Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Peluang usaha rumahan apa yang cocok dilakukan yang tidak ada matinya? Istilah bekerja dari dalam rumah atau work from home menjadi viral saat ini. Bisnis skala rumah bisa jadi pilihan buat sobat kosngosan yang ingin mencoba peruntungan menjadi seorang entrepreneur

Karena seperti yang kita ketahui, usaha rumahan tidak ada matinya. Artinya, ada saja peluangnya walaupun banyak pesaing. Tapi kalau sudah memutuskan untuk berbisnis rumahan, akan sangat direkomendasikan untuk memanfaatkan marketing online.

Karena hal ini sangat mengandalkan koneksi internet untuk bisa beraktivitas di dunia maya dan menghasilkan uang di masa sekarang. Untuk itu perlu kamu persiapkan fasilitas internet dan perangkat yang memadai supaya kamu bisa melakukan business from home dengan efektif dan efisien

Usaha rumahan bisa menjadi contoh bagi kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang atau jasa dalam skala kecil. Biasanya jenis usaha ini bersifat padat karya, atau membutuhkan banyak tenaga kerja dalam proses produksinya. Untuk itu, bisnis rumahan sangat cocok dalam mengurangi angka pengangguran di daerah marginal yang minim akan akses pendidikan dan kesehatan.

Contoh Usaha Rumahan Gak Ada Matinya

contoh usaha rumahan tidak ada matinya

Baiklah langsung saja, mimin kosngósan akan membahas mengenai beberapa peluang usaha yang tidak ada matinya yang bisa kamu geluti di dalam rumah dengan modal yang relatif sedikit, atau kata kerennya adalah work from home. Let's check these out!

Jadi Content Creator

Content creator jadi pilihan usaha rumahan yang tidak ada matinya, hal ini sudah tentu tidak asing lagi bagi sobat kos ngosan, bukan? Karena banyak orang yang sudah banyak yang mulai menjadi content creator.

Misalnya Youtube salah satu yang digemari orang untuk menuangkan kontennya, sebagai penghasilannya creator bisa mendapatkan keuntungan dari sponsor ataupun iklan yang tayang di videonya tersebut


Fulltime Blogger

Blogger merupakan profesi penulis online yang memiliki blog atau website dengan fokus komersial atau karya. Biasanya banyak digandrungi oleh kalangan yang memiliki hobi menulis.

Tidak hanya bisa dijalankan sebagai hobi nyatanya usaha menulis online bisa menjadi usaha yang menghasilkan uang. Sudah banyak para blogger yang menjadikannya sebagai usaha penghasil pendapatan utama


Youtuber

Jenis content creator lainnya adalah youtuber. Youtuber yang menghasilkan uang tentu sudah tidak asing lagi bukan? Siapa bilang menjadi youtuber harus keluar rumah?

Ada banyak konten video yang bisa Kamu ciptakan hanya dirumah. Konten tersebut bisa berupa tutorial, review, sosial sharing, bernyanyi, membaca puisi dan masih banyak lagi.

Baca juga :Peluang Bisnis Bidang Jasa


Trading Online

Menjadi seorang trader atau sebutan bagi mereka yang mendedikasikan hidupnya dalam dunia investasi forex merupakan salah satu jenis pekerjaan WFH yang selanjutnya.

Trading bisa berupa saham, mata uang asing, bitcoin, dan lain sebagainya. Umumnya profesi ini hanya melakukan jual beli secara online dengan memantau grafik harga dari sebuah instrumen yang dimasuki.


Investasi Online

Dunia digital semakin maju dengan instrumen investasinya. Kalau dulu kamu hanya bisa berinvestasi lewat pasar saham secara konvensional, dan mengunjungi kantornya langsung, sekarang kamu sudah bisa menginvestasikan uangmu ke saham melalui online hanya dari gadget

Karena lini bidang ekonomi sudah memasuki dunia digital, begitu juga dengan dunia investasi saham. Banyak sekali investasi yang kini bisa sobat kosngosan lakukan secara online, contohnya seperti reksadana, Bitcoin, crowdfunding atau instrumen investasi lainnya.


Jualan Jasa Online

Menjual jasa online bisa jadi salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya, hal ini memang bukanlah hal yang aneh lagi untuk dilakukan.

Kamu memiliki keahlian dibidang desain, input data, penulisan, atau yang lainnya bisa menjualnya lewat klien melalui website khusus penyedia jasa freelance

Ada banyak platform yang mempersatukan antara penyedia jasa dengan pemilik proyek, seperti linkdin, sribulancer dll. Karena jasa merupakan modal yang utama, jadi kamu tidak perlu lagi mengeluarkan modal materi yang besar


Jualan Online Shop

Usaha Work From Home pastinya tidak jauh jauh dari yang namanya online shop atau toko online. Dari dulu hingga sekarang jenis bisnis online shop akan selalu ada untuk masyarakat. Hal ini dikarenakan online shop atau marketplace akan memenuhi kebutuhan netizen yang ingin berbelanja online.

Apalagi saat ini sistem transaksi online yang semakin maju akan mempermudah kita berbelanja secara online. Berikut beberapa jenis online shop yang bisa kamu geluti :


Reseller (Jual Ulang)

Reseller merupakan orang yang menjual kembali produk dari pihak supplier-nya kepada konsumen akhir. Bisa juga disebut sebagai perantara.

Kamu harus memiliki modal untuk membeli barang kepada supplier dalam jumlah tertentu kemudian menjualnya kembali dengan margin harga yang sudah kamu tentukan. Dan ini menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan bila ingin berbisnis online shop


Dropshipper

Apa bedanya dropshipper dengan reseller? Reseller harus memiliki modal produk nya dan menyetok, dropshipper tidak.

Sistem dropshipper langsung meneruskan produk dari supplier langsung ke konsumen apabila ada orderan. Pihak supplier akan menjual langsung ke konsumen, namun dengan nama brand dari si dropshipper.


Bidang Pendidikan

Kamu bisa menjadi guru bimbingan belajar atau les secara online yang menjadi salah satu pekerjaan yang mungkin dapat kamu coba untuk menambah pengalaman sembari dari dalam rumah.

Terutama untuk sobat kosngosan yang mengambil jurusan kuliah jurusan pendidikan. Selain mendapatkan penghasilan, mengajar les akan membuat kamu terbiasa menghadapi siswa dan melatih kemampuan komunikasi mu


Bidang Kesehatan

Pada dasarnya industri kesehatan memang mengharuskan pasien untuk mendatangi langsung dokter untuk didiagnosis sesuai dengan penyakit yang dideritanya.

Namun saat ini kamu bisa memanfaatkan fasilitas internet dan mengembangkan situs atau aplikasi konsultasi kesehatan. apalagi kamu memiliki surat izin profesi untuk membuka praktek, maka bisa membuka konsultasi online mengenai kesehatan


Bidang Design

Salah satu bidang yang sangat fleksibel dan bisa dikerjakan dari dalam rumah adalah desain atau seni. Apabila kamu memiliki keahlian dan pendidikan di bidang desain, kamu bisa menawarkan Jasamu secara online.

Bidang desain sendiri sangat luas cakupannya seperti membuat logo, interior rumah, desain pakaian, banner dan sebagainya.

Oleh karena itu penting untuk memiliki website pribadi di mana kamu bisa memperkenalkan Jasamu dan memberikan testimoni dari pelanggan yang sudah menikmati jasamu tersebut. Baca juga : Daftar Akun IG Belajar Bisnis Terbaik


Produksi masker kain rumahan

Jumlah permintaan masker terus melonjak. Permintaan masker semakin memuncak ketika diberlakukan peraturan oleh pemerintah bahwa setiap orang yang pergi keluar rumah harus mengenakan masker. Karena ketersediaan masker yang belum bisa memenuhi kebutuhan orang, kamu bisa jadikan sebagai peluang usaha

Membuat masker berbahan dasar kain katun bisa menjadi pilihan. Kamu juga bisa memberikan motif yang menarik perhatian, misal masker motif tokoh marvel untuk anak-anak, masker motif batik dan lainnya. Bungkus pada packaging yang menarik dan jual secara online lewat media sosial dan aplikasi chatting


Catering harian pre-order

Contoh lain dariusaha rumahan yang tidak ada matinya yaitu membuat peluang jasa makanan banyak diburu masyarakat. Banyak orang yang mencari penyedia catering yang bisa diantar kerumah mereka. sobat kósngosan bisa memanfaatkan peluang ini.

Untuk jasa pengantaran, kamu bisa menggunakan jasa pengantaran online atau memperkerjakan karyawan untuk kurir khusus catering. Tentunya dengan protokol kesehatan juga ya!


Produksi jamu herbal imunitas

Banyak orang yang mencari produk herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik. Namun tidak ingin memproduksi sendiri karena dinilai ribet dan tidak praktis. Peluang usaha produksi herbal yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh saat ini cukup prospektif

Kamu bisa memproduksi jenis jamu empon empon yang sudah dari dulu dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Mulailah mengumpulkan beberapa bahan rimpang rimpangan dan jadikan sebagai bubuk.

Kemudian berikan packaging yang menarik dengan brand mu sendiri. Kamu bisa menjual secara online tanpa harus berhadapan dengan konsumen.


Mengadakan Pelatihan atau Les Private

Kamu yang memiliki skil atau keahlian misalnya dibidang desain grafis, bahasa, komputer, pelajaran atau lainnya bisa memanfaatkannya sebagai usaha pelatihan secara daring.

Menghabiskan banyak waktu dirumah akan memungkinkan orang ingin menjadikan waktunya lebih produktivitas dengan mengikuti pelatihan online. Kamu bisa buka kelas lewat zoom, webinar, google clashroom dan sebagainya


Produksi makanan beku

Frozen food merupakan jenis makanan yang banyak dicari sebagai alternatif makanan darurat, apalagi selama pandemi ini. Kamu bisa memproduksi makanan seperti nugget dan menjualnya secara online. Produksinya cukup mudah, bisa dilakukan dari rumah saja.

Produksi makanan beku bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat selama masa PSBB. Jenis makanan beku yang cukup laris seperti risol mayo, stik kentang goreng, nugget ayam dan masih banyak lagi. Kamu bias melakukan penjualan secara online dan tidak memerlukan harus keluar rumah.


Jual Pulsa dan Token

Saat ini transaksi jual beli online sudah bisa dilakukan menggunakan HP saja. Seperti misalnya membeli pulsa token listrik, sobat kosngosan bisa memanfaatkan berbagai platform aplikasi dan menginstalnya di HP mu

Kemudian kamu bisa membuka jasa pembayaran online, dengan mendirikan toko di depan rumah sendiri. Walaupun keuntungan setiap transaksi kecil, apabila transaksinya banyak maka tentunya akan maksimal mendatangkan keuntungan


Pengembang aplikasi atau website

Sobat yang menguasai bahasa pemograman, bisa membuat aplikasi, game atau website. Kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu tersebut untuk mengembangkan yang dibutuhkan banyak orang.

Kamu akan mendapatkan penghasilan dari pemasangan iklan atau jumlah download. Kamu juga bisa menggunakan smartphone untuk membantu pengembangan produk software tersebut


Gamer Profesional

Dulu bermain game hanya dijadikan sebagai ajang mengisi waktu luang. Sekarang bisa mendatangkan penghasilan. Misalnya sobat kosngosan mengembangkan channel YouTube gaming, atau kamu bisa menjadi atlet esport hanya dari dalam rumah dan bermain game sambil menghasilkan konten YouTube.

Kamu bisa mengembangkan beberapa akun game online sehingga menjadi besar dan menjual kembali dengan harga yang tentunya lumayan. Atau cara lain kamu bisa menjadi tukang review dari game yang baru rilis


Endorse TikTok, Instagram dan Youtube

Media sosial seperti TikTok, Instagram dan Youtube paling viral saat ini. Apabila kamu memiliki banyak follower dan subscriber, kamu bisa membuka jasa endorsement, atau kerjasa sama produk dengan brand tertentu.

Sudah banyak brand atau perusahaan ternama yang mulai memasang iklan di media sosial dan cukup berhasil menyita perhatian para konsumennya.


Servis Elektronik

Apabila kamu memiliki jasa untuk memperbaiki barang-barang elektronik seperti kulkas, televisi, radio, AC atau bahkan smartphone seperti android dan iphone

Kamu bisa menyulap rumahmu menjadi tempat kerja dan menawarkan jasa perbaikan service. Cukup membuat banner di depan rumah dan kamu tidak bisa mendirikan usaha di dalam rumah


Cetak Undangan

Dan rekomendasi usaha rumahan yang tidak ada matinya yang terakhir dari kosngosan adalah mencetak undangan, bisa secara manual dalam bentuk kertas, atau buat undangan digital dan undangan website.

Saat ini memang untuk pesta undangan masih dilarang dalam skala besar, kamu bisa mengkreasikan jenis undangan digital dengan mendesain banner dan video singkat untuk undangan lewat media sosial

Baca juga : Bisnis Mahasiswa yang Kreatif

Live TikTok atau Instagram

Kamu pernah menemukan orang yang live tiktok menjual barang, atau hanya sekedar melakukan kegiatan gabut? Kemudian mereka dapat uang dari gift atau pemberian dari penonton.

Setelah memenuhi persyaratan untuk live tiktok atau instagram, sobat kosngosan dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghasilkan uang dari Live TikTok:

Aktifkan fitur Gift, yaitu yang memungkinkan pengguna TikTok memberikan hadiah virtual kepada kreator selama siaran langsung. Hadiah ini dapat dikonversi menjadi uang riil dan diterima oleh kreator setelah memenuhi persyaratan tertentu. kamu perlu mengaktifkan fitur Gift di akun kamu untuk dapat menerima hadiah.

Setelah fitur Gift diaktifkan, kamu dapat memulai siaran langsung di TikTok. Pastikan kamu membuat konten yang menarik dan interaktif agar lebih banyak penggemar yang bergabung dan memberikan hadiah.

Setelah siaran langsung selesai, kamu dapat menerima hadiah yang diberikan oleh penggemar selama siaran. Hadiah yang diterima dapat dikonversi menjadi uang riil setelah memenuhi persyaratan tertentu.

Perlu diingat bahwa penghasilan dari Live TikTok dapat bervariasi tergantung pada jumlah penggemar dan interaksi yang kamu dapatkan, jadi tidak ada penghasilan tetapnya, untungan untungan saja.


Kesimpulan Akhir

Mencoba peruntungan untuk memulai usaha rumahan yang tidak ada matinya atau bekerja dari rumah menjadi salah satu trend saat ini.

Sehingga kamu harus bisa manfaatkan yang namanya teknologi informasi untuk menghasilkan uang dan tetap produktif selama masa pandemi

Terima kasih sudah mengikuti pembahasan kosngosan kali ini mengenai beberapa contoh ide work from home yang bisa kamu lakukan. Sebagai bentuk kontribusi jangan lupa untuk share artikel ini dengan menekan tombol bagikan di bawah
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya