Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Driver Ojek Online

Apa saja peran dan manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi driver ojek online di Era Teknologi Informasi Kini? Zaman sekarang sangat maju, meliputi perkembangan pendidikan, kesehatan, kecanggihan teknologi informasi, membuat semua orang ingin bertransformasi kearah yang lebih baik. Globalisasi juga sangat berperan perkambangannya di Indonesia, sebagai negara yang sedang berkembang ke arah yang lebih baik.

Fenomena yang terjadi pada saat ini di Indonesia yang mengebohkan ruang publik adalah tentang munculnya transportasi berbasis online yang memanfaatkan kemudahan dan kecanggihan teknologi saat ini untuk memudahkan dalam jasa pelayanan transportasi.

Dengan modal mudahnya akses jaringan internet dan teknologi smartphone yang berkembang di jagat teknologi informasi, membuat sebagian orang bekerjasama membentuk suatu bisnis online salah satunya jasa transportasi online. Di Indonesia sendiri telah ada transportasi online mana semuanya menggunakan teknologi komunikasi untuk membantu dalam melayani konsumen.

Adanya transportasi online bukan tanpa persaingan dengan transportasi yang lain, melainkan menimbulkan persaingan bagi transportasi yang lain yaitu transportasi konvesional seperti taksi, ojek, dan juga kendaraan yang bernomor kendaraan berwarna kuning yang telah sekian lama sudah ada sebagai jasa transportasi online bagi konsumen.


Kekurangan Driver Ojek Online


kelebihan kekurangan ojek online

Lahirnya transportasi online membuat konsumen berpindah ke yang lebih instan dan mudah untuk di dapat yaitu transportasi online, membuat para pengemudi transportasi konvensional ini harus lebih gigih mencari penumpang, karena salah satu sumber mata pencaharian mereka.

Situasi saat ini, masyarakat lebih banyak menggunakan mode nyaman dan murah seperti transportasi online, hingga membuat para pengemudi transportasi konvensional sepi pelanggan, karena sepinya konsumen dan lain-lain, hingga membawa mereka pada jalur unjuk rasa kepada pemerintah sebagai rasa kekecewaan dari para pengemudi dengan mogok kerja dan lain sebagainya.

Baca juga : Ide Bisnis Working From Home


1. Regulasi dan izin sebagian ojol masih simpang siur

Berharap adanya kebijakan baru bagi pengemudi transportasi konvesional demi kelangsungan usaha jasa transportasi. Dalam hal ini pemerintah sebagai decision maker harus lebih jeli membuat kebijakan untuk kebaikan yang akan datang bagi kedua belah pihak.

Demi kemajuan jasa transportasi di Indonesia, pemerintah tidak perlu menerbitkan peraturan baru tentang jasa pelayanan transportasi, seperti pengaturan tarif saat ini tidak relevan karena yang berjalan dilapangan adalah hukum pasar.


2. Sering terjadi gesekan dengan Ojek Konvensional

Salah satu kekurangan menjadi driver ojek konvensional adalah terjadinya konflik sosial akibat ketidak adilan fitur dan harga antara ojek online dan ojek konvensional

Pemerintah semestinya mendorong perusahaan transportasi berbasis aplikasi (online) dan konvensional untuk berkolaborasi. Kolaborasi justru akan menguntungkan semua pihak, termasuk konsumen. Kehadiran transportasi ini baik online maupun konvensional sebagai kebutuhan publik.

Sejatinya dengan kolaborasi antara perusahaan transportasi online dan konvensional dapat meningkatkan pandapatan negara. Dengan menyatukan kelebihan dari keduanya, akan meningkatkan jasa palayanan transportasi, dari transportasi online dapat memanfaatkan teknologi dan dari yang konvensional dapat menggunakan pengalamannya.


3. Adanya pembagian lokasi kerja

Diperlukan solusi untuk menyatukan keduanya yaitu transportasi online dan konvensional. Salah satunya yaitu, dengan menggunakan lokasi. Indonesia khususnya didaerah yang banyak daerah keramaian seperti di Pelabuhan, rumah sakit, bandara dan sebagainya.

Karena tidak memerlukan tempat untuk pencarian pelanggan, maka daerah keramaian seperti itu layak bagi pengemudi kovensional karean tidak menggunakan teknologi layaknya transportasi online yang bisa menjangkau hingga ke sudut desa.

Dengan keramaian para pengemudi konvensional tidak perlu mondar mandir mencari pelanggan kesana kesini karena ditempat keraiamaian seperti itu terdapat konsumen yang akan menggunakan jasa transportasi sebagai kebutuhannya.


4. Tidak bisa memesan dua tempat dalam satu kali orderan yang sama

Ini menjadi kekurangan dari sistem pemesanan ojek online, yang memang dirasakan oleh penumpang. Dalam memesan aplikasi gojek maka, sobat kosngosan hanya bisa melakukan order ke satu tempat tujuan saja dan apabila ingin pergi ketempat lain maka harus order kembali. Hal ini tentunya sangat tidak praktis jika kita ingin pergi kedua tempat dalam satu orderan


5. Harus melakukan pengaktifan dompet digital terlebih dahulu

Salah satu kekurangan dari ojek online baik bagi driver atau penumpang, adalah jika kamu ingin melakukan pembayaran pada aplikasinya, maka kamu harus melakukan pendaftaran dan verifikasi terlebih dahulu untuk mengaktifkan pembayaran.

Tentunya hal ini menjadi sangat tidak efektif dikarenakan bisa saja nomor ponsel yang kita daftarkan pada akun ojek online tersebut sedang tidak berada pada kita misalnya berada di ponsel lain yang sedang tidak terbawa, dan lainnya


Kelebihan Driver Ojek Online


6. Penggunaan teknologi sudah maju

Selanjutnya bagi transportasi online dengan memanfaatkan teknologi yang maju, maka pengemudi dapat merambah kesudut kota hingga kampung yang mana mereka tidak perlu lagi untuk keliling untuk mencari pelanggan, dengan adanya teknologi pengemudi lebih pasti dalam menemukan pelanggan yang akan menggunakan jasanya


7. Pendapatan relatif lebih tinggi

Apabila kita berbicara mengenai pendapatan dari pengemudi online, maka memang lebih besar dibandingkan ojek konvensional pada umumnya.

Hal ini juga tidak sebatas ongkos dari jasa transportasi saja, melainkan juga dari jasa antar barang dari suatu tempat ke tempat yang lain, hal ini juga dapat menambah pendapatan dari penegemudi online tersebut. Berbeda dengan konvensional yang hanya fokus pada penumpang saja


8. Tidak Repot dalam Mengejar Setoran

Bandingkan dengan driver ojek konvensional yang harus menawarkan jasanya ke penumpang setiap ada lihat orang yang baru turun dari mobil.

Nah dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak harus merasakan panas bahkan hujan tanpa kepastian. Kamu juga bisa memesan jasa transportasi dari rumah atau pun tempat yang nyaman. Ojek atau taksi yang dipesan pun akan langsung menghampiri


9. Lebih dipercayai oleh Penumpang

Tentu saja saat ini teknologi keamanan dalam sistem pemesanan ojek online sudah sangat maju dan terpercaya. Data pengemudi ojek onlien dan juga driver juga sudah tercantum pada perusahaan penyedia transportasi online

Oleh karena itu kedua belah pihak pastinya sudah mendaftarkan diri dengan berbagai persyaratan tertentu. Menggunakan data diri yang jelas dan surat kelakuan baik dari pihak yang berwenang. Driver dan penumpang akan merasa lebih aman menggunakan sistem seperti ini


10. Mekanisme Pencarian Income lebih Adil

Driver ojek online akan mencari uang dari penghasilan yang dia dapatkan secara lebih adil, sesuai dengan orderan yang dia selesaikan. Bandingkan bila ojek konvensional, dimana terkadang senioritas lebih dijunjung, apalagi ada kenalan yang meminta ongkos lebih murah dll.


11. Menyediakan lowongan pekerjaan baru

Tidak bisa dipungkiri bahwa hadirnya aplikasi ojek online seperti GOJEK dan GRAB berperan aktif dalam membuka lowongan pekerjaan di tanah air. Banyak dari lulusan SMK, SMK dan bahkan S1 yang mendaftar dan bekerja sebagia driver ojek online, yang tentunya akan meningkatkna taraf hidup masyarakat di Indonesia

Baca juga : Pilih Gelar Sarjana atau Pekerjaan?


Kata Penutup


Pemerintah daerah khususnya yang lebih dekat dengan permasalahan transportasi ini, juga dapat berperan untuk merekatkan keduanya antara transportasi online dan transportasi konvensional, salah satunya membentuk suatu organisasi atau komunitas dengan kegiatan positif yang bisa menyatukan keduanya, seperti komunitas motor, mobil dan sebagainya yang bisa menyatukan kedua belah pihak.

Demikian artikel opini berupa manfaat transportasi online di Zaman sekarang semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk share artikel ini ya ke time line media sosial kalian masing masing. Terimakasih telah berkunjung di blog kosngosan.com
Oleh rezaharahap