10 Universitas Jurusan Bisnis Terbaik di Indonesia

Apa saja daftar perguruan tinggi atau kampus jurusan bisnis terbaik yang di Indonesia? Universitas dengan Jurusan, Departeman atau Fakultas Bisnis ini bisa kamu jadikan sebagai tempat belajar supaya mendapatkan ilmu manajemen bisnis yang berguna untuk mengembangkan bisnismu kelak.

Universitas atau perguruan tinggi yang ada di Indonesia dinilai sudah cukup baik dalam pemenuhan jurusan bisnis saat ini. Jurusan yang bisa dibilang menjadi trend dan cukup populer untuk kalangan milenial dalam menghadapi tantangan perubahan zaman.

Belajar bisnis pada zaman sekarang merupakan suatu kewajiban, terlebih bila orangtua ingin menurunkan bisnis yang dia punya kepada generasi selanjutnya. Belajar bisnis juga akan meningkatkan kemampuan kita dalam mengelola perdagangan, ekspansi bisnis dan cara meraih target penjualan yang maksimal.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perguruan tinggi berupa universitas, institut dan akademi yang menawarkan berbagai jurusan dan program studi ilmu bisnis yang mumpuni dengan akreditasi terbaik.


Daftar Universitas Bisnis Terbaik


Universitas Bisnis Terbaik

Belajar di perguruan tinggi memang harus selektif, mulai dari memiliki kampus yang berkualitas. Sehingga nantinya kamu akan mendapatkan ilmu yang berkualitas juga.

Baca juga : Jurusan Kuliah Terbaru dan Potensial di Masa Depan

Nah kali ini mimin kosngosan akan memberikan beberapa referensi kampus yang patut untuk kamu jadikan tempat belajar bisnis, diantaranya adalah :


1. FEB Universitas Indonesia

fakultas ekonomi bisnis universitas indonesia

Kampus kuning ini memang terkenal dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) nya yang banyak menghasilkan berbagai tokoh tokoh nasional sekaliber seperti Agus Martowardojo, Chairul Tandjung, Darmin Nasution, Faisal Basri, dan Ibu Sri Mulyani adalah alumni dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI ini. Hebat bukan?

Untuk akreditasi sendiri jangan tanyakan lagi, FEB UI ini menyabet akreditasi A untuk setiap Jurusan yang ada didalamnya. Jadi sudah dipastikan, belajar bisnis di Universitas ini adalah pilihan yang sangat bisa untuk kamu lakukan. Jangan lupa belajar untuk diterima di kampus bergengsi ini ya.


2. FEB Universitas Gadjah Mada

fakultas ekonomi bisnis UGM

UGM yang berlokasi di Yogyakarta memang terkenal menghasilkan para cendikiawan muda yang berbakat dibidangnya. Termasuk dalam top 5 perguruan tinggi di Indonesia, menjadikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis-nya adalah pilihan yang tepat buat kamu yang ingin belajar bisnis.

Tokoh sekaliber Anies Baswedan, Bambang Sudibyo, Fuad Bawazier, Anggito Abimanyu dan Boediono adalah beberapa alumni dari Fakultas Ekonomi Bisnis UGM ini. Bila melihat tokoh tokoh yang dihasilkan, maka fakultas bisnis ini adalah pilihan yang tepat buat kamu untuk belajar bisnis secara maksimal.


3. Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung



Siapa yang tidak kenal ITB? Kampus top dari Jawa Barat ini memang sering melahirkan berbagai lulusan yang mumpuni dibidangnya, tidak terkecuali dengan lulusan orang orang bisnisnya.  Departemen teknik industri ITB menyadari pentingnya pendidikan bisnis dan manajemen di Indonesia pada awal 1970-an. Pada 1990 ketika Prof. Mathias A'roef, seorang tokoh terkemuka di Indonesia di bidang Teknik Industri, mengenalkan program MBA di ITB dengan konsentrasi dalam manajemen operasional. Hal ini, pada akhirnya, memuncak dalam pendirian SBM ITB.

Pada bulan Desember 2003, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB didirikan secara formal. Nomenklatur "Sekolah" dipilih bukan "Fakultas" untuk menandakan otonomi. Dalam prosesnya, program MBA yang pada awalnya dijalankan oleh Fakultas Teknik Industri, menjadi bagian dari Sekolah Bisnis dan Manajemen, memungkinkan untuk memiliki dua program; program sarjana dan program MBA.


4. FEB Unpad

FEB Unpad

Universitas Padjajaran menjadi salah satu kampus terfavorit para calon mahasiswa di Indonesia. Bukan hanya favorit semata, Unpad juga memiliki akreditas A yang bisa membuat kamu mudah diterima kerja oleh perusahaan.

Beberapa tokoh yang menjadi alumni FEB Unpad ini adalah Ahmad Fuadi, Handayani, Ilya Avianti, Robby Djohan, Gumilar Nurochman, Sentot A. Sentausa, Achmad Baiquni, Ahmad Irfan, Jusuf Anwar, M. Afdal Bahaudin, dan Bustanil Arifin.


5. IPMI International Business School

IPMI International Business School

IPMI adalah sekolah bisnis yang berlokasi di Jakarta Selatan yang menawarkan gelar sarjana dan magister dalam administrasi bisnis, bersamaan dengan beberapa program bisnis lainnya. Adapun aktifitas perkuliahannya semuanya menggunakan bahasa Inggris.

IPMI International Business School ini didirikan pada 1984 dan hingga sekarang dikenal sebagai sekolah bisnis terkemuka dalam mempersiapkan para eksekutif senior untuk pasar internasional. Nah bila kamu juga ingin mengasah kemampuan bahasa inggris serta business skill mu, IPMI bisa menjadi alternatif belajar bisnis yang kece

Baca juga : Kata Ucapan Selamat Wisuda


6. FEM IPB

Fakultas Ekonomi Manajemen Institut Pertanian Bogor menjadi salah satu lembaga pendidikan bidang ekonomi terbaik yang didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten, fasilitas yang mumpuni dan juga kurikulum yang dikembangkan untuk menjawab tantangan pembangunan ekonomi dan memenuhi kebutuhan stakeholders.

Departemen Ilmu Ekonomi IPB ini banyak menghasilkan lulusan yang kompetitif di pasar tenaga kerja. Dalam hal penjaminan mutu, Departemen IE mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT)


7. FEB UNDIP

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro didirikan pada tanggal 14 Maret 1960. FEB UNDIP sudah cukup lama dan tentu saja, menjadi salah satu fakultas bisnis terbaik yang ada di Indoneisa. Fakultas ini memiliki 3 Jurusan yaitu, S1 Manajemen, S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, S1 Akuntansi, S2 Akuntansi, S2 Manajemen, S2 IESP dan S3 Ilmu Ekonomi


8. FEB Universitas Airlangga

Seperti yang kita ketahui, UNAIR adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia. Adapun Kurikulum yang digunakan dan dikembangkan saat ini telah sesuai dengan standar nasional dengan dukungan prasarana dan sarana yang memadai setara dengan universitas lain di dunia.


9. FEB Universitas Brawijaya

Siapa yang tidak kenal UNIBRAW? Salah satu kampus terbaik di Indonesia ini memang memiliki Fakultas Ekonomi Bisnis yang bisa dibilang berkualitas. Fasilitas dan tenaga pengajar yang mumpuni, karena sudah berdiri Malang sejak tanggal 27 Juni 1957 dengan Akte Notaris No. 26 tertanggal 15 Agustus 1957.


10. FEB UPI

Salah satu Fakultas terbesar pada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Fakultas ini punya 4 program studi kependidikan yaitu: Pendidikan Manajemen Bisnis, Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Manajemen Perkantoran, serta dua program studi nonkependidikan yaitu Akuntansi dan Manajemen, lulusan yang dihasilkan tenaga pengajar profesional dalam bidang ekonomi dan koperasi, akuntansi, tata niaga, dan administrasi perkantoran serta tenaga ahli profesional manajemen dan akuntansi.

Baca juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah S2 sambil Bekerja


Kata Penutup


Pada dasarnya semua kampus itu sama baiknya sebagai tempat pembelajaran bisnis, tergantung kemampuanmu dalam hal biaya dan kecakapan belajar. Pilihlah kampus yang memang benar benar sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang kamu inginkan. Sehingga ini akan menimalisir terjadinya drop out atau ketidakmampuan dalam menyelesaikan tugas akhir.

Bukankah belajar bisnis tidak mengenal waktu dan tempat? Kamu tetap bisa belajar bisnis sekalipun sedang berada di pasar atau berwirausaha. Karena bisnis itu luas dan tidak terikat hanya dengan hal hal formal di perguruan tinggi.

Demikian postingan kali ini mengenai Daftar Universitas Bisnis Terbaik di Indonesia, semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari referensi mengenai perguruan tinggi untuk bisnis terbaik. Jangan lupa berkomentar ya dibawah ini!
By