Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Aplikasi Presentasi Offline Gratis Selain PowerPoint

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan berbagi mengenai Aplikasi Presentasi Online dan Offline Gratis yang Keren. Karena keberadaan software ini begitu penting dalam membuat dan mendesain slide yang menarik untuk di tampilkan.

Slide presentasi yang dibuat biasanya mengandung banyak format seperti teks, video, gambar dan audio. Untuk mendesain slide yang bagus dan disukai banyak orang maka diperlukan aplikasi pembuat presentasi baik itu offline, online, premium maupun gratis.

Mungkin sebagian dari aplikasi presentasi offline ini sudah sering kalian gunakan sehari-hari. Namun ada juga yang masih baru dan tahu setelah membaca postingan kosngosan kali ini. Nah, sebelum kita meluncur melihat aplikasinya, kita bahas dulu mengenai jenis dan tujuan pembuatan presentasi :

A. Presentasi Perusahaan

Presentasi ini biasa juga disebut sebagai presentasi bisnis. Tujuan presentasi ini beragam, tergantung dari jenis kegiatan dan perusahaannya. Dalam dunia bisnis, kegiatan presentasi bisa saja dilakukan untuk pengajuan usulan proyek baru, pengembangan produk baru, perluasan pasar, dan lain-lain.

Presentasi bisnis yang baik tentunya akan memberikan dampak yang baik terhadap lembaga atau institusi tersebut. Presentasi bisnis harus dilakukan dengan persiapan yang matang sehingga tujuan presentasi bisa secara efektif dan efisien tercapai.

B. Presentasi Akademik

Presentasi yang ditujukan untuk kepentingan pendidikan dan untuk memenuhi tugas seperti tugas kuliah dan sekolah. Presentasi ini tidak memiliki motif komersial, akan tetapi lebih kepada penjelasan mengenai suatu penelitian atau hasil pembahasan yang dilakukan oleh kelompok atau individu.

Presentasi akademik merupakan presentasi yang serius, kompleks, dan bersifat teoritis. Topiknya merupakan topik yang penting bagi siswa atau mahasiswa. Audiens biasanya merupakan teman-teman selokal yang juga berperan sebagai penanya atau penganalisis dari materi yang ditampilkan pada presentasi di sekolah atau kampus.


Contoh Aplikasi Presentasi Offline


aplikasi presentasi

Salah satu jenis tool atau software yang sering kita gunakan untuk membuat presentasi adalah software offline. Perangkat lunak ini di install pada komputer atau perangkat mobile kita untuk kemudian digunakan membuat slide powerpoint.

Salah satu kelebihan dari tool offline ini adalah tidak perlu adanya koneksi internet untuk memulai proyek, sehingga kamu yang berada di daerah minim jaringan tidak akan terganggu dengan ini. Namun kelemahannya adalah penyimpanannya mesti offline juga. Ini bisa menjadi resiko bila perangkat kerasmu hilang. Berikut adalah contoh aplikasi pembuat presentasi offline :



1. Microsoft Power Point

Ini memang tetap menjadi pilihan utama para mahasiswa atau pelajar. Software dari perusahaan Bill Gates ini memberikan pengalaman membuat slide presentasi menjadi lebih mudah dan sederhana. Kita sudah terbiasa menggunakannya semenjak kecil.

Power point ini sebenarnya adalah salah satu program dari Microsoft Office. Hingga kini, microsoft office yang didalamnya ada power point sudah mendapatkan update versi Office 2016 yang lebih ciamik dan punya fitur lengkap. Selain offline, power point ini juga bisa diintegrasikan ke layanan cloud milik microsoft yakni OneDrive.

2. Libre Office

Software ini cocok untuk membuat presentasi multimedia secara efektif. Membuat dan mengedit slide power point yang sangat fleksibel karena mode pengeditan dan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami:

Normal (untuk pengeditan umum), Outline (untuk mengatur dan menguraikan konten teksmu), Note (untuk melihat dan mengedit catatan yang dilampirkan ke slide), Handout (untuk memproduksi bahan berbasis kertas), dan Slide Sorter (untuk tampilan lembar gambar kecil yang memungkinkan kamu menemukan dan memesan slide dengan cepat).

3. Kingsoft Presentation

Jika kamu sedang mencari program presentasi presentasi yang mudah digunakan sampai dengan banyak pilihan, Kingsoft Presentation sangat sesuai. Bahkan pemula juga akan merasa mudah untuk membuat presentasi.

Program ini memiliki tata letak yang bersih dan terorganisir dengan antarmuka tab dan banyak tool presentasi yang disediakan. Presentasi Kingsoft dapat menjalankan pemeriksaan ejaan di semua slide, didukung dengan Flash, dan bisa menyediakan penyimpanan ke jenis file populer seperti PPT, dan dapat mengekspor tayangan slide ke PDF.

4. Apple Keynote

Apple Keynote adalah aplikasi perangkat lunak presentasi gratis untuk pengguna iOS dan Mac Book. Program ini memiliki fitur seperti tema, transisi slide, efek objek, efek teks, dan keseluruhan perangkat lainnya di Apple Keynote. Apple Keynotes mendukung file PowerPoint dan kamu juga dapat menyimpan file Keynote sebagai presentasi PowerPoint.

5. WPS Office

WPS adalah singkatan Writer, Presentation dan Spreadsheets yang membantumu membuat slide power point secara gratis dengan fitur seperti premium. Kelebihan lain dari software ini adalah lebih ringan dan cocok buat kamu yang memiliki perangkat komputer dengan spek rendah.

6. Visme

Aplikasi presentasi offline ini bisa memberikan fitur seperti infografis, visualisasi data, laporan, dan resume produk. Kamu dapat menggunakan template yang memang disediakan gratis oleh aplikasi ini. Memiliki banyak ikon vektor, tool grafik, dan jenis font yang bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan bisnis atau akademik

7. Focusky Offline Presentation

Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi animasi yang menarik dan intuitif, menggunakan berbagai template yang berbentuk unik. Hanya meng- click dan drag elemen yang kamu gunakan dalam presentasi.

8. OfficeSuite

Khusus untuk aplikasi office yang bisa kamu unduh dari Google Play Store. Ya , ini adalah aplikasi offline khusus office (termasuk presentasi) yang bisa kamu install di smartphone androidmu. Aplikasi office ini bisa digunakan untuk berbagai macam format file, seperti DOC, DOCX, XLS, XLSX dan PPTX.

9. Zoho Show - Presentation Tool and Slideshow creator

Nah dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat presentasi yang keren, mengedit, dan menampilkan presentasi yang menarik secara visual menggunakan gambar, bentuk, dan bagan di mana saja. Kamu bisa mengimpor file PowerPoint dan mengeditnya untuk memberikan tampilan dan nuansa yang menyegarkan.

10. Presentation Creator

Aplikasi ini membuat presentasi seperti desainer profesional. Sobat kosngosan.com bisa membuat slide untuk proposal penjualan, kegiatan lapangan, pelatihan, laporan bisnis, proyek sekolah dan universitas dan bisa mengkustomisasi dengan berbagai tool yang ada. 


Contoh Aplikasi Presentasi Online


jenis aplikasi presentasi
Selain aplikasi offline, kita juga bisa membuat slide power point keren melalui tool online yang tidak memakan RAM, penyimpan internal dan bisa diakses dimana dan kapan saja selama masih terkoneksi dengan internet. Berikut adalah beberapa tool online yang bisa kamu manfaatkan :

11. Slideshark

Slideshark hadir untuk menyajikan berbagai tipe presentasimu walaupun itu bertipe powerpoint. Dalam hal penyimpanannya berbasis cloud atau online. Kamu tinggal upload sesukan hati ke situs slideshark lalu dengan mudah, kamu membuka presentasi tidak perlu dengan aplikasi presentasi lainnya.

Slideshark sudah mampu membuka dengan baik. Memang sudah benyak yang menggunakan software ini, dari berbagai survey kebanyakan menggunakan slideshark adalah orang dibidang penjualan serta para presenter.

12. Google Presentation

Google Presentation merupakan produk dari google drive yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat slide PowerPoint secara online. Kalau dibantingkan online tools ini memang memiliki fitur yang tidak lebih baik dari Microsoft Office.

Hanya saja kelebihannya (seperti kelebihan online tool lain) kamu bisa mengakses file presentasi dimanapun dan kapanpun kamu mau, melalui komputer ataupun perangkat mobile yang terintegrasi dengan jaringan internet.

13. Canva

Canva dapat merancang presentasi menakjubkan dengan menggunakan perangkat lunak presentasi gratis. Kamu tinggal membuat akun secara gratis dan sudah bisa menikmati berbagai fitur online dari canva ini. Kamu bisa membuat berbagai konten visual sesuai kebutuhan.

Meski terbilang masih baru, aplikasi ini sudah mulai dikenal luas karena prosedur penggunaannya yang sangat praktis dan jenis desain konten visual yang bervariasi.

Baca juga : Aplikasi Pemutar Musik Offline

Kata Penutup


Demikian postingan kosngosan mengenai Contoh Kumpulan Aplikasi Presentasi Online dan Offline Gratis yang Keren dari kosngosan. Semoga menjadi referensi bagi kamu yang ingin mencari aplikasi yang tepat untuk membuat slide yang menarik dan disukai banyak orang. Jangan lupa berbagai presentasi yang kamu buat bersama kosngosan dan komentar dibawah sini ya.
rezaharahap
rezaharahap Saya adalah profesional dibidang bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan lowongan pekerjaan. Saya memberikan informasi peluang usaha dan ide bisnis untuk entrepreneur atau wirausahawan. Saya juga merencanakan strategi bisnis, mengelola penghasilan, menentukan strategi investasi dan mempersiapkan rencana keuangan