Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Cara Mendapat Orderan Grab yang Banyak

Bagaimana cara mendapatkan orderan grab yang gacor? Bagi para driver ojek online, khususnya untuk aplikasi grab, pastinya ingin mendapatkan orderan yang banyak setiap harinya. Dengan demikian maka penghasilan juga akan semakin bertambah. Selain jasa antar jemput penumpang, grab juga menyediakan jasa pembelian dan pengantaran makanan yang disebut dengan grab food. Saingan dari gofood ini memang menjadi tambahan fitur yang bisa menambah cuan buat para drivernya.

Kita tentu sudah tahu mengenai platform grab yang telah mengembangkan layanannya di Indonesia sejak beberapa tahun silam. Aplikasi ini berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia, yang pada awalnya yang memberikan layanan grabtaxi, sampai sekarang sudah memiliki banyak sekali situ yang bisa kita nikmati hanya dalam satu aplikasi.

Kita tidak akan membahas mengenai detail perjalanan sejarah dari platform yang satu ini. Tetapi akan lebih fokus membahas mengenai langkah-langkah yang bisa sobat kosngosan.com ambil sebagai seorang driver untuk memaksimalkan penghasilan dari smartphone milikmu, baik dari jarak dekat maupun jauh secara express.

cara mendapat orderan grab

Tips Mendapatkan Banyak Orderan Grab bagi Driver Ojol

Langsung saja kita akan membahas mengenai beberapa langkah yang bisa kamu terapkan dalam  memperoleh orderan ataupun pesanan dari pelanggan yang menggunakan aplikasi grab secara maksimal. Tapi buat driver ojol GoJek, kalian juga bisa baca artikel cara mendapatkan orderan gojek dan gofood disini. Let's check these out!


Harus Punya Jaringan Internet Baik dan Bagus

Untuk mendapatkan orderan yang banyak, pastikan bahwa jaringan internet kamu stabil, dalam keadaan baik dan bagus. Jaringan internet ini menjadi kunci utama dalam lancarnya orderan Grab dari driver. Sehingga selalu pastikan jaringan internet yang kamu miliki kuat dan stabil. 

Usahakan untuk menggnakan provider yang sinyalnya terjangkau dan tidak membuat jaringan internet lelet. Jika jaringan internet tidak stbil, bisa-bisa orderan yang harusnya masuk bisa terlambat dan driver yang seharusnya dapat akan terlewatkan dari penumpang tersebut.


Pelajari Jam Sibuk di Sekitarmu

Cara ini adalah tips yang paling ampuh. Mengetahui jam sibuk para pelanggan di sekitar driver, akan memudahkan untuk mendapatkan orderan yang lancar. Lokasi yang rama dan aktifitas sibuk bisa menjadi pengaruh yang besar bagi orderan Grab dari driver. 

Misalkan lokasi seperti perkantoran, di dekat pusat perbelanjaan atau di dekat sekolah. Selain itu untuk jam sibuk misalkan saat pagi hari, saat jam istirahat dan saat jam pulang kerja atau pulang sekolah. Selain itu sobat kosngosan perlu cermat untuk mengamati beberapa titik-titik keramaian lainnya.


Cek Saldo Dompet yang Ada

Sebelum mulai ngebid atau mulai menerima orderan, pastikan saldo dompet telah terisi atau masih ada. Dengan adanya saldo dompet tersebut, maka bisa menerima orderan. Karena jika saldo tidak ada driver tidak dapat menerima orderan baru. Hal ini dapat mempengaruhi banykanya orderan yang didapatkan oleh driver. 


Setting High Accuracy Location

Banyak sekali para driver ojek online yang tidak menyadari mengenai settingan satu ini. Padahal dampak yang sangat luar biasa terhadap orderan yang masuk ke HP kita. Di beberapa smartphone Android, ada suatu opsi untuk mengaktifkan pilihan "Lokasi Akurasi Tinggi"

Supaya Smartphone kita bisa  memberikan sinyal lokasi yang lebih baik kepada aplikasi grab, sehingga para konsumen bisa menemukan lokasi kita dengan cepat.  Untuk cara mengaktifkannya kamu tinggal pergi ke menu setting dan pilih lokasi


Pastikan Samartphone dalam Keadaan Standby

Supaya mendapatkan banyak orderan, driver perlu mengubah pengaturan di Hp atau smartphone supaya tetap dalam keadaan standby. Di pengaturan Hp yang semakin canggih saat ini, dapat di setting untuk mengaktifkan mode standby. 

Dimana hal ini supaya layar Hp selalu dalam keadaaan menyala. Sehingga orderan sobat kosngosan pun akan mudah masuk dan mudah diterima. Beberapa Hp umumnya, jika dalam keadaan terkunci atau mati, maka beberapa aplikasi pun akan terhenti secara otomatis.  


Mengganti Nada Dering Khusus untuk Orderan yang Masuk

Tips berikutnya adalah mengubah nada dering di Hp. Cara ini adalah supaya driver Grab mendapatkan orderan yang banyak dan lancar tanpa macet. Driver perlu mengganti nada Hp dengan nada khusus untuk orderan yang masuk. Hal ini bisa memudahkan driver untuk mengetahui ada orderan yang masuk dan tidak terlewatkan.


Menambahkan Beberapa Aplikasi Bermanfaat

Beberapa aplikasi di Google dapat membantu driver untuk mendapatkan orderan banyak dan lancar. Salah satunya yaitu menginstall aplikasi yang dapat membantu untuk mengetahui lokasi yang yang memiliki banyak orderan atau layanan. 

Contoh aplikasi ini adalah Heat Map. Di aplikasi ini sangat membatu bagi driver supaya dapat mendapatkan banyak orderan dan lancar. Aplikasi ini memberikan penampakan lokasi persebaran dari beberapa pelanggan yang membutuhkan layanan dari Grab. Selain itu aplikasi ini juga dapat memantau area yang memiliki orderan yang tinggi. Aplikasi ini juga akan memberikan warna yang berbeda di tempat yang penumpangnya banyak.


Tidak Menolak Orderan Sama Sekali

Driver harus mengusahakan untuk tidak melakukan penolakan orderan yang masuk. Hal ini dapat berpengaruh untuk kedepannya. Pihak dari Grab akan selalu melakukan evaluasi untuk alasan pembatalan dari driver ini. Jadi bila sobat kosngosan misalnya sedang tidak ingin bekerja, lebih baik matikan saja HP atau paket datamu.

Melakukan penolakan orderan terlalu sering akan menyebabkan driver diberikan beberapa sanksi dari pusat nantinya. Dimana hal ini dapat berdampak dari berkurangnya orderan yang masuk natinya. Namun jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, driver boleh menolak orderan untuk waktu yang mendesak. 


Standby di Maps Aplikasi Grab

Tips berikutnya supaya driver dapat orderan yang cepat dan banyak, salah satunya adalah dengan selalu memantau atau standby di aplikasi google map ini. Setelah stay di google map, pastikan lokasi driver sudah terbaca dan aktif. Warna biru akan menandakan keberadaan dari driver yang telah siap menerima orderan. Hal ini dapat memudahkan untuk mendeteksi keberadaan dari driver Grab oleh pelanggan.


Gunakan Smartphone yang Punya Spesifikasi Bagus

Menggunakan smartphone yang baik dan bagus dapat mempengaruhi banyaknya orderan yang masuk dan sampai ke driver. Jika Hp yang digunakan adalah merupakan Hp dengan RAM di bawah 1 GB maka, akan memperlambat masuknya orderan ke driver yang dituju.

Selain itu menjaga supaya Hp tidak eror dapat sangat mempengaruhi. Hal lainnya yaitu menggunakan jaringan yang bagus supaya tidak lelet dan cepat mendapatkan pesanan orderan. Sobat kosngosan harus mengetahui syarat awal ini sebelum memutuskan menjadi driver ojek online.


Menurunkan Penumpang di Titik yang Dituju

Bagi driver, menurunkan penumpang sesuai yang diminta akan berpengaruh dengan orderan yang masuk berikutnya. Hal ini karena Grab yang berada di pusat akan tetap melakukan evaluasi dari semua driver yang melakukan SOP yang sesuai dengan kebijakan perusahaan. Sehingga menurunkan penumpang di titik yang diinginkan akan memberikan rating yang baik untuk driver.


Jangan Terlalu Sering Mangkal dengan Driver Lainnya

Istirahat atau berkumul dengan sesame driver harus sekedarnya saja, atau tidak dilakukan berlama-lama. Kegiatan mangkal ini jangan sampai dijadikan kebiasaan oleh para driver. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi jumlah orderan yang masuk. 

Hal ini dikarenakan sistem yang diaktifkan akan memberikan penumpang secara acak. Dimana jika terdapat driver yang berkumpul dan mangkal akan mendapatkan kemungkinan kecil dari orderan. Karena setiap lokasi, sistem pusat Grab hanya akan memberikan satu orderan saja.

Sistem dari Grab ini yaitu dimana driver yang sering berkeliling akan lebih banyak mendapatkan orderan dari pada driver yang lebih sering mangkal di satu tempat. Dimana penilaian dari sistem Grab ini adalah dengan memantau GPS dari masing-masing driver.  


Menyelesaikan Orderan Tepat Waktu

Saat mendapatkan orderan dari penumpang, bersegeralah untuk menyelesaikan orderan tersebut. Setelah menyelesaikan orderan tersebut, sistem dengan otomatis akan segera memberikan orderan lain untuk driver. Itulah kenapa menyelesaikan orderan secepatnya dan tepat waktu dapat membuat driver mendapatkan orderan yang banyak berikutnya. 


Mengaktifkan semua Layanan yang ada di Aplikasi Grab

Tips lainnya yaitu dengan mengaktifkan beberapa menu di aplikasi Grab. Di apliksi Grab ini terdapat banyak layanan orderan yang bisa masuk dari pelanggan. Supaya orderan terus berjalan dan lancar, driver perlu mengaktifkan semua layanan Grab di aplikasi ini. 


Mengaktifkan Order Prioritas

Mengaktifkan menu order prioritas ini menjadi salah satu tips untuk mendapatkan orderan yang banyak dan terus-menerus. Dimana order prioritas ini driver akan mendapatkan orderan yang ramai dan tidak akan terlewatkan orderan lainnya.


Matikan Menu Tujuan Saya

Di aplikasi Grab terdapat banyak menu yang dapat membantu memudahkan driver mendapatkan pelanggan. Seperti contoh menu Tujuan Saya ini, perlu dimatikan. Dengan mematikan menu ini maka orderan yang masuk akan lebih banyak. Selain itu driver juga tidak akan terlalu lama kesepian pelanggan.

Baca juga : Cara Mempercepat Loading Smartphone untuk Driver Ojol


Kata Penutup

Memaksimalkan aplikasi grab untuk menghasilkan Cuan adalah suatu keharusan yang dilakukan bagi para driver ojek online. Karena seperti yang kita ketahui, masa pandemi telah mengubah pola perekonomian Indonesia menjadi lebih sulit. Oleh karena itu kita harus berjuang uang dalam mencari orderan yang lebih banyak.

Demikian beberapa tips di atas ini yang sudah mimin kosngosan.com sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa kalian terapkan dalam menghasilkan uang yang lebih banyak lagi. Jangan lupa Klik tombol share di bawah dan bagikan ke teman-temanmu para ojol lainnya

Oleh rezaharahap