Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Liburan Semester Murah yang Bisa Kamu Coba

Selamat liburan semester untuk kalian para mahasiswa dan pelajar yang sekarng sedang masa cuti untuk beberapa minggu karena sudah melewati ujian semester. Sudah memutuskan hendak berlibur kemana? Jika kamu masih bingung hendak berwisata kemana saja, kali kita akan memberikan beberapa referensi liburan paling aneh, tetapi tetap seru untuk dicoba. Penasaran?

liburan akhir semester

Kosngosan akan membahas mengenai Pilihan Destinasi Liburan Panjang Akhir Semester yang Antimainstrem Cocok Untuk Dicoba. Kamu yang sedang atau akan libur panjang tahun ini, maka bersiaplah untuk merencanakan liburanmu secara menyenangkan. Tentunya ada banyak destinasi yang menjadi tujuan berlibur, tetapi kali ini mimin akan memberikan beberapa opsi yang antimainstream.

Pertanyaan dimana kamu akan liburan, mungkin banyak yang dilemparkan oleh teman temanmu, baik itu teman sekantor, teman kuliah di perguruan tinggi atau teman sekolah. Dan kamu sudah mempersiapkan liburanmu diakhir tahun ini?

Liburan murah akhir tahun memang menjadi dambaan. Apalagi bagi kamu yang sudah menerima rapor atau ujian akhir semester. Setelah ini, kamu mungkin akan segera cek paket wisata murah seperti yang ada di tiket atau traveloka. Itu bila kamu sudah punya rencana dan budget yang mumpuni.

Tetapi disini mimin tidak akan kasih referensi negara mana yang wajib dikunjungi untuk akhir tahun ini, karena itu tidak sesuai dengan prinsip liburan anak kos, mahasiswa dan pelajar yaitu murah, meriah dan terjangkau.

Baca juga : Tips Hemat Liburan Semester

Dan mimin juga tidak akan memberikan informasi tentang tempat wisata promo akhir tahun. Karena itu bisa saja menjengkelkan bila ternyata promo atau diskon nya berakhir? Kan kesel. Tapi kali ini kita akan melakukan beberapa liburan yang beda dari yang lain. Ya, antimainstrem istilahnya.

Karena libur akhir semester akan segera tiba. Dan mimin harap kamu sudah mempersiapkan destinasi atau tujuan untuk holiday bin vacation new year ini. Bila masing bingung, mimin kasi pencerahan sedikit mengenai liburan anti-mainstream ini : check these out !

Update terbaru

1. Liburan ke Mall atau Pusat Perbelanjaan


Apabila kamu berada di kota besar dan memiliki Mal atau pusat perbelanjaan, bisa menghabiskan waktu liburan mau disana dengan duduk dan nongki-nongki. Tapi pastikan kamu untuk tidak belanja barang-barang yang tidak diperlukan. Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk duduk-duduk, sambil online dan menemukan Spot foto yang menarik

2. Liburan ke museum


Apabila kamu adalah pecinta sejarah dan ingin mempelajari hal-hal tertentu langsung dari sumbernya maka kamu bisa belajar sambil bermain di museum. Tidak cukup banyak duit yang dikeluarkan, namun tempat liburan di museum ini jarang sekali orang menyukai karena memang hanya orang-orang yang mencintai ilmu pengetahuan lah yang menyukai liburan di museum

3. Liburan ke kebun binatang


Alternatif tempat liburan bersama keluarga atau orang-orang Tercinta yang paling murah lainnya adalah di kebun binatang. Selain menyenangkan dan murah kamu juga bisa menambah ilmu pengetahuan dengan melihat berbagai koleksi satwa yang ada di dalamnya. Siapa tahu kamu bisa bertemu dengan temanmu seperti monyet atau simpanse? (hehehe)

4. Hiking or Daki Gunung


Apabila kamu menyukai tantangan dan kegiatan outdoor yang murah kamu bisa hiking atau mendaki gunung di tempat terdekat di daerahmu. Kamu bisa meminjam perlengkapan hiking dari teman-temanmu dan segera pergi mendaki untuk mendapatkan sensasi pegunungan yang tiada tara. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tersebut, dan temukan Spot foto yang menarik.

5. Mengunjungi peternakan atau perkebunan


Ini bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang menyenangkan. Kamu cukup menemukan peternakan atau perkebunan besar yang ada di daerahmu untuk dikunjungi dan dipelajari hal-hal apa saja yang perlu untuk dicontoh. Lebih apabila kamu memiliki rencana untuk beternak atau membuka kebun sendiri.

6. Liburan di rumah dengan kegiatan seru


Yah, liburan di rumah adalah salah satu opsi tujuan berliburmu yang paling tidak membuang waktu dan biaya. Tapi apa enaknya liburan di rumah? Menghabiskan waktu bersantai? Bukankah membosankan?

Tenang saja, kamu juga bisa melakukan banyak hal positif dan menyenangkan kok di rumah. Seperti misalnya mengajak keponakan ke rumah, bermain PS, menonton bola, membuat bioskop sendiri dengan infokus dan soud system, memasak sesuatu buat ibu atau ayah dan sebagainya.

7. Liburan ke pasar tradisional


Lah, ini mesti buat suntuk. Bayangkan kamu yang sudah dikasih cuti dari atasan atau liburan resmi dari kalender pendidikan, justru disuruh menemani emak belanja ke pasar. Hello? Tapi kan itung itung kamu berbakti kepada ibu, apalagi ini juga momen hari ibu. So apa yang salah menemani ibu ke pasar?

8. Study stour bersama teman


Ini sih memang menyenangkan. Apalagi si doi yang kamu incer juga ikut. Study tour dari sekolah atau kampus menjadi opsi yang menyenangkan. Bicarakan ini kepada pihak perguruan tinggi atau yayasan sekolah ya.

Kamu bisa mengunjungi tempat penuh sejarah seperti candi, museum, tempat peribadatan dan sebagainya yang memiliki unsur pendidikan. Jadi ini lebih kepada wisata pendidikan, sambil melepas penat, kamu juga bisa menambah pengetahuanmu.

9. Liburan ke desa atau kampung


Sudah mainstream sih. Tapi tidak ada salahnya kamu menyambung tali silaturahim untuk sesekali berlibur akhir tahun ke rumah uwak, rumah opung, rumah tulang dan sebagainya (sori, istilah ini isitilah batak, karena mimin orang batak).

10. Menginap di rumah teman


Teman mu banyak yang dari luar kota? Kamu bisa memintanya untuk membantu mu mengisi liburan semester kali ini. Apabila dia bersedia, kalian bisa jalan jalan bersama di destinasi wisata yang ada di tempatnya. Seru bukan?

Akan tetapi pastikan terlebih dahulu dia sudah mendapatkan izin dari keluarganya ya. Nantinya kamu bisa menginap dan makan gratis di rumah nya. Mungkin hal ini hanya bisa kamu lakukan kepada teman akrab atau yang sudah lama kamu kenal, bukan?

Kata penutup


Akhir kata selamat liburan. Semoga kamu menikmati masa liburanmu kali ini. Tetapi jangan lupa untuk mempersiapkan diri, karena liburan juga hanya punya masa singkat, dan kamu juga harus mempersiapkan diri untuk masuk sekolah atau kuliah lagi. Cek kembali barang perlengkapan belajar mu ya.

Baca juga : Tema liburan sekolah buat mengisi waktu luang

Nah Liburan Kemana Akhir Tahun Ini? Kalau kamu tahu referensi Liburan Akhir Tahun yang menyenangkan, murah, terjangkau dan paket buat keluarga? bisa komen komen dibawah ini ya. Mimin akan senang hati menambahkan nya kedalam postingan ini. Jangan lupa untuk memberikan komentar mengenai pengalamanmu berlibur ya gais!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya