Cara Memilih Pekerjaan Sesuai dengan Pendidikan dan Keahlian

Cara Memilih Pekerjaan Sesuai dengan Pendidikan dan Keahlian

Baca juga :


Pekerjaan dibutuhkan oleh semua orang dalam menafkahi dirinya dan keluarganya. Cara memilih pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan dan keahlian kita dinilai penting untuk mencapai produktifitas kerja. Selain itu, pekerjaan yang linier dengan latar belakang pendidikan dinilai lebih dapat mengurani angka beban kerja dan stress kerja yang tidak diharapkan.

Nah para peneliti telah membagi beberapa jenis kecerdasan dan keahlian yang bisa digunakan sebagai pedoman dalam menentukan jenis pekerjaan apa yang akan kamu tekuni nantinya. Idealnya, Pendidikan, Keahlian dan Kecerdasan haruslah linier untuk mendapatkan Pekerjaan yang ideal pula.

Namun beberapa dari kita mungkin banyak yang tidak sesuai baik itu pendidikan, keahlian, kecerdasan dan pekerjaan yang ditekuninya. Seperti apa sih kita menentukan pekerjaan sesuai dengan keahlian atau pendidikan kita? Yuk simak dibawah ini.

Interpersonal dan Intrapersonal

Kita yang memiliki keahlian dalam interpersonal semacam ini akan memiliki kepekaan terhadap orang lain dan memahami hasrat dan motivasi orang lain, mahir dalam berkomunikasi dan mengorganisasi orang lain. Pekerjaan yang cocok dengan kecerdasan interpersonal adalah seorang  sosiolog, HRD, psikolog, konselor, pekerja sosial, CS, dan jenis pekerjaan yang mengharuskan kita dalam membangun hubungan baik bersama orang lain dan sekitar.

Baca juga : Cara Mengurus Surat Pindah Domisili Untuk Pindah KTP Terbaru

Seseorang yang memiliki kecerdasan intrapersonal memiliki pemahaman dan kesadaran yang besar pada diri sendiri, seperti kekurangan, kelebihan dan bakat yang kita miliki sendiri untuk menentukan tujuan hidupnya. Nah kita yang memiliki kemampuan ini dapat membedakan bentuk emosi, memahami perasaan diri sendiri, dan lebih teliti dalam bertindak. Adapun jenis pekerjaan yang sesuai dengan kecerdasan semacam ini adalah sebagai rohaniawan, pemuka agama, motivator, psikolog, guru BK, Konselor, ahli filsafat dan jenis pekerjaan lainnya yang membutuhkan pemahaman yang mendalam terhadap suatu masalah.

Kecerdasan Sosial

Bagi seseorang yang memiliki kecerdasan sosial akan dengan mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar, karena orang semacam ini akan senang bila bertemu banyak orang suka menolong dan memiliki kepedulian sosial tinggi. Pekerjaan yang cocok untuk kepribadian semacam ini adalah Psikolog, pekerja sosial, dokter, publik relation dan pekerjaan yang menuntut untuk bisa menjalin hubungan baik dengan masyarakat.

Kemampuan Musikal

Seseorang dengan kecerdasan seperti bermain musik, menciptakan lagu dan kemampuan lain dibidang musik ini lebih ekspresif dan sensitif terhadap nada dan alunan-alunan musik, orang-orang dengan kecerdasan musikal ini biasanya memiliki ciri sering bersiul, menepuk-nepuk tangan menciptakan alunan nada dan dapat mengikuti irama musik. Sudah jelas bahwa pekerjaan yang cocok untuk kemampuan ini adalah menjadi seorang seniman, penyanyi, pemain musik, personil band, menulis lirik lagu atau pekerjaan yang berhubungan dengan musik.

Kecerdasan Spasial

Seorang dengan kecerdasan seperti ini akan memiliki kepekaan terhadap visual, jarak dan ruang secara tepat. Hal ini seperti memperkirakan jarak dan menginterpretasikannya dalam bentuk grafis.
Pekerjaan yang cocok dengan kecerdasan ini adalah menjadi seorang arsitek, perencana kota, desainer, animator, pilot, fotografer, seniman seni rupa dan jenis pekerjaan yang membutuhkan imajinasi spasial.

Kecerdasan Fisik

Seseorang dengan kecerdasan fisik memiliki kemampuan untuk menggunakan kemampuan fisiknya dalam memecahkan permasalahan juga mampu berkarya dan berprestasi. Seseorang dengan kecerdasan semacam ini sering melakukan kegiatan yang memanfaatkan potensi fisik. Jenis pekerjaan yang paling cocok untuk kecerdasan ini diantaranya guru olahraga, atlet, dokter, tentara, polisi, instruktur senam, binaragawan dan yang membutuhkan tenaga dan fisik lebih dalam berkarya.

Kemampuan Seni

Seseorang dengan kecerdasan artistik biasanya mereka identik dengan kretifitas mereka dalam berkarya, peka terhadap gambar, dan bentuk-bentuk seni,
Pekerjaan yang cocok dengan kecerdasan semacam ini adalah : animator, arsitek, desainer, produser dan masih banyak lagi pekerjaan yang memerlukan kreatifitas

Kepribadian Pengusaha dan Realistis

Seseorang dengan jenis kepribadian semacam ini sangat suka bersaing, dan suka tantangan, enerjik bersemangat dan suka menjadi pemimpin. Pekerjaan yang sesuai dengan tipe pekerjaan semacam ini adalah : Pemimpin kelompok, koordinator, enterpreneur dan pekerjaan yang menantang dan membuka usaha.

Seseorang dengan kecerdasan realistis cenderung suka dengan hal yang simpel dan tidak suka neko-neko, biasanya seseorang dengan tipe semacam ini akan memilih pekerjaan yang pasti-pasti saja. Pekerjaan yang cocok dengan tipe semacam ini adalah menjadi seorang PNS, Pegawai pemerintahan, honorer dan pekerjaan yang sederhana tanpa membutuhkan ketelitian dan keahlian yang sulit.

Kepribadian Perfeksionis

Seseorang dengan tipe semacam ini adalah orang yang sangat tertib, rapi dan sangat normatif dengan pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian semacam ini adalah seorang akuntan, pengelola data perencanaan, perencana ekonomi, dan segala jenis pekerjaan yang sesuai dengan karakteristik tipe ini.

Demikian pembahasan kita mengenai Cara Memilih Pekerjaan Sesuai dengan Pendidikan dan Keahlian. Semoga dengan membaca ini kita bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kita.



Buka Komentar