Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

24 Contoh Website Pendidikan Gratis Untuk Anak Sekolah

Apa saja contoh situs pendidikan untuk belajar online? Pada kesempatan kali ini kosngosan akan membahas beberapa rekomendasi website yang bermanfaat untuk adik adik di sekolah. Bagi kalian yang sudah sering mengakses situs di smartphone mu, mungkin tidak akan asing lagi dengan keberadaan media informasi dibawah ini. Penasaran? mari kita simak lebih lanjut

Portal berita merupakan jenis situs web yang khusus menyajikan informasi dari berbagai sumber. Biasanya, setiap sumber informasi mendapatkan area khusus di halaman untuk menampilkan informasi. Tampilan homepage jenis website ini tidak seperti jenis website company profil yang statis. Portal berita memiliki tampilan umpan terkini pada laman berandanya.

Dan secara khusus membahas mengenai situs pendidikan yang khusus memberikan berita informasi seputar pendidikan saja. Ada banyak di internet situs-situs seperti ini, akan tetapi mimin merangkum situs pendidikan yang paling sering muncul di halaman pertama pencarian saja.

Keberadaan situs pendidikan ini sangat penting untuk menyajikan berita terbaru. Situs ini menjadi sumber informasi buat kalian yang memang membutuhkannya. Seperti halnya media sosial yang ditujukan sebagai hiburan, maka situs pendidikan ini ditujukan untuk kepentingan pembelajaran.

Baca DULU : Contoh Program Literasi di Sekolah


Website Pendidikan


website berita pendidikan

Situs berita atau yang biasa kita sebut portal berita adalah salah satu jenis website yang menyediakan berbagai fitur termasuk headline, lead dan body. Kemampuan portal berita ini lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi teraktual yang dapat diakses menggunakan berbagai perangkat seperti PC, Laptop dan Smartphone.

Dalam pembahasan kita kali ini, portal berita pendidikan berarti adalah portal berita yang khusus menyediakan berbagai informasi terkait pendidikan, baik itu seperti penerimaan murid atau mahasiswa, informasi UN, SNMPTN, dan lainnya.

Sebenarnya ada banyak contoh situs atau portal berita yang menyediakan informasi pendidikan. Namun mimin hanya akan merangkum beberapa diantaranya yang lebih terkenal dan sering kita temui di berbagai pencarian di mesin pencari.

Beberapa portal berita ini ada yang memang khusus diciptakan untuk menyajikan berita pendidikan, dan ada yang memberikan tag, kategori atau laman khusus untuk berita pendidikannya. Semuanya mimin rangkum dibawah ini :


Smartschoolonline


Ini adalah tempat belajar online dari ECPAT Indonesia, ICT Watch, dan SEJIWA yang bekerjasama untuk melakukan kolaborasi dalam penguatan literasi digital melalui sekolah, lewat program “Smart School Online, yang akan hadir di sekolah-sekolah di 12 kota di Indonesia. “Smart Schools Online” bagi para guru/orangtua ditujukan agar mereka mampu menjadi pendidik digital yang unggul bagi para anak-anak.


Zenius


Kamu pastinya sudah pernah mendengar tentang platform ini, bukan? Ini adalah media belajar online yang memiliki visi "To spark the love of learning, in everyone, everywhere, to question everything".

Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi pengetahuan berbagai mata pelajaran untuk tingkat SD, SMP dan SMA. Serta membaca berbagai contoh soal ujian disana, dan juga tips tips belajar yang berharga


Ruangguru


Salah satu platfrom belajar online buatan anak bangsa. Dengan nama bisnis nya PT RUANG RAYA INDONESIA yang didirikan oleh Belva Devara dan Iman Usman pada tahun 2014 silam. Ruangguru ada misi untuk memperluas akses pendidikan yang berkualitas melalui teknologi internet untuk semua siswa yang ada di Indonesia. Selain tentunya kamu bisa mendaftar dan bimbel online lewat aplikasi ini.


Kosngosan


Dan berikutnya adalah blog kesayangan kita semua, apalagi kalau bukan KOSNGOSAN. Walaupun bukan sebuah website portal berita yang besar dan punya tim penulis yang banyak, tetapi kosngosan tetap konsisten menyajian berbagai informasi seputar pendidikan yang bermanfaat buat kalian. Kosngosan senantiasa memberikan informasi update seputar pendidikan yang akan menambah wawasan dan pengetahuan kalian


Edukasi kompas


Siapa yang tidak kenal portal berita kompas? Kompas adalah salah satu portal berita, media massa dan koran terbesar di tanah air. Dan untuk menampung berita seputar pendikan, Kompas memberikan subdomain baru yang beralamatkan edukasi.kompas.com untuk memberikan berita terkait pendidikan.

Kompas merupakan salah satu pionir media online di Indonesia ketika pertama kali hadir di Internet pada 14 September 1995 dengan nama Kompas Online. Hingga kini sudah banyak diakses oleh pengguna internet Indonesia.


Edupost


Mimin lansir dari situsnya langsung, Edupost adalah jenis portal berita pertama yang berfokus pada dunia pendidikan dengan memberikan inovasi konten, kanal, fitur dan pengembangan website yang responsif untuk menjaga kenyamanan dan kebutuhan pengunjung. Menyajikan informasi secara teks, audio, dan video, yang terbentuk berdasarkan teknologi hipermedia dan hiperteks.


Kemendikbud


Walaupun situs kementrian pendidikan dan budaya republik Indonesia ini lebih berbentuk profil, tapi cukup aktif memberikan informasi seputar pendidikan terkini. Kamu bisa mengakses laman category pendidikan kemendikbud lewat url : kemdikbud.go.id/main/blog/category/berita.

Ada banyak sub domain yang disediakan oleh kemendikbud dengan berbagai jenis dan macam untuk keperluan pendidikan, yaitu sebagai berikut :


  • m-edukasi.kemdikbud.go.id
  • nisn.data.kemdikbud.go.id
  • dikdas.kemdiknas.go.id
  • perpustakaan.kemdikbud.go.id
  • radioedukasi.kemdikbud.go.id
  • suaraedukasi.kemdikbud.go.id
  • belajar.kemdikbud.go.id
  • un.kemdikbud.go.id
  • belajar.kemdikbud.go.id
  • beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id
  • darmasiswa.kemdikbud.go.id
  • badanbahasa.kemdikbud.go.id
  • badanbahasa.kemdikbud.go.id



"Liputan6" Pendidikan


Media online yang menjadi brand berita SCTV ini memang sering kita temui di dunia maya. Mimin liput dari wikipedia, Situs ini didirikan oleh PT Kreatif Media Karya pada 24 Agustus 2000 yang juga merupakan anak perusahaan Elang Mahkota Teknologi. Jika kamu ingin mencari berita khusus pendidikan, bisa mengunjugi category : liputan6.com/tag/pendidikan


"Detik" Pendidikan


Detik com adalah media berita online terbesar di tanah air. Kita sering menemukan berita detik dimana-mana. Karena memang beritanya mencakup seluruh aspek, dan salah satunya adalah berita pendidikan.

Mimin kosngosan mengutip dari laman wikipedia, sejak tanggal 3 Agustus tahun 2011, detik telah menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp yang dimiliki oleh Chairil Tanjung si anak singkong. Kamu bisa mengunjungi berita pendidikannya di : detik.com/tag/dunia-pendidikan/


Belapendidikan


Masih baru mengenal portal berita ini? Sama, mimin juga. Belapendidikan.com ini merupakan situs portal pendidikan yang memberikan nuansa belajar online tentang dunia pelajar perkuliahan dan dunia kerja.


Pintarnesia


Situs ini adalah buatan dari mastekno, yang merupakan situs dengan niche pendidikan yang menyajikan berbagai macam pembahasan. Situs ini bisa sobat kosngosan kunjungi secara gratis melalui berbagai perangkat yang ada. Berbagai macam pelajaran tersedia, mulai dari pelajaran bahasa indonesia, bahasa jawa, ppkn, matematikan, ipa, ip, sejarah, seni budaya, bahasa inggris dan pelajaran lainya dengan lengkap.

Baca juga : Daftar Channel YouTube Pendidikan Terbaik di Indonesia


Kata Penutup


Kini belajar menjadi lebih mudah karena bantuan teknologi informasi yang begitu pesat. Salah satunya adalah penggunaan media belajar online seperti website diatas. Jadi tidak ada alasan lagi kamu tidak belajar karena  tidak adanya buku atau tidak sempat, karena itu semua bisa diakses kapan pun dan dimana pun secara gratis.

Sekianlah pembahasan kita tentang Situs Berita Pendidikan yang Bermanfaat Untuk Kuliah dan Sekolah. Semoga kamu dapat menjadikannya sebagai sumber preferensi mu ketika mengerjakan tugas dan juga dapat menambah wawasan lebih luas.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya