Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tren Media Sosial Terbaru yang Populer Tahun Ini

Seperti apa tren sosial media terbaru yang sedang populer bagi anak muda milenial sekarang? Yuk simak pembahasan kosngosan kali ini mengenai tren atau hits seputar dunia maya. Dan sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai sosial media secara umum.

Seperti yang kita ketahui sosial media menyerap sangat banyak perhatian kita di dunia maya belakangan ini. Perannya yang mulai menggantikan koran, radio dan media informasi mainstream lainnya sangat mengesankan.

Bayangkan saja dalam hitungan detik sebuah fenomena bisa saja viral melalui media sosial. Bahkan ada yang namanya benar benar terkenal atau anjlok hanya karena seseorang memosting hal hal tertentu di media sosial.

Oleh karena itu tidak mengherankan negara tirai bambu bersikeras dalam memblokir akses media sosial yang terbilang ekstrim dalam penyebaran konten seperti Facebook, Instagram, Snapchat, dan Twitter.

Baca dulu : Trik Mengatasi IG Lemot Padahal Sinyal Bagus


Tren Media Sosial Terbaru


tren sosial media

Namun bukan berarti media sosial hanya memiliki efek negatif. ada banyak keuntungan dan dampak positif yang bisa kita rasakan akibat eksistensi media sosial ini, seperti aksi penggalangan dana, media informasi terupdate dan sarana menjalin silaturahim.

Dan, mungkin kalian yang sangat akrab dengan media sosial lawas seperti facebook dan twitter akan mulai meninggalkan (paling tidak mengurangi) memainkannya dan mulai beralih kepada media sosial yang baru dengan segudang fitur ciamik dan disukai kaum muda. Seperti apa perkembangan media sosial terbaru di tahun ini? yuk kita intip!


1. Project Virtual Reality dari Facebook


Kabarnya Facebook tidak hanya tertarik pada live video streaming saja, mereka juga telah mengerjakan proyek bernama Spaces yang dirancang untuk memungkinkan teman terhubung dalam teknologi VR.

Kita tahu bahwa Facebook punya Oculus, perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak virtual reality. Jadi tidak mengherankan kalau mereka bisa mengembangkan teknologi ini untuk peningkatan kenyamanan pengguna mereka. Facebook bersiap mengembangkan fitur ini pada tahun ini. Kemungkinan ini akan menjadi produk media sosial VR yang pertama kali sukses di pasaran.


2. Face Filter Semakin Beragam


Fitur seperti filter wajah telah berkembang selama dua atau tiga tahun terakhir ini. Dengan adanya fitur Instagram terhadap Stories, kita seharusnya berharap untuk melihat filter wajah lebih bervariasi lagi. Instagram menyatakan filter wajahnya yang paling populer adalah telinga anjing, mengikuti trend Snapchat yang juga lebih populer filter anjing. Kita tunggu saja variasi filter wajah terbaru yang akan instagram hadirkan untuk penggunanya.


3. Tren Augmented Reality


Pasalnya, suksesnya game Pokemon menjadikan trend augmented reality ini sangat potensial bila dijadikan fitur di media sosial. Bayangkan, kamu bisa mencari barang, transaksi, atau berselfie ria menggunakan teknologi augmented reality ini.

Teknologi ini kemungkinan besar akan dikembangkan oleh platform media sosial dengan menemukan cara untuk menggabungkan teknologi baru juga pada smartphone. Kita tunggu saja ya!


4. Sosial Media menjadi Tempat Ngiklan Paling Laris Manis


Pertumbuhan iklan akan meningkat pada tahun ini. Pada awal perkembangannya, platform media sosial hanyalah media yang berfokus untuk kepentingan personal dan interpresonal semata. Namun kini setelah opsi itu melebar dan mulai berekspansi ke pendapatan.

Sebagian besar media sosial utama sudah mulai mengalihkan fokus mereka untuk membangun lebih banyak sarana pengiklan dan tahun ini lagi lagi iklan di media sosial akan kebanjiran.

Kamu yang suka bisnis online juga pasti menyadari ini. Lebih praktis dan efektif bukan dalam memasarkan produk melalui media sosial? Dan pada tahun ini juga anak muda yang doyan bisnis akan menggunakan media sosial dalam meraih pendapatan mereka. Baca juga : Contoh Caption IG buat Iklan Bisnis Online


5. Live streaming yang semakin menggoda


Live streaming merupakan fitur utama media sosial saat ini. Merek besar dan kecil sekarang sudah mulai menyadari pentingnya menggunakan live streaming untuk menarik perhatian para pengikutnya. Dan pada tahun ini, akan lebih banyak perusahaan yang akan mulai menggunakan kekuatan live streaming dan memasukkannya ke dalam rencana anggaran bulanan mereka.

Bukan hanya anak muda dan perusahan besar saja yang menggunakan fitur live streaming ini, beberapa pemuka agama dan politik juga kerap kali menggunakannya sebagai ajang dakwah atau kampanye politik. jadi memang semakin banyak peminatnya.


6. Perpaduan Sosial Media dan Game Online


Perpaduan ini akan diperluas ke aplikasi media sosial. Pengguna medsos suka berinteraksi satu sama lain, dan juga mereka menyukai bermain game. Peluang ini membuat para perusahaan menghasilkan pendapatan yang signifikan.

Kita tunggu saja pengembangan sebuah aplikasi yang mencoba memadukan antara media sosial dengan game online. Tahun ini mungkin menjadi awal percobaannya.


7. Fitur Dark Mode


Saat ini banyak sekali aplikasi yang memberikan fitur dark mode atau night mode di mana setiap gambar latar belakang yang dimiliki aplikasi tersebut memiliki warna gelap atau hitam. Ini memang cukup membantu buat pengguna smartphone yang menggunakan layar amoled, seperti samsung dan beberapa varian iphone.

Dengan penggunaan dark mode maka baterai lebih hemat dan kesehatan mata juga akan tetap terjaga ketika menggunakan sosial media dengan waktu yang cukup lama


8. Mode Lite yang Semakin Hemat Kuota


Saat ini memang masih banyak aplikasi yang belum memiliki versi lite dari aplikasi default yang sudah umum didapatkan. Namun diprediksi untuk tahun depan akan lebih banyak lagi media sosial yang memberikan versi Lite untuk aplikasinya supaya bisa dipakai dan manfaatkan oleh pengguna smartphone dengan spek rendah


9. Keamanan Privacy yang Semakin Ditingkatkan


Semakin lama kesadaran pengguna internet akan pentingnya privasi dan keamanan data semakin tinggi. Oleh karena itu bagi media sosial wajib hukumnya untuk mengutamakan keamanan data dan privasi milik pengguna media sosial mereka. Jadi tahun depan juga akan tetap diprediksi sebagai tahun yang mengutamakan keamanan privasi dan data pengguna


10. Kompabilitas yang Semakin Canggih


Sebagian dari aplikasi media sosial masih belum support pada perangkat lama yang menggunakan sistem operasi Android, windows phone, black berry atau iOS versi lawas. Karena memang kompabilitas nya tidak cocok dan kamu harus mengupgrade perangkat dan sistem operasi supaya bisa menggunakan media sosial terbaru dengan berbagai fitur yang ada


11. Efek dan Fitur yang Semakin banyak


Tidak bisa dipungkiri bahwa orang-orang saat ini menyukai narsisme dan eksisme. Dan media sosial memang diciptakan untuk itu. Banyak aplikasi media sosial yang sudah menyediakan berbagai fitur efek dan filter yang bisa membuat penggunanya terhibur dan bahasa untuk tetap eksis untuk menggunakan media sosial tersebut

Baca juga : Daftar Akun IG Tentang Review Mobil


Kata Penutup


Media sosial memang memiliki penggunaan yang haruslah bijak dan tetap berada pada koridor waktu yang tepat. Terutama bagi anak-anak yang harus menggunakan media sosial dalam pengawasan orang tua. Jangan sampai kita menjadi pribadi yang mendewakan eksisme kita di dunia maya, namun lupa untuk berinteraksi sosial dengan sesama teman di kehidupan nyata

Sekian pembahasan mengenai Sosial Media Terbaru yang Jadi Tren Anak Muda, semoga dapat berguna bagi kalian. Ingat guys, pergunakan waktu sebaik mungkin. Jangan membuang waktu membuka media sosial saban hari di kamar. Karena waktumu lebih berharga ketimbang teman dan follower media sosialmu.
Oleh rezaharahap