pantengin Portal Lowongan Kerja

Penyediaan informasi tenaga kerja, untuk mengatasi pengangguran musiman, perlu adanya peningkatan dan pengoptimalan informasi lowongan kerja yang cepat mengenai tempat-tempat mana yang sedang memerlukan tenaga kerja.

Kamu juga harus lebih jeli dan teliti dalam mencari loker di portal seperti website, media sosial dan koran. Jangan sampai berita loker tersebut justru tidak valid dan malah merugikan diri sendiri karena tidak sesuai dengan keahlian.

4. Jadi Guru Private Online

Jika kamu memiliki keahlian, entah mengenai bahasa asing tertentu, musik, pengetahuan umum, khusus dan olahraga, kamu dapat dengan mudah mencari penghasilan dengan cara mengajar orang lain. Ada banyak situs yang mencari orang-orang yang dapat mengajarkan keterampilan ini secara online.

5. Jual Barang Secondhand yang ada Sejak Kuliah atau Sekolah

Barang barang seperti buku, seragam dan segala perlengkapan saat di kampus atau sekolah ini ada di sekitar kita, karena sebagai manusia kita selalu menggantung atau menyimpan barang-barang yang tidak lagi kita gunakan.

Jika kamu melihat hal itu membuat tumpukan yang besar dan hanya tersimpan di sekitar rumahmu maka pikirkan untuk menjualnya kembali. Daripada tidak terpakai, lebih baik kita menjualnya dan mendapatkan uang dari hasil tersebut, bukan? Bisa jadi uang tersebut digunakan sebagai modal awal untuk membuka bisnis baru.

6. Tingkatkan Ibadah dan Berbakti kepada Orangtua

Terkesan tidak ada hubungannya. Tapi jangan menyepelekan ibadah kepada tuhan dan berbakti kepada kedua orangtua. Karena percuma saja kita mendapatkan pekerjaan tapi tidak diridhoi oleh orangtua, apalagi oleh Tuhan. Jadi pastikan dulu pekerjaan yang akan kamu lamar itu sudah sesuai dengan ajaran agamamu dan tidak mengalami pertentangan dari orangtua.

Ini adalah solusi dari masalah Pengangguran di indonesia. Bagi kalian yang berstatus Freshgraduate, fresh, segar, tanpa atau minim pengalaman seharusnya lebih potensial karena belum dicekcoki oleh pikiran negatif tentang pekerjaan. Semoga artikel Cara Freshgraduate Mengatasi Pengangguran ini membantu kamu semua. Jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini.

Update 22 Maret 2018

Anggap saja kali ini kamu sudah mendapatkan pekerjaan. Sebaiknya perhatikan juga sifat dan karakter mu. Bila memang kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan skill dan passionmu, maka lanjutkan.

Akan tetapi bila kamu merasa tidak cocok dengan pekerjaan mu saat ini, maka mimin sarankan untuk resign dan mencari pekerjaan yang bisa mengembangkan karier dan kemampuan dirimu.

Wirausaha menjadi salah satu opsi yang menarik untuk dicoba. Selain memiliki waktu yang fleksibel (tidak melulu ngantor tiap hari) juga dapat memperkerjakan banyak orang apabila usaha mu kelak menjadi besar. Namun dibutuhkan tekad yang kuat untuk merintis bisnis ini dari awal. Bila tertarik, kamu bisa membaca terlebih dahulu mengenai tips tips bisnis yang mimin berikan di postingan "peluang bisnis anak kuliah terbaru" ini. semoga bermanfaat.

Buka Komentar