Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Pertanian Gratis Perguruan Tinggi

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Pertanian Gratis Perguruan Tinggi

Cara Mendapatkan Kuliah Pertanian Gratis

Bagaimana Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah jurusan Pertanian secara Gratis di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta mungkin adalah pertanyaan yang akan kamu berikan disaat ingin melanjutkan proses pendidikanmu di kampus setelah menempuh sekolah menengah atas atau kejuruan. Dan kosngosan akan membahasnya kali ini.

Kuliah adalah impian semua orang. Dengan kuliah, kita bisa mengenyam pendidikan khas akademik di perguruan tinggi atau universitas dengan rentang 4 - 6 tahun tergantung jurusan dan program dari institusi pendidikan.

Akan tetapi, ada banyak saudara kita yang kurang mampu dalam membiayai kuliah di perguruan tinggi atau universitas yang memang tergolong cukup tinggi, apalagi setelah diperlakukannya UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang justru sering tidak tepat sasaran.

Nah bagi kamu yang berencana melanjutkan studimu ke jenjang strata 1, bisa mencari informasi beasiswa yang banyak tersedia baik di universitas negeri maupun swasta di penjuru negeri. Kuncinya adalah kamu harus update informasi terkini di internet.

Baca juga : Tips Kerja Sambil Kuliah

Ada beberapa cara kamu untuk mendapatkan informasi beasiswa kuliah pertanian gratis, seperti :

Beasiswa Bidikmisi

Siapa yang tidak kenal jenis beasiswa ini? Bidikmisi bisa dikatakan sebagai beasiswa yang paling populer dan dikenal oleh berbagai kalangan mahasiswa.  Bidikmisi merupakan bentuk bantuan berupa biaya pendidikan. Beasiswa bidikmisi ini berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Kamu bisa memantau informasi beasiswa ini lewat situs dikti, atau disini (bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id)

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA ini merupakan program beasiswa dari DIKTI yang menawarkan bantuan kepada para mahasiswa yang sedang menjalani studi diploma atau S1 di perguruan tinggi swasta atau perguruan tinggi negeri. Beasiswa ini memiliki tujuan membantu biaya pendidikan mahasiswa yang memang mengalami keterbatasan ekonomi.

Beasiswa dari Perusahaan Perkebunan Nasional

Ada banyak beasiswa yang diberikan oleh perusahaan pertanian skala nasional, seperti dibidang kelapa sawit atau tembakau. Beberapa diantaranya yang paling sering memberikan scholarship diantaranya Djarum, Tanonto Foundation, First Resources dan perusahaan lainnya.

Selain mendapatkan bantuan finansial dalam kuliah, kamu juga bisa berkesempatan mengikuti program pelatihan kepemimpinan yang biasanya digelar pada satu waktu tertentu di satu daerah. Dan kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan yang sama bila lulus nanti.

Memantau situs fakultas pertanian pada Perguruan Tinggi Incaranmu

Memang jarang beasiswa hanya ditujukan pada satu fakultas semata. Tetapi bila kamu memang mencari beasiswa khusus dibidang pertanian, mulai sekarang harus lebih giat belajar. Kamu bisa menargetkan diterima di Institut Pertanian Bogor yang terkenal dan menjadi salah satu perguruan tinggi top di indonesia.

Berdoa

Berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa merupakan langkah terakhir agar kamu bisa tenang sembari menunggu pengumuman penerimaan mahasiswa kali ini. Apapun hasilnya nanti itu adalah yang terbaik. Dengan berdoa kamu lebih bisa ikhlas menerima hasil akhirnya.

Pada akhirnya, kuliah pertanian adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Mimin sendiri adalah seorang lulusan agribisnis pada kampus ternama di provinsi riau. Ada banyak pengalaman dan ilmu yang bisa kamu dapatkan bila kuliah jurusan pertanian.

Jangan malu untuk memegang cangkul dan tanah ya. Karena seorang mahasiswa pertanian adalah cahaya bagi para petani kita.

Sekian Cara Mendapatkan Kuliah Pertanian Gratis di Perguruan Tinggi atau kampus di seluruh Indonesia. Semoga kamu yang baru lulus sekolah tingkat atas, bisa melanjutkan kuliah mu di perguruan tinggi yang kamu sukai. Jadilah mahasiswa pertanian yang bisa memajukan petani indonesia! Bravo!

Buka Komentar