5 Topik Liburan Sekolah yang Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Luang Anak

5 Topik Liburan Sekolah yang Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Luang Anak

Liburan adalah sesuatu yang dinantikan oleh anak sekolah. Biasanya liburan panjang diberikan setelah menerima rapor dan penyelenggaraan ujian untuk kelas 3. Nah mungkin orangtua sering bingung menyusun agenda yang menarik untuk mengisi waktu liburan anak. Supaya lebih mudah, kali ini kosngosan akan menginspirasi kamu untuk melakukan schedule lebih awal demi menghadapi waktu libur yang lebih bermanfaat. Berikut adalah beberapa daftarnya.

Bagi anak-anak, waktu liburan sekolah ialah masa yang sangat menyenangkan dan sangat di nanti-nantikan. Karena, dengan waktu libur sekolah mereka bisa melepaskan diri dari kesibukan sekolah. Namun, bagi kamu selaku orang tua, diharapkan bisa mengisi waktu liburan sekolah anak kamu dengan sesuatu hal yang bermanfaat.

Baca juga : Cara dan Kiat Menjadi Pelajar yang Sukses dan Berprestasi

Liburan sekolah, diharapkan tetap dapat memberikan wawasan pengetahuan orang tua dan juga anak dalam mengisi kegiatan liburan. Lalu, apa saja kegiatan liburan sekolah yang tetap memberikan manfaat bagi anak-anak?

Berikut beberapa ide yang bisa dijadikan sebagai tema liburan kali ini :

1. Liburan untuk melatih kemampuan sosial dan emosional

Kegiatan ini bisa kamu lakukan dengan mengajak anakmu ke rumah nenek atau sanak saudara, membawa ke panti asuhan dan tempat-tempat lainnya yang berbau sosial. Dengan mengajak mereka ke tempat-tempat seperti itu, diharapkan anak merangsang perasaan sosial anak, sehingga bisa bersimpati terhadap lingkungan sekitarnya.

2. Liburan untuk menunjang kecerdasan spiritual anak

Kegiatan ini bisa kamu lakukan dengan mendatangi pemakaman sanak saudara untuk membersihkannya ataupun sekedar memanjatkan doa, ke pegunungan, danau, pesantren, atau tempat lainnya dimana anak kamu bisa mengagumi kebesaran Tuhan dan juga menambah rasa syukur atas kebesaran-Nya. Nilai agama yang diharapkan dari liburan tema ini akan menjadikan anak lebih memahami nilai nilai agama sejak dini, sehingga bagi orangtua pun akan lebih mudah menanamkan pemahaman mengenai agama lebih lanjut.

3. Liburan menambah wawasan pengetahuan anak

Kegiatan ini bisa kamu lakukan dengan membawa anak kamu berlibur ke museum, tempat bersejarah, bahkan ke pesawahan dan juga tempat lainnya. Liburan ke tempat yang memiliki nilai sejarah atau kental dengan ilmu pengetahuan akan merangsang otak nya untuk berpikir tentang kejadian dan fenomena secara langsung, sehingga akan melatih kemampuan analisis nya.

4. Liburan untuk menunjang perkembangan fisik dan keterampilan

Kegiatan ini bisa kamu lakukan dengan mengajak berenang, mengikuti kegiatan car free day, bersepeda, dan hal-hal lainnya. Dengan banyak melakukan kegiatan fisik yang berarti, anak akan lebih sehat, lebih mandiri dan memahami bahwa berolahraga juga ternyata menyenangkan.

5. Liburan untuk menunjang daya nalar anak

Kegiatan ini bisa kamu lakukan dengan mengajak anak kamu berkunjung ke kebun binatang, melakukan eksperimen dalam kelompok sains, dan lain sebagainya. Hampir sama dengan topik liburan yang ke 3, namun bedanya kali ini kamu mengajak anak untuk ikut berinteraksi secara langsung dalam kegiatan tertentu. Dengan demikian, anak akan mengerti tentang peran dan tanggung jawab.

Baca juga : 3 Cara Mencegah Bullying di Sekolah dan Mengatasi Korbannya

Kegiatan-kegiatan di atas bisa kamu jadikan alternatif untuk menunjang perkembangan anak kamu walaupun dalam suasana liburan sekolah. Namun tentunya, sebagai orang tua yang bijak sebaiknya kamu jangan memaksakan sesuai keinginan kamu. Tetapi, berilah pilihan kepada anak kamu untuk memilih alternatif liburan sesuai keinginan dan kemampuannya. Dan apabila suasana liburan tersebut melibatkan banyak pihak keluarga, ada baiknya di musyawarahkan dengan baik agar suasana liburan kamu tetap berjalan dengan baik.

Demikian artikel mengenai 5 Topik Liburan Sekolah yang Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Luang Anak. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dalam menentukan jadwal liburannya bersama anak tercinta. Berikan juga ide liburan menurut mu yang lebih bermanfaat melalui kotak komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung.