7 Jenis Lowongan Kerja FreeLance yang Wajib Dicoba

Apa saja jenis lowongan kerja freelance atau kerja lepas yang bisa kamu coba? Bagi para pengangguran wajib membaca postingan kali ini. Pasalnya kita akan membahas mengenai Lowongan Job Freelance yang bisa membuat kamu tajir dengan waktu kerja yang santai dan fleksibel tentunya.

Kalau kamu sedang mencari lowongan kerja yang santai, fleksibel dan bisa dikerjakan dimana saja di website atau portal kerja di internet, itu berarti memang kamu sedang membutuhkan inspirasi buat menjadi pekerja lepas atau freelancer. Tapi jenis pekerjaan seperti apa yang cocok dengan kamu? Well kita akan membahasnya sesaat lagi.

Ada banyak sekali job freelance di internet bila kita memang mau sedikit berusaha mencarinya. Situs seperti projects.co.id merupakan situs terbesar yang mempertemukan antara kamu, para kaum pencari kerjaan lepas dengan para pemilik project.

Sebenarnya apa itu freelance? Bekerja sebagai freelancer memang menjadi pilihan bagi seseorang yang tidak menginginkan ikatan terhadap perusahaan. Freelance adalah jenis pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan lepas yang biasanya ditujukan kepada seseorang yang bekerja sendiri serta tidak harus berkomitmen dalam jangka panjang terhadap suatu perusahaan atau bos.

Apa syarat diterima seseorang menjadi freelancer? Sebenarnya tidak ada persyaratan khusus atau standar supaya kamu bisa bekerja sebagai freelancer. Hal yang dibutuhkan oleh seorang yang memberikan tugas freelance adalah hasil. Jadi biasanya mereka tidak terlalu memperdulikan latar belakang mu, tetapi lebih kepada hasil yang telah kamu lakukan serta pengalaman mu terkait pengerjaan pekerjaan freelance ini.

Selain keahlian dan pengalaman, kemampuan dalam manajemen waktu pun sangat diperlukan. Karena tetap saja aturan bisnis dalam freelance adalah terikat kontrak. Jadi kita harus menyelesaikan pekerjaan paruh waktu tersebut sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakai.

Kebanyakan pekerjaan freelance berasal dari internet. Oleh karena itu mau tidak mau kamu harus mengerti dan menguasai yang namanya internet. Pekerjaan paruh waktu lebih sering dipublikasikan di internet seperti website dan media sosial. Jadi selain memiliki faktor diatas, kamu juga harus aktif di dunia internet

Baca juga : AWAS Lowongan kerja Palsu! Begini Tips Menghindarinya


Lowongan FreeLance


Lowongan Job Freelance

Oke setelah mengetahui seputar freelance, maka kali ini mimin akan memberikan beberapa alternatif pekerjaan yang sering dikerjakan oleh seorang frelancer. Diantaranya :

Freelance bidang Teknologi


Bagi sobat kosngosan yang saat ini berstatus sebagai pengangguran, yang ingin mencari freelance dibidang teknologi, harus memiliki pengalaman dibidang teknologi. Seperti menjadi penulis konten lepas, web developer, startup, seo consultan, toko online, jasa desain grafis lepas, software developer, youtuber, blogger, dan segala jenis pekerjaan paruh lepas yang berkaitan dengan teknologi dan informasi.

Freelance bidang Pendidikan


Dibidang pendidikan, kita bisa mencari jenis pekerjaan paruh waktu seperti menjadi seorang tentor atau guru private pada berbagai bidang pendidikan atau olahraga, menjadi penulis lepas, editor buku pendidikan, menjadi agen toko perlengkapan sekolah, jasa pembimbing skripsi dan yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Freelance Event


Jenis pekerjaan freelance ini sangat luas seperti menjadi designer baju pernikahan, Fotografer prewedding, menjadi pramuniaga pada acara car freeday, pameran mobil, jadi pembawa acara, penyanyi pada event tertentu, jadi volunter asean games, penerjemah pada rapat atau pertemuan perusahaan, dan banya lagi jenis pekerjaan freelance yang bisa dilakukan pada event event tertentu.

Freelance Marketing


Pada bidang marketing atau pemasaran, sebenarnya ada banyak jenis freelance yang bisa dicoba. Seperti menjadi agen asuransi freelance, agen pemasaran properti perumahan, multi level marketing, freelancer barang elektronik, otomotif dan lainnya. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga freelance marketing. Sobat kosngosan tinggal memilih jenisnya yang sesuai dengan passion atau kemampuan kamu.

Freelance Content Creative


Saat ini banyak sekali profesi sebagai pencipta konten, baik itu artikel, video, atau gambar yang bisa dinikmati di berbagai platform, seperti seorang youtuber yang menjadi video creator, blogger yang menghasilkan tulisan atau artikel, atau selebgram yang menghasilkan gambar dan klip kreatif.

Sayangnya sebagian orang tidak memiliki waktu yang cukup untuk menghandle platform mereka, oleh karena itu ada yang membutuhkan jasa untuk memproduksi video atau artikel untuk konten mereka. Kamu bisa berperan sebagai pekerja lepas untuk itu, seperti penulis artikel di situs besar, atau perekam video vlog untuk youtuber terkenal dan sebagainya.

Freelance Editing


Hampir sama dengan pekerja lepas yang bekerja di industri kreatif, bidang editing lebih mengedepankan proses produksi akhir yang bisa dinikmati oleh audiens.

Seperti misalnya seorang youtube yang membutuhkan jasa freelance editing untuk video yang sudah dia rekam sebelumnya, karena tidak sempat.  Atau seorang jurnalis yang membutuhkan editing untuk tulisan yang dia buat supaya enak dibaca dan sesuai dengan konsep copy writing yang menarik.

Freelance Politik


Nah bagi sobat kosngosan yang tertarik dengan lowongan freelance ini, bisa mencari informasinya di kantor institusi pemerintah daerah tempa dimana kamu tinggal. Tahun in dan tahun depan merupakan tahun politik. Banyak pemilihan umum diadakan.

Jenis freelance yang bisa kamu kerjakan diantaranya menjadi tim sukses calon kepala daerah atau wakil rakyat, menjadi saksi di Tempat Pemilihan Suara, menjadi pembicara kunci pada pertemuan kampanye, menjadi event organizer saat kampanye dan lainnya.

Baca juga : RAHASIA Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Agar Cepat Diterima HRD


Kata Penutup


Sekian pembahasan kita mengenai Lowongan Job Freelance yang Wajib dicoba Pengangguran kali ini, semoga kalian yang masih belum diberikan kesempatan untuk bekerja bisa mencoba beberapa alternatif pekerjaan paruh waktu diatas. Salam sukses dari mimin, dan jangan lupa untuk memberikan komentar anda dibawah ini.
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads