Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat E-Learning dalam Pembelajaran Sekolah

Apa manfaat pembelajaran online yang diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia saat ini? Ada berbagai media yang bisa mendukung proses pembelajaran daring ini, diantaranya adalah electronic learning, electronic journal dan electronic book. Ketiganya sangat berperan penting dalam proses pembelajaran untuk tingkat sekolah formal seperti SD, SMP, SMA dan SMK.

Saat ini memang bisa dikatakan bahwa teknologi sudah memengaruhi proses belajar mengajar disekolah. Ingat ketika dahulu pembelajaran menggunakan media konvensional seperti kapur dan papant tulis, sekarang sudah berganti ke white board dan spidol? 

Ditambah dengan kemajuan teknologi telah banyak media berbasis teknologi dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, misalnya startup Ruang Guru, atau Zenius yang mengandalkan pembelajaran online menggunakan perangkat smartphone.

Sebenarnya apa saja manfaat pembelajaran yang diterapkan dengan penggunaan metode online ini? Seberapa efektif dan efisien-nya proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat teknologi berbasis online ini? Tentu saja ini sangat memberikan efek yang besar dalam mendukung proses pembelajaran di Indonesia. Berikut akan kosngosan uraikan satu persatu manfaatnya untuk kalian.

Baca dulu : Contoh Ide Praktikum Eksperimen di Sekolah


Manfaat E Learning

manfaat pembelajaran online

Electronic Learning, E learning atau pembelajaran elektronik merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik, khususnya internet dalam setiap proses pembelajarannya. E-Learning merupakan metode yang muncul akibat perkembangan teknologi dan informasi.

Menurut Jaya Kumar, Electonic Learning (e-learning) adalahg contoh konsep pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan kepada anak didik.

Setelah mengetahui defenisi dari E-Learning, lalu apa manfaat nya? Manfaat E Learning sangat signifikan bagi perkembangan sistem pendidikan di suatu daerah. Seperti menghemat waktu proses pembelajaran, menjadikan siswa lebih aktif, dapat menghemat biaya, hingga menjadikan proses belajar menjadi menyenangkan dan up-to-date.

Aksesibilitas Lebih Mudah

E-learning memungkinkan anak didik dan tenaga pengajar untuk bisa mengakses pembelajaran dari mana saja di seluruh dunia selama terhubung dengan jaringan internet dan memiliki perangkat komputer atau HP. Ini membuka peluang pembelajaran bagi individu yang mungkin tidak dapat mengakses pendidikan tradisional karena batasan geografis atau fisik.


Fleksibilitas 

E-learning memberikan kelebihan seperti fleksibilitas dalam hal waktu dan tempat belajar yang bisa dimana saja, tanpa terkendala oleh kondisi fisik dan jarak. Anak didik dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja sesuai dengan jadwal mereka sendiri, memungkinkan pembelajaran yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


Materi Pembelajaran Variatif

Metode menggunakan E-learning menyediakan beragam materi pembelajaran yang kaya akan konten dan jenisnya, termasuk teks, video, simulasi interaktif, dan sumber daya multimedia lainnya. Ini memungkinkan pendekatan pembelajaran yang lebih beragam dan sesuai dengan gaya belajar berbeda yang disukai oleh anak didik dan tenaga pengajar.


Hemat Biaya

Tidak seperti pembelajaran konvensional, E-learning dapat membantu mengurangi biaya perjalanan, akomodasi, dan buku pelajaran yang biasanya terkait dengan pembelajaran tradisional. Hal ini dapat membuat pendidikan lebih terjangkau dan dapat diakses oleh lebih banyak orang.


Evaluasi Efisien

Platform E-learning sering kali menyediakan sistem evaluasi dan penilaian online dan bersifat otomatis. Ini memudahkan tenaga pengajar seperti guru atau dosen untuk memantau kemajuan anak didiknya secara real-time dan memberikan umpan balik dengan cepat. Proses ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.


Namun dibalik kelebihan dan kegunaan E Learning tersebut, ada juga beberapa kekurangannya, Seperti Interaksi antara pengajar dan siswa lebih berkurang, Proses belajar cenderung mengarah pada pelatihan, mendorong terjadinya praktik komersial, dan memiliki tingkat persaingan dan standar pendidikan yang tinggi sehingga dikhawatirkan siswa yang berada pada akses tempat yang tertinggal tidak bisa mengikuti proses belajar elektronik ini.

E Learning memang bisa memudahkan setiap proses pembelajarannya karena menggunakan internet, baik dengan cara formal ataupun dengan cara informal. Paket pendidikan yang ditawarkan juga akan lebih terstruktur dan mudah untuk dipelajari.

Saya berpendapat bahwa E Learning tidak cocok diterapkan kepada pendidikan dasar dan pendidikan anak usia dini. Karena ini akan mengurangi waktu bermain anak secara langsung. E learning akan tepat bila diterapkan kepada pendidikan menengah atas atau perguruan tinggi dimana insan akademik jauh lebih matang dan siap dalam menerima perkembangan teknologi informasi.


Manfaat E-Journal

Electronic Journal, E-Journal atau Jurnal Electronic merupakan bentuk jurnal atau karya ilmiah dalam format elektronik atau soft file. E Journal merupakan publikasi ilmiah dalam format elektronik dan mempunyai ISSN (International Standard Serial Number). Format dokumen e-journal biasanya berupa PDF, HTML dan DOC.

Jurnal yang tersedia di Internet juga disebut jurnal internet atau jurnal jaringan. Ensiklopedia Ilmu Perpustakaan dan Informasi mengartikan E-Jurnal sebagai sebuah catatan proses atau transaksi dari masyarakat terpelajar. Menurut Glosarium Pustakawan Harrods, jurnal elektronik adalah jurnal yang produk akhirnya lengkap dan tersedia di internet atau disimpan dalam media penyimpanan seperti Hardisk, CD atau DVD.

Beberapa kelebihan Jurnal Electronik dibandingkan dengan Jurnal Biasa adalah Menyediakan akses yang tepat waktu, Mendukung kemampuan pencarian dengan kata kunci tertentu, Mengakomodasi fitur unik seperti link ke item terkait, tidak perlu menyimpan dalam ruang penyimpanan fisik

Berisi informasi multimedia, Tidak memerlukan pengolahan fisik, Ramah lingkungan karena tidak memerlukan kertas, Secara otomatis menghasilkan layanan peringatan dan sekunder lainnya serta Tidak menghasilkan sampah dan limbah yang membahayakan lingkungan.

Walaupun demikian, kelemahan Jurnal elektonik tetap ada, seperti membutuhkan akses internet atau perangkat tambahan untuk membuka dan mengaksesnya. Ini tentu tidak efektif bila dimanfaatkan oleh kaum tertinggal yang mengalami kekurangan sarana dan prasarana di daerah pedalaman. Maka peningkatan infrastruktur juga sangat important demi menciptakan akademisi yang melek akan teknologi dan informasi.

Baca juga : Contoh Program Literasi Sekolah


Manfaat E-Book

Diera globalisasi pendidikan, Electronic Book menjadi hal yang lumrah bahkan menjadi kebutuhan. Dalam banyak pendidikan formal dan pendidikan inklusif pun, penggunaan E-Book sudah mulai sering di galakkan karena dinilai lebih efisien dan efektif.

Elektronik Book, Buku Digital atau E Book merupakan entuk digital dari buku cetak, terdiri dari berbagai macam informasi digital (bisa text, picture / gambar, audio dan video) yang dapat dibuka melalui hardware seperti komputer, pc, tablet, smartphone atau perangkat elektronik lainya.

E-Journal sudah barang tentu adalah E-book. Tetapi Ebook belum tentu E-Jurnal. Ebook lebih luas kaitannya. Karena buka elektronik biasanya mencakup semua genre, baik itu karya ilmiah maupun non-ilmiah (fiksi).

E book sendiri berfungsi sebagai sarana pembelajaran, untuk media pembalajaran serta untuk media bisnis. Ebook sangat berguna untuk memudahkan proses pembelajaran melalui berbagai perangkat yang dimiliki saat ini

Ebook juga sangat memudahkan guru dalam memberi tugas, memudahkan untuk belajar kelompok via online, guru dapat memberi materi walau guru sedang tugas luar, hingga dapat melakukan ujian online melalui bantuan materi dari Ebook.


Kata Penutup

Pembelajaran secara daring atau online memang saat ini harus dilakukan oleh berbagai sekolah karena kondisi yang tidak memungkinkan dalam pertemuan secara langsung. 

Kedepannya kita juga sebenarnya harus mempersiapkan diri untuk memberikan infrastruktur yang maju untuk bisa mendukung sistem pembelajaran secara online ini

Demikian artikel mengenai Peran E-Learning dan E-Journal dalam Pendidikan ini, semoga bermanfaat bagi kamu semua. Jadilah insan akademik yang bermanfaat bagi orang lain dan linkungan sekitar. Jangan lupa share artikel ini ke teman teman mu yang lain ya
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya