Manfaat E-Learning, E-Journal dan E-Book dalam Pembelajaran Sekolah

Apa saja peran dari pembelajaran online yang diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia? Ada berbagai media yang bisa mendukung proses pembelajaran daring ini, diantaranya adalah electronic learning, electronic journal dan electronic book.

Ketiganya sangat berperan penting dalam proses pembelajaran untuk tingkat sekolah formal seperti SD, SMP, SMA dan SMK. Dan pada kesempatan kali ini kosngosan akan mencoba membahasnya satu persatu dalam postingan ini

Saat ini memang bisa dikatakan bahwa teknologi sudah memengaruhi proses belajar mengajar disekolah. Ingat ketika dahulu pembelajaran menggunakan media konvensional seperti kapur dan papant tulis, sekarang sudah berganti ke white board dan spidol? Ditabah dengan kemajuan teknologi telah banyak media berbasis teknologi dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, misalnya startup Ruang Guru, atau Zenius yang mengandalkan pembelajaran online menggunakan perangkat smartphone

Sebenarnya apa saja kelebihan pembelajaran yang diterapkan dengan penggunaan metode online ini? Seberapa efektif dan efisien-nya proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat teknologi berbasis online ini? Tentu saja ini sangat memberikan efek yang besar dalam mendukung proses pembelajaran di Indonesia. Berikut akan kosngosan uraikan satu persatu manfaatnya untuk kalian

Baca dulu : Contoh Ide Praktikum Eksperimen di Sekolah


Peran E-Learning


manfaat pembelajaran online

Electronic Learning, E learning atau pembelajaran elektronik merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik, khususnya internet dalam setiap proses pembelajarannya. E-Learning merupakan metode yang muncul akibat perkembangan teknologi dan informasi.

Menurut Jaya Kumar, Electonic Learning (e-learning) merupakan sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.

Setelah mengetahui defenisi dari E-Learning, bagaiamana dengan manfaat nya? Manfaat E Learning sangat signifikan bagi perkembangan sistem pendidikan di suatu daerah. Seperti menghemat waktu proses pembelajaran, menjadikan siswa lebih aktif, dapat menghemat biaya, hingga menjadikan proses belajar menjadi menyenangkan dan up-to-date.

Namun dibalik kelebihan dan kegunaan ELearning tersebut, ada juga beberapa kekurangannya, Seperti Interaksi antara pengajar dan siswa lebih berkurang, Proses belajar cenderung mengarah pada pelatihan, mendorong terjadinya praktik komersial, dan memiliki tingkat persaingan dan standar pendidikan yang tinggi sehingga dikhawatirkan siswa yang berada pada akses tempat yang tertinggal tidak bisa mengikuti proses belajar elektronik ini.

E Learning memang bisa memudahkan setiap proses pembelajarannya karena menggunakan internet, baik dengan cara formal ataupun dengan cara informal. Paket pendidikan yang ditawarkan juga akan lebih terstruktur dan mudah untuk dipelajari.

Saya berpendapat bahwa E Learning tidak cocok diterapkan kepada pendidikan dasar dan pendidikan anak usia dini. Karena ini akan mengurangi waktu bermain anak secara langsung. E learning akan tepat bila diterapkan kepada pendidikan menengah atas atau perguruan tinggi dimana insan akademik jauh lebih matang dan siap dalam menerima perkembangan teknologi informasi.


Peran E-Journal


Electronic Journal, E-Journal atau Jurnal Electronic merupakan bentuk jurnal atau karya ilmiah dalam format elektronik atau soft file. E Journal merupakan publikasi ilmiah dalam format elektronik dan mempunyai ISSN (International Standard Serial Number). Format dokumen e-journal biasanya berupa PDF, HTML dan DOC.

Jurnal yang tersedia di Internet juga disebut jurnal internet atau jurnal jaringan. Ensiklopedia Ilmu Perpustakaan dan Informasi mengartikan E-Jurnal sebagai sebuah catatan proses atau transaksi dari masyarakat terpelajar. Menurut Glosarium Pustakawan Harrods, jurnal elektronik adalah jurnal yang produk akhirnya lengkap dan tersedia di internet atau disimpan dalam media penyimpanan seperti Hardisk, CD atau DVD.

Beberapa kelebihan Jurnal Electronik dibandingkan dengan Jurnal Biasa adalah Menyediakan akses yang tepat waktu, Mendukung kemampuan pencarian dengan kata kunci tertentu, Mengakomodasi fitur unik seperti link ke item terkait, tidak perlu menyimpan dalam ruang penyimpanan fisik

Berisi informasi multimedia, Tidak memerlukan pengolahan fisik, Ramah lingkungan karena tidak memerlukan kertas, Secara otomatis menghasilkan layanan peringatan dan sekunder lainnya serta Tidak menghasilkan sampah dan limbah yang membahayakan lingkungan.

Walaupun demikian, kelemahan Jurnal elektonik tetap ada, seperti membutuhkan akses internet atau perangkat tambahan untuk membuka dan mengaksesnya. Ini tentu tidak efektif bila dimanfaatkan oleh kaum tertinggal yang mengalami kekurangan sarana dan prasarana di daerah pedalaman. Maka peningkatan infrastruktur juga sangat important demi menciptakan akademisi yang melek akan teknologi dan informasi.

Baca juga : Contoh Program Literasi Sekolah


Peran E-Book


Diera globalisasi pendidikan, Electronic Book menjadi hal yang lumrah bahkan menjadi kebutuhan. Dalam banyak pendidikan formal dan pendidikan inklusif pun, penggunaan E-Book sudah mulai sering di galakkan karena dinilai lebih efisien dan efektif.

Elektronik Book, Buku Digital atau E Book merupakan entuk digital dari buku cetak, terdiri dari berbagai macam informasi digital (bisa text, picture / gambar, audio dan video) yang dapat dibuka melalui hardware seperti komputer, pc, tablet, smartphone atau perangkat elektronik lainya.

E-Journal sudah barang tentu adalah E-book. Tetapi Ebook belum tentu E-Jurnal. Ebook lebih luas kaitannya. Karena buka elektronik biasanya mencakup semua genre, baik itu karya ilmiah maupun non-ilmiah (fiksi).

E book sendiri berfungsi sebagai sarana pembelajaran, untuk media pembalajaran serta untuk media bisnis. Ebook sangat berguna untuk memudahkan proses pembelajaran melalui berbagai perangkat yang dimiliki saat ini

Ebook juga sangat memudahkan guru dalam memberi tugas, memudahkan untuk belajar kelompok via online, guru dapat memberi materi walau guru sedang tugas luar, hingga dapat melakukan ujian online melalui bantuan materi dari Ebook.

Baca juga : Daftar Rekomendasi Channel YouTube Pendidikan Terbaik di Indonesia


Kata Penutup


Pembelajaran secara daring atau online memang saat ini harus dilakukan oleh berbagai sekolah karena kondisi yang tidak memungkinkan dalam pertemuan secara langsung. Kedepannya kita juga sebenarnya harus mempersiapkan diri untuk memberikan infrastruktur yang maju untuk bisa mendukung sistem pembelajaran secara online ini

Demikian artikel mengenai Peran E-Learning dan E-Journal dalam Pendidikan ini, semoga bermanfaat bagi kamu semua. Jadilah insan akademik yang bermanfaat bagi orang lain dan linkungan sekitar. Jangan lupa share artikel ini ke teman teman mu yang lain ya
By