15 Ide Bisnis untuk Anak SMP, SMA yang Masih Sekolah

Memulai bisnis dan menjadi enterpreneur di usia muda memang bukan hal yang mustahil. Ada banyak anak muda milenial, pelajar dan bahkan pelajar yang sudah terjun dalam dunia bisnis dan sukses meraup omset yang fantastis, melebih pekerja kantoran dengan lulusan sarjana. Namun tentunya tidak mudah membangun bisnis dari awal, dibutuhkan effort dan kerja keras yang konsisten dan pantang menyerah.

bisnis smp sma sekolah

Seperti biasa, kosngosan kali ini akan membahas mengenai contoh bisnis di kalangan anak sekolah yang cocok dan berpeluang meraup keuntungan. Bagi anak sekolahan, berbisnis merupakan pilihan yang tepat untuk menambah pundi pundi penghasilan selain dari kiriman orang tua. Dan bila kamu ingin mencari inspirasi tentang bisnis apa saja yang cocok untuk kamu, silahkan pantengin terus kosngosan dibawah ini.

Berbisnis memang tidak ada matinya. Ada banyak contoh peluang bisnis atau usaha yang bisa kamu tekuni, terutama bagi yang masih berstatus pelajar. Karena berbisnis tidak hanya menghasilkan rupiah semata. Dengan berbisnis, kamu bisa mulai menapaki kemampuan mencari duitmu sekaligus mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Bagi kamu yang berniat menekuni bisnis sambilan di sela-sela jam persekolahan memang tidaklah semudah teori yang disebutkan dalam ilmu kewirausahaan. Dibutuhkan motivasi dan tekad khas pengusaha dalam dirimu untuk menghadapi semua hambatan yang sudah pasti datang.

Menjadi pebisnis berarti harus mampu menjaga konsistensi dan keuletan. Kebanyakan pelajar gagal menjadi wirausaha karena terburu-buru atau ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat tanpa memikirkan klian atau konsumen.

Baca juga : Peluang Bisnis Pendidikan di Indonesia yang Menguntungkan

Kamu harus bersabar dan tekun ketika memulai bisnis baru dan masih memiliki pendapatan yang sedikit bahkan mungkin mengalami kerugian. Dengan kegagalan, seharusnya bisa menjadi evaluasi bagi sobat kósngosan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis sendiri.


Contoh Usaha Pelajar


Sekarang anggaplah kamu sudah mempersiapkan modal dan tekad. Kamu harus mempersiapkan hal hal teknis lain untuk mendukung bisnis mu berjalan lancar. Karena bisnis tanpa belajar seperti mengemudi tanpa mata, buta. Nah oleh karena itu mimin akan memberikan beberapa tips bisnis dan usaha bagi kamu anak sekolahan agar  bisa menjalan bisnis dengan sukses. Berikut adalah beberapa tips dan langkah langkahnya :

1. Menjadi Content Creator


cara agar youtube

Istilah content creator masih jarang diketahui oleh orang awam, padahal profesi ini sangat menjanjikan pada zaman digital sekarang. Lihat saja banyak orang meraup omset dari channel youtube dan blog miliknya.

Orang yang mengelola kedua bidang ini bisa disebut sebagai content creator, yaitu profesi yang bekerja menghasilkan artikel, foto atau video untuk media sosial dan website miliknya. Apabila dia memiliki traffik dan viewer yang banyak, maka pemasangan iklan akan memberikan income. Bisnis ini sangat cocok bagi kalian pelajar karena punya jam kerja yang fleksibel.

2. Bidang Jasa Tugas Sekolah


Ada banyak sekali pelajar yang malas mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru mereka. Oleh karena itu sebagai pelajar yang peka dengan peluangn bisnis ini, tidak ada salahnya sobat kosngosan membuka jasa pengetikan tugas dan konsultasi pengerjaan skripsi atau tugas sekolah lainnya.

Tentu saja, kamu bisa mematok tarif yang bersaing, namun tetap berkualitas sehingga pelanggan mu nanti tidak kecewa. Bisnis ini sangat cocok di kerjakan di lingkungan sekolah dengan mayoritas kondisi ekonomi pelajarnya yang diatas rata rata alias sekolah elit.

3. Bidang Teknologi Startup


bisnis startup anak muda

Pelajar bisa mencari jalan bisnisnya sendiri. ada banyak masalah disekitar yang bisa dijadikan sebagai potensi bisnis startup. seperti misalnya aplikasi pengelolaan limbah rumah tangga bagi kalian mantan pelajar teknik lingkungan atau layanan konsultasi politik pasca pilkada untuk yang bagian fisip. semua bisa dijadikan bisnis unik yang profitable.

Berbicara mengenai startup, bisnis khas yang menjadi trend saat ini sangat membutuhkan ruang kerja tepat guna yang akan mendukung aktifitas bisnismu bersama teman-teman. dan oleh karena itu, startup bisa dikerjakan untuk memberikan layanan semacam co-working space berkualitas wahid dengan jangkauan seluruh tempat strategis di perkotaan.

Seperti apa sih bekerja di startup itu? kamu yang baru dengar istilah seperti virtual office sepertinya kudu update hal-hal semacam ini. Bekerja di startup merupakan bekerja yang paling mengasyikkan. Apalagi kamu bisa bekerja sambil koloran di rumah atau di virtual office. Baca selengkapnya Peluang bisnis startup untuk anak muda milenial

4. Bidang Sastra dan Seni


Kamu suka sastra dan seni? Well ini bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk menggali uang bagi pelajar, terutama bagi kamu yang sekolah di jurusan sastra dan seni. Sebenarnya ada banyak dan ini cukup luas untuk dibahas.

Sebut saja sobat kosngósan bisa menggelar pertunjukan seni khas daerah, pertunjukan wayang atau drama kolosal di aula serba guna secara komersial melaui tiket penonton, atau menjadi guru les tari, guru les melukis dan sebagainya yang menjadi keahlianmu.

5. Bisnis dibidang Pendidikan


Bisnis dibidang pendidikan merupakan pilihan utama yang harus kamu coba. Ada banyak bisnis yang bisa dibuka dengan mengandalkan keahlianmu dibidang pendidikan. Seperti misalnya kamu ahli dibidang musik, kamu bisa membuka jasa les private musik untuk anak anak, atau jasa les private untuk bidang mata pelajaran tertentu.

Selain bisnis jasa private, kamu juga bisa membuka bisnis jualan khas anak muda di berbagai tempat yang strategis di sekolah. Karena bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya.

Bisnis PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan bisnis yang bisa kamu coba. Kamu yang memiliki latar belakang pendidikan keguruan bisa membuka bisnis pendidikan anak ini. Akan tetapi selain membutuhkan modal yang tidak sedikit, kamu juga harus memiliki tenaga pendidik yang memang kompeten dibidangnya dalam menangani anak anak.

6. Bisnis Dropship atau Reseller


Berbisnis dropshipper atau reseller memang memberikan banyak keuntungan tersendiri terutama bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah. Jenis bisnis online ini tidak menyita waktu dan tenaga tetapi tetap mendapatkan keuntungan.


Perbedaan antara dropship dengan reseller terletak pada stok barang, kebutuhan modal, besaranya risiko dan keuntungan, serta pelayanan konsumen dan strategi pemasaran yang digunakan. Dropship tidak perlu melakukan pasokan barang, sementara reseller harus. Untuk modal juga dropship nyaris nihil, berbeda dengan reseller yang mesti punya modal.


Penting sekali untuk selalu teliti dan berhati-hati dalam memilih supplier. Jangan sampai sobat kosngosan nantinya mendapatkan supplier palsu atau tidak kompeten yang memang berniat untuk menipu. Kamu harus mencari tahu mengenai track record nya sebagai supplier. Bila banyak testimoni positif mengenainya, ini bisa dijadikan patokan kamu mempercayainya.

7. Bisnis Online


usaha online

Hampir semua bisnis saat ini mengandalkan media online sebagai promosi dan pemasarannya. Begitu juga media penjualan yang banyak menawarkan belanja online yang memang terbukti lebih simple dan efisien.

Kamu anak sekolahan pastinya sudah tidak asing lagi dengan sistem online ini. Ada banyak marketplace terkemuka di tanah air yang sering kamu gunakan untuk berbelanja. Kamu bisa mengkombinasikan antara bisnis dropship atau reseller tadi ke jenis usaha ini.

Tentukan produk yang akan kamu jual. Tentukan juga platform yang ingin kamu gunakan untuk berjualan online (media sosial, website, blog dll). Selain itu kamu perlu mempromosikan bisnismu dengan deskripsi yang menarik melalui media sosial. Ciptakan kenyamanan berbelanja lewat layanan yang memuaskan konsumenmu.

Selain menjual barang, sebenarnya ada banyak jenis bisnis online yang bisa sobat kosngosan coba. Seperti misalnya berbisnis iklan PPC, afiliasi, sistem pembayaran dan lainnya. Salah satu bisnis online PPC yang terkenal adalah Google Adsense, dimana kamu bisa mendapatkan penghasilan melalui iklan yang dipasang di blog atau website milikmu.

8. Bisnis Hobi dan Keahlian


Hobi, kesukaan dan keahlian adalah modal awal dari memulai bisnis yang sukses. Karena menggabungkan antara kesenangan, minat dan bakat adalah suatu kesenangann tersendiri, apalagi dapat menghasilkan penghasilan.

Jadi bagaimana caranya untuk memulai bisnis dari hobi atau keahlian ini? Sebenarnya hampir sama dengan memulai bisnis baru, bedanya adalah kamu sudah memiliki dasar pengetahuan dan pengalaman yang memadai. Ini merupakan modal awal yang berharga.

Sebagai contoh bila kamu memiliki hobi memelihara burung kicau, kamu bisa memulai bisnis ternak pakan burung, ternak burung, ikut lomba burung kicau dan membuka toko perlengkapan burung kicau. Atau bila kamu memiliki keahlian dibidang programming, kamu bisa membuka jasa pembuatan aplikasi atau pembuatan website sistem informasi.

Selain itu, kamu akan mengetahui dari beberapa hobi atau keahlian yang sobat kosngosan punya, dimana yang benar benar bisa dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan.

9. Bisnis Proyek Guru dan Sekolah


proyek sekolah

Menjadi anak sekolah atau pelajar berarti berhubungan langsung dengan guru. Tenaga pendidik khas perguruan tinggi ini memiliki berbagai karakteristik yang berbeda beda. Disinilah kamu dituntut untuk bisa menjalin hubungan dengan guru mu.

Bila beruntung, kamu bisa bekerja sama dalam hal bisnis yang mungkin berkaitan dengan sekolah atau tidak sama sekali. guru tersebut tentunya akan senang bila proyek nya terselesaikan berkat bantuan dari pelajarnya. Selain mendekatkan kamu dengan guru, kamu juga akan dipermudah nantinya dalam penelitian tugas akhir skripsi.

Selain berbisnis dengan guru , ada banyak kegiatan di sekolah yang bisa dijadikan peluang bisnis buat kamu anak sekolahan. Seperti misalnya bazar, pameran atau proyek pembangunan ruangan baru atau jalan di areal sekolah. Untuk mendapatkan bisnis atau pekerjaan proyek tersebut, kamu harus memiliki hubungan perteman dengan pegawai rektorat, fakultas atau jurusan dari perguruan tinggi tersebut.

10. Menjadi Freelance


Freelance atau pekerja paruh waktu menjadi pilihan sobat kosngosan yang memiliki waktu sekolah yang cukup padat di sekolah. Karena bekerja sebagai freelance berarti bekerja dengan waktu yang fleksibel tanpa terikat oleh waktu dan tempat.

Ada banyak pilihan pekerjaan freelance yang patut untuk kamu coba, seperti menjadi web developer pada project startup, desain grafis, voluunteer event tertentu, freelance tenaga marketing properti, jadi relawan atau saksi di tempat pemilihan umum, dan banyak lagi. Keuntungan nya selain menambah uang jajan, kamu bisa menambah pengalaman bekerja.

11. Jualan Photo di Internet


Apakah kamu memiliki keahlian memotret dan memiliki banyak stok foto menarik? Jual saja di situs dan media sosial penyedia foto di internet. Nantinya, kamu akan mendapat komisi pembayaran atas foto yang dipakai atau berhasil dibeli orang lain secara online. Jadi kamu juga bisa memotren menggunakan smartphone mu kok. Mulai lah belajar hal dasar photography dan hasilkan gambar2 yang bernilai ekonomi

12. Jasa Translator


Bagi teman teman yang menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa jerman, perancis, mandarin, jepang, arab dan bahasa internasional lainnya tentu saja memiliki poin plus yang wajib kamu manfaatkan. Kamu bisa menggunakannya untuk membuka jasa penerjemahan. Coba promosikan diri dengan melampirkan portofoliomu. Jasa penerjemah ini akan selalu dibutuhkan pasar untuk mengalihbahasakan berbagai dokumen, makalah, jurnal, buku-buku, sampai artikel. Selain itu kamu juga bisa melamar di kantor kedutaan besar setelah lulus nanti. Keren bukan?

13. Kuliner Pre-Order


Apakah kamu menyukai dunia kuliner dan makanan? Ingin memulai bisnis namun takut tidak laku dan merugi? Kamu bisa menerapkan sistem penjualan pre order, artinya kamu tawarkan ke teman teman mu secara online, apabila mereka tertarik, mereka akan memesan. Kemudian kamu tinggal membuatkan nya berdasarkan stok permintaan. Ini pasti akan sangat laku dijual di sekolahmu.

14. Bisnis Jahit Menjahit


Apakah kamu memiliki keahlian di bidang jahit menjahit? Sobat bisa membuka bisnis konveksi dengan skala rumahan seperti membuat seragam sekolah. Kamu bisa meminta kerjasama teman teman mu yang memiliki keahlian menjahit lainnya untuk bisa mengambil proyek seragam atau perlengkapan sekolah lainnya. Selain itu kamu juga bisa membuka biasa kursus menjahit di rumahmu juga lho

15. Bisnis Pertanian atau Peternakan


Ketika kamu tinggal di pedesaan, seperti nya membuka bisnis sampingan seperti menanam sayur organik secara hidroponik bisa menjadi pilihan. Atau mencoba ternak ikan, ayam atau burung kicau. Semua bisa dicoba sesuai kesukaan kamu. Namun ingat, kamu harus pandai membagi waktu antara belajar dengan berbisnis ya.

Baca juga : 5 Daftar Universitas Jurusan Bisnis terbaik di Indonesia


Kesimpulan


Berbisnis di usia muda memang tidak ada salahnya, Justru ini akan meningkatkan kemampuan manajemen dan analisis mu nantinya yang akan berguna ketika kamu sudah terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Jadilah pelajar yang kreatif, inovatif dan berjiwa bisnis. Buatlah bisnis kecil yang menjadi solusi atas permasalahan di sekitar mu.

Demikian pembahasan mengenai Bisnis Usaha Anak Sekolahan Terbaru yang Prospektif kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mencari inspirasi berbisnis saat masih duduk dibangku sekolah. Berbisnis sedini mungkin terbukti banyak menelurkan para pengusaha muda berbakat nan sukses. Teruslah berusaha dan jangan lupa berkomentar !
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel