21 Daftar Website Pendidikan Sumber Belajar GRATIS

Apa saja contoh situs pendidikan terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk media belajar di sekolah dan kampus? Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan rekomendasi situs pendidikan untuk anak SD, SMP, SMA dan bahkan anak kuliah yang tentunya akan sangat membantumu dalam mengerjakan tugas, baik itu secara berkelompok, pembuatan makalah, presentasi, laporan praktikum, paper, esay, skripsi, tesis, disertasi dan karya tulis lainnya yang membutuhkan sumber referensi.

Karena sekarang sudah zamannya online, serba internet, jadi tidak pusing lagi untuk mencari sumber yang bisa relevan dan membantu dalam penelitian ataupun penulisan karya tulis kita.

Akan tetapi sejatinya ada banyak situs atau website pendidikan diluar sana yang menyajikan informasi tanpa sumber yang valid. Atau dengan kata lain kredibilitas nya dipertanyakan. Seperti banyak Daftar Pustaka yang memuat blog dan situs abal abal tanpa menyajikan sumber yang jelas.

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas kumpulan contoh website pendidikan yang bisa kamu jadikan sumber referensi untuk keperluan tugas kampus dan sekolahmu tanpa takut akan kredibilitas sumbernya. Stay aja terus ya!

Baca DULU : Contoh Ide Eksperimen di Sekolah yang Seru


Pengertian Website Pendidikan


website situs pendidikan

Kita pasti sering mendengar istilah website atau situs. Sering membukanya melalui mesin pencari seperti google dan yahoo. Tapi tidak jarang dari kita justrtu tidak tau pengertiannya. Perbedaan antara website dan blog juga terkadang masih ambigu. Oleh karena itu sebelum kita mengetahui contoh web pendidikan, ada baiknya kita tahu dulu pengertiannya.

Pengertian website secara umum merupakan halaman situs yang biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML) atau PHP, yang terangkum dalam sebuah domain yang ditampilkan untuk pengguna melalui perangkat lunak yang disebut peramban atau web browser.

Nah dalam artian ini, Website Pendidikan berarti adalah sekumpulan halaman yang disebutkan diatas yang berisi informasi yang diperlukan di bidang pendidikan. Konten pendidikan yang disajikan dalam sebuah website umumnya diperuntukkan untuk keperluan akademik dan digunakan untuk berbagai kepentingan dalam hal penelitian atau riset.

Bagi yang masih bingung apa perbedaan antara website, situs dengan blog, ini dia perbedaannya. Website merupakan jenis situs yang berisi kumpulan halaman baik statis maupun dinamis dari bahasa HTML atau PHP yang diakses melalui HTTP dengan perantara peramban.

Sedangkan Blog didapat dari penyederhanaan istilah Web Log yang dulunya digunakan sebagai media menulis secara pribadi. Tulisan-tulisan ini dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Blog bersifat dinamis dan memiliki urutan tanggal penulisan pada setiap postingangannya.

Sekarang banyak kita temukan blog yang sudah memiliki orientasi bisnis dan bukan fokus lagi untuk kepentingan pribadi. Intinya, Web dan Blog adalah situs. Nah kita lanjut kepada daftar situs penyedia informasi pendidikan ya, check these out.


Sistem Informasi Akademik


Website jenis ini ditujukan untuk penggunaan kepentingan internal dalam sebuah institusi pendidikan, misalnya portal akademik kampus atau portal sekolah yang menyajikan informasi data data seperti nilai ujian, IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) atau IKD (Indeks Kinerja Dosen) dan lainnya.

Keberadaan website ini sangat penting. Apalagi bagi perguruan tinggi atau sekolah yang memiliki mahasiswa dan murid yang banyak berasal dari luar daerah. Ini berguna sebagai sarana informasi seperti pengisian KRS (Kartu Rencana Studi), Rapor online, Pengumuman Beasiswa, Pemgumuman penerimaan mahasiswa dan murid baru dan lainnya. Jadi kita diuntungkan dengan cukup mengakses situsnya tanpa harus datang langsung ke kampus atau sekolah terkait.

Contohnya kosngosan ambil beberapa SIA dari berbagai perguruan tinggi terkenal di Indonesia ya, sebagai berikut :


  • academic.ui.ac.id
  • simaster.ugm.ac.id
  • akademik.itb.ac.id
  • simak.ipb.ac.id
  • sso.undip.ac.id
  • Dan lainnya


Profile Site


Berbeda dengan website sisten informasi akademik, website profil umumnya digunakan oleh perguruan tinggi atau sekolah untuk kepentingan branding dan informasi kegiatan seputar internal.

Website profil juga berguna untuk promosi terhadap calon mahasiswa atau murid untuk memilih institusi pendidikan tersebut. Karena didalam web profil biasanya ditampilkan berbagai keunggulan, seperti prestasi akademik, organisasi, dan sarana prasarana.

Berikut beberapa profil site yang dimiliki oleh kampus dan sekolah terbaik di Indonesia :


  • ui.ac.id
  • ugm.ac.id
  • itb.ac.id
  • ipb.ac.id
  • undip.ac.id
  • smanu-mht.sch.id
  • labschool-unj.sch.id
  • Dan lainnya


Penyedia Materi Belajar


Website yang menyediakan banyak materi untuk keperluan tugas kampus dan sekolahmu sangat banyak di internet. Tetapi ada beberapa website besar yang konsisten dan kredibel yang mimin rasa cocok untuk di bookmart dan subscribe. Seperti misalnya :

1. Wikipedia


sejarah wikipedia

Wikipedia dicetuskan oleh Rick Gates pada 1993. Konsep Ensiklopedia Online berbasis web dikemukakan oleh Richard Stallman sekitar tahun 1999. Wikipedia secara formal dilluncurkan pada 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger menggunakan konsep dan teknologi wiki yang dirintis Ward Cunningham. Sekarang kita sudah bisa mendapatkan berbagai informasi valid tentang berbagai hal di wikipedia.


2. Slideshare


Slideshare dengan alamat Slideshare.net merupakan website yang memberikan berbagai informasi seputar pendidikan dengan format PPT, Doc dan PDF yang bisa memenuhi kebutuhan presentasi mu di kampus atau sekolah.

3. Scribd


Website Scribd ini dirancang untuk membantu kita dalam mempublikasikan dan menyebarkan konten untuk keperluan web dan mobile dengan mudah. Ada banyak format konten yang tersebar di Scribd seperti ebook, dokumen, laporan, jurnal, makalah, paper dan lainnya.

4. Google Schoolar


Google schoolar merupakan media pengindeks format publikasi yang berguna sebagai alternatif kalian untuk mencari materi maupun referensi pendidikan dan penelitian ilmiah dengan berbagai kepentingan akademik. Referensi yang bisa kalian cari di produk pendidikannya google ini dapat berupa jurnal ilmiah yang merupakan hasil-hasil penelitian/riset atau kajian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

5. Academia


Website Academia dapat dimanfaatkan untuk membagikan berbagai jenis dokumen dan mengikuti penelitian dalam bidang tertentu. Academia menjadijejaring sosial terbesar dimana kita bisa mengakses ilmu dan pengetahuan secara terbuka. Ini menjadi jawaban dari kebutuhan kita selama ini dalam mendapatkan ilmu dan berbagi pengetahuan dengan kalangan akademik diseluruh dunia

6. Kosngosan.com


Yups, blog kosngosan juga ada buat kalian dalam menyediakan berbagai materi dan kumpulan makalah untuk kepentingan kampus dan sekolah. Kosngosan situs pendidikan seiring berjalannya waktu menjadi blog yang akan memberikan berbagai informasi seputar pendidikan yang bisa kamu manfaatkan. Jadi mimin akan terus memberikan informasi pendidikan terkini untuk kalian.


Situs Belajar Online


Salah satu jenis situs yang tidak kalah kerennya adalah yang menyediakan belajar online, baik itu dalam bentuk video atau tanya jawab antara pelajar atau mahasiswa dengan guru dan pihak yang kompeten didalamnya.

Selain kamu bisa bertanya dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan mu terkait di sekolah dan kampus, kamu juga bisa menambah pengetahuan karena banyak sekali bantuan atas berbagai macam pertanyaan yang ditanyakan oleh berbagai orang diseluruh Indonesia. Contohnya adalah sebagai berikut :

RuangGuru


Platfrom belajar online karya anak bangsa, dengan nama lengkapnya adalah PT RUANG RAYA INDONESIA yang didirikan oleh Belva Devara dan Iman Usman pada tahun 2014. Ruangguru memiliki suatu misi yaitu memperluas jangkauan pendidikan yang berkualitas melalui teknologi internet untuk semua siswa yang ada di Indonesia. Selain tentunya kamu bisa mendaftar dan bimbel online lewat aplikasi ini

Zenius


Sudah pernah mendengar platform ini? Zenius merupakan media belajar online yang memiliki visi "To spark the love of learning, in everyone, everywhere, to question everything". Sobat kosngosan bisa mendapatkan berbagai informasi pengetahuan berbagai mata pelajaran untuk tingkat SD, SMP dan SMA. Serta membaca berbagai contoh soal ujian disana, dan juga tips tips belajar yang berharga

Brainly


Salah satu platform tanya jawab online yang sangat akrab sekali dengan anak sekolah. Brainly mempertemukan siswa dan tenaga pendidik dalam platform daring dimana kamu bisa mengajukan pertanyaan, dan sebaliknya orang yang kompeten bisa memjawab dengan jawabanya yang terbaiknya. Segala kegiatan dan subjek pertanyaan serta jawaban bisadipantau real-time di mana serta kapanpun.

Quora


Salah satu website keren yang bisa menjawab apa saja pertanyaan mu. Mungkin ini bukanlah website pertama yang jenisnya adalah tanya jawab, seperti dulu ada Yahoo answer atau di Indonesia ada forum kaskus, namun yang menjadikan quora menjadi lebih baik adalah interface nya yang ciamik, mudah digunakan dan banyaknya respon orang dalam menjawab pertanyaan kita


Situs Berita Pendidikan


Karena kamu tidak selamanya membutuhkan data statis, tetapi adakalanya tugas mu membutuhkan data time series atau studi kasus. Maka akan lebih baik kamu pantengin situs berita besar yang menyajikan berbagai informasi teraktual dalam bidang bidang tertentu.

Jika kamu membutuhkan informasi berita teraktual dengan ruang lingkup nasional, kamu bisa mengunjungi situs :

1. Detik
2. Tirto
3. Vivanews
4. Kompas
5. Liputan6
6. Media Indonesia, dll

Sebenarnya ada ratusan portal berita besar di tanah air yang bisa dijadikan sebagai sumber informasi. Kita cukup mencari menggunakan kata kunci tertentu untuk berita tertentu pula. Bila kamu ingin mencari sumber berita yang palingn relevan dalam pencarian Google, kamu bisa memilih tab Berita / News untuk menampilkan hasil pencarian untuk keseluruhan portal berita.

Jika kamu membutuhkan informasi berita teraktual dengan ruang lingkup internasional, kamu bisa mengunjungi situs

1. New York Times
2. BBC
3. CNN
4. Huffington Post

Ada ribuan situs berita di luar sana yang layak kamu jadikan sebagai sumber informasimu. Tidak mungkin mimin berikan satu per satu disini. Jadi kenapa kamu tidak cari saja di google?

Baca juga : Daftar Channel YouTube Pendidikan Terbaik di Indonesia


Kata Penutup


Belajar saat ini sudah bisa dilakukan dimana dan kapan pun dengan bantuan akses internet dari smartphone kita. Banyak sekali media pembelajaran yang bisa membantu kita, bahkan ada yang gratis dan kita hanya bermodalkan kuota atau jaringan interne saja.

Demikian artikel mengenai Website Pendidikan Untuk Kuliah dan Sekolah kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kalian. Pantengin terus kosngosan sebagai website pendidikan yang menyediakan berbagai keperluan tugas kuliah dan sekolahmu ya. Jangan lupa share juga artikel ini ke sosial media kalian ya!
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads