Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Makalah tentang Motivasi dan Konflik

Dalam Makalah pengantar bisnis berupa Motivasi dan Konflik yang akan kamu download ini, akan membahas mengenai faktor, teori, cara peningkatan serta penyebab terjadinya konflik dan cara mengatasinya. Namun sebelum mengunduh file doc-nya, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai kedua materi ini.

Motivasi merupakan salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan. Setiap orang tentu memiliki motivasi untuk berbuat sesuatu, dan hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berasal dari internal maupun eksternal.

Motivasi. Kita sering mendengar kata kata motivasi langsung. Baik dari percakapan, media sosial dan nasehat nasehat orang tua. Tapi konteks motivasi dalam kasus yang akan kita bahas ini lebih diperuntukkan kepada manajemen perusahaan.


Pengertian Motivasi


Motivasi merupakan suatu dorongan nyata untuk diri sendiri agar kita melakukan sesuatu hal. Dorongan yang kita dapat itu bisa bersumber dari mana saja, apakah itu berasal dari diri kita sendiri atu pun dari hal atau orang lain.

Dorongan yang bisa disebut motivasi ini juga yang menjadi suatu sumber penyemangat dalam mengerjakan atau menyelesaikan suatu hal agar kita mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini kegiatan yang kita lakukan dapat berbentuk negatif ataupun positif meskipun motivasi kita semua awalnya “baik”.

Motivasi sendiri dalam bahasa Inggris disebut juga dengan motivation, berasal dari bahasa Latin “motivus” yakni bentuk kata dari “movere” yang memiliki arti bergerak atau menggerakkan.

Adanya hubungan etimologis antara kata motivasi dengan motif (yang diambil dari kata “motivus”). Motif adalah suatu dorongan seseorang atau kelompok untuk melakukakan sesuatu. Motif sendiri selalu berkaitan dengan banyak faktor dan juga berhubungan dengan berbagai hal, baik secara internal maupun eksternal. Kemudian, hal-hal yang mempengaruhi motif tersebutlah yang diartikan dengan motivasi.

Baca juga : Contoh Motivasi Kerja


Defenisi Konflik


motivation conflict

Apa itu Konflik? Konflik adalah suatu kondisi, yang berasal dari dalam internal individu atau pun dalam lingkungan sosial, di mana terdapat dua hal yang bertentangan atau berlawanan dalam waktu yang bersamaan. Konflik ini pasti akan muncul dengan dan dari arah yang tidak diduga. Respon dan cara dalam menghadapi konflik tersebut lah yang akan menentukan solusi penyelesainya. Apakah konflik itu menyebabkan sesuatu hasil yang akan rusak atau justru membuat kearah yang lebih baik.

Ada banyak jenis jenis konflik yang sering terjadi, seperti konfilik internal, konflik eksternal dan konflik sosial. Dalam makalah ini akan membahas cara mengatasi berbagai konflik tersebut.

Dalam makalah ini juga akan membahas mengenai Apakah Pengertian motivasi, Apa – apa saja yg termasuk teori mativasi, Apakah paktor penggerak motivasi, apa paktor yg mempengaruhi motivasi Bagaimnakah cara meningkatkan motivasi, Apa fungsi dari motivasi, Apa metode motivasi, Apakah yg menyebabkan konflik dan bagaimnakah cara mengatasinya.


Download Makalahnya


Petunjuk sebelum mengunduh ketika kamu click URL  dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan file DOC-nya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan. Jangan lupa untuk berkomentar dan mengunjungi kembali kosngosan.

Download Makalah Motivasi dan Konflik disini


Jenis Motivation


Motivation berbeda dengan inspirasi dimana mental seseorang mendapat rangsangan untuk melakukan tindakan setelah melihat atau mempelajari sesuatu yang ada di sekitar maupun akibat pengalaman sendiri.

Sedangkan Motivation lebih cenderung untuk maksud dan tujuan seorang. Jika seseorang tidak memiliki Motivation maka tidak akan mungkin mendapatkan keinginan tersebut dengan baik.

Secara umum ada dua jenis penyebab timbulnya Motivation yaitu oleh dirinya sendiri (Internal/internal) maupun pengaruh dari luar (Eksternal/eksternal).

Motivation Internal

Motivation Internal merupakan Motivation yang bersumber pada faktor-faktor dari dalam diri sendiri tanpa paksaan, akan lebih menguntungkan karena tumbuh dari dalam diri sendiri sehingga memberikan kemauan yang kuat dan bertahan lama.

Contoh Motivation Internal, memiliki dorongan keinginan dari sendiri untuk mengetahui informasi dan pemahaman, mendapat ketrampilan tertentu, mengembangkan sikap, menikmati kehidupan dan lain sebagainya.

Baca juga : Contoh Penilaian Kinerja Karyawan


Motivation Eksternal

Motivation Eksternal merupakan Motivation yang bersumber akibat pengaruh dari luar individu yang sulit dikendalikan dan dapat cepat hilang karena dipengaruhi oleh ajakan, suruhan, maksud tertentu, ucapan atau paksaan dari orang lain.

Contoh Motivation Eksternal, ingin sekedar mendapat hadiah, mendengar ucapan atau membaca dari motivator, memiliki tujuan karena perintah teman, orang tua, guru atau atasan dan lain sebagainya.

Motivation sangat diperlukan untuk maksud dan tujuan keinginan seorang. Jika seseorang tidak memiliki Motivation maka tidak akan mungkin mendapatkan keinginan tersebut dengan baik.
Oleh rezaharahap