Bisnis dan Usaha Anak Kuliahan Terbaru yang Menguntungkan

Bisnis dan Usaha Anak Kuliahan Terbaru yang Menguntungkan

bisnis anak kuliahan

Seperti biasa, kosngosan kali ini akan membahas mengenai bisnis di kalangan anak kuliahan yang cocok dan berpeluang meraup keuntungan. Bagi anak kuliahan, berbisnis merupakan pilihan yang tepat untuk menambah pundi pundi penghasilan selain dari kiriman orang tua. Dan bila kamu ingin mencari inspirasi tentang bisnis apa saja yang cocok untuk kamu, silahkan pantengin terus kosngosan dibawah ini.

Berbisnis memang tidak ada matinya. Ada banyak contoh peluang bisnis atau usaha yang bisa kamu tekuni, terutama bagi yang masih berstatus mahasiswa. Karena berbisnis tidak hanya menghasilkan rupiah semata. Dengan berbisnis, kamu bisa mulai menapaki kemampuan mencari duitmu sekaligus mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Bagi kamu yang berniat menekuni bisnis sambilan di sela-sela jam perkuliahan memang tidaklah semudah teori yang disebutkan dalam ilmu kewirausahaan. Dibutuhkan motivasi dan tekad khas pengusaha dalam dirimu untuk menghadapi semua hambatan yang sudah pasti datang.

Menjadi pebisnis berarti harus mampu menjaga konsistensi dan keuletan. Kebanyakan mahasiswa gagal menjadi wirausaha karena terburu-buru atau ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat tanpa memikirkan klian atau konsumen. Kamu harus bersabar dan tekun ketika memulai bisnis baru dan masih memiliki pendapatan yang sedikit bahkan mungkin mengalami kerugian. Dengan kegagalan, seharusnya bisa menjadi evaluasi bagi kamu untuk mengambangkan dan memajukan bisnismu.

Sekarang anggaplah kamu sudah mempersiapkan modal dan tekad. Kamu harus mempersiapkan hal hal teknis lain untuk mendukung bisnis mu berjalan lancar. Karena bisnis tanpa belajar seperti mengemudi tanpa mata, buta. Nah oleh karena itu mimin akan memberikan beberapa tips bisnis dan usaha bagi kamu anak kuliahan agar  bisa menjalan bisnis dengan sukses. Berikut adalah beberapa tips dan langkah langkahnya :

Bisnis atau Usaha dibidang Pendidikan

Bisnis dibidang pendidikan merupakan pilihan utama yang harus kamu coba. Ada banyak bisnis yang bisa dibuka dengan mengandalkan keahlianmu dibidang pendidikan. Seperti misalnya kamu ahli dibidang musik, kamu bisa membuka jasa les private musik untuk anak anak, atau jasa les private untuk bidang mata pelajaran tertentu.

Selain bisnis jasa private, kamu juga bisa membuka bisnis jualan khas anak muda di berbagai tempat yang strategis di sekolah atau kampus. Karena bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya.

Bisnis PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan bisnis yang bisa kamu coba. Kamu yang memiliki latar belakang pendidikan keguruan bisa membuka bisnis pendidikan anak ini. Akan tetapi selain membutuhkan modal yang tidak sedikit, kamu juga harus memiliki tenaga pendidik yang memang kompeten dibidangnya dalam menangani anak anak.

Bisnis atau Usaha Dropship atau Reseller

Berbisnis dropshipper atau reseller memang memberikan banyak keuntungan tersendiri terutama bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah. Jenis bisnis online ini tidak menyita waktu dan tenaga tetapi tetap mendapatkan keuntungan.

Perbedaan antara dropship dengan reseller terletak pada stok barang, kebutuhan modal, besaranya risiko dan keuntungan, serta pelayanan konsumen dan strategi pemasaran yang digunakan. Dropship tidak perlu melakukan pasokan barang, sementara reseller harus. Untuk modal juga dropship nyaris nihil, berbeda dengan reseller yang mesti punya modal.

Penting sekali untuk selalu teliti dan berhati-hati dalam memilih supplier. Jangan sampai kamu nantinya mendapatkan supplier palsu atau tidak kompeten yang memang berniat untuk menipu. Kamu harus mencari tahu mengenai track record nya sebagai supplier. Bila banyak testimoni positif mengenainya, ini bisa dijadikan patokan kamu mempercayainya.

Bisnis atau Usaha Online

Hampir semua bisnis saat ini mengandalkan media online sebagai promosi dan pemasarannya. Begitu juga media penjualan yang banyak menawarkan belanja online yang memang terbukti lebih simple dan efisien.

Kamu anak kuliahan pastinya sudah tidak asing lagi dengan sistem online ini. Ada banyak marketplace terkemuka di tanah air yang sering kamu gunakan untuk berbelanja. Kamu bisa mengkombinasikan antara bisnis dropship atau reseller tadi ke jenis usaha ini.

Tentukan produk yang akan kamu jual. Tentukan juga platform yang ingin kamu gunakan untuk berjualan online (media sosial, website, blog dll). Selain itu kamu perlu mempromosikan bisnismu dengan deskripsi yang menarik melalui media sosial. Ciptakan kenyamanan berbelanja lewat layanan yang memuaskan konsumenmu.

Selain menjual barang, sebenarnya ada banyak jenis bisnis online yang bisa kamu coba. Seperti misalnya berbisnis iklan PPC, afiliasi, sistem pembayaran dan lainnya. Salah satu bisnis online PPC yang terkenal adalah Google Adsense, dimana kamu bisa mendapatkan penghasilan melalui iklan yang dipasang di blog atau website milikmu.

Bisnis atau Usaha dari Hobi dan Keahlian

Hobi, kesukaan dan keahlian adalah modal awal dari memulai bisnis yang sukses. Karena menggabungkan antara kesenangan, minat dan bakat adalah suatu kesenangann tersendiri, apalagi dapat menghasilkan penghasilan.

Jadi bagaimana caranya untuk memulai bisnis dari hobi atau keahlian ini? Sebenarnya hampir sama dengan memulai bisnis baru, bedanya adalah kamu sudah memiliki dasar pengetahuan dan pengalaman yang memadai. Ini merupakan modal awal yang berharga.

Sebagai contoh bila kamu memiliki hobi memelihara burung kicau, kamu bisa memulai bisnis ternak pakan burung, ternak burung, ikut lomba burung kicau dan membuka toko perlengkapan burung kicau. Atau bila kamu memiliki keahlian dibidang programming, kamu bisa membuka jasa pembuatan aplikasi atau pembuatan website sistem informasi.

Selain itu, kamu akan mengetahui dari beberapa hobi atau keahlian yang kamu punya, dimana yang benar benar bisa dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan.

Bisnis atau Usaha dari Proyek Dosen dan Kampus

Menjadi anak kuliah atau mahasiswa berarti berhubungan langsung dengan dosen. Tenaga pendidik khas perguruan tinggi ini memiliki berbagai karakteristik yang berbeda beda. Disinilah kamu dituntut untuk bisa menjalin hubungan dengan dosen mu.

Bila beruntung, kamu bisa bekerja sama dalam hal bisnis yang mungkin berkaitan dengan kampus atau tidak sama sekali. Dosen tersebut tentunya akan senang bila proyek nya terselesaikan berkat bantuan dari mahasiswanya. Selain mendekatkan kamu dengan dosen, kamu juga akan dipermudah nantinya dalam penelitian tugas akhir skripsi.

Selain berbisnis dengan dosen, ada banyak kegiatan di kampus yang bisa dijadikan peluang bisnis buat kamu anak kuliahan. Seperti misalnya bazar, pameran atau proyek pembangunan ruangan baru atau jalan di areal kampus. Untuk mendapatkan bisnis atau pekerjaan proyek tersebut, kamu harus memiliki hubungan perteman dengan pegawai rektorat, fakultas atau jurusan dari perguruan tinggi tersebut.

Menjadi Freelance 

Freelance atau pekerja paruh waktu menjadi pilihan kamu yang memiliki waktu kuliah yang cukup padat di kampus. Karena bekerja sebagai freelance berarti bekerja dengan waktu yang fleksibel tanpa terikat oleh waktu dan tempat.

Ada banyak pilihan pekerjaan freelance yang patut untuk kamu coba, seperti menjadi web developer pada project startup, desain grafis, voluunteer event tertentu, freelance tenaga marketing properti, jadi relawan atau saksi di tempat pemilihan umum, dan banyak lagi. Keuntungan nya selain menambah uang jajan, kamu bisa menambah pengalaman bekerja.

Demikian pembahasan mengenai Bisnis Usaha Anak Kuliahan Terbaru yang Prospektif kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mencari inspirasi berbisnis saat masih duduk dibangku kuliah. Berbisnis sedini mungkin terbukti banyak menelurkan para pengusaha muda berbakat nan sukses. Teruslah berusaha dan jangan lupa berkomentar !

Buka Komentar