Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Entrepreneur di Bidang Pendidikan Indonesia

Apa saja contoh peluang bisnis di bidang pendidikan yang ada di Indonesia? Seperti yang kalian ketahui, bahwa pendidikan memegang peranan penting untuk kemajuan peradaban suatu bangsa. Menjadi wirausahawan dibidang ini adalah hal yang paling menguntungkan dan prospektif. Karena bisnis dan pendidikan sendiri tidak bisa dilepaskan, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai pendidikan dan bisnis dalam artian terpisah.

Berbisnis di bidang pendidikan memang bukanlah hal yang baru. Bahkan dalam dunia sekarang, pendidikan itu sendiri telah menjadi komoditas bisnis bagi kalangan swasta. Lihat saja sekolah dan yayasan swasta yang memberikan fasilitas sekolah dengan tarif atau biaya yang lumayan tinggi.

Padahal sejatinya, tujuan pendidikan tersebut adalah untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia. Praktek bisnis dibidang pendidikan yang akan kita bahas kali ini bukan terletak pada bisnis atau usaha untuk mendapatkan keuntungan dalam aktifitas pendidikannya, tetapi lebih kepada memanfaatkan peluang bisnis yang tercipta dari aspek yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, Pendidikan adalah suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan melalui proses, cara dan atau perbuatan mendidik.


Contoh Wirausaha Bidang Pendidikan di Indonesia Terbaru


Berbeda dengan KBBI, Ibnu Muqaffa berpendapat bahwa pendidikan merupakan hal yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang menguatkan semua indera seperti makanan dan minuman, dengan yang lebih dibutuhkan demi mencapai peradaban yang lebih tinggi.

Nah bagi kamu yang berminat hendak membuka bisnis atau usaha bidang pendidikan, kosngosan akan memberikan beberapa contoh peluang yang bisa kamu geluti demi mendapatkan penghasilan yang bisa dikatakan mencukupi, diantaranya :

Baca juga : Contoh Bisnis Sampingan Guru

1. Membuka Toko Perlengkapan Pendidikan


contoh wirausaha bidang pendidikan

Kebutuhan yang tidak kalah pentingnya bagi para murid atau pelajar selain pengajar adalah perlengkapan pendukung sekolah. Kamu dapat memanfaatkan peluang bisnis seperti membuka toko perlengkapan khas pendidikan seperti seragam, topi, dasi, ikat pinggang, alat alat tulis, buku pelajaran, fotocopy dan print dengan target pasar mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Peluang ini akan terus menerus ada dan dibutuhkan oleh berbagai kalangan pendidikan, bahkan bagi yang non pendidikan sekalipun. Karena ini adalah bisnis yang membutuhkan modal yang cukup, maka ada baiknya kamu bicarakan dulu kepada keluarga. Lakukan riset pasar dan lokasi mana saja yang dinilai cukup potensial dalam memulai bisnis perlengkapan pendidikan ini.

Pilih juga distrubutor yang kompeten, karena semakin tinggi kemungkinan bisnismu berlangsung lama dan stabil, kamu juga dituntut untuk menyediakan kebutuhan konsumen secara berkesinambungan tanpa mengalami keterbatasan stok.

2. Ojek Online Khusus Anak Sekolahan


Maraknya ojek online seperti Grab dan Gojek belakangan ini menjadikan bisnis ojek online sangat digemari oleh kalangan yang memang mengedepankan kepraktisan dalam berkendara. Karena sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, sistemnya yang mudah digunakan dapat memesan tanpa harus menunggu lama.

Munculnya ojek online membuka peluang pekerjaan baru. Kamu bisa memanfaatkan peluang ojek online ini untuk mengantar-jemput anak sekolahan dari rumah ke sekolah begitu pula sebaliknya. Banyak sekali orang tua yang tidak sempat mengantarkan anak anaknya ke sekolah. Disinilah peluang bisnis itu muncul.

Kamu bisa membuat bisnis ojek online ini dengan sistem sewa bulanan, atau harian tergantung kebutuhan dan permintaan orang tua dan si ana. Selain itu untuk modal awal, juga cukup dengan memiliki dua atau tiga armada motor dengan keluaran terbaru.

3. Program Peningkatan Skill Untuk Pengajar yang Akan Disertifikasi


Sebenarnya bisnis ini terinspirasi dari program pembelajaran bagi anak anak SMA yang hendak mendaftar di perguruan tinggi seperti persiapan SBMPTN. Maka dari itu, kamu bisa membuka jasa les private khusus untuk para guru yang hendak menjalani sertifikasi.

Sertifikasi guru merupakan suatu kegiatan menguji kompetensi guru yang dirancang untuk mengungkapkan penguasaan kompetensi guru sebagai landasan pemberian sertifikat pendidik (UU RI No. 14 Tahun 2005 dalam Depdiknas, 2004). Nah kamu yang menguasai bidang tertentu bisa membuka jasa pelatihan sertifikasi ini, agar para guru bisa melewati program sertifikasinya dengan nilai yang memuaskan.

4. Membuka Kantin Sekolah atau Kampus


Kantin adalah tempat makan yang favorit bagi kalangan pendidikan. Kehadirannya membuat kita tidak perlu repot mencari makan ke luar gedung sekolah atau kampus. Harga makanan dalam kantin juga relatif lebih murah karena memang mendapatkan dukungan dari pihak institusi pendidikan.

Kamu yang suka berbisnis kuliner bisa membuka bisnis kantin ini. Langkah pertama dalam memulai bisnis ini adalah survei tempat. Cari tempat yang benar benar strategis untuk didatangi para pelajar ketika waktu istirahat tiba.

Selain itu, bisnis ini juga tergantung dari jumlah pelajarnya. Semakin banyak jumlah pelajar atau siswa dalam institusi pendidikan, maka semakin besar pula peluang produk akan dibeli. Selain itu menyesuaikan jenis dan harga makanan dengan level sekolah menjadi hal yang penting. Jangan sampai menjual harga yang mahal di tempat kalangan menengah kebawah.

Bisnis ini juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, faktor harga sewa menjadi penting. Tanya kembali penyedia tempat untuk informasi sedetail mungkin mengenai luas kantin, fasilitas yang didapat dan keamanan dalam kantin itu sendiri.

5. Jasa Sofware dan Website Development untuk Institusi Pendidikan


Kamu jago coding dan bahasa pemograman? kenapa tidak mencoba menawarkan jasa software dan website untuk keperluan akademik di institusi pendidikan, semisal kampus? Kampus sebagaimana yang kita tahu sering mengadakan event ilmiah seperti penelitian ilmiah, seminar dan lokakarya yang terkadang membutuhkan peran enginering sofware didalamnya.

Pembuatan website sistem informasi khusus sekolah atau kampus seperti portal akademik, sistem informasi akademik dan lainnya juga biasanya membutuhkan tenaga pemograman yang bisa kamu manfaatkan bagi yang ahli dibidang tersebut.


6. Les Private

Pembelajaran eksklusif bisa sobat kosngosan lakukan dirumah atau tempat tersendiri dengan menggunakan ruang yang tidak terpakai di dalam rumah atau bisa membangun ruangan khusus di halaman depan untuk keperluan belajar mengajar. Kamu juga bisa membangun ruangan tambahan di dalam rumah supaya memberikan ruangan yang cukup luas dalam menampung beberapa anak untuk belajar.

Jika kamu memiliki keterbatasan biaya, bisa juga membuka usaha les privat langsung ke rumah siswa. Jasa les privat ini lebih besar dalam hal pendapatannya, karena ini perhitungannya adalah per jam. Pekerjaan ini bisa dilakukan selama 1 sampai 2 jam dengan menyesuaikan jadwal kosong dari sekolah 


7. Menjual Buku Pelajaran

Kamu juga bisa mencoba untuk membantu murid murid mu dalam menemukan buku pelajaran yang berkualitas. Apabila kamu memiliki stok supplier buku ajar berbagai mata pelajaran, apa yang bagus untuk siswa belajar, maka bisnis ini sangat cocok untuk dikembangkan seorang seperti karyawan sekolah, guru atau bahkan murid sekalipun

Kamu bisa mencari berbagai stock buku yang berkualitas dengan memesan langsung dari penerbit. Kemudian meminta siswa mengumpulkan uang sesuai dengan harga yang telah disekapakati. Apabila kamu bisa mendapatkan harga grosir, maka sobat bisa mendapat untung dari margin harga yang sudah kamu tentukan sebelumnya. 


8. Menjadi Content Creator Tema Pendidikan dan Sekolah

Kamu ingin menjadi seorang youtuber, blogger atau selebgram? kenapa tidak? sobat kosngosan bisa membuat channel youtube terkait pendidikan atau konten yang menampilkan kegiatan belajar di sekolah.

Selain itu sobat juga bisa mengelola sebuah blog atau website resmi sekolah, dan ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu kegiatan tambahan. Jadi kamu harus update artikel dan konten didalamnya, Apabila traffic situs tersebut sudah besar, kamu bisa pasang iklan menggunakan media periklanan google adsense, atau menerima guest post terkait pendidikan sekolah dan kerjasama yang menguntungkan lainnya

Baca juga : Peluang Usaha Sampingan Dosen selain di Kampus


Kata Penutup


Terakhir, bisnis di bidang pendidikan memang cukup menjanjikan. Tetapi jangan sampai kita terlalu fokus akan usaha komersialisasi dunia pendidikan, sampai lupa akan esensi tujuan pendidikan itu sendiri. Bila memang ingin fokus berbisnis dibidang pendidikan maka berikan kontribusi kita untuk memajukan pendidikan di indonesia.

Demikian artikel pembahasan kita dari beberapa Contoh mengenai Peluang Bisnis Pendidikan di Indonesia yang bisa menguntungkan dan menghasilkan duit. Semoga kita dapat memanfaatkan tersebut untuk menjadi pengusaha yang sukses dikemudian hari. amin. Jangan lupa berkomentar, karena pendatang yang budiman selalu berkomentar.

Oleh rezaharahap